Sponsors Link

11 Penyebab Komedo di Wajah & Fakta Tentang Komedo

Sponsors Link

Adanya komedo khususnya di bagian wajah khususnya hidung tentunya sangat menganggu karena membuat penampilan kita menjadi tidak prima dan mengurangi kepercayaan diri. Oleh karena itu, kali ini mari kita membahasa satu per satu penyebab komedo dengan tujuan mencegah komedo tersebut muncul di wajah kita.

Sponsors Link

Penyebab Komedo di Wajah

Ada dua jenis komedo di hidung dan wajah yang dapat menganggung penampilan kita yaitu Blackhead dan Whitehead. Walaupun beberbeda jenis namun kedua jenis komedo tersebut memiliki penyebab yang sama. Berikut ini penyebab komedo di wajah yang harus kita perhatikan :


Makanan Berminyak

Makanan Berminyak

Keadaan kulit kita sangat dipengaruhi dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari, you are what you eat. Tentu saja penyebab komedo muncul di bagian wajah umumnya karena orang tersebut sering mengonsumsi makanan seperti gorengan, makanan yang memiliki cita rasa manis, serta makanan yang di dalamnya terkandung karbohidrat tinggi yang tidak bisa dipungkiri dapat merusak kulit. Coba amati diri anda lebih seksama setelah mengonsumsi gorengan dengan rutin maka wajah anda akan bermunculan komedo dan jerawat di wajah. Oleh karena itu agar terhindar dari komedo, kita harus lebih banyak mengonsumsi makanan-makanan seperti buah dan sayur. Buah dan sayur sendiri mengandung banyak sekali nutrisi kulit yang membantu kulit kalian tetap sehat dan memperlambat penuaan dini.


Wajah Kotor

Wajah Kotor

Kita sering dihadapkan pada kondisi lelah saat pulang dari kerja atau sekolah yang akhirnya ketika sampai di rumah memilih untuk langsung tidur saja. Padahal, jika kalian tidur tanpa menghapus make up terlebih dahulu yang ada pada wajah dapat menyebabkan komedo semakin banyak. Dengan make up masih menempel saat tidur akan membuat pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat oleh bahan-bahan kimia yang ada pada produk perias wajah. Komedo bisa dipastikan akan muncul di wajah bahkan iritasi kulit pun bukan sesuatu yang mustahil bisa terjadi. Kita dapat membersihkan wajah sampai bersih untuk menghindari komedo salah satunya dengan 12 pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.


Merokok

Merokok

Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa merokok hanya berpengaruh kepada kesehatan paru-paru padahal kebiasaan merokok juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Asap rokok sendiri mengandung partikel-partikel halus yang sifatnya berbahaya bagi wajah. Tentu saja  jerawat dan komedo akan semakin mudah untuk muncul di kulit dan membuat wajah kita terlihat menjadi tidak bersih. Selain menyebabkan komedo dan jerawat, kebiasaan merokok juga dipercayai dapat membuat kulit menjadi lebih mudah untuk keriput.


Menggunakan Make Up Secara Berlebihan

Menggunakan Make Up Berlebihan

Untuk wanita dalam menggunakan make up sebaiknya jangan berlebihan karena pemakaian make up yang berlebihan akan membuat kulit menjadi lebih mudah dihinggapi oleh jerawat dan komedo. Dan jangan lupa sebaiknya dalam memilih alat make up atau perias wajah tidak yang mengandung minyak karena akan membuat kondisi kulit semakin parah. Apabila anda sudah terlanjur dalam keseharian memakai alat make up yang mengandung minyak dan mulai bermunculan jerawat serta komedo di wajah, anda dapat mencoba 7 perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.


Kafein dan Alkohol

Kafein dan Alkohol

Memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein secara intens selain dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh juga terhadap kondisi kulit. Kafein sendiri yang biasanya terkandung dalam kopi dapat merusak kulit karena merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali-kali lipat daripada biasanya pada kulit. Sedangkan alkohol yang ada pada minuman membuat pola tidur yang mengonsumsinya menjadi berantakan dan tentu saja berimbas pada kondisi kulit.


Hormon yang Tidak Stabil

Hormon Tidak Stabil

Hormon di setiap manusia berbeda-beda dan ada beberapa orang yang dalam hal hormon mengalami ketidakseimbangan. Seseorang dengan kadar testosteron yang tinggi akan lebih mudah terserang jerawat dan komedo karena adanya peningkatan rangsangan aktivitas kelenjar sebaceous yang menyebabkan sebum berproduksi secara berlebihan.

