Sponsors Link

Cara Membuat Masker Kunyit Untuk Menghilangkan Jerawat

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi pada usia remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Baik laki – laki dan perempuan pada usia tersebut tidak terhindar dari masalah jerawat. Banyak faktor penyebab terjadinya jerawat salah satunya adalah penyebab jerawat dan juga jenis hormon penyebab jerawat. Berikut ini juga penyebab jerawat lainnya adalah :

Sponsors Link

Terdapat beberapa penyebab jerawat yang harus anda perhatikan tentang jerawat yaitu tidak dibolehkan untuk memencet jerawat karena efek akibat jerawat di pencet yang bisa  mengganggu penampilan anda, akibat muka yang berlubang. Hal ini juga akan memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Ada cara merawat wajah agar tidak berjerawat yang perlu di ketahui dengan baik untuk pencegahannya, salah satunya dengan kunyit.

Kandungan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman dari Asia Tenggara yang digunakan sebagai rempah-rempah.  Tanaman yang hidup di dalam tanah ini berwarna kuning yang banyak dimanfaatkan sebagai penyedap dari masakan. Banyak masakan yang menggunakan kunyit untuk menambah cita rasa yang khas dengan lidah orang Indonesia. Di Indonesia sendiri kunyit sangat mudah di temukan. Terlebih tanaman mungil ini juga mudah tumbuh di tempat – tempat yang subur yang kaya akan unsur hara. Hanya saja kunyit akan susah untuk tumbuh di daerah yang basah dengan curah hujan yang tinggi.

Tanaman ini tidak hanya bermanfaat umbinya tapi juga daun kunyit yang dimanfaatkan untuk membuat gulai. Selain untuk menyedapkan makanan ternyata kunyit ini juga memiliki manfaat menghilangkan jerawat beserta bekas jerawatnya.

Tanaman tropis yang banyak terdapat di Indonesia ini memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi jerawat beserta bekas dari jerawat itu sendiri. Inilah kandungan yang terdapat pada kunyit :

  • Arabinosa, glukosa, tanin, pati dan dammar.
  • Mineral diantaranya kalsium, mangan, kalium, seng, alumunium dan bismuth.
  • Minyak atsiri yang berjumlah 2 sampai dengan 5 %. Minyak atsiri berfungsi untuk melebabkan kulit.
  • Zat warna kurkuminoid yaitu sejenis senyawa yang berjumla 3 sampai dengan 4 % mengandung curcumin, dihidrokurkumin dan bisdesmetokurkumin.

Cara Membuat Masker Kunyit untuk Jerawat

Sebelum membuat masker dari kunyit maka anda harus tahu jenis kulit anda terlebih dahulu karena ada campuran yang berbeda sesuai dengan kondisi kulit yang anda alami.

1.Kulit kering

Untuk jenis kulit kering maka berikut ini bahan – bahan yang harus di sediakan terlebih dahulu :

  • Kunyit yang kulitnya sudah dikupas dan di cuci bersih pada air yang mengalir.
  • Susu Murni
  • Madu asli
  • Putih telur dari ayam kampung
Sponsors Link

Langkah – langkah pembuatannya :

  • Campurkan semua bahan yang ada diatas dalam suatu wadah yang bersih. Setelah dicampurkan diaduk secara perlahan – lahan agar semua bahan tersebut rata. Diamkan selama beberapa menit antar 2 sampai dengan 5 menit.
  • Setelah itu masker kunyit dapat diaplikasikan ke wajah.

Sebelum diaplikasikan pada wajah bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah kemudia cuci muka dengan ait hangat kuku untuk membuka pori – pori wajah. Ini bertujuan agar masker dari kunyit dapat bekerja dengan maksimal menghilangkan jerawat dan bekas dari jerawat.

Baca juga, info ciri-ciri jerawat seperti :

2. Kulit berminyak

Jika anda memiliki kulit yang cenderung berminyak maka untuk pembuatan masker dari kunyit bahan – bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :

  • Kunyit
  • Yogurth tanpa rasa
  • Madu
  • Putih telur

cara pembuatannya :

Siapakan wadah yang bersih yang bertujuan untuk memasukkan kunyit, yogurth, madu dan telur. Setelah bahan tersebut masuk kedalam wadah maka aduk secara merata untuk di jadikan masker pada wajah. Aplikasikan masker tersebut pada wajah baiknya pada malam hari sbelum tidur hingga pagi harinya lagi.

