Sponsors Link

Begadang Penyebab Jerawat – Penyebab dan Penanganan

Advertisement

Dalam kehidupan sehari-hari ada dimana beberapa orang lebih cenderung melakukan aktifitas seperti begadang untuk melakukan kegiatan tertentu atau menyelesaikan pekerjaan yang belum sempat selesai. Entah kenapa malam hari dirasa sangat cocok dan pas. Mungkin karena saat malam suasana cenderung tenang dan damai sehingga pikiran bisa ikut merasakan fokus dan pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan deadline. Namun tahukah kamu bahwa begadang membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit jika dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama. Untuk kulit sendiri sering begadang malam dapat mengakibatkan inflamasi sistemik. Inflamasi sistemik merupakan terjadinya peningkatan kecenderungan untuk peradangan. Akibatnya kinerja beberapa organ tubuh menjadi terganggu karena tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk kulit sendiri begadang ikut mengaktifkan kinerja kelenjar minyak. Kelenjar minyak yang berlebih pada wajah dapat mengakibatkan pori-pori menjadi tersumbat dan munculah jerawat. Itu sebabnya begadang tidak dianjurkan karena dapat membawa dampak negatif bagi kulit. Meskipun jerawat bukanlah masalah yang cukup serius namun jerawat tetap harus dicegah. Jerawat memang akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia. Namun penanganan yang tidak tepat padajerawat nantinya justru menimbulkan bekas yang tidak baik untuk kulit muka.Contohnya saja bopeng, dimana bopeng merupakan salah satu lubang pada kulit akibat kebiasaan memencet jerawat pada wajah dengan menggunakan tangan. Bopeng yang terdapat pada kulit bersifat permanen dan tidak akan hilang untuk selamanya. Itu sebabnya penanganan yang tepat juga harus diketahui oleh para penderita jerawat.

Artikel terkait :

Penyebab Jerawat

Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah, karena biasanya jerawat yang muncul tidak disebabkan karena satu faktro saja. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat :

1.Riwayat keluarga

Keluarga adalah orang yang memiliki genetik yang sama dengan kita, dan itu terjadi pada hubungan seorang ibu, ayah dan anak. Faktor genetik mewarisi 80% kesamaan termasuk jerawat. Riwayat keluarga yang dulu memiliki jerawat bisa turun pada anak dengan kemungkinan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan kulit berjerawat. Namun faktor ini bisa dicegah dengan penerapan yang baik dan benar dalam pola hidup.

Artikel terkait :

2. Makanan

Makanan dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi yang berasal dari karbohidrat. Hampir semua makanan mengandung karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh untuk dibakar menjadi energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Tubuh memerlukan banyak sumber nutrisi tidak hanya karbohidrat tapi juga protein, kalisum, serat dan vitamin. Untuk kulit sendiri kulit membutuhkan vitamin dan antioksidan yang banyak terdapat pada sayur dan buah-buahan. Vitamin a,c dan e adalah vitamin yang paling dibutuhkan untuk kulit agar tampak cantik alami. Sedangkan untuk antioksidan sendiri merupakan sumber alami untuk mencegah kerutan pada kulit sebelum waktunya. Itu sebabnya konsumsi buah dan sayuran lebih baik daripada makanan yang lebih banyak mengandung gula dan karbohidrat kompleks.

Artikel terkait :

Ads

3. Stres

Faktor penyebab jerawat berikutnya adalah stres. Stres merupakan reaksi psikis dalam tubuh yang terjadi akibat penolakan psikis dengan kenyataan yang ada. Stres bisa terjadi pada setipa orang hanya tingkat dan cara penanganannya saja yang berbeda-beda. Untuk stres dengan tingkat yang ringan Anda bisa mencoba untuk merileskan seluruh badan kemudian mulai pejamkan mata sejenak. Setelah terasa lebih tenang perlahan hirup udara pelan-pelan tahan selama 5 detik dan hembuskan secara perlahan melalui mulut. Ulangi gerakan tersebut sampai pikiran Anda benar-benar terasa senang dan membaik dari pada sebelumnya. Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengatasi stres ringan yang tiba-tiba datang pada pikiran Anda.

