Sponsors Link

15 Cara Mencegah Komedo di Hidung dan Wajah Secara Alami

Sponsors Link

Wajah putihmu terkesan tidak bening dan banyak bintik-bintik hitam atau putih? Berarti wajah kamu sedang terserang yang namanya komedo. Komedo merupakan pori-pori dalam wajah yang tertutup sehingga menyebabkan kotoran terperangkap di sana. Selain itu, komedo juga bisa timbul karena kamu jarang membersihkan wajah dan memiliki kadar minyak yang berlebih.

Sponsors Link

Jenis-jenis Komedo

Secara fisik, komedi dibagi menjadi dua, yakni blackhead dan whitehead :

cara mencegah komedo1. Komedo blackhead – jenis komedo ini, berbewarna hitam, yang terjadi karena pori-pori yang membesar karena kelebihan minyak di wajah kemudian terkontaminasi oleh udara kotor. Akibatnya komedo menjadi bewarna hitam.

2. Komedo whitehead – merupakan jenis komedo yang berbentuk kecil dengan warna putih. Biasanya jenis komedo ini timbul karena pori-pori terkontaminasi bakteri yang membuat permukaan kulit mengeras.

Apapun jenis komedonya, pasti tetap membuat tidak nyaman dan minder. Jadi ayo berantas komedo di hidung dan wajah dengan bahan alami yang mudah dilakukan seperti berikut :

1. Masker telur

Masker telur ayam kampung atau arab sangat baik digunakan untuk menghilangkan komedo. Pasalnya putih telur ayam kampung atau ayam arab ini mengandung vitamin E yang baik untuk menormalkan minyak berlebih pada wajah. Selain itu, putih telur juga mengandung asam amnino dan protein yang baik untuk mengangkat sel kulit mati serta merapatkan pori-pori pada wajah. Serta kandungan riboflavin yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Cara membuat masker putih telur pun cukup mudah :

  • Pisahkan kuning telur dari putihnya
  • Kemudian ambil kuas, oleskan putih telur pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu
  • Diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Masker stroberi

Buah merah ini ternyata juga baik digunakan untuk mengangkat komedo karena mengandung alpha hydroxyl acids (AHA) dan asam salisilat. Kandungan kedua nutrisi tersebut bisa mengontrol minyak berlebih dan membersihkan pori-pori pada wajah.

3. Sari lemon

Lemon juga baik digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Ini karena buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang bisa digunakan untuk mengangkat kotoran dan mengurangi minyak berlebih. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan sari lemon dengan garam, yoghurt dan madu untuk dijadikan masker.

Sponsors Link

4. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan flavanol yang baik. Flavanol merupakan antioksidan alami yang baik untuk tubuh. jadi sangat cocok digunakan untuk mengangkat komedo.

5. Madu murni

Manfaat masker madu mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga baik digunakan untuk mengangkat komedo. Apalagi sifatnya yang lengket jika didiamkan beberapa saat bisa mengering dan mengangkat kotoran yang menutupi komedo.

6. Parutan kentang

Kentang memiliki kandungan gizi berupa protein, vitamin B, C, dan A. Sehingga sangat baik digunakan untuk mengangkat komedo. Cara membuatnya juga mudah, cukup memarut kentang sampai halus, kemudian gunakan untuk masker untuk kulit berjerawat dan komedo .

7. Masker pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki nutrisi yang lengkap, yakni vitamin A, papain, dan sodium. Vitamin A sangat cocok digunakan untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo. Selanjutnya kandungan sodiumnya mampu mengontrol minyak dan melembapkan wajah.

8. Tomat

Tomat merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan A yang baik. Kedua vitamin ini sangat baik digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Cara membuat masker tomat untuk mencegah komedo adalah dengan melumatkan tomat atau iris tipis-tips tomay, kemudian gunakan untuk masker wajah.

9. Kunyit

Kandungan dalam kunyit ini sering digunakan untuk antiseptik dan antibakteri. Jadi sangat baik digunakan untuk mengangkat komedo membandel di wajah. Cara meramunya :

  • Tumbuk kunyit hingga halus
  • Kemudian campur dengan sari daun mint
  • Setelah itu, aplikasikan ke bagian wajah yang banyak tumbuh komedo.

10. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan asam yang baik untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Oatmeal juga mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik digunakan untuk mengontrol minyak berlebih. Selain itu, oatmeal juga memiliki tekstur yang kental, sehingga baik untuk pelembab alami dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara pembuatan masker oatmeal yaitu :

  • Campurkan 2 sendok oatmeal bersama 2 sendok air panas
  • Tambahkan ½ sendok madu
  • Diamkan selama 5 menit
  • Gunakan untuk masker wajah.
Sponsors Link

11. Baking soda

Baking soda memiliki kandungan kimia yang mampu dimanfaatkan untuk sel-sel kulit mati pada wajah. Cara membuatnya juga mudah, campur 2 sendok baking soda dengan air. Kemudian oleskan di area wajah yang tertimbun komedo.

12. Kayu manis

Kayu manis memiliki kandungan nutrisi berupa minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat. Salah satu kemampuannya adalah melawan bakteri yang menimbulkan komedo, serta dapat mencegahnya untuk kembali lagi. Cara meramu, campur bubuk kayu manis dengan madu, kemudian gunakan untuk masker muka selama 10-20 menit.

13. Lidah buaya

Lidah buaya juga sering digunakan untuk campuran produk kecantikan di Indonesia. Ini karena lidah buaya mengandung vitamin A dan E. Kandungannya ini sangat cocok digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan mengantinya dengan yang baru. Hal inilah yang menjadikan lidah buaya cocok dijadikan obat komedo. Cara meramunya, ambil bagian dalam lidah buaya yang berlendir, kemudian gunakan untuk masker wajah.

14. Kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang baik. Jadi sangat cocok digunakan untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah dan mampu mengangkat kotoran. Cara meramunya cukup mencampurkan kulit dasar jeruk dengan air. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang terserang komedo. Biarkan semalam, kemudian pagi harinya cuci wajah hingga bersih.

15. Air garam

Garam memiliki tekstur yang kasar. Biasanya dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Selain itu, garam juga mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Cara meramunya, campurkan garam dengan air hangat. Lalu gunakan untuk mencuci muka.

Nah… mudah bukan cara menghilangkan komedo yang menganggu. Selamat mencoba dan salam cantik.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 11th, February 2015 / 07:04 Oleh :
Kategori : Pengobatan