Sponsors Link
     Sponsors Link

Begadang Penyebab Jerawat pada Wajah

Advertisement

Begadang merupakan salah satu kebiasaan yang kurang baik jika dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama. Begadang dapat membuat menjadi mudah lelah dan kehilangan tenaga pada siang harinya. Karena bagaimanapun juga begadang membuat tubuh terpaksa untuk tetap melakukan aktifitas sementara seharusnya sudah istirahat jika malam telah tiba. Akibatnya bisa menjadi terganggunya kesehatan dan munculnya masalah pada kulit yaitu jerawat. Munculnya jerawat akibat begadang memang belum ada bukti penelitiannya. Namun beberapa orang percaya bahwa saat begadang secara langsung mengurangi kemampuan kulit untuk meregenerasi sel – sel kulit mati  menjadi sel kulit baru. Itulah kenapa malam hari adalah waktu yang baik bagi kulit untuk melakukan regenerasi. Oleh sebabnya terdapat beberapa produk seperti krim malam yang memang bertujuan untuk itu. Dengan begadang dapat meningkatkan kinerja hormon adrogen yang berguna untuk memproduksi kelenjar minyak diwajah. Produksi yang berlebihan dapat memacu timbulnya jerawat pada kulit wajah. Begadang juga dapat memperburuk konsisi jerawat yang ada sebelumnya. Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan. kelenjar minyak tersebut juga bisa bercampur dengan debu yang bertebaran diudara sehingga muncullah bintik merah pada kulit.

Artikel terkait :

Ciri – ciri dari jerawat akibat begadang bisa dilihat dari tanda berikut ini :

1.Muncul saat anda memilih sehari untuk begadang

Jerawat akibat begadang ini lebih mudah muncul diwajah akibat beberapa faktor salah satunya begadang. Karena kemunculannya yang cepat terkadang jerawat ini tidak memiliki tanda – tanda sebelumnya.

2. Ada diluar dari masa datang bulan

Pada periode datang bulan biasanya wanita akan mengalami perubaha hormon dan sebagian dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit wajah. Oleh sebab itu jika ada diluar masa dari datang bulan bisa jadi merupakan jerawat akibat begadang. ( Baca juga : Makanan penyebab jerawat diwajah muncul terus )

3. Memiliki warna merah

Jerawat pada umumnya semua berwarna merah terkecuali sesudah menjadi bekas jerawat baru mula menghitam. Namu jerawat akibat begadang memiliki warna merah yang menyala dan bekas jerawat yang juga merah. Sehingga jenis jerawat ini sulit untuk dihilangkan dan memerlukan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Anda bisa mencoba menggunakan beberapa cream penghilang jerawat yang biasanya dijual di apotik – apotik.

Artikel terkait :

4. Mudah untuk tumbuh sehingga jumlahnya mejadi banyak

Selain mudah untuk tumbuh jerawat ini juga jumlahnya sangat banyak sekali diwajah dan bisa menutupi semua kulit wajah jika tidak segera diobati. Langkah awal untuk penyembuhan ada baiknya untuk tidur maksimal 8 jam sehari dan hindari untuk begadang.

Itulah beberapa ciri jerawat akibat begadang. Adapun penyebab jerawat karena faktor yang lainnya antara lain :

Bahan Alami untuk Mengobati Jerawat

Untuk mengobati jerawat yang muncul pada wajah bisa dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan alami. Bahan alami yang banyak terdapat disekitar kita ternyata memiliki fungsi yang baik bagi kulit. Kulit menjadi lebih cerah dan bebas dari jerawat secara alami. Keuntungan lainnya yang didapat dari mengobati jerawat secara alami adalah dari segi efek samping yang hampir tidak ada selama digunakan dalam batas yang secukupnya saja. Disisi itu menggunakan bahan alami untuk mengobati jerawat tidak akan membuat banyak uang yang keluar. Jika anda ingin menggunakan bahan – bahan alami untuk mengobati jerawat berikut ini bahan alami yang bisa dicoba sehari – hari :

1.Jeruk nipis dan sadah cair

Jeruk nipis sudah lama diketahui mampu mengatasi jerawat karena kandungan asam yang terdapat pada air perasannya. Selain itu kombinasi jeruk nipis dengan sadah semakin memudahkan untuk mengobati jerawat. Ini karena sadah berperan untuk mengeringkan jerawat pada wajah. Cara untuk membuat masker dari jeruk nipis dan sadah adalah sebagai berikut :

  • Sediakan sadah cair dan satu buah jeruk nipis. Kemudian belah dua jeruk nipis dan peras airnya. Tuangkan perasan air jeruk nipis pada piring kecil.
  • Masukkan sadah cair kedalamnya dan aduk hingga merata.
  • Baru kemudian cuci wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Baru kemudian tempelkan masker tadi kewajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas dengan air yang bersih.

