Sponsors Link

6 Bahaya Jerawat di Ketiak yang Mengerikan

Advertisement

Selama ini kita mengenal bahwa jerawat parah dapat menyerang di berbagai area di wajah kita, mulai dari dahi, pipi, hingga bawah bibir. Kita juga telah mengetahui bahwa jerawat juga dapat timbul di dada maupun di punggung. Nah, namun apakah anda mengetahui bahwa ternyata jerawat juga dapat timbul di bagian ketiak anda? Ternyata jerawat di ketiak juga dapat timbul akibat berbagai penyebab. Walaupun tumbuhnya jerawat di ketiak ini umumnya karena hal yang normal, namun ternyata jerawat di ketiak juga dapat memberikan sinyal bahaya akan kondisi kesehatan tubuh anda. Di artikel ini, anda akan menemukan berbagai penjelasan lengkapnya. Penyebab Jerawat di Ketiak Sebelum anda melihat berbagai macam bahaya dari jerawat di ketiak, maka tentu saja anda perlu mengetahu sebenarnya hal apa saja yang membuat ketiak anda ditumbuhi jerawat. Mungkin anda bertanya-tanya apakah penyebab jerawat di ketiak ini sama dengan penyebab jerawat di punggungpenyebab jerawat di hidungpenyebab timbulnya jerawat di wajah, atau yang lainnya. Nah, berikut ini merupakan penyebab jerawat di ketiak.

  • Menggaruk Ketiak

Sama seperti penyebab timbulnya jerawat di wajah, salah satu faktor utama mengapa jerawat di ketiak bisa timbul adalah karena menggaruk. Biasanya, bakteri ini dapat masuk melalui pori-pori kulit dan folikel rambut yang terluka sesaat setelah anda menggaruk kulit ketiak anda yang gatal. Ketika anda menggaruk kulit ketiak anda, maka hal ini akan meninggalkan luka di kulit ketiak anda, yang membuat jerawat dapat dengan mudah menginfeksi kulit dan menyebabkan jerawat diketiak.

  • Mencukur Bulu Ketiak

Salah satu faktor utama lainnya mengapa jerawat di ketiak dapat timbul adalah karena mencukur bulu ketiak. Terkadang, produk yang anda gunakan untuk mencukur rambut akan menyebabkan iritasi kulit, yang menyebabkan bakteri dengan mudah mengalami peradangan yang menyebabkan jerawat di ketiak. Selain itu, iritasi yang ditimbulkan setelah mencukur bulu ketiak seringkali meninggalkan sensasi gatal, yang membuat anda secara refleks menggaruk kulit ketiak anda, sehingga timbulah jerawat di ketiak anda.

  • Penggunaan Deodorant

Faktor lainnya yang juga berpengaruh pada timbulnya jerawat di ketiak adalah karena penggunaan deodorant yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kulit ketiak anda. Seringkali, deodorant yang tersedia di pasaran dapat membuat kulit anda menjadi alergi dan juga dapat menyebabkan iritasi yang membuat kulit ketiak anda gatal dan hasilnya, bakteri akan dengan mudah menginfeksi kulit anda dan menyebakan jerawat di ketiak.

  • Benjolan Kanker

Nah, salah satu faktor penyebab jerawat di kulit ketiak anda adalah karena adanya tanda-tanda sel kanker dalam tubuh anda. Jika anda mendapati benjolan mencurigakan menyerupai jerawat di kulit ketiak anda, apalagi anda memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita kanker, maka anda jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter agar mendapatkan perawatan lebih lanjut. Baca Juga: Penyebab Jerawat Berdasarkan Faktor Internal dan Eksternal Setelah anda mengetahui apa itu jerawat atau bisul di ketiak dan kemudian hal-hal apa saja yang menyebabkan timbulnya jerawat di ketiak, maka sekarang adalah saatnya anda mengetahui sebenarnya apa sajakah bahaya yang akan mengintai anda jika anda mendapat adanya jerawat atau bisul di ketiak. Mungkin memang anda merasakan bahwa ketiak di jerawat tidak menimbulkan rasa sakit, namun ternyata jerawat di ketiak ini bisa saja menjadi sebuah pertanda akan adanya bahaya mengenai kesehatan di tubuh anda. Berikut ini adalah kemungkinan bahaya yang mungkin akan anda dapatkan ketika terdapat jerawat atau bisul di ketiak anda.