 

 


Stress

Stress

Stress adalah salah satu faktor yang sering terjadi juga dalam kasus penyebab komedo di wajah. Hal ini bisa terjadi karena saat stress kita seringkali menjadi pribadi yang cuek dan mengabaikan hal-hal yang menyangkut diri kita seperti perawatan kulit secara rutin misalnya. Tentunya apabila kita tidak melakukan perawatan kulit seperti membersihkan wajah secara rutin, komedo dan jerawat akan sangat mudah hinggap di wajah kita.

 


Lingkungan

Lingkungan

Hidup di Indonesia  dimana tingkat polusi sangat tinggi sangat menuntut kita untuk melakukan perawatan kulit secara rutin untuk menghindari komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan apabila wajah kita terpapar asap polusi misalnya lama kelamaan akan terjadi akumulasi mikro partikel dalam pori-pori wajah yang tentunya menjadi penyebab komedo.

 

 


Kurang Mengonsumsi Air Putih

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Standar kesehatan mengatakan bahwa manusia minimal minum air putih sehari sebanyak 8 gelas. Banyak meminum air putih selain berimbas positiv terhadap kesehatan ginjal juga sangat baik efeknya untuk kulit karena dipercayai dapat melembabkan secara alami.

 

 


Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Terlalu sering menyentuh wajah apalagi dengan tangan telanjang tanpa menggunakan tissue misalnya akan sangat berdampak buruk terhadap kondisi kulit wajah kalian. Mengapa seperti itu? Karena saat kalian menyentuh wajah tidak ada yang bisa menjamin secara pasti kondisi tangan kalian saat itu bersih dan bebas dari kuman. Oleh karena itu, sebaiknya selalu pastikan terlebih dahulu kondisi tangan saat ingin menyentuh wajah apakah bersih atau tidak. Wajah yang disentuh dengan tangan penuh bakteri tentu akan mengakibatkan komedo dan jerawat.


Malas Keramas

Malas Keramas

Seseorang yang malas keramas bisa dipastikan akan dihinggapi komedo di wajahnya. Keadaan menjadi akan lebih parah apabila kalian memiliki kondisi kulit kepala dengan produksi minyak yang berlebih. Minyak tersebut nantinya akan mengalir ke  wajah lalu bercampur dengan segala bakteri dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan muncullah komedo di wajah kalian.


Sponsors Link

Fakta Tentang Komedo di Wajah

Ada beberapa fakta menarik mengenai komedo yang banyak belum diketahui orang-orang atau adanya salah persepsi seperti komedo yang masih sering dianggap sebagai bagian dari jerawat atau orang-orang yang percaya bahwa mencabut komedo dari wajah dengan cara memencetnya. Berikut ulasannya:


Komedo tidak bisa disamakan dengan jerawat walaupun kalau melihat bentuk adanya kemiripan yaitu berupa tonjolan namun komedo dan jerawat sifatnya berbeda. Jerawat di wajah sifatnya dapat meradang dan komedo tidak. Namun apabila komedo mengalami infeksi maka akan memicu timbulnya jerawat.


Memencet komedo untuk menghilangkannya akan membuat kondisi wajah kalian semakin buruk. Komedo yang dipencet secara sembarangan justru akan menimbulkan iritasi pada wajah, lebih baik diambil dengan menggunakan pinset secara perlahan dan kemudian pori-pori yang terbuka segera ditutup oleh masker. Selain dengan pinset, kalian juga dapat mencoba cara menghilangkan komedo secara alami dan perawatan dokter.


Untuk mencegah komedo dan jerawat menghinggapi wajah kalian segera perbaiki pola makan. Mulai perbanyak makan sayur-sayuran karena sayur-sayuran selain baik untuk anggota tubuh juga baik untuk kesehatan kulit. Selain itu jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih dan mengurangi minuman yang sifatnya berbahan pengawet. Dan tentu saja jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sekalipun agar kuman dan bakteri tidak dapat masuk ke lapisan kulit anda.


Tidak Semua komedo yang ada pada di wajah berwarna hitam walaupun karena ciri khas warnanya tersebut komedo dinamakan Blackheads. Namun kenyataannya komedo itu sendiri banyak yang berwarna kekuningan di kulit.


ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 31st, January 2015 / 14:23 Oleh :
Kategori : Penyebab