Penggunaan masker ini bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari dalam masa penyembuhan. Dengan pemakaian yang rutin selama seminggu maka Anda dapat melihat hasilnya yang bekerja secara maksimal.

Artikel terkait :

2. Jeruk nipis dan bengkuang

Masker campuran yang terbuat dari jeruk nipis dan bengkuang juga aman dan mampu mengobati jerawat akibat begadang. Untuk membuat masker ini bisa menggunakan perasan air dari jeruk nipis dan diaduk dengan sari pati bengkuang secara merata baru kemudian ditempelkan pada wajah. Untuk mengambil sari pati dari bengkuang makan langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah sebagai berikut :

  • Kupas bengkuang kulitnya semua dan cuci hingga bersih. Kemudian parut buah bengkuang tersebut menggunakan pemarut secara manual.
  • Setelah itu tambahkan air dan remas bengkuang untuk mengeluarkan sari patinya.
  • Diamkan selama satu jam agar saripati mengendap didasar baskom baru kemudian dibuang airnya.

Langkah terakhir ambil saripati bengkuang tadi dan taburi air perasan jeruk nipis diatasnya dan aduk hingga rata. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai bedak dingin maka langkah yang dilakukan adalah dengan membulatkan campuran masker tadi dan dijemur untuk mengeringkannya.

Artikel terkait :

3. Alpukat

Buah alpukat ternyata juga bisa untuk membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Alpukat dapat dijadikan sebagai masker dengan cara sebagai berikut :

  • Buah alpukat yang telah matang dibelah menjadi dua bagian. Gunakan sebelahnya saja dan sebelahnya lagi disimpan didalam kulkas untuk penggunaan selanjutnya.
  • Gunakan sendok untuk mengambil daging dari alpukat dan letakkan pada piring kecil.
  • Kemudian dihaluskan baru ditempelkan pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit hingga masker alpukat meneyrap sempurna untuk memberi nutrisi bagi wajah.

Penggunaan masker alpukat ini cocok untuk wajah yang kering karena alpukat mengandung lemak yang dapat menjadikan wajah lembap secara alami. Selain itu kandungan dari alpukat yang lain adalah vitamin e yang baik bagi kecantikan kulit. ( Baca juga : Obat jerawat tradisional yang mujarab )

4. Es batu

Mungkin terlihat sederhana sekali penggunaan es batu untuk menghilangkan jerawat. Namun jangan salah es batu mampu mengatasi peradangan pada jerawat dan mengurangi pembengkakkan pada jerawat itu sensiri. Selain mengobati jerawat es batu juga dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Untuk menggunakan es batu juga cukup simpel Anda tinggal menaruh es batu pada bagian wajah yang berjerawat dan balurkan secara menyeluruh pada wajah. ( Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu )

5. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini suah banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik karena manfaat yang terkandung didalam gelnya. Gel dari lidah buaya mengandunga anti bakteri dan anti peradangan untuk menyembuhkan jerawat secara alami. Belum lagi cara penanamn lidah buaya ini tidak begitu sulit dilakukan karena perawatannya yang juga tidak butuh modal besar. Tanaman ini dapat tumbuh subur ditanah yang mengandung unsur hari yang mencukupi. Jika cocok dengan tempat tumbuhnya tanaman lidah buaya ini akan memiliki batang yang besar. Semakin besar batang dari lidah buaya maka kandungan gel didalamnya semakin banyak. Untuk mendapatkan gel dari lidah buaya maka cara yang harus Anda lakukan adalah mengupas kulit luar dari lidah buaya dan bilas dengan air hingga bersih untuk menghilangkan getahnya. Getah lidah buaya berwarna kuning dan dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang muncul akibat begadang. Karena mengunakan bahan alami tentu diperlukan proses yang cukup lama dalam penyembuhannya. Jadi dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan Anda disini.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, December 2016 / 05:46 Oleh :
Kategori : Jenis, Pengobatan, Penyebab