1. Jerawat di Ketiak Pertanda Adanya Infeksi Bakteri

Bahaya jerawat di ketiak yang pertama adalah sebuah fakta bahwa jerawat di ketiak ini merupakan suatu pertanda akan kemungkinan terjadinya infeksi bakteri di tubuh anda. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, salah satu faktor jerawat di ketiak disebabkan oleh masuknya bakteri melalui pori-pori dan folikel rambut akibat kita terlalu sering menggaruknya dan juga terlalu sering mencabut bulu di ketiak. Ketika bakteri ini dibiarkan secara terus menerus masuk secara bebas melalui pori-pori dan folikel rambut yang terbuka, maka hal ini akan menyebabkan peradangan pada jerawat yang kemudian akhirnya dapat memunculkan nanah. Bahaya jerawat bernanah ini akan cukup terasa, dimana nanah ini nantinya dapat membuat tubuh kita menjadi panas dingin. Untuk mengatasinya, terapkan cara mengatasi jerawat bernanah dan cara menghilangkan jerawat bernanah. Selain itu, jerawat pada ketiak juga dapat menjadi suatu pertanda bahwa ada infeksi oleh bakteri pada luka yang terdapat pada lengan atas, lengan bawah, dan juga tangan.

ads

2. Jerawat di Ketiak Pertanda Adanya Infeksi Virus

Sama halnya dengan bakteri, ternyata infeksi dari virus juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat atau bisul di ketiak anda. Yang membahayakan, ternyata jerawat yang timbul di ketiak anda ini merupakan suatu pertanda akan penyakit berbahaya seperti AIDS, herpes, dan cacar air yang tentu saja diakibatkan oleh infeksi oleh virus. Jadi, mengapa jerawat di ketiak ini merupakan pertanda akan adanya kemungkinan infeksi dari virus di tubuh anda? Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jerawat di ketiak ini disebabkan karena pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening akibat peradangan suatu hal asing dari luar tubuh kita. Kelenjar getah bening yang membengkak dan membentuk semacam jerawat dan bisul di ketiak merupakan penanda bahwa kelenjar getah bening tersebut telah menangkap dan menahan begitu banyak virus agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Nah, untuk mengatasi pembengkakan getah bening ini, ada baiknya anda menerapkan cara mengurangi pembengkakan jerawat sehingga jerawat di kuli ketiak anda akan semakin cepat mengempis.

3. Jerawat di Ketiak Pertanda Akan Adanya Alergi Di Tubuh Anda

Jenis bahaya jerawat di ketiak yang ketiga adalah akan adanya kemungkinan bahwa jerawat di ketiak ini merupakan suatu pertanda bahwa tubuh anda memiliki alergi terhadap sesuatu hal asing yang masuk ke tubuh anda. Alergi yang ditunjukkan tubuh anda terhadap bahan-bahan semacam yodium, penisilin, deodoran, maupun obat-obatan lainnya ternyata juga akan memicu proses oembengkakan pada kelenjar getah bening, yang kemudian akan menimbulkan munculnya jerawat atau bisul di ketiak. Nah, jika anda mendapati bahwa terdapat benjolan seperti jerawat di ketiak anda, maka sebaiknya jangan ragu untuk menerapkan cara menghilangkan jerawat karena alergi atau berkunjung ke rumah sakit untuk sekedar melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Hal ini karena memang sangat sulit untuk menemukan sebenarnya hal-hal apa sajakah yang memicu alergi pada tubuh anda, sehingga kelenjar getah bening anda membengkak..

 4. Jerawat di Ketiak Merupakan Pertanda Fibroadenoma

Jenis bahaya keempat akan munculnya jerawat atau bisul di ketiak adalah adanya kemungkinan bahwa anda terkena fibroadenoma atau yang biasa juga sebagai pertumbuhan abnormal pada jaringan fibrosa. Nah, fibroadenoma ini merupakan benjolan menyerupai jerawat yang terjadi akibat kelebihan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan jaringan di sekitar payudara, sehingga tidak heran jika bisa terjadi benjolan jerawat atau bisul di ketiak. Biasanya, benjolan menyerupai jerawat di ketiak akibat fibroadenoma ini tidak terasa sakit dan dapat bergeser jika anda pencet atau anda tekan. Namun, benjolan menyerupai jerawat akibat fibroadenoma ini tergolong tumor yang jinak sehingga tidak berpotensi menyebabkan kanker. Belum ada yang mengetahui secara pasti apa penyebab fibroadenoma, namun para praktisi kesehatan menyebut bahwa pertumbuhan fibroadenoma ini terkait dengan hormon kesuburan pada wanita. Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Haid dan Penyebab Jerawat saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

5. Jerawat di Ketiak Merupakan Pertanda Kanker Limfoma

Jenis bahaya akan munculnya jerawat atau bisul di ketiak yang kelima adalah adanya kemungkinan bahwa anda memiliki kanker limfoma. Ternyata, benjolan jerawat yang terdapat di ketiak ini juga bisa menjadi pertanda akan adanya penyakit serius yang menyerang tubuh anda, yaitu kanker limfoma atau yang biasa disebut sebagai kanker sistem getah bening. Kanker limfoma atau sistem getah bening ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan di jerawat atau bisul yang tidak menyakitkan di area ketiak, leher, dan juga selangkangan.  Sel kanker limfoma ini biasanya dapat menyerang anda melalui infeksi virus yang akan masuk ketika kekebalan sistem imun tubuh anda berkurang. Nah, jika anda mendapati jerawat atau bisul di ketiak anda yang disertai dengan gejala lain seperti demam, gatal-gatal diseluruh tubuh, penurunan berat badan secara tiba-tiba, pembengkakan pada perut, gangguan pernapasan, dan selalu merasa lelah, maka segera periksakan kondisi anda ke dokter karena ada kemungkinan anda terserang kanker limfoma. Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kemaluan Pria dan Wanita

