Sponsors Link

20 Penyebab Jerawat Berdasarkan Faktor Internal dan Eksternal

Advertisement

Penyebab JerawatPasti banyak sudah akrab dengan penyakit kulit yang satu ini. Dan mungkin tidak ada orang yang pernah terlewatkan untuk mengalami jerawatan. Sebenarnya munculnya jerawat pada wajah itu sangatah wajar. Apa lagi ketika seseorang sedang mengalami masa-masa pubertas. Namun jangan dibiarkan lagi, jika jerawat mulai bermunculan dan menjadi banyak dan harus segera diatasi.

Banyak cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan baik secara alami ataupun medis. Namun akan lebih efektif jika mengenali terlebih dahulu penyebab jerawat, sehingga jerawat dapat benar-benar disembuhkan dan tidak datang lagi menghinggapi wajah. Berikut penulis penyebab jerawat yang terbagi 2 menjadi 2 faktor internal dan eksternal.

Penyebab Jerawat Karena Faktor Eksternal

Faktor eksternal yakni penyebab jerawat yang berasal dari luar wajah, baik dari kebiasaan maupun hal-hal dari luar yang memicu timbulnya jerawat :

fast food collection on on white background1. Pola makan yang tidak sehat

Sebenarnya semua penyakit yang dialami oleh manusia sedikit banyak dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Tanpa sadar kita mengkonsumsi makanan penyebab jerawat, bahkan setiap hari. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji , gorengan dan makanan yang mengandung gula tinggi mampu menjadi  jerawat di wajah.

 

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang paling disenangi oleh jerawat. Kadar minyak berlebih pada wajah akan membuat bakteri-bakteri dari luar menempel pada wajah. Bakteri yang menempel pada kulit inilah yang menyebabkan kulit menjadi  berjerawat jika tidak dibersihkan.

3. Polusi udara

Udara yang tercemar atau terpolusi memang menjadi media yang baik untuk menyebarnya bakteri dan virus. Bakteri tersebut dapat menempel di wajah dan kemudian menimbulkan  jerawat.

4. Iritasi wajah

Jerawat yang muncul bisa menjadi tanda bahwa kulit sedang iritasi. Entah itu iritasi makanan atau hal lainnya. Namun hal ini sangat dianjurkan untuk segera diberikan obat penghilang jerawat sesuai resep dokter, agar tidak menjadi lebih parah.

5. Mengkonsumsi obat kontrasepsi

ads
Ketika mengunakan alat kontrasepsi, akan membuat kerja hormon menjadi terganggu sehingga kelenjar kulit pun juga ikut terganggu. Akibatnya kulit menjadi mudah jerawatan, seperti penyebab jerawat setelah melahirkan karena hormon yang belum stabil pasca melahirkan.

6. Kurang minum air putih

Buruknya metabolisme dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah kulit, terutama jerawat. Salah satu cara menstabilkan metabolisme tubuh adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu manfaat air putih juga mampu meluruhkan minyak yang ada di dalam tubuh.

7. Alergi terhadap penggunaan kosmetik

Jerawat bisa saja muncul ketika salah mengunakan kosmetik. Hal ini menandakan bahwa, bahan-bahan kosmetik yang ada di dalam kosmetik tersebut memang tidak cocok untuk kulit dan bisa menyebabkan alergi, jika terus-menerus digunakan.

8. Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar ultraviolet yang terkena langsung ke wajah bisa merusak jaringan luar kulit wajah. Akibatnya perlindungan terluar kulit wajah menjadi hilang dan membuat kulit lebih rentan terhadap bakteri dan virus penyebab jerawat.

9. Jarang membersihkan muka

Sering membersihkan muka dengan cleanser atau sabun pencuci muka akan mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan jika wajah bersih, maka wajah akan terbebas dari bakteri dan virus yang menempel. Sehingga tidak ada lagi bakteri dan virus yang menumpuk pada wajah.

10. Tangan sering menyentuh wajah

Mitos tentang timbulnya jerawat seperti memencet jerawat masih banyak dilakukan. Padahal dengan seringnya menyentuh muka menggunakan tangan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Karena sebenarnya tangan yang kita gunakan untuk menyentuh wajah adalah kotor dan penuh bakteri serta kuman-kuman karena

11. Rambut yang kotor

Jerawat pada wajah adalah rambut yang kotor. Karena rambut adalah bagian tubuh yang paling dekat dan sering menyentuh muka. Jika rambut kotor, maka akan membawa bakteri dan kuman yang kemudian tertempel diwajah.

