Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Jerawat Nasi Secara Alami

Sponsors Link

cara menghilangkan jerawat nasiCoba bayangkan ketika Anda bercermin, Anda melihat sebuah benjolan kecil, bulat dan berwarna putih kemerah-merahan di bagian hidung atau wajah. Pastinya, bisa ditebak bahwa benjolan tersebut adalah jerawat. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang tiada habisnya. Selain sebagai penganggu, jerawat dapat mengurangi estetika wajah. Bagi yang sering keluar rumah dan mengutamakan penampilan wajah, jerawat menjadi penghalang yang tidak mudah diatasi. Salah satu jerawat yang sering muncul yaitu jerawat nasi.

Sponsors Link

Apa itu jerawat nasi ?

Mungkin nama jerawat nasi agak asing di telinga Anda. Oleh karena itu, nama populer jerawat nasi adalah komedo. Jerawat nasi adalah jenis jerawat yang terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terkumpul mengendap di bawah permukaan pori-pori kulit dan membentuk benjolan. Jerawat ini bentuknya sangat kecil. Apabila memencetnya dengan kedua jari, jerawat ini akan mengeluarkan sesuatu berwarna putih seperti butiran beras atau nasi.

Penyebab Jerawat Nasi

  • Hormon – Jerawat nasi biasanya tumbuh akibat ketidakstabilan hormon sehingga memengaruhi kulit untuk memproduksi minyak yang berlebihan. Akibatnya, minyak menutupi pori-pori kulit. Ketidakstabilan hormon ini dialami saat seseorang menjalani pubertas, menstruasi, kehamilan, atau menopause. Stress, merokok, diet yang tidak sehat
  • Kulit Berminyak – Bagi yang mempunyai kulit berminyak, jerawat nasi sangat rentan muncul. Jerawat nasi sebenarnya bisa tumbuh pada kulit yang mudah mengeluarkan minyak seperti pada hidung, pipi, dahi, dada, dan punggung.
  • Wanita – Wanita lebih rentan terhadap tumbuhnya jerawat nasi karena mereka mengalami perubahan hormon yang paling signifikan dibandingkan laki-laki.

Bagi para wanita yang memiliki jerawat nasi, mungkin sudah mencoba segala cara menghilangkan jerawat nasi ini. Mulai dengan polesan make up uk menutupnya dan menggunakan cream obat penghilang jerawat di pasaran, namun belum ada yang efektif mengatasi jerawat nasi. Berikut ini adalah tips alami dan sederhana untuk cara menghilangkan jerawat nasi pada wajah.

Sponsors Link

1. Jadikan irisan tomat sebagai masker

Tahukah bahwa tomat mengandung banyak vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan kulit? Cara membuat masker tomat, cukup dengan meletakkan beberapa irisan romat pada kulit berjerawat nasi. Tunggu sekitar 5 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih. Setelah memakai masker alami tomat, kulit akan terasa lebih bersih dan segar, serta jerawat nasi akan berkurang.

2. Uapkan Wajah dengan Air Panas

Kompres atau uapkan wajah dengan air panas dapat membuat minyak penyebab jerawat, bakteri dan sel kulit mati yang terjebak pada pori-pori terlepas. Caranya :

  • Tuangkan air panas ke dalam sebuah mangkuk
  • Dekatkan wajah ke mangkuk yang berisi air panas tadi
  • Siapkan handuk dan taruh di kepala
  • Pegang handuk agar wajah tetap hangat
  • Lakukan selama 5 menit
  • Bersihkan wajah dengan air dingin, agar pori-pori tertutup kembali.

3. Minum air putih 8 sampai 10 gelas per hari

Orang yang selalu meminum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari terbukti bersih dari jerawat. Air putih dapat mengurangi racun di dalam tubuh sehingga jerawat enggan muncul di kulit.

4. Oleskan Wajah dengan Perasan Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis berkhasiat untuk perawatan wajah berjerawat dan minyak berlebih yang ada pada kulit. Basahi kapas dengan air perasan jeruk nipis, usapkan secara merata pada wajah.

5. Usapkan Wajah dengan Campuran Telur dan Madu

Putih telur bermanfaat untuk membuat pori-pori kulit menjadi kencang, dan manfaat masker madu berperan sebagai pelembab kulit. Kedua bahan ini dapat dicampurkan menjadi ramuan anti bakteri. Caranya :

  • Campurkan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuningnya
  • Masukkan 1 sendok makan madu hangat
  • Usapkan pada permukaan kulit wajah
  • Tunggu sekitar 30 menit
  • Gunakan air hangat untuk membilasnya
  • Sebaiknya gunakan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Sponsors Link

6. Bersihkan Wajah dengan Beras

Meskipun jerawat ini bernama jerawat nasi, ternyata jerawat nasi ini bisa dihilangkan dengan beras. Beras juga sudah digunakan turun temurun untuk merawat kecantikan kulit.

  • Rendam semangkuk beras dengan air selama semalam atau 5 jam
  • Kemudian, buatlah pasta beras dengan cara menumbuknya
  • Gunakan pasta tersebut sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati.

7. Gunakan Pasta Gigi

Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan jerawat nasi. Kandungan fluoridenya berguna untuk cara mencegah jerawat nasi. Oleskan sedikit pasta gigi pada area yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Itulah beberapa cara alami untuk menyingkirkan jerawat nasi yang membandel pada kulit Anda. Cara-cara tersebut sangat efektif dan sangat mudah dilakukan tanpa menguras kantong Anda. Bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan di sekitar lingkungan Anda.

Tips Mencegah Jerawat Nasi

  • Jangan lupa membersihkan wajah secara rutin
  • hindari menyentuh atau memencet jerawat dengan tangan kotor
  • Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makan-makanan sehat
  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E

Dengan mencoba tips-tips cara menghilangkan jerawat nasi ini, tentunya akan membuat diri menjadi lebih percaya diri.  Tetapi, jika masalah kulit tersebut tidak bisa diatasi dengan cara apapun, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kulit profesional.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 16th, March 2015 / 07:37 Oleh :
Kategori : Pengobatan