Sponsors Link

6 Bahaya Telur Untuk Wajah Jerawat

Sponsors Link

Kulit wajah rentan terhadap timbulnya jerawat, terutama untuk para remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Jerawat dapat mengganggu siapa saja, terutama bila timbul dalam jumlah banyak dan bengkak. Selain efek fisik, jerawat juga memberikan dampak psikologis akibat jerawatSegala sesuatu tentang jerawat membuat kita menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Sponsors Link

Jerawat dapat disebabkan oleh banyak hal, penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal perlu ditelaah. Salah satunya ialah makanan yang kita makan sehari-hari. Anda pasti sering makan telur yang merupakan salah satu dairy products dan seringkali menjadi bahan masakan lainnya hingga bahan pembuatan kue. Tahukah anda bahwa ternyata telur dapat menjadi penyebab jerawat?

Mengapa demikian? Telur merupakan salah satu bahan pangan yang tinggi akan protein dan lemak. Makanan yang tinggi protein dan lemak memiliki potensi menyebabkan timbulnya jerawat. Penasaran? Simaklah artikel berikut ini!

Bahaya Telur untuk Jerawat

Telur terdapat banyak jenisnya, dimana berasal dari hewan yang berbeda-beda, seperti ayam, bebek, burung puyuh, dan lainnya. Telur merupakan salah satu bahan pangan yang kaya protein dan lemak. Telur memiliki nilai gizi yang tinggi dan biasanya dikonsumsi setiap harinya.

Kandungan gizi telur memang esensial bagi tubuh kita. Pada satu butir telur utuh, di dalamnya terkandung kalsium lebih dari 90%, zat besi di bagian kuning telur, protein sebanyak 6 gram protein dan terdapat 9 asam amino essensial. Unsur mineral selain zat besi, telur juga mengandung banyak zinc yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh. Mineral fosfor juga ada, dimana bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Satu butir telur utuh dapat memberikan kalori sebanyak 70 hingga 85 kalori.

Walaupun demikian, anda harus memperhatikan bahaya dari konsumsi telur, terutama jika dalam jumlah banyak. Bagaimanakah bahaya telur untuk jerawat?

1. Menimbulkan alergi

Pernahkan anda mengalami tiba-tiba muncul jerawat banyak sesudah makan telur? Jika ya, anda harus berhati-hati karena ada kemungkinan anda memiliki alergi jika makan telur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, telur mengandung protein dalam jumlah besar. Manusia memiliki sistem imun yang mengenali antigen asing. Apabila protein pada telur tersebut dikenali oleh tubuh anda sebagai antigen, maka akan menimbulkan reaksi imun.

Reaksi imun yang terjadi biasanya ialah timbul merah-merah, gatal-gatal, hingga bengkak. Timbulnya jerawat juga bisa menjadi gejala dan efek samping bahwa anda memiliki alergi terhadap telur. Tidak semua orang memiliki alergi terhadap protein telur, ada baiknya jika anda berhati-hati jika terjadi tanda-tanda muncul jerawat pasca makan telur.

Alergi telur biasanya dialami oleh anak-anak usia balita dimana sistem kekebalan tubuhnya masih rendah. Seiring bertambahnya umur, alergi terhadap telur dapat hilang dengan sendirinya. Pada orang dewasa, pilihlah jenis telur yang anda konsumsi yang terjamin keamanan dan kualitasnya. Telur yang kotor atau bahkan imitasi berpotensi memicu reaksi alergi.

Sponsors Link

2. Menimbulkan jerawat

Sama halnya dengan makanan pedas serta kacang-kacangan, telur juga merupakan salah satu makanan yang berpotensi menimbulkan jerawat. Konsumsi telur yang mengandung lemak dapat menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang berminyak berpotensi untuk timbulnya jerawat di kulit wajah. Oleh sebab itu, berhati-hatilah jika anda memakan telur dalam jumlah banyak, karena berpotensi menjadi pemicu jerawat untuk tumbuh, termasuk jerawat batu.

Anda juga perlu mengetahui :

3. Menghambat penyembuhan jerawat dan bekas jerawat

Konsumsi telur yang berlebihan dapat menghambat proses alami untuk menyembuhkan jerawat. Hal ini disebabkan kondisi wajah yang banyak minyak akan membuat jerawat sulit hilang. Bekas jerawat pun akhirnya perlu dibantu dengan bahan herbal alami seperti ;

4. Mengganggu keseimbangan hormonal

Mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak ternyata dapat mempengaruhi hormon tubuh. Hal ini terutama bagi para wanita yang mengalami datang bulan, dimana hormon sedang meningkat dan jerawat mudah muncul. Untuk menjaga keseimbangan hormon, maka selain telur, disarankan untuk mengkonsumsi makanan penyeimbangnya, yakni sayur dan buah yang akan menetralisir efek perubahan hormon tubuh.

5. Masker dari telur berpotensi mudah terkontaminasi bakteri

Anda pasti mengetahui bahwa telur terdapat bagian yang berwarna putih dan kuning di tengahnya. Manfaat putih telur untuk wajah berjerawat ternyata memiliki beberapa hal yang perlu anda ketahui. Putih telur dapat dibuat menjadi masker, melalui cara membuat masker putih telur dan manfaatnya dimana ternyata juga harus diperhatikan pemakaiannya.

Sponsors Link

Telur mentah terlindungi oleh cangkang yang berfungsi menjaga kandungan kuning dan putih telur di dalamnya. Bagian luar telur, yakni pada cangkang sering terpapar bakteri. Maka dari itu, saat penggunaan dan pemecahan telur, sebaiknya anda mencuci terlebih dahulu telur maupun tangan anda agar bakteri tidak masuk ke dalam.

Jika terkontaminasi bakteri, maka saat penggunaan masker putih telur justru akan memicu timbulnya jerawat karena kulit merupakan bagian yang sensitif. Jerawat disebabkan oleh bakteri seperti Propionibacterium acnes, Staphylococcus epidermidis, dan Staphylococcus aureus. Adanya infeksi bakteri selain di atas dapat memicu pertumbuhan bakteri lainnya, termasuk bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itu, perhatikan higienitas telur.

6. Masker putih telur membuat kulit wajah kering

Penggunaan masker putih telur memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur. Akan tetapi, ternyata bagi beberapa orang, penggunaan masker putih telur dapat menyebabkan kulit menjadi kering sehingga akhirnya akan mengelupas. Selain itu, juga bisa membuat kulit wajah terdapat bintik-bintik kecil dan terasa gatal.

Jika hal tersebut terjadi pada diri anda, segera hentikan pemakaian masker putih telur, karena ada kemungkinan kulit wajah anda cukup sensitif dan tidak cocok dengan kandungan yang ada pada masker. Ada baiknya anda mencoba masker lain, seperti :

Konsumsi Telur

Telur sebagai bahan pangan dapat dijadikan sebagai makanan saat sarapan, makang siang, ataupun makan malam. Telur biasanya diolah dengan cara direbus, digoreng, ataupun dimasak bersama makanan lain. Untuk menghindari bahaya telur untuk jerawat, ada baiknya anda mengkonsumsi telur sebanyak dua hingga tiga butir per minggu.

Nah, sekarang anda telah mengetahui bahaya telur untuk jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 09th, July 2016 / 15:51 Oleh :
Kategori : Penyebab