Sponsors Link

Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat dan Bekasnya

Advertisement

Penampilan yang cantik menawan biasanya di anggap dengan memiliki wajah yang bebas dari segala jenis masalah kulit terutama yang namanya jerawat. Segala sesuatu tentang jerawat menjadi perhatian saat wajah mulai ditumbuhi oleh masalah kulit yang satu ini. Jerawat bisa saja muncul di bagian – bagian wajah karena beberapa sebab yang harus di ketahui dengan segera untuk penyembuhannya seperti :

Pola hidup yang tidak sehat kadang juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Dalam masa penyembuhan juga diperlukan kesabaran karena untuk menghilangkan bekas jerawat lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lama dari pada menghilangkan jerawat itu sendiri. Jika anda ingin mencoba menghilangkan bekas jerawat lebih cepat maka anda dapat mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

Jerawat pada wajah juga tidak boleh dipencet karena terdapat bahaya memencet jerawat  dan efek samping dari memencet jerawat itu sendiri. Saat jerawat yang sedang meradang di pencet maka akan menimbulkan bopeng pada wajah. Bopeng pada wajah justru akan merusak keindahan kulit wajah itu sendiri. Namun jika wajah anda sudah terlanjur bolong – bolong maka ada cara menghilangkan bekas jerawat bolong dengan menggunakan bahan yang alami dan bebas dari efek samping.

Sekarang ini sudah banyak yang membahas tentang bahan – bahan alami yang dapat di gunakan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawatnya. Mengapa harus memilih bahan alami ? justru karena bahan alami mudah di dapat dan bisa di buat sendiri dirumah untuk langsung di praktekkan.

Baca juga manfaat bahan alami untuk jerawat lainnya:

Pepaya

Nama latin dari buah pepaya ini adalah carica papaya. Tumbuhan pepaya ini berasal dari negara Meksiko dan tumbuh subur di Indonesia. Buah pepaya sangat mudah di temui di Indonesia sampai ke pelosokpun ada karena banyaknya kebun yang menanam buah pepaya dan mudahnya dilakukan pengembangbiakan tanaman ini untuk tumbuh. Tanaman ini juga tidak memerlukan teknik khusus untuk tumbuh, kadang saat anda membuang biji pepaya di atas tanah yang subur dan kaya akan unsur hara maka beberapa hari kemudian anda akan melihat tunas dari pepaya yang tumbuh ditanah tersebut.

ads
Pohon pepaya memiliki tinggi yang sedang dan ada juga yang tinggi tergantung dari jenis pepayanya. Daun pepaya memiliki bentuk yang menyerupai jari – jari dan bewarna hijau tua. Jika sudah layu daun pepaya akan merubah nejandi kunign kemudia coklat dan akan terlepas sendiri dari batangya. Pepaya tidak hanya di manfaatkan buahnya sebagai makanan sehari – hari namun daun pepaya dan bunga pepaya di konsumsi oleh banyak masyarakat karena memiliki fungsi yang banyak dan bermanfaat di bidang kesehatan. Terutama untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Berikut ini kandungan yang terdapat pada buah pepaya sehingga bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi langsung ataupun dibuatkan masker. Pepaya mengandung senyawa papain yang tinggi, papain berguna untuk melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan serat. Karena itu sembelit dapat diobati dengan rutin mengonsumsi buah pepaya sehari – hari. Buah pepaya tidak mengandung lemak dan kolesterol justru pepaya mengandung karbonhidrat, serat, vitamin c, vitamin e, vitamin k, kalsium, zat besi, magnesium, posfor dan zinc yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam tubuh.

Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada buah pepaya ternyata pepaya dapat dijadikan masker sebagai penghilang jerawat dan juga bekas jerawat. Adapun bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masker dari buah pepaya adalah sebagai berikut :

  • Buah pepaya yang sudah matang yang masih segar dan sudah dikupas kulit serta bijinya sudah di sisihkan.
  • Siapakan juga madu asli  yang berguna untuk menyamarkan noda dari bekas jerawat
  • Buah pepaya masukkan kedalam blender untuk dilumatkan sebagai masker.
  • Setelah lumat pepaya tadi di tetesi beberapa tetes madu diatasnya dan kemudian aduk hingga rata.

