Sponsors Link

6 Cara Mencegah Jerawat dengan Bahan Alami dan Sederhana

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memang membuat kita kesal dan jengkel, bahkan dapat memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Tentunya kita semua menginginkan agar jerawat tidak muncul di wajah maupun tempat-tempat lainnya agar kita tampil lebih percaya diri dan nyaman sehari-hari.

Sponsors Link

Berbagai cara telah ditempuh untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat, mulai dari obat untuk mengatasi jerawat hingga cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami. Akan tetapi, memang cara yang terbaik ialah menghindari dan mencegah timbulnya jerawat di kulit.

Penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal perlu diketahui untuk merencanakan usaha pencegahan munculnya jerawat. Penggunaan obat-obat kimia yang ada di apotik dapat menimbulkan bahaya bagi penggunanya bila tidak mengikutin anjuran dokter. Di sisi lain, bahan alami dapat menjadi alternatif untuk mencegah munculnya jerawat. Penggunaan bahan alami dapat memudahkan dari sisi ekonomi dan keamanan karena murah dan senyawa alami relatif lebih aman pada umumnya.

Penasaran bagaimana cara mencegah jerawat dengan bahan alami? Simaklah artikel berikut ini!

Jerawat yang seringkali muncul memang dapat dicegah kemunculannya, tergantung pada sikap dan perilaku kita masing-masing setiap harinya. Seringkali rasa malas dan ingin sesuatu yang serba instan membuat kita lebih memilih obat jerawat yang sudah tersedia di apotik. Akan tetapi, sebenarnya hanya dengan sedikit usaha untuk menggunakan bahan alami, maka jerawat juga bisa dicegah kemunculannya, dari luar maupun dalam.

Terdapat banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan, dimana masing-masing memberikan manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini ialah berbagai cara untuk mencegah jerawat dengan bahan alami:

1. Menggunakan Air Lemon atau Jeruk Nipis

Jeruk lemon maupun jeruk nipis memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, yakni dapat mengatasi jerawat di wajah, termasuk mencegah kemunculannya. Jeruk lemon maupun jeruk nipis memiliki kandungan senyawa aktif alami berupa alpha hydroxy acid (AHA), vitamin A, B1, B3, C, serta asam sitrat.

Kandungan asam sitrat yang ada pada air jeruk lemon dan jeruk nipis memiliki kemampuan untuk membantu peremajaan kulit dengan cara mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati maupun sel yang rusak. Untuk  cara perawatannya, berikut ini ialah langkah-langkahnya:

  • Siapkan air hasil perasan lemon atau jeruk nipis, serta air mawar
  • Campurkan air lemon atau air jeruk nipis dengan air mawar
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan air campuran tersebut ke wajah sambil dipijat-pijat agar meresap
  • Jika sudah selesai, bilaslah kembali wajah dengan menggunakan air hangat

Tahapan di atas sudah terbukti mampu mengurangi kadar minyak di wajah, dimana air jeruk merupakan pembersih yang baik dan astringent alamiah. Seperti yang kita ketahui, manfaat lemon untuk wajah berjerawat dan berminyak sangat baik dan merupakan terapi yang patut dicoba karena efisien dan efektif. Dengan berkurangnya kadar minyak, maka otomatis akan mengurangi dan mencegah kemungkinan jerawat timbul di kulit. Kulit juga menjadi lebih halus, tidak kering, dan tidak bersisik.

Air lemon juga bersifat antibakteri sehingga mampu mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Kemudian, air jeruk juga memiliki kemampuan untuk mengecilkan pori-pori dalam mencegah timbulnya jerawat.

Anda juga perlu mengetahui :

Sponsors Link

2. Menggunakan Putih Telur

Selain menggunakan air jeruk lemon atau air jeruk nipis, ternyata putih telur juga mampu mengurangi kadar minyak di wajah. Timbulnya jerawat memang tidak jauh dari keberadaan minyak di wajah. Jika kulit wajah berminyak dan tidak dibersihkan, maka akan menciptakan kondisi kulit yang mendukung pertumbuhan jerawat.

Untuk menggunakan putih telur sebagai bahan alami pencegah jerawat, berikut ini ialah langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  • Siapkan telur, kemudian pisahkan putih telur dari kuning telur.
  • Setelah itu, kocok putih telur sebentar
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga meresap, dan kemudian bilas dengan air bersih.

Dengan menggunakan tahapan