Sponsors Link

Bakteri Penyebab Jerawat di Kulit Wajah

Advertisement

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang menyebabkan tampilan kulit menjadi kurang keindahannya. Meskipun begitu jerawat sama sekali tidak membahayakan bagi kesehatan. Jerawat disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebih dikulit berbaur dengan debu dan udara kotor saat Anda berada didalam ruangan maupun diluar ruangan. Untuk itu pentingnya kesadaran untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Dibawah ini akan dijelaskan cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah :

1. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang berfungsi untuk melindungi organ – organ didalam tubuh. Karena itu kulit sangat rentan sekali dengan berbagai gangguan tak terkecuali kulit wajah. Padahal wajah merupakan bagian tubuh yang paling pertama diperhatikan oleh orang saat pertama kali bertemu. Keindahan wajah sangat berkaitan erat dengan kulit yang sehat. Namun jangan salah kulit sehat bukanlah kulit yang putih namun kulit yang sehat adalah kulit yang tampak lembap senantiasa. Seperti kulit bayi itulah cerminan dari kulit yang sehat.

Ternyata untuk mendapatkan kulit yang sehat tidaklah sulit. Anda bisa memulainya dari hal – hal sederhana seperti pemilihan produk yang sesuai dengan kulit. Contohnya jika tipe kulit Anda berminyak maka pilihlah produk yang memang dibuat untuk kulit berminyak. Begitu juga dengan jenis kulit lainnya seperti kulit kering, kulit kombinasi dan kulit normal.

Artikel terkait :

2. Hindari stres

Stres masih menduduki peringkat pertama bagi kecantikan kulit. Bagaimana tidak jika Anda stres maka kinerja kulit untuk meregenerasi sel kulit mati menjadi terhalang. Akibatnya kulit menjadi penuh dengan sel kulit mati yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori – pori pada wajah. Jadi cobalah untuk tenang dan ambil nafas dalam – dalam kemudian keluarkan dengan cara perlahan – lahan. ( Baca juga : Dampak psikologis akibat jerawat )

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Pernah mendengar semboyan kecantikan kulitmu adalah cerminan dari apa yang kamu makan sehari – hari. Merawat kulit bukanlah hanya sebatas pada perawatan dari luar seperti pemilihan produk – produk dengan harga tinggi untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Namun ada yang lebih penting dari itu yaitu perawatan dari dalam.

Merawat kulit dari dalam maka yang akan kita bahas adalah soal makanan yang Anda masukkan kedalam tubuh. Sudah banyak yang menerangkan bahwa manfaat buah dan sayuran bagi kesehatan tidak pernah diragukan lagi. Ini karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan kabar baiknya tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga memberikan dampak yang positif bagi kulit Anda. Jadi biasakan untuk mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari sebagai pelengkap menu makanan Anda.

Artikel terkait :

ads

Itulah beberapa cara alami untuk mencegah munculnya jerawat pada kulit Anda.

Artikel terkait :

Penyebab Jerawat Muncul pada Wajah

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah Anda. Dan munculnya jerawat diwajah bisa dalam hitungan jam saja. Bisa jadi hari ini pipi Anda masih mulus dan bebas jerawat. Namun sore harinya masih pada hari yang sama sudah muncul saja jerawat merah dan meradang pda kulit Anda. Faktor penyebab jerawat pada wajah antara lain adalah :

  • Faktor genetik, faktor genetik ini berhubungan dengan gen yang diturunkan dari riwayat keluarga. Karena jika Anda memiliki riwayat keluarga yang berjerawat maka besar kemungkinan jerawat yang ada diwajah Anda disebabkan karena faktor genetik keluarga. Tidak perlu khawatir karena biasanya jerawat ini akan hilang dengan sendirinya.
  • Produksi minyak berlebih pada wajah berkaitan dengan hormonal. Hormonal pada masa remaja memang sedang mengalami perubahan dari anak – anak ke remaja. Dan biasanya seiring dengan pertambahan usia jerawat ini akan hilang dengna sendirinya. ( Baca juga : Scrub alami untuk wajah berjerawat )
  • Stres karena pekerjaan sudah bukan lagi zamannya sekarang. Cobalah untuk duduk tenang dan kosongkan pikiran beberapa saat untuk merileskan kembali otot – otot tubuh yang tegang. Setelah merasa tenang beberapa saat Anda dapat melanjutkan dengan kegiatan yang Anda sukai.

