Sponsors Link
     Sponsors Link

19 Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali Secara Alami

Advertisement

Cara mencegah jerawat sangat penting, seperti penyakit lainnya, mencegah lebih baik dari pada mengobati, karena memang jerawat adalah musuh serius bagi kulit wajah. Tahukah Anda bagaimana cara mencegah jerawat? Jerawat memang dapat datang kapan saja namun yang terpenting adalah Anda mengetahui mengenai cara mencegahnya. Hal ini sangat penting dilakukan karena agar dapat secepatnya menghilangkan jerawat yang timbul. Namun sebelum kita membahas mengenai cara mencegah jerawat sebaiknya ketahui dahulu alasan jerawat dapat hinggap diwajah cantik Anda.

Faktor Penyebab Jerawat

mencegah jerawatJerawat dapat hinggap diwajah karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat misalnya saja kulit yang berminyak, penyumbatan kotoran wajah pada pori-pori wajah karena make up tebal dan tidak segera dibersihkan hingga tertidur, jenis make up yang tidak cocok dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menjaga semua itu diperlukan cara mencegah jerawat yang ampuh dan berikut ini akan disebutkan sebanyak tujuh belas  cara ampuh untuk itu simak dengan baik dan lakukan. Semoga wajah Anda senantiasa terlindungi dari jerawat yang akan datang ke wajah.

Cara Mencegah Jerawat

  1. Membersihkan wajah

Sebaiknya jika tidak ingin terkena masalah jerawat maka Anda harus mencegah jerawat timbul dengan rajin membersihkan wajah.

Berapa Kali ?

Minimal Anda membersihkan wajah pada saat mandi dua kali sehari dan ketika akan tidur.

Cara Membersihkan

Hindari penggunaan handuk yang kasar untuk mengelap wajah Anda. Sebaiknya gunakan tangan untuk membersihkan wajah dengan sabun dan pilih handuk bayi yang halus. Perhatikan juga mengenai kebersihan handuk yang Anda kenakan. Apabila handuk yang digunakan tidak bersih maka kuman yang ada dihanduk menempel dimuka yang menyebabkan terjadinya jerawat.

  1. Gunakan pelembab

Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit. Namun jika tidak mengetahui jenis kulit Anda sebaiknya gunakan pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit. Jika Anda menggunakan pelembab maka kulit akan terlindungi dari ultraviolet. Untuk itu pilih yang mengandung anti UV.

  1. Gunakan obat jerawat

Apabila Anda memiliki masalah dengan jerawat maka gunakan obat jerawat yang dijual bebas diapotek tanpa obat dari dokter. Namun jika ingin memakai cara alami untuk mengatasi jerawat maka silahkan oleskan madu asli ke seluruh atau bagian yang terkena jerawat saja.

  1. Make up secukupnya (Hindari Make Up kalau bisa)

Ada baiknya jika Anda lebih selektif memilih make up dengan memperhatikan kandungan bahan kimia yang ada pada make up. Jangan memilih make up murahan tapi hanya akan merusak wajah dengan jerawat yang timbul dikemudian hari. Tetapi sebaiknya menggunakan make up yang bagus walaupun sedikit mahal. Jika Anda hanya dirumah saja gunakan make up secukupnya jangan terlalu berlebihan. Gunanya untuk mengistirahatkan wajah Anda dari make up yang sehari-hari dipakai.

  1. Perhatikan rambut Anda

ads
Jika rambut Anda panjang dan memiliki poni yang menyebabkan diarea sekitar poni berjerawat maka singkirkan poni. Mulailah peduli dengan shampo dan konditioner yang Anda pakai. Usahakan yang memilih yang membuat rambut menjadi lembut dan tidak menimbulkan jerawat diarea poni. Dengan rambut yang lembut dan halus selain membuat rambut lebih sehat juga menghindarkan dari terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Jangan terlalu sering memegang muka dengan tangan

Hindari kontak antara tangan dengan muka karena dapat memicu terjadinya jerawat. Terlebih bagi tangan Anda tidak bersih atau memiliki tipe muka yang sensitif. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Cuci bersih  tangan jika akan memegang muka dan hindari melalu memencet-pencet wajah yang terkena jerawat. Jika wajah ada jerawat usahakan sembuhkan dahulu barulah Anda dapat menggunakan make up.

  1. Hindari Terkena sinar matahari langsung

Hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat adalah wajah yang tidak terlindungi dan langsung terkena matahari. Untuk itu Anda dapat menggunakan tabir surya yang membantu agar melindungi sinar matahari. Anda dapat melindungi wajah dari topi, kerudung atau pun masker. Alat-alat tersebut selain melindungi wajah Anda dari sinar matahari juga melindungi diri dari asam kendaraan yang mungkin saja mengenai wajah kita.

