Sponsors Link

9 Bahaya Infeksi Jerawat Meradang

Sponsors Link

Sebagian besar orang menganggap jerawat sebagai masalah yang dapat menurunkan percaya diri seseorang. Jerawat kerap muncul pada area wajah seperti di pipi, jidat, hidung atau bagian lainnya. Inilah mengapa jerawat di wajah dinilai sangat mengganggu bagi para wanita khususnya. Selain itu, dampak psikologis akibat jerawat kepada penderitanya juga bervariasi. Ada beberapa fakta tentang jerawat yang wajib diketahui. Salah satunya, jerawat bisa menjadi bahaya jika terjadi infeksi atau peradangan.

Sponsors Link

Penyebab Infeksi Jerawat

Beberapa kebiasan buruk juga bisa menjadi penyebab infeksi pada jerawat. Ada baiknya untuk mengubah kebiasaan buruk agar terhindar dari infeksi jerawat. Selain itu, beberapa makanan penyebab jerawat di wajah muncul juga harus dihindari.

  • Memencet Jerawat

Salah satu penyebab infeksi jerawat yaitu karena memencet jerawat. Banyak anggapan dengan memencet jerawat dapat mengeluarkan lemak atau kotoron. Padahal, efek akibat jerawat dipencet dapat menyebabkan luka dan pembengkakan. Bakteri pada jari dan kuku justru akan masuk ketika jerawat terbuka, sehingga memicu terjadinya infeksi. Ada cara menghilangkan jerawat yang tidak pecah secara alami menggunakan bahan herbal.

  • Menggunakan Kosmetik Berlebihan

Faktor lain pemicu terjadinya infeksi jerawat karena menggunakan kosmetik yang berlebihan. Umumnya kosmetik mengandung bahan kimia yang dapat memperparah kondisi jerawat. Bahan kimia dapat membuat iritasi yang akhirnya menyebabkan infeksi jerawat. Jika tetap ingin menggunakan kosmetik, carilah daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang aman digunakan.

  • Menggunakan Obat Jerawat yang Tidak Sesuai

Beberapa orang memilih mengobati jerawat dengan suatu jenis obat jerawat tertentu. Namun jika salah memilih obat jerawat, justru malah dapat menimbulkan peradangan dan bahkan infeksi jerawat. Oleh karenanya, ketahui dulu tentang bahaya penggunaan antibiotik jerawat.

Bahaya Infeksi Jerawat

Banyak hal kadang tidak disadari oleh penderita jerawat dan banyak dilakukan. Namun, ada baiknya untuk mencegah terjadinya infeksi jerawat dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tidak baik jika tidak ingin mengalami infeksi jerawat. Pasalnya infeksi jerawat dapat menimbulkan beragam masalah dan bahaya, berikut ini diantaranya :

ads
  1. Memicu Peradangan

Infeksi umumnya akan menimbulkan peradangan pada jerawat tersebut. Peradangan akibat infeksi jerawat membuat pengobatan jerawat akan lebih serius dan harus dilakukan secara khusus. Oleh karenanya, diperlukan langkah cara mengatasi jerawat meradang dengan tepat.

  1. Memicu pertumbuhan

Infeksi yang menyebar dapat memicu pertumbuhan jerawat baru. Jerawat baru ini basanya tumbuh di area sekitar jerawat lama yang telah terinfeksi. Hindari untuk menyentuh jerawat jika ini terjadi.

  1. Memicu Jerawat Berdarah

salah satu gejala infeksi jerawat yang sudah matang dan yang paling terlihat adalah keluarnya darah. darah yang keluar biasanya berwarna merah kegelapan yang menandakan darh kotor. Maka tidak heran jika penyebab jerawat bernanah dan berdarah adalah karena infeksi.

  1. Menimbulkan Nanah Pada Jerawat

Infeksi jerawat bisa menyebabkan munculnya nanah pada jerawat. Munculnya nanah pada jerawat biasanya disertai rasa sakit dan perih. Infeksi jerawat dengan munculnya nanah ini akan semakin mengganggu penampilan dan harus mendapatkan perawatan khusus dan intesif.

