Sponsors Link
     Sponsors Link

Cara Mencegah Flek Hitam Wajah Secara Alami

Advertisement

Flek hitam diwajah biasanya muncul pada laki – laki dan wanita yang telah masuk ke usia 30 tahun. Flek hitam sering menjadi pertanda penuaan dini yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Bintik – bintik hitam di wajah biasanya memang tidak mudah dikenali. Awalnya hanya berupa bintik coklat kecil yang sama sekali tidak terlihat. Namun setelah beberapa lama maka flek coklat bisa berubah menjadi bintik hitam yang akan sangat mengganggu. Ada beberapa orang yang bisa memiliki flek hitam dalam jumlah yang tinggi namun ada juga yang tidak memiliki flek hitam.

Apa Penyebab Flek Hitam di Wajah?

Mencari solusi untuk mengatasi flek hitam biasanya dilakukan setelah flek hitam itu benar-benar muncul. Tapi mengatasi flek hitam memang sangat sulit untuk dilakukan karena noda ini seperti ada dibagian bawah kulit. Untuk mengatasi flek hitam maka bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab flek hitam itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab flek hitam.

  1. Gangguan pigem kulit yang menyebabkan beberapa bagian kulit diwajah mengalami kerusakan. Kerusakan bisa terjadi ketika kulit banyak memproduksi zat melanin yang menyebabkan munculnya titik coklat di wajah kemudian menjadi hitam.
  2. Wanita atau laki-laki yang mengalami gangguan produksi hormon, namun wanita yang pernah mengalami kehamilan biasanya berpotensi lebih besar memiliki flek hitam. Gangguan ini awalnya juga bisa disebabkan karena hormon justru memicu masalah pigmen kulit.
  3. Terkena paparan sinar matahari secara langsung. Orang yang terkena paparan sinar matahari secara langsung bisa memiliki flek hitam lebih banyak karena sinar UV dari sinar matahari sangat berbahaya dan bisa merubah pigmen dan memicu produksi zat melanin pada kulit.
  4. Usia menjadi pengaruh yang sangat besar untuk masalah kulit Anda. Flek hitam banyak terjadi pada orang menjelang usia 30 tahun atau lebih dari umur tersebut. Ada banyak dorongan flek hitam karena tubuh telah mengalami banyak perubahan seperti sistem metabolisme dan gangguan hormon.
  5. Penderita penyakit gangguan hati juga bisa mengalami bintik hitam pada wajah. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan racun akibat fungsi hati yang terganggu. Beberapa radikal bebas yang ada dalam tubuh kemudian akan menyebabkan flek hitam pada wajah.
  6. Bekas jerawat yang tidak dirawat dengan benar juga bisa menyebabkan flek hitam. Bekas jerawat yang mungkin sudah bersih pada awalnya tetap harus di rawat untuk menghilangkan semua masalah yang bisa menyebabkan kerusakan warna kulit asli. Bintik bekas jerawat sering menyebabkan flek hitam di wajah.
  7. Cahaya komputer atau laptop memiliki pengaruh yang besar untuk bintik hitam diwajah. Cahaya radiasi yang dipancarkan oleh laptop juga bisa mempengaruhi pigmen kulit. Bahkan cahaya laptop sangat sensitif terhadap kulit wajah. Jadi berikan perlindungan untuk kulit wajah ketika Anda berada di depan laptop dalam waktu yang lama.

Sponsors Link

Cara Mencegah Flek Hitam

Flek hitam di wajah memang sangat menjengkelkan. Bintik hitam ini akan mempengaruhi penampilan sehingga terkadang bisa menyebabkan seseorang tidak percaya diri. Jika Anda menghadapi masalah yang sama, maka cobalah beberapa langkah dibawah ini.

1. Gunakan Tabir Surya

Terkena sinar matahari secara langsung pada awalnya mungkin tidak berpengaruh secara langsung pada kulit. Namun dalam waktu tertentu maka Anda bisa mendapatkan bintik hitam di wajah. Untuk mencegah hal ini maka biasakan untuk memakai tabir surya. Anda bisa memakai jenis tabir surya organik yang bisa digunakan untuk wajah dan kulit tubuh. Bahan aktif seperti zinc oksida dan titanium oksida dalam tabir surya sangat efektif dalam mengatasi masalah flek hitam.

