Sponsors Link

8 Cara Hidup Sehat Agar Terhindar dari Jerawat

Advertisement

Jerawat. Pasti banyak sekali yang mengalami masalah dengan salah satu gejala yang dapat mengganggu penampilan wajah anda yang satu ini. Ya, jerawat memang sudah menjadi salah satu masalah wajah yang banyak dikhawatirkan oleh banyak orang, terutama bagi mereka para wanita yang selalu ingin tampil cantik. Jerawat sendiri pada dasarnya adalah suatu hal yang normal terjadi pada manusia, terutama apabila hanya 1 atau 2 jerawat saja yang muncul. Jenis Jerawat sendiri memiliki beragam mulai dari jerawat biasa yang mudah untuk dibersihkan, hingga jenis jerawat parah dan membutuhkan bantuan dari dokter spesialis kulit untuk membantu menghilangkan jerawat tersebut.

Penyebab timbulnya jerawat itu sendiri pada dasarnya sangatlah bervariasi, antara lain :

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Masa pubertas dan aktivitas hormon penyebab jerawat yang tinggi
  • Stress dan beban pikiran
  • Alergi terhadap udara dan alergen tertentu
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan
  • Darah kotor
  • Kebersihan wajah yang tidak dikontrol
  • Wajah yang berminyak
  • Efek samping dari penggunaan make up

Hal-hal diatas merupakan beberapa hal-hal penyebab jerawat yang umum terjadi. Maka dari itu, untuk menghindari jerawat, perlu adanya suatu gaya hidup sehat yang dapat menghindarkan anda dari kemunculan jerawat-jerawat tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat :

1. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajah

Sabun wajah merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat dalam mencegah munculnya jerawat. Ya, penggunaan sabun wajah sangatlah penting untuk cara membersihkan muka dari bakteri dan kotoran yang dapat menimbulkan jerawat. Namun demikian, untuk pemilihan dari sabun wajah itu sendiri, haruslah dilakukan sesuai dengan kondisi dari kontur dan tipe kulit wajah yang dimiliki.

Apabila wajah anda merupakan tipe wajah yang berminyak, maka carilah sabun wajah yang khusus untuk wajah berminyak, alias yang memiliki kandungan oil controlnya. Apabila anda rajin membersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah, maka sudah pasti anda bisa terhindar dari serangan jerawat. Pembersih wajah alami sangta disarankan karena tidak menimbulkan efek samping.

Sponsors Link

2. Jangan terlalu sering menggunakan make up, terutama make up yang berkualitas buruk

Wanita biasanya sangat senang dengan penggunaan make up. Make up pada wanita saat ini sudah sangat beragam dan juga banyak jenisnya. Namun demikian, terkadang kualitas dari make up yang sangat uruk, atau tidak cocok dengan kulit wajah akan menyebabkan penyebab jerawat. Karena itu, carilah produk make up yang sesuai degnan jenis wajah anda, dan usahakan jangan pernah membeli make up dengan kualitas yang buruk, karena akan meningkatkan kemungkinan kemunculan jerawat. (baja juga : kosmetik untuk wajah berjerawat)

3. Kurangi konsumsi lemak berlebihan, seperti pada daging merah dan gorengan

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi apabila terlalu banyak dikonsumsi, selain dapat menimbulkan obesitas, juga dapat menjadi makanan penyebab jerawat muncul terus. Nah, untuk mencegah jerawat, maka anda bisa mengurangi dan juga menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti daging merah dan juga makanan yang digoreng.

4. Lindungi wajah dengan krim dengan kandungan SPF

Tidak ada salahanya memberikan proteksi lebih kepada kulit wajah anda dengan menggunakan krim wajah yang mengandung SPF atau sun protection film. Solusi jerawat tak kunjung sembuh dengan menggunakan krim wajah yang mengandung SPF, akan menjaga kulit andadari radiasi sinar ultraviolet. Sinar UV juga merupakan salah satu biang keladi dari kemunculan jerawat pada wajah anda.

5. Hindari lokasi dengan tingkat alergen dan polutan tanpa penggunaan alat pengaman

Laboratorium kimia dan juga lokasi konstruksi bangunan merupakan salah satu lokasi yang rentan untuk menimbulkan jerawat. Debu menyebabkan jerawat karena konstruksi atau reaksi kimia dari bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan munculnya jerawat. Karena itu, anda dapat menggunakan masker ataupn pelindung untuk mencegah agar debu kimia dan juga konstruksi tidak dapat menyebabkan jerawat pada wajah anda.

Ads

6. Konsumsi buah, sayur yang kaya akan vitamin, terutama Vitamin C dan juga E

Konsumsi makanan yang sehat, dan mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C dan juga vitamin E juga merupakan salah satu cara ampuh untuk membantu terhindar dari jerawat. Buah-buahan dan juga sayur-sayuran adalah salah satu contoh dari makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan juga E yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga dapat membantu menutrisi kulit anda dari dalam.

7. Minum air putih secara teratur

Mengkonsumsi air putih atau air mineral secara teratur juga sangat baik untuk membantu terhindar dari jerawat. Air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dimana dapat membantu peredaran darah dan membantu pembersihan darah. Pembersihan darah dapat mencegah munculnya jerawat yang terjadi akibat darah kotor. (Baca juga cara menghilangkan jerawat secara alami).

8. Perbaiki kualitas tidur

Kualitas tidur juga harus anda perhatikan. Mereka yang memilki kualitas tidur yang buruk, lebih rentan terhadap stress dan depresi. Stress dan juga depresi inilah yang kamudian dapat menyebabkan kemunculan jerawat, yang tentunya disebabkan oleh faktor beban pikiran itu sendiri. Karena itu, dengan menjaga kualitas tidurnya, maka anda bisa terhindar dari jerawat.

Itulah beberapa cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengetahui cara hidup sehat agar terthindar dari jerawat. Terima kasih.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 05th, October 2015 / 08:28 Oleh :
Kategori : Pencegahan