Artikel terkait :

Penanganan

Jerawat yang muncul akibat begadang bisa ditandai dengan perubahan aktifitas Anda sehari-hari. Pada umumnya jika pola hidup untuk tidur yang cukup selama 8 jam sehari dilakukan dengan baik, maka jerawat akan menghilang dengan sendirinya dari kulit wajah. Pada malam hari adalah waktu yang tepat bagi semua organ tubuh beristirahat dan bekerja. Pada kulit sendiri malam hari adalah waktu yang tepat untuk meregenerasi kulit mati diganti dengan kulit baru yang lebih lembut dan halus.

Adapun cara untuk mengatasi jerawat akibat begadang adalah dengan tidak begadang sepanjang waktu. Berikut ini cara mengatasi jerwat secara alami pada kulit wajah :

ads

1.Lidah buaya

Tanaman hias ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar dari pembuatan produk pembersih wajah. Lidah buaya banyak dibudidayakan karena manfaatnya yang banyak. Dibalik kulitnya yang berduri terdapat gel dan daging yang lembut yang kaya akan manfaat. Gel dalam lidah buaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi bagi kulit sehingga dapat mengatasi jerawat secara alami. Adapun cara untuk mengambil gel dalam batang lidah buaya langkah yang Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Potong tanaman lidah buaya satu batang saja kemudian bersihkan dari getahnya yang berwarna kuning. Getah lidah buaya dapat mengakibatkan gatal-gatal pada kulit terutama kulit yang sensitif.
  • Lalu bersihkan dengan air hingga bersih baru kemudian kupas kulitnya.
  • Setelah itu baru ambil lendir dan isi dari lidah buaya dan tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat.

Dengan pemakaian yang teratur biasanya jerawat akan mengecil dengan perlahan dan bekas jerawat pada wajah juga akan ikut memudar. Pemakaian gel lidah buaya ini pada kulit bisa diaplikasikan selama 15 menit baru kemudian bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Artikel terkait :

2. Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan air didalamnya. Didalam mentimun terdapat bijinya yang kaya akan manfaat bagi kulit terutama untuk mengatasi jerawat secara alami. Selain mengatasi jerawat mentimun yang dibuat menjadi masker juga dapat mencerahkan wajah dan mendinginkan wajah. Cara untuk membuat masker dari mentimun adalah sebagai berikut :

  • Kupas kulit mentimun yang telah disediakan hingga bersih. Lalu cuci dan masukkan kedalam blender untuk dihaluskan menyerupai pasta.
  • Halusan dari mentimun tersebut pindahkan pada piring yang kecil dan perlahan ulaskan pada kulit yang berjerawat.
  • Dimakan selama lebih kurang 30 menit baru kemudian dibilas hingga bersih.

Pemakaian masker dari mentimun ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari untuk mengatasi jerawat dan dua kali dalam seminggun untuk mencegah jerawat datang kembali. Mata sembab atau mata panda juga dapat diatasi menggunakan mentimun. Caranya sediakan satu buah mentimun kemudian iris menjadi dua bagian dan tempelkan pada mata Anda. Diamkan selama 30 menit dan biasanya mata yang sembab akan perlahan hilang dengan sendirinya.

Artikel terkait :

3. Lemon

Lemon memiliki warna kulit yang kuning dan rasa yang asam. Lemon kaya akan kandungan vitamin c didalamnya. Fungsi lemon sebagai masker untuk mengatasi jerawat telah dibuktikan secara klini oleh dermatologi. Lemon dapat di iris dan oleskan airnya pada kulit yang berjerawat. Saat pengolesan tersebut bisa saja kulit wajah terasa sangat pedih namun ada baiknya untuk ditahan sebentar saja karena rasa pedih ini akan hilang dengan sendirinya nanti. Diamkan air dari perasan selama 30 menit baru kemudian dibilas dengan bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari masker lemon ini dianjurkan untuk memakainya secara teratur dan rajin agar jerawat cepat menghilang dari kulit wajah Anda. Untuk mencari buah lemon ini Anda bisa membelinya di pasar buah atau minimarket terdekat di kota Anda.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari masker lemon untuk mengatasi jerwat pada wajah secara alami.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 18th, February 2017 / 04:28 Oleh :
Kategori : Pencegahan