Sponsors Link

6 Bahaya Memencet Jerawat Sembarangan di Wajah

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu gangguan dan juga masalah kulit, terutama kulit wajah yang sangatlah mengganggu dan pastinya dihindari oleh sebagian orang, terutama bagi mereka para wanita remaja dan mereka yang mementingkan penampilan serta kesehatan wajah.

Sponsors Link

Jerawat sendiri sudah mulaimuncul pada wajah anda sejak usia remaja, dimana kemunculan jerawat ini dipicu oleh banyak hal, yang salah satu pemicu utama munculnya jerawat adalah munculnya hormone – hormone pada tbuh yang terjadi ketika masa pubertas. Jerawat merupakan kemunculan bintik – bintik pada bagian wajah, yang dapat terasa apabila diraba dengan tangan. Biasanya jerawat memiliki dua kategori, yaitu ketegori sedang dan kategori parah. Jerawat dengan kategori sedang biasanya hanya muncul pada bagian tertentu dan juga dapat cepat sembuh. Berbeda dengan jerawat yang parah, mereka biasanya muncul sekaligus pada beberapa wilayah wajah, dan juga bergerombol serta sulit untuk disembuhkan.

Penyebab Jerawat

Jerawat sendiri dapat muncul karena berbagai macam faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kemunculan jerawat :

  1. Stress
  2. Hormone (Ciri ciri jerawat hormon)
  3. Depresi
  4. Kesehatan kulit yang tidak terjaga
  5. Radiasi sinar matahari
  6. Alergi akan obat – obatan tertentu
  7. Polusi udara
  8. Kekurangan nutrisi kulit wajah
  9. Kurang memperhatikan kebersihan wajah
  10. Kontak dengan debu dan polutan yang ada di udara bebas

Jerawat seringkali ditangani dengan cara yang salah, salah satu cara – cara yang salah dan sangat tidak disarankan ketika anda mengalami jerawat yang muncul pada wajah anda adalah memncet jerawat anda hingga pecah.

Bahaya memencet jerawat

Jerawat memang seharusnya diobati dengan cara menggunakan obat – obatan tertentu atau dengan cara membiarkannya agar sembuh secara alamiah. Memencet jerawat amat sangat tidak disarankan karena malahan akan menyebabkan banyak efek buruk dan negative bagi tubuh kita. Selain itu memencet jerawat juga dinilai secara medis dapat berbahaya. Lalu apa saja bahaya dari kegiatan memencet jerawat? Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai mengapa memncet jerawat itu berbahaya :

1. Iritasi

memencet jerawtBahaya pertama dari kebiasaan dalam memencet jerawat anda adalah bahwa kebiasaan ini dapat menimbulkan iritasi bagu kulit anda, terutama kulit wajah. Iritasi ini dapat menyebabkan banyak efek negative dan efek buruk lainnya. Berikut ini adalah beberapa efek negative yang disebabkan oleh iritasi karena memencet jerawat :

  • Luka pada kulit
  • Kulit terasa gatal
  • Kulit memerah
  • Rasa perih pada bagian jerawat

Munculnya iritasi ini disebabkan karena kuman dan bakteri yang ada di dalam jerawat pada akhirnya keluar karena dipencet, dan keluarnya kuman atau bakteri ini malahan akan menimbulkan iritasi pada wajah anda.

Sponsors Link

2. Infeksi

Bagi anda yang mengalami jerawat dan juga masalah dengan sistem pembekuan daarah, ataupun bagi anda yang kekurangan asupan zat besi dan vitamin, kegiatan memencet jerawat ini akan sangat rentan tejadi infeksi pada bagan wajah anda yang mengalami jerawat.

Setelah dipencet, mungkin jerawat akan hilang dan mengempes, namun ternyata, setelah jerawat dirasa sudah hilang dan mengempes, malahan akan timbul masalah baru, yaitu kemungkinan munculnya infeksi pada bagian wajah yang jerawatnya anda pencet sebelumnya. Infeksi ini dapat menyebabkan kuman menjadi berkembang biak lebih cepat, dan bahkan bisa masuk ke dalam tubuh anda melalu pori – pori kulit dan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh anda.

3. Kemunculan jerawat yang bertambah parah

Sama seperti infeksi, ketika anda memencet jerawat di wajah anda, maka kuman – kuman dan juga bakteri yang berasal dari jerawat anda yang sudah dipencet dan dirasa hilang akan menyebar ke area sekitar wah anda. hal ini malahan akan memperburuk keadaan jerawat pada wajah anda. hal ini akan menyebabkan kemunculan jerawat lainnya pada bagian wajah anda, yang disebabkan oleh keluarnya bakteri dan kuman, yang menyebar ke bagian – bagian lain dari wajah anda.

Karena itu, sangat tidak disarankan untuk memencet jerawat, karena dapat menimbulkan kemunculan jerata yang jauh lebih parah dari sebelumnya.

Sponsors Link

4. Pendarahan

Bahaya lainnya yang mungkin bisa muncul akibat kebiasaan memencet jerawat adalah terjadinya pendarahan pada bagian jerawat yang di pencet. Hal ini dapat menyebabkan munculnya pendarahan, dan apabila berada pada level yang parah, terutama bagi anda yang mengalami kelainan pada sistem pembekuan darah akan berakibat fatal, karena kemungkinan pendarahan akan terjadi secara terus menerus dan juga terjadi berulang kali.

Selain itu apabila terjadi penadarahan yang cukup parah, anda akan mengalami kondisi kekurangan darah, atau yang biasa kita kenal dengan istilah anemia, yang memiliki gejala – gejela :

  • Tubuh terasa lemas
  • Konsentrasi menurun
  • Mudah terserang penyakit.

5. Menimbulkan bekas luka

Bagi anda yang menganggap bahwa dengan memencet jerawat akan membuat wajah anda bersih dari jerawat yang mengganggu, maka anda sepertinya salah besar. Dalam waktu singkat, memencet jerawat mungkin akan memberikan efek seperti jerawat yang sudah hilang dari wajah anda. namun demikian, ternyata kegiatan memencet jerawat ini malahan akan menimbulkan bekas luka yang terlihat sangat jelas. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh bagi anda yang concern akan penampilan wajah anda, bukannya menghilangkan jerawat, malah akan menimbulkan bekas luka yang mengganggu.

6. Kematian

Mungkin terdengar sedikit berlebihan apabila memencet jerawat dapat menyebabkan kematian. Namun ternyata, hal ini memang benar dan dapat terjadi. Ada daerah pada bagian wajah yang disebut dengan segitiga kematian, yang berada pada area sekitar hidung, karena berisi syaraf – syaraf yang penting. Apabila secara tidak sengaja anda memencet jerawat pada lokasi ini, dan terjadi pendarahan atau infeksi, maka efek buruknya adalah kematian.

Itulah beberapa bahaya dari kegiatan memencet jerawat yang mungkin belum anda ketahui. Menyeramkan bukan? Sekian artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 29th, May 2015 / 11:46 Oleh :
Kategori : Pengobatan