  1. Hindari konsumsi makanan siap saji

Ada baiknya konsumsi makanan sehat seperti serat dari buah dan sayur. Makanan ini menghindarkan Anda dari timbulnya jerawat. Namun jika Anda banyak mengkonsumsi makanan siap saji, coklat dan keripik akan membuat wajah menjadi cepat berjerawat.

  1. Rajin olahraga

Jangan menggira bahwa olah raga hanya untuk menyehatkan organ dalam saja. Olah raga yang rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

  1. Hindari Stress

Ada baiknya Anda menenangkan pikiran dan menghindari stress. Stress dapat dengan mudah dan merupakan salah satu pemicu timbulnya stress.

  1. Rajin berkonsultasi dengan dokter kulit

Anda dapat berkunjung ke salon yang menyediakan layanan dokter kulit. Dengan cara ini akan membantu Anda mengkonsultasikan wajah agar tetap mulus dan bersih serta bebas dari jerawat.

  1. Banyak mengkonsumsi air putih

Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka akan membantu anda untuk melarutkan minyak dan lemak yang ada didalam tubuh. Wajah dan pencernaan menjadi sehat yang mempengaruhi wajah yang kusam serta berjerawat.

  1. Menggunakan masker alami

Anda dapat merawat diri terutama bagian wajah agar tidak berjerawat tak harus pergi ke salon. Anda dapat menggunakan masker sendiri dari bahan alami misalnya saja dengan menggunakan alpukad. Adapun cara membuat masker yaitu menghaluskan alpukad yang diblender. Kemudian Anda dapat mencampurkan dengan minyak zaitun untuk menghaluskan wajah. Dan jika Anda ingin mengencangkan wajah tinggal menganti atau menambahkan putih telur didalamnya.

Masker :

Ads

  1. Istirahat yang teratur

Anda dapat melakukan tindakan mencegah jerawat dengan cara menjaga istirahat lebih teratur. Dengan istirahat dengan teratur delapan jam dalam sehari maka akan membuat tbuh dan wajah menjadi lebih bugar. Hindari tidur larut malam dan begadang karena menimbulkan wajah menjadi kusam, jerawatan dan mata panda.

  1. Berpikir positif

Anda juga harus membuat pikiran menjadi lebih positif setiap harinya. Dengan berpikiran selalu positif akan membantu Anda mengatasi masalah jerawat dan muka yang kusam.

  1. Menjaga makanan yang seimbang

Mengkonsumsi makanan memang terkadang kita ingin yang berminyak atau pun yang sering mengundang timbulnya jerawat. Namun ada baiknya jika Anda menjaga makanan yang seimbang. Dengan gizi yang seimbang akan mencegah timbulnya jerawat yang mungkin saja khusus.

  1. Menyediakan obat jerawat

Ada baiknya ketika terasa ada jerawat yang timbul segeralah menggunakan obat jerawat yang telah tersedia. Jangan menunggu hingga berlarut-larut karena dapat menyebabkan peradangan dan sulit untuk disembuhkan. Bisa juga menimbulkan bekas jerawat pada wajah Anda.

  1. Hindari penggunaan Helm ketat / penutup kepala (wajah yang sempit)

Gesekan jika menggunakan helm ketat akan membuat kulit wajah alergi dan salah satu penyebab jerawat yang sangat berbahaya.

  1. Injeksi Hormon

Hormon salah satu penyebab jerawat yang tidak dapat di hindari, namun alternatif terakhir untuk pencegahan adalah dengan operasi atau injeksi hormon. Hal ini dapat digunakan untuk mengurangi hormon yang mengakibatkan jerawat berlebihan di wajah.

Setelah Anda mengetahui mengenai cara mencegah timbulnya jerawat ada baiknya jika melakukan setiap hari secara teratur. Dengan secara teratur menggunakan dan melakukan hal tersebut wajah menjadi terlindungi dan bersih dari adanya jerawat. Konsultasikan cara tadi ke dokter pribadi Anda supaya hasil yang didapatkan bisa maksimal. Cara mencegah timbulnnya jerawat di atas dapat anda jadikan pedoman jika tidak ingin menjadi korban jerawat.

Baca Juga : Cara menghilangkan jerawat ( Total ada lebih dari 30 Cara)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, January 2015 / 15:48 Oleh :
Kategori : Pencegahan