Sponsors Link

8 Cara Cepat Menghilangkan Komedo secara Alami

Sponsors Link

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang ditimbulkan karena produksi minyak yang berlebih pada kulit. Komedo merupakan gejala awal dari jerawat ringan. Untuk kasus awal komedo berbentuk seperti benjolan dengan ukuran kecil yang kasat mata. Jadi komedo ini hanya bisa diketahui keberadaanya saat meraba kulit disekitar wajah. Pada umumnya komedo hanya muncul diwajah namun ada juga sebagian yang muncul pada bagian tubuh lainnya seperti punggung. Untuk jenisnya sendiri komedo dibedakan menjadi dua macam yaitu :

Sponsors Link
  • Komedo hitam yang terdapat dilapisan kulit luar sehingga saat teroksidasi debu komedo ini akan berubah warna menjadi warna hitam. (Baca juga : Penyebab komedo hitam, Obat komedo hitam )
  • Komedo putih yang terdapat pada lapisan kulit dalam dan sulit untuk dihilangkan. Terkadang komedo putih ini juga mempunyai bentuk benjolan disekitar kulit sehingga sangat menganggu penampilan. (Baca juga : Cara menghilangkan komedo putih )

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya komedo pada kulit wajah diantaranya adalah :

  • Bakteri yang bernama propionibacterium acnes yang terdapat dipermukaan kulit semakin memperparah keadaan komedo diwajah.
  • Sel kulit mati yang tidak meregenerasi secara sempurna sehingga mengakibatkan tertumpuk pada kulit dan menyumbat pori – pori wajah.
  • Hormon didalam tubuh yang berubah bisa disebabkan karena pertumbuhan hormon remaja dan saat datang bulan.
  • Pengaruh obat – obatan tertentu.

Faktor – faktor dari penyebab komedo tersebut dapat membantu Anda menghilangkan komedo dengan lebih cepat.

( Baca juga : penyebab komedo).

Banyak yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo tidak hanya cepat namun juga aman dari efek samping untuk jangka panjang. Untuk hal ini ada baiknya Anda mencoba menggunakan bahan – bahan alami yang telah banyak digunakan sebagai bahan penghilang komedo. Berikut ini bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo dengan cepat yaitu :

1.Lemon

Buah lemon memiliki kandungan asam  dan vitamin c yang baik untuk menghilangkan komedo secara alami dengan cepat. Selain untuk menghilangkan komedo manfaat masker lemon juga mampu meringkas pori – pori pada wajah dan membuat kulit lebih cerah. Cara untuk membuat masker lemon ini adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu buah lemon dengan ukuran sedang. Kemudian belah buah lemon menjadi dua bagian. Peras buah lemon untuk diambil airnya kedalam piring berukuran kecil.
  • Oleskan air perasan buah lemon pada wajah secara merata. Dan biarkan sekitar 30 menit agar meresap secara sempurna.

Masker lemon ini dapat digunakan sebanyak dua kali sehari dan dapat dibuat sendiri dirumah.

Artikel terkait :

2. Pepaya

Selanjutnya bahan alami yang berfungsi untuk menghilangkan komedo dengan cepat adalah pepaya. Caranya juga cukup mudah tinggal mengupas kulit pepaya hingga bersih baru kemudian daging isi buah pepaya di haluskan menyerupai makser. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin e yang tinggi sehingga baik untuk meremajakan kulit dan menghilangkan komedo dengan pemakaian yang teratur. Berikut ini langkah pengerjaan sebelum memakai masker pepaya agar teresap dengan sempurna :

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu hingga bersih menggunakan pembersih wajah Anda.
  • Buka pori – pori pada wajah dengan uap air panas secara hati – hati.
  • Oleskan masker pepaya tadi ke wajah secara menyeluruh.
  • Diamkan selama 30 menit hingga masker terserap secara sempurna.
  • Bilas wajah dengan bersih dan untuk menutup kembali pori – pori pada wajah gunakan air dingin dengan cara membilasnya pada wajah.

Pemakaian masker pepaya ini bisa dilakukan dirumah sendiri sehingga cocok untuk Anda yang punya banyak waktu luang dirumah.