2. Gunakan Perawatan Kulit yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Anda bisa memakai beberapa perawatan kulit wajah yang mengandung vitamin E maupun diperkaya dengan vitamian E. Ini adalah jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit karena mengandung zat antioksidan yang benar-benar bisa menghalau radikal bebas penyebab flek hitam kulit.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mempertahankan daya dan elastisitas kulit. Beberapa buah yang sangat aman untuk mengatasi masalah flek hitam ini adalah seperti jeruk, lemon, stroberi, semangka, kiwi dan berbagai jenis buah lain. Konsumsi aktif sumber buah yang banyak mengandung vitamin C juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengurangi resiko penuaan dini.

4. Perawatan Alami Pencegah Flek Hitam

Melakukan berbagai jenis perawatan alami untuk mencegah flek hitam juga bisa menurunkan resiko flek hitam saat usia sudah tua. Berbagai perawatan alami ini untuk mencegah resiko atau efek samping produk kosmetik yang justru bisa membuat potensi flek hitam menjadi lebih besar. Berikut ini beberapa perawatan alami dengan masker yang diolah dari beberapa bahan alami.

Ads

  1. Gunakan bubuk teh hijau yang bisa mencegah penumpukan sel kulit mati pada kulit wajah. Bubuk teh hijau juga banyak mengandung bahan antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas sehingga membantu kulit wajah dalam mempertahankan kolagen dan membuat kulit menjadi lebih sehat.
  2. Gunakan gel dari tanaman lidah buaya yang masih segar sebagai masker alami. Gel lidah buaya bisa membantu mengangkat kotoran dari kulit wajah yang mungkin tidak bersih ketika Anda memakai pembersih wajah. Memakai gel dari lidah buaya selama satu atau dua kali dalam seminggu sudah bisa mencegah flek hitam.
  3. Terapkan susu secara langsung ke bagian wajah sebagai masker alami yang kaya dengan nutrisi untuk kulit. Ambil beberapa buah kapas kemudian celupkan ke susu dan tempelkan ke bagian wajah. Biarkan tinggal selama beberapa saat kemudian angkat jika kulit sudah mulai kering. Susu nutrisi alami yang bisa mencegah flek hitam.
  4. Gunakan madu dan gula coklat untuk mencegah flek hitam. Anda bisa mencampur beberapa sendok madu kemudian berikan gula coklat bubuk. Terapkan seperti Anda memakai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Anda bisa melakukan terapi ini selama dua atau tiga kali dalam seminggu.
  5. Gunakan jus lemon atau potongan buah lemon yang masih segar. Terapkan seperti ketika Anda memakai masker secara langsung. Pada awalnya lemon akan membuat kulit Anda menjadi sedikit lebih perih namun dengan penerapan secara teratur maka flek hitam dan bintik jerawat bisa hilang.
  6. Masker pepaya bisa Anda buat dari pepaya yang sudah benar-benar masak tapi tidak terlalu masak. Hancurkan beberapa potong pepaya kemudian terapkan ke bagian wajah. Pepaya mengandung sebuah enzim yang disebut dengan enzim papain yang bisa membantu mengangkat flek hitam di wajah. Pakai masker dari pepaya selama 10 hingga 20 menit dan bersihkan dengan air dingin.
  7. Masker dari kentang juga bisa mencegah flek hitam. Caranya adalah dengan membuat beberapa potongan kentang kemudian gosokan dengan lembut ke bagian wajah. Biarkan beberapa air dari kentang tertinggal di wajah kemudian bersihkan setelah 15 menit dengan air hangat. Kentang bahan yang sangat baik untuk mencegah flek hitam dan menghaluskan kulit.

Menjaga agar kulit wajah tetap sehat dan terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung memang sangat baik untuk mencegah flek hitam. Karena flek hitam sangat sulit untuk dihilangkan maka mencegah menjadi langkah yang lebih bijak untuk dilakukan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 20th, September 2015 / 14:08 Oleh :
Kategori : Pencegahan