Bakteri Penyebab Jerawat

Adapun selain dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat adalah bakteri. Bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat dikulit ini bernama Propionibacterium acnes. Ciri – ciri yang terdapat pada bakteri Propionibacterium acnes adalah sebagai berikut :

  • Bakteri Propionibacterium acnes ini memiliki bentuk seperti batang jika dilihat menggunakan mikroskop.
  • Bakteri ini dapat tumbuh diudara.
  • Propionibacterium acnes tidak menghasilkan endospora.

Ciri – ciri bakteri ini dapat tumbuh subur dikulit sehingga menimbulkan jerawat. Adapun klasifikasi untuk bakteri bernama Propionibacterium acnes ini antara lain :

  • Kingdon : Monera
  • Phyhm   : Actinobacteria
  • Class       : Actinobacteriadae
  • Ordo       : Actinomucetales
  • Family    : Propionibacteriacese
  • Genus     : Propionubacterium
  • Spesies   : Propionibacterium acnes

Bakteri penyebab jerawat ini bisa disembuhkan secara alami dengan bakteri baik yang juga terdapat pada kulit. Jenis bakteri ini baru ditemukan dan dapat mengobati jerawat secara alami. Caranya adalah dengan membunuh bakteri Propionibacterium acnes dari kulit karena memang tempat tinggal bekteri ini yang berdampingan. Hanya saja bakteri ini tidak semuanya tumbuh berkembang biak pada kulit orang. Hanya pada beberapa orang yang tidak pernah ditumbuhi jerawatlah bakteri ini dapat hidup dengan baik. Sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat pada kulit. Selain itu manfaat bakteri ini pada kulit adalah menjadikan kulit lebih sehat dan bersinar. Sampai saat ini para peneliti yang menemukan bakteri baik ini masih melakukan uji coba untuk membuat sampel bakteri ini agar bisa digunakan seperti obat untuk menghilangkan jerawat.

Ads

Bahan Alami Menyembuhkan Jerawat

Tentang jerawat yang telah Anda ketahui menambah informasi mengenai jerawat dan bakteri penyebab jerawat. Namun bila jerawat telah tumbuh diwajah maka cara untuk menyembuhkannya dalah dengan menggunakan bahan alami. Ini karena menggunakan bahan alami lebih aman dari efek samping dan ketergantungan pada obat saat sudah tidak digunakan lagi. Belum lagi bahan alami banyak memberikan keuntungan seperti mudah didapat dan bisa dibuat sendiri dirumah. Berikut ini bahan alami yang bermanfaat sebagai penghilang jerawat :

1.Bengkuang

Buah yang berisi kandungan air dan berwarna putih ini sudah lama dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan. Karena selain berfungsi untuk memutihkan kulit secara alami bengkuang juga digunakan sebagai bedak untuk menghilangkan jerawat dan menyamarkan bekas dari jerawat. Untuk membuat bedak dari bengkuang langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit bengkuang ukurang sedang hingga bersih dan bilas dengan air.
  • Parut isi bengkuang semuanya dan tambahkan air sesudah itu sekitar dua gelas dan remas seperti meremas santan.
  • Pisahkan ampas bengkuang dari ainya. Sesudah itu diamkan air bengkuang sekitar dua jam.
  • Setelah dua jam buang airnya dan ambil sari bengkuang yang mengendap dibawah wadah tadi.

Untuk pemakaian Anda bisa menggunakannya langsung atau dibuat menjadi bedak bengkuang. Jika ingin dibuat menjadi bedak tinggal dibulatkan dan siang harinya dijemur hingga kering.

Artikel terkait :

2. Lidah buaya

Tanaman hias ini memang kaya akan segudang manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Untuk bidang kecantikan tanaman lidah buaya yang dimanfaatkan adalah gel yang terbungkus dalam kulitnya yang berduri itu. Gel lidah buaya memiliki kandungan anti bakteri, anti peradangan sehingga mengoleskan gel dari lidah buaya pada wajah dapat membantu melembapkan kulit secara alami, mencegah penuaan dini dan menghilangka jerawat. Dalam penanamannya tanaman lidah buaya juga mudah tumbuh. Anda tinggal menanamnya didalam pot atau ditanah luas yang subur. Karena tanaman ini bisa langsung beradaptasi dengan tempat tumbuhnya. Tanaman lidah buaya yang memiliki batang besar juga lebih kaya akan kandungan gel didalamnya.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang ada disekitar kita untuk membantu penyembuhan jerawat pada kulit wajah secara alami.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, December 2016 / 02:52 Oleh :
Kategori : Penyebab