  1. Menimbulkan Sensasi Gatal

Infeksi jerawat juga akan menyebar di sekitar kulit jerawat. Salah satu dampaknya adalah sensasi rasa gatal yang timbul. Langkah sederhana dan cara mengatasi jerawat bernanah dan gatal dengan tidak menyentuhnya.

  1. Bertambahnya Jerawat

Munculnya nanah akibat infeksi jerawat bisa menimbulkan masalah baru yakni penularan jerawat pada bagian kulit lainnya. Akibatnya jerawat akan muncul dan bertambah lebih parah. Nanah pada infeksi jerawat bisa saja menularkan bakteri pada bagian tubuh lainnya, seperti leher, dada dan bagian lainnya.

  1. Memicu Pembengkakan Jerawat

Infeksi yang timbul pada jerawat dalam keadaan tertentu menjadi pemicu pembengkakan jerawat. Oleh sebab itu, diperlukan cara mengurangi pembengkakan jerawat dengan cepat agar tidak menyebar kemana-mana.

  1. Kuman dan Bakteri Mudah Masuk Tubuh

Bahaya infeksi jerawat bisa menyebabkan masalah atau gangguan kesehatan tubuh. Ini dkarenakan, infeksi jerawat dapat membuat kuman dan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh. Kuman dan bakteri tersebut bisa jadi akan mengganggu pada kesehatan tubuh dan dapat memicu suatu penyakit tertentu.

  1. Meninggalkan Bekas Jerawat

Jenis jerawat apapun yang muncul umumnya akan meninggalkan flek hitam bekas jerawat pada kulit wajah. Bekas yang ditinggalkankan pun akan lebih kentara akibat luka infeksi jerawat dan berdiameter lebih luas dibanding bekas jerawat biasa. Agar tidak terjadi, gunakanlah cara mencegah flek hitam wajah secara alami.

Sponsors Link

Langkah menghindari infeksi jerawat

Pastikan untuk tidak sembarangan dalam merawat infeksi jerawat jika tidak ingin kondisi semakin parah. Yang harus dipahami adalah tentang proses terjadinya jerawat di wajah dan cara mengatasinya agar pengobatan dapat dilakukan secara tepat. Berikut beberapa cara dalam mencegah infeksi jerawat.

  • Jangan Sentuh Jerawat

Sebenarnya bukan hanya tidak boleh disentuh, jerawat biasa pun tidak disarankan untuk disentuh apalagi dipencet. Menyentuh infeksi jerawat dengan tangan, terutama tangan yang tidak bersih dapat memperburuk infeksi jerawat tersebut. Ada banyak cara menghilangkan jerawat yang tidak bisa pecah secara alami dan cepat yang dapat digunakan.

  • Mencuci Wajah Secara Rutin

Saat mengalami infeksi jerawat, meski terasa perih jangan menunda mencuci wajah. Mencuci wajah merupakan salah satu cara membersihkan muka agar terhindar dari jerawat. Mencuci wajah dengan rutin dapat mengurangi bakteri pada jerawat dan menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri.

  • Melindungi Wajah

Infeksi jerawat akan sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu, menggunakan masker penutup wajah dapat mengurangi infeksi jerawat bertambah serta dapat melindungi wajah dari debu dan kotoran. Ada banyak jenis masker alami untuk wajah berjerawat dan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotek yang dapat dicoba.

  • Hindari Kosmetik

Kebiasaan menggunakan kosmetik ada baiknya dihentikan saat mengalami infeksi jerawat. Bahan kimia pada kosmetik dapat memperparah kondisi infeksi jerawat tersebut. Jika jerawat sudah terlanjur meradang, ada cara menghilangkan jerawat akibat kosmetik yang patut dicoba.

  • Konsumsi Asupan Bernutrisi

Makanan bervitamin dan bernutrisi bisa menjadi solusi dalam mengatasi infeksi jerawat. Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi yang dapat membantu detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh. Sebagai tambahan, ada jenis buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh dan beberapa makanan penghilang jerawat dengan cepat yang terdapat di sekitar kita.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 20th, April 2016 / 05:40 Oleh :
Kategori : Penyebab