 6. Jerawat di Ketiak Merupakan Pertanda Kanker Payudara

Jenis bahaya akan munculnya jerawat atau bisul di ketiak yang keenam adalah adanya kemungkinan bahwa anda memiliki kanker payudara. Nah, adanya kemungkinan bahwa jerawat di ketiak ini merupakan suatu gejala kanker payudara tentu saja tidak bisa anda remehkan begitu saja, apalagi jika sebelumnya ada keluarga anda yang memiliki riwayat kanker payudara. maka dari itu, tidak heran jika jerawat di ketiak ini dianggap sebagai salah satu jenis jerawat yang paling berbahaya. Jerawat di ketiak dapat dikatakan sebagai suatu pertanda bahwa anda mengalami kanker payudara dikarenakan karena ketika sel-sel kanker menyerang, maka pertumbuhan sel-sel payudara akan cenderung menjadi tidak terkontrol hingga akhirnya terjadi penebalan kulit yang menyerupai jerawat atau benjolan di area sekitar payudara, termasuk di ketiak. Nah, jika anda mendapati adanya jerawat dan benjolan yang keras di area ketiak disertai dengan perubahan bentuk pada payudara, kemudian juga putting susu juga tertarik ke dalam, bahkan mengeluarkan cairan yang mengandung darah, segera cari pertolongan medis karena itu suatu pertanda bahwa anda terkena kanker payudara. Baca Juga: Jenis Hormon Penyebab Jerawat

Sponsors Link

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat di Ketiak

Nah, setelah anda mengetahui berbagai macam sinyal bahaya dari timbulnya jerawat di ketiak, maka tentu anda ingin mengetahui bukan bagaimana cara menghilangkan jerawat di ketiak ini? Walaupun memang jerawat yang diakibatkan oleh kanker atau fibroadenoma tidak dapat dihilangkan secara mandiri, namun jerawat di ketiak yang disebabkan oleh bakteri maupun alergi bisa dihilangkan dengan melalui cara-cara dibawah ini.

  • Jangan Biarkan Ketiak Basah

Tips pertama untuk mencegah timbulnya jerawat pada ketiak adalah jangan biarkan ketiak anda basah, baik oleh keringat maupun oleh air sehabis anda mandi. Ketiak basah akan menyebabkan area tersebut menjadi lembab yang tentu saja memicu bakteri penyebab jerawat untuk tumbuh dan akan menimbulkan bahaya infeksi jerawat  yang meradang, sehingga akan menimbulkan jerawat di ketiak anda nantinya.

  • Ganti Deodoroant Anda dengan Deodorant Alami

Tips kedua untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit ketiak anda adalah dengan mengganti deodorant anda dengan deodorant alami. Seringkali faktor pemicu timbulnya jerawat di kulit ketiak disebabkan oleh alergi terhadap deodorant yang anda beli di pasaran. Nah, oleh karena itu ada baiknya anda mengganti deodorant anda dengan deodorant alami menggunakan cuka apel atau minyak kelapa. Manfaat cuka untuk jerawat dan manfaat minyak kelapa untuk jerawat memang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya. Nah, kedua bahan herbal ini ternyata juga sangat ampuh untuk berperan sebagai deodorant, plus bahan herbal ini kecil kemungkinannya akan memberikan efek samping bagi kulit anda.

  • Gunakan Larutan Garam

Jika anda sudah terlanjur mendapati adanya bekas jerawat di kulit ketiak anda, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan garam yang telah dicampurkan ke dalam air hangat untuk dioleskan ke kulit ketiak yang telah dihiasi jerawat. Nah, untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini secara rutin setiap hari hingga jerawat di ketiak anda mengempis.

  • Gunakan Gel Lidah Buaya

Cara ampuh lainnya untuk anda yang telah terlanjur mendapati bahwa terdapat jerawat di ketiak anda, maka anda dapat menggunakan gel yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk jerawat memang sangat luar biasa. Gel dalam lidah buaya ini sangat kaya akan kandungan Vitamin E yang akan berperan sebagai antioksidan dan mencegah peradangan dan infeksi jerawat. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit amti yang akan semakin cepat mengempiskan jerawat anda. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini cukup mudah, dimana anda tinggal mengoleskan gelnya ke area kulit ketiak anda yang terdapat jerawat. Baca Juga Artikel tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui berbagai macam hal yang patut untuk anda ketahui mengenai jerawat di ketiak, ulai dari penyebabna, kemudian sinyal bahaya dalam tubuh akibat timbulnya jerawat di ketiak, hingga bagaimana cara mencegah dan menghilangkan jerawat di kulit ketiak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 29th, May 2016 / 20:11 Oleh :
Kategori : Jenis