Masker kunyit berwarna kuning saat di aplikasikan ke wajah jadi bersihkan dengan benar agar warna kuning menghilang dari wajah. Tapi bagi anda yang berkulit sawo matang maka warna kuning dari masker ini justru membuat wajah menjadi cerah merona.

Baca juga cara pengobatan untuk menghilangkan jerawat di wajah lainnya seperti berikut :

Untuk Kesehatan Kulit Lainnya

Selain untuk mencegah jerawat yang muncul di wajah, kunyit juga memiliki manfaat untuk memberi kesehatan kulit lainnya diantaranya adalah :

1.Mencegah penuaan dini

Masker dari kunyit juga dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Secara umum kulit memang akan kehilangan kemampuan elastisitasnya karena produksi kolagen yang menurun seiring dengan pertambahan usia. Penurunan produksi kolagen ini  tidak hanya menyerang wanita yang berkaitan erat dengan kecantikan wajahnya tapi juga pada pria. Hanya saja para pria tidak terlalu mengkhawatirkan itu karena pola pikir antara wanita dan pria berbeda dalam hal kecantikan.

Kunyit mengandung zat yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini yang datang sebelum waktunya. Kulit mulai menunjukkan gejala penuaanya adalah pada usia mendekati empat puluh tahun keatas. Karena itu jika anda ingin mendapatkan kulit yang tetap cantik seiring dengan pertambahan usia maka anda dapat mencoba bahan alami ini. Lakukan secara teratur dan kosisten agar memberikan dampak yang positif bagi kulit anda.

Sponsors Link

2. Anti pigmentasi

Manfaat masker kunyit lainnya yaitu anti pigmentasi. Ini karena kunyit mengandung zat anti pigmentasi yang baik untuk mencegah pigmentasi pada kulit. pigmentasi merupakan salah satu kerusakan kulit yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

  • Sinar ultraviolet

Pada saat siang hari yang panas sinar matahari yang menyentuh kulit secara langsung lama kelamaan bisa saja menimbulkan pigmentasi pada kulit jika dibiarkan begitu saja. itulah mengapa sekarang banyak iklan – iklan yang mempromosikan menggunakan tabir surya atau lotion yang mengansung spf tinggi untuk melindungi kulit dari paparan sina ultraviolet.

  • Salah memilih produk kecantikan

Sekarang ini banyak sekali produk – produk kecantikan yang di jual di pasar – pasar dan minimarket. Salah dalam memilih produk kecantikan bisa mempercepat munculnya pigmentasi pada wajah. Wajah memiliki jenis kulit yang sensitif di banding kulit lainnya pada tubuh.

Karena itu perlu kewaspadaan sebelum menggunakan suatu produk pada wajah. Anda perlu bertanya dulu dan membuktikan jika produk ini memang memiliki fungsi yang sesuai dengan anda dan juga jenis kulit anda.

Baca juga : Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat

3. Mengangkat kulit mati

Manfaat masker kunyit yang ketiga adalah untuk megangkat sel kulit mati. Kulit pada wajah manusia akan mengalami pengelupasan selama 14 hari secara alami. Namun seiring bertambahnya usia cara kulit meregenerasi sendiri mengalami penurunan dan butuh bantuan dari luar seperti penggunaan masker – masker alami yang memang membantu mengangkat sel kulit mati. Selain masker dari bahan alami juga terdapat beberapa pelembap kulit anti aging yang beredar untuk menjadikan kulit bercahaya dengan menghilangkan sel – sel kulit mati dan memunculkan sel – sel kulit yang baru yang terdapat di balik sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati yang bertumpuk di wajah dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan tidak bercahaya sama sekali karena lapisan kulit yang masih segar di tutupi. Karena itu untuk menjadikan wajah anda kembali cerah merona di perlukan pengangkatan sel kulit mati secara bertahap. Lapisan kulit yang berada di bawah sel kulit mati ini masih baru dan bersih dan akan muncul di wajah saat pengelupasan sel-sel kulit mati dilakukan.

Menggunakan masker dari kunyit ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyiapkan bahan – bahannya terlebih dahulu. Dan ikuti langkah – langkah diatas untuk membuat masker. Dan yang paling penting disesuaikan dengan jenis kulit anda apakah kulit anda tergolong kulit yang kering atau kulit yang berminyak.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 05:47 Oleh :
Kategori : Pengobatan