Artikel terkait :

ads

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan gel didalam isinya. Gel lidah buaya memiliki anti bakteri dan anti peradangan yang baik untuk kulit dalam menghilangkan komedo. Untuk mengambil gel dari lidah buaya kupas kulitnya lalu bilas dengan air bersih untuk menghilangkan getah dari ludah buaya. Lalu oleskan gelnya pada kulit wajah yang berkomedo setiap hari agar berfungsi cepat untuk menghilangkan komedo.

Artikel terkait :

4. Putih telur

Putih telur memiliki kandungan protein hewani yang membantu proses pergantian sel kulit mati secara sempurna dengan sel kulit baru. Oleh sebab itu banyak yang menggunakan bahan alami ini sebagai masker untuk menghilangkan komedo dan membantu mengencangkan kulit wajah. Cara untuk menggunakan masker ini adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu butir telur ayam kampung. Kemudian ambil bagian yang putihnya saja.
  • Oleskan pada wajah secara merata dan dibiarkan selama 30 menit hingga masker putih telur mengering di wajah.
  • Bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Pemakaian masker putih telur ini bisa digunakan baik pada siang hari dan malam harinya menjelang tidur.

Artikel terkait :

5. Garam

Garam juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Bumbu dapur ini lebih mudah didapatkan karena selalu tersedia dirumah. Caranya juga cukup mudah. Sediakan piring kecil lalu beri air didalamnya. Masukkan garam kedalam air dan aduk hingga rata sampai benar – benar garam telah menyatu dengan air tadi. Baru kemudian dioleskan pada wajah yang berkomedo saja. Penggunaan air garam ini untuk menghilangkan komedo dapat dilakukan sebanyak dua kali sehari. Karena pemakaian garam yang banyak pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Artikel terkait :

6. Kacang kedelai

Protein yang terkandung didalam kacang kedelai adalah protein nabati. Protein nabati juga memiliki fungsi untuk membantu meregenerasi kulit wajah secara sempurna sehingga mampu menghilangkan komedo pada wajah Anda. Untuk membuat masker dari kacang kedelai berikut ini langkah – langkahnya :

  • Kacang kedelai direndam didalam air selama satu jam. Setelah itu buang airnya dan haluskan kacang kedelai untuk dijadikan masker.
  • Setelah kacang kedelai halus menyerupai bubuk. Ambil bubuk tersebut dan tambahkan sedikit air didalamnya dan aduk hingga merata.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 30 menit.

Setelah itu baru bilas wajah dengan bersih. Memakai masker dari kacang kedelai ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Artikel terkait :

7. Es batu

Es batu juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah. Caranya cukup mudah tinggal membalurkan es batu keseluruh wajah kemudian di tekan sekitar 10 menit dengan lamanya masing – masing 10 detik. Pemanfaatan es batu ini juga bisa membantu melancarkan peredaran darah disekitar wajah. ( Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu)

Sponsors Link

8. Kulit jeruk

Kulit jeruk biasanya tidak digunakan melainkan langsung dimasukkan kedalam tong sampah saja. Padahal kulit jeruk memiliki fungsi untuk menghilangkan komedo pada wajah. Caranya juga mudah Anda cuci terlebih dahulu kulit jeruk hingga bersih. Kemudian haluskan kulit jeruk dan beri sedikit air hingga berbentuk maker. Oleskan masker dari kulit jeruk tadi pada wajah secara merata. Tunggu hingga 30 menit baru kemudian bilas wajah Anda. Rasakan manfaat berbeda dari penggunaan masker kulit jeruk ini bagi wajah Anda.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Cara Mencegah Komedo

Cara untuk mencegah komedo datang lagi pada wajah sebagai berikut :

  • Rutin melakukan pembasuhan wajah sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi dan petang hari.
  • Menggunakan produk bebas minyak bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan menggunakan produk berminyak untuk Anda yang memilki kulit kering.
  • Rambut juga bisa menjadi penyebab timbulnya komedo. Jadi ada baiknya membilas rambut dengan sampo hingga bersih dua kali dalam seminggu.
  • Tidak menyentuh wajah dengan tangan bisa menjadi indikasi mencegah komedo. Karena bisa saja tangan Anda tidak bersih saat itu.

Itulah beberapa tanda untuk mencegah komedo datang lagi dan tidak kembali. Karena bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 04:19 Oleh :
Kategori : Pengobatan