Sponsors Link

4 Bahaya Jerawat Bernanah pada Wajah

Sponsors Link

Bagi para remaja dan juga para wanita, jerawat sepertinya memang menjadi salah satu masalah kulit wajah yang umum terjadi pada manusia. Kebanyakan, orang akan menjadi khawatir dengan keadaan jerawat, karena selain dapat merusak penampilan wajah, jerawat juga dapat menyebabkan dan juga menimbulkan beberapa efek samping dan dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa dampak dan juga bahaya jerawat bagi tubuh :

Sponsors Link
  • Menimbulkan luka dan iritasi pada kulit wajah
  • Memunculkan nanah
  • Menimbulkan rasa sakit dan perih
  • Menimbulkan bekas luka
  • Membuat kulit wajah menjadi kering dan kasar
  • Bahkan menimbulkan kematian apabila salah dalam mengobati jerawat

Jerawat Bernanah

Salah satu jenis jerawat yang sering dinilai sebagai jerawat parah dan menakutkan adalah jerawat yang bernanah. Seperti namanya, jerawat yang bernanah ini merupakan jenis jerawat yang munculnya disertai dengan keluarnya nanah pada lokasi tersebut. Jerawat bernanah bisa saja terjadi pada satu atau dua titik jerawat pada wajah, namun juga dapat muncul pada sekumpulan jerawat yang mengumpul pada suatu lokasi.

Jerawat bernanah ini merupakan salah satu jerawat yang sangat mengganggu penampilan seseorang, karena sangat mengganggu, sakit, perih dan juga dapat merusak penampilan seseorang. Selain itu, jerawat bernanah juga ternyata berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bahaya jerawat bernanah yang perlu diwaspadai:

1. Menimbulkan rasa perih yang luar biasa

Bahaya jerawat bernanah yang pertama adalah dapat menyebabkan terjadinya rasa perih yang luar biasa bagi penderitanya. Rasa perih yang muncul karena jerawat bernanah ini tentu saja akan sangat menyiksa mereka yang mengalaminya. Rasa sakit dan perih ini akan terjadi secara terus menerus, selama jerawat berananh tersebut masih belum bisa disembuhkan. Celakanya lagi adalah cara mengatasi jerawat bernanah itu sendiri bukanlah suatu hal yang mudah, karena dibutuh perawatan intensif dan teratur, seperti :

Sponsors Link

2. Menyebabkan infeksi yang lebih parah

Apabila anda berpikir bahwa jerawat bernanah sudah merupakan jenis jerawat yang paling berbahaya, maka anda salah. Jerawat yang bernanah malahan akan menyebabkan munculnya infeksi lanjutan pada bagian kulit wajah anda. Jadi apabila anda mengalami jerawat bernanah, maka segeralah periksa ke dokter kulit dan juga dokter spesialis terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sebelum akhirnya menyebabkan infeksi berkepanjangan dan juga infeksi berlebihan pada bagian kulit wajah anda. Untuk menghindari infeksi juga, hindari bahaya memencet jerawat sembarangan dengan tangan kotor.

3. Memudahkan masuknya kuman dan bakteri ke tubuh

Dengan adanya jerawat yang bernanah, maka hal ini merupakan sebuah pintu masuk bagi kuman untuk masuk dan juga menginfeksi tubuh. Ya, kuman-kuman akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita melalui luka nanah yang disebabkan oleh jerawat. Bakteri ini pun nantinya akan menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan bagi tubuh anda. Maka dari itu untuk menghindari efek bahaya jerawat bernanah, segeralah melakukan perawatan wajah berjerawat hingga sembuh atau paling tidak menghilangkan nanah yang muncul akibat jerawat.

4. Dapat menular ke bagian kulit lainnya

Bahaya Jerawat bernanah berikutnya adalah penularan. Jerawat bernanah bisa menular ke bagian kulit lainnya yang berdekatan. Apabila sebelumnya berada pada bagian wajah, atau lokasi wajah tertentu, maka nantinya jerawat akan menyebar, dan bukan tidak mungkin akan muncul pada bagian tubuh selain wajah seperti penyebab jerawat punggung, leher, bagian dada dan lokasi lainnya.

Sponsors Link

Jenis Jerawat yang Banyak Terjadi

Jerawat itu sendiri pun ada berabagai jenis. Mulai dari jerawat yang sangat ringan, yaitu jerawat yang hanya muncul sesekali dalam jumlah sedikit dan mudah untuk diatasi, hingga jenis jerawat parah dan berbahaya. Bahkan membutuhkan penanganan khusus dalam mengobatinya. Berikut ini adalah beberapa gangguan jerawat yang termasuk golongan jerawat parah :

  • Jerawat dengan nanah
  • Jerawat menahun pada area tertentu
  • Jerawat pada hampir seluruh bagian wajah
  • Jerawat yang terasa perih ketika tersentuh
  • Jerawat yang besar dan juga mengumpul pada suatu lokasi wajah

Kesemua jerawat tersebut bisa saja terjadi pada anda, terutama apabila anda :

  • memiliki bakat genetik keturunan yang mudah terserang jerawat
  • Tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik
  • Memiliki kadar minyak kulit wajah tinggi
  • Sering berada pada tempat atau lokasi yang berdebu dan juga mengandung banyak sekali polutan
  • Salah menggunakan obat penghilang jerawat

Itulah beberapa bahaya yang dapat muncul karena jerawat bernanah. Cara menghilangkan jerawat bernanah perlu kesabaran dalam penyembuhannya. Hal ini dikarenakan jerawat bernanah merupakan salah satu bentuk masalah jerawat yang memerlukan waktu dan metode pengobatan yang tepat. Dan perlu juga disesuaikan dengan kondisi keparahan jerawat, sesuai dengan karakteristik kulit anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 29th, September 2015 / 09:24 Oleh :
Kategori : Jenis