12. Merokok

Merokok dapat mengacaukan semua sistem dalam tubuh, termasuk sistem pembentukan sel kulit. Terhambatnya regenerasi kulit akibat tercemarnya darah oleh zat nikotin yang dibawa oleh rokok menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu CO2 hasil pembakaran asap rokok, akan langsung terkena wajah juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

13. Mengkonsumsi alkohol

Tidak jauh berbeda dengan rokok, minuman beralkohol juga bisa merusak seluruh jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit. Yang kemudian akan berakibat pada kesehatan kulit wajah.

14. Kurang tidur

Pola tidur yang tidak teratur bisa membuat kinerja hormon dalam tubuh menjadi kacau dan daya tahan tubuh menurun. Jika daya tahan tubuh menurun dan kerja hormon kacau, maka jerawat akan tubuh subur di wajah.

15. Mengkonsumi makanan berlemak

Tubuh hanya membutuhkan hanya sepersekian persen lemak, maka jika tubuh memiliki stok lemak yang berlebihan tidak ada jalan lain tubuh akan membuangnya ke seluruh bagian tubuh termasuk kulit wajah. Penumpukan lemak pada kulit wajah bisa menghambat kinerja kelenjar kulit dan menimbulkan jerawat. Maka telalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak ini menjadi salah satu dari 21 penyebab jerawat.

16. Tidak menjaga kesehatan kulit wajah

Hal yang paling bisa menimbulkan jerawat pada wajah adalah tidak menjaga kesehatan wajah. Kita kitahui bahwa wajah adalah bagian terluar yang paling sering terlihat dan riskan terhadap polusi, bakteri dan virus yang ada diluar. Jelas bahwa jika tidak memperhatikan kesehatan kulit wajah, maka wajah akan dengan mudah iritasi, alergi dan juga jerawatan.

Ads

Penyebab Jerawat Karena Faktor Internal

Faktor internal ini merupakan penyebab jerawat yang langsung dari dalam tubuh, salah satunya hormon penyebab jerawat. Berikut ini beberapa diantaranya :

17. Masuk masa pubertas

Pada masa pubertas atau masa peralihan dari  anak-anak menuju  masa remaja atau dewasa memang mengalami banyak perubahan fisik dan juga hormon. Perubahan hormon pada masa peralihan ini bisa menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini yang banyak menjadi penyebab jerawat saat menstruasi bagi para gadis belia.

18. Keturunan

Jika berbicara mengenai faktor keturunan, memang tidak bisa di elakan lagi bahwa banyak penyakit yang berasal karena keturunan, termasuk jerawat. Hal ini karena jenis-jenis hormon penyebab jerawat juga bisa diturunkan dari orang tua.

19. Kondisi stress

Banyak fakta yang membuktikan bahwa kondisi stress dapat memicu munculnya masalah kesehatan wajah seperti jerawat ini. Ciri-ciri jerawat karena hormon seperti stress yang sering dialami ini, karena produksi hormon ardenalin menjadi lebih banyak.Kelebihan hormon ini dapat berpengaruh terhadap munculnya jerawat.

20. Kekurangan vitamin A

Kurangnya vitamin A membuat kelenjar kulit tidak sehat sehingga tidak mampu memerangi virus dan bakteri penyebab jerawat. Vitamin A juga merupakan antioksidan bagi kulit, yang akan menjaga kesehatan kulit dari serangan radikal bebas.

Meskipun jerawat terbilang sangat mengerikan, tapi munculnya jerawat juga bisa menjadi sebuah tanda jika kulit kita normal. Karena jika kulit tidak pernah ditumbuhi jerawat, bisa jadi ada yang salah dengan kulit kita. Bahkan ada yang mengatakan kalau tidak pernah jerawatan bisa menjadi tanda-tanda terkena kanker kulit.

Akan tetapi jerawat yang banyak menghinggapi wajah juga bukan merupakan pemandangan yang bagus. Kesan kotor dan jorok bisa saja menjadi kesan yang terlontarkan untuk orang yang memiliki jerawat banyak di wajah. Dan akibatnya orang yang jerawatnya banyak biasanya akan malu dalam pergaulan, sehingga cenderung menutup diri.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, January 2015 / 05:04 Oleh :
Kategori : Penyebab