Setelah di aduk hingga rata maka dapat segera diaplikasikan pada wajah. Namun ada beberapa langkah – langkah yang harus dilakukan agar manfaat dari masker pepaya ini terasa di wajah, berikut caranya :

  • Memcuci muka terlebih dahulu dengan air yang bersih menggunakan pencuci muka yang sudah biasa anda gunakan.
  • Gunakan air hangat kuku tepuk – tepuk wajah agar membuka pori – pori wajah secara keseluruhan.
  • Oleskan masker pepaya tersebut di atas wajah secara merata dengan berbaring. Jika anda tidak dapat melakukannya sendiri maka minta tolonglah pada salah satu anggota keluarga untuk dapat membantu anda memasangkan masker dari buah pepaya ini.
  • Pijat perlahan wajah untuk menenangkan pikiran, rileksasi dan melancarkan sirlulasi peredaran darah.
  • Diamkan masker pepaya selama 15 samapi dengan 20 menit hingga masker kering dengan sendirinya.
  • Sesudah kering maka segera basulah muka anda dengan air kemudian ulangi dengan menggunakan air yang dingin. Air dingin berfungsi untuk menutup pori – pori pada wajah.
  • Keringkan wajah anda dengan menggunakan handuk kecil tanpa mengosok untuk menghindari iritasi pada kulit wajah.

Gunakan masker pepaya ini sebanyak satu kali dalam sehari untuk pengobatan jerawat. Ada baiknya untuk tidak menganggu aktifitas anda sehari – hari di pakai saat malam hari menjelang tidur.

Baca juga manfaat masker lainnya :

Manfaat masker pepaya lainnya

Manfaat masker pepaya yang lain untuk kesehatan kulit banyak dianjurkan oleh para dokter kecantikan adalah sebagai berikut :

1. Pembersih

Masker pepaya mengandung anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan pada kulit. Masker pepaya dapat dijadikan pembersih kulit wajah sehari – hari agar terhindar dari masalah – masalah kulit seperti noda hitam dan juga komedo. Sekarang sudah banyak pembersih wajah yang dijual dengan merk – merk tertentu namun jika anda lebib tertarik untuk menggunakan pembersih dari bahan yang alami makan masker pepaya adalah solusi dari jawabannya.

Baca juga : Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Ads

2. Pemutih

Para kaum hawa yang memiliki kulit ciri khas Indonesia yaitu kuning langsat biasanya merasa belum puas dengan warna kulitnya tersebut. Banyak yang ingin memiliki kulit yang putih dan indah berseri dipandang mata banyak orang. Gunakan masker pepaya secara rutin dan teratur sehari – hari dapat menjadikan wajah anda putih merona karena kandungan yang terdapat pada masker ini saat dicampurkan dengan madu asli.

Anda tidak perlu menghabiskan biaya yang mahal untuk memutihkan kulit karena cukup dengan menggunakan masker pepaya yang mudah didapat dan dengan harga yang terjangkau anda dapat memiliki kulit putih dan juga bersih bercahaya.

3. Kulit sensitif

Bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif tentu cenderung akan sangat hati – hati dalam menggunakan masker ke wajah anda. Kulit sensitif dapat menimbulkan rasa yang terbakar dan merah yang berlebihan jika masker yang digunakan tidak cocok untuk jenis kulit anda.Namun menggunakan masker pepaya justru cocok untuk kulit sensitif sehingga anda tidak perlu ragu untuk menggunakan masker ini pada kulit wajah yang sensitif. Penyebab kulit sensitif bisa jadi dikarenakan faktor keturunan karena itu kulit sensitif kadang juga perlu pengawasan dari dokter kulit agar terhindar dari efek samping yang mungkin muncul saat menggunakan produk tertentu. Banyak orang yang memiliki jenis kulit sensitif merasa takut menggunakan produk – produk tertentu sehingga sebagian dari mereka memilih beralih ke masker yang alami yang terbuat dari buah – buahan yang berfungsi untuk membersihkan kulit wajah.

Baca juga :

Itulah manfaat dari masker pepaya yang juga memiliki fungsi untuk kulit wajah. Wajah merupakan suatu anugerah yang harus di syukuri dengan merawatnya dengan cara yang benar dan sehat untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, kenyal dan indah serta bebas dari gangguan jerawat dan komedo hingga minyak yang berlebih pada wajah yang merupakan masalah utama dari kulit wajah anda. Gunakan masker pepaya ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 07:52 Oleh :
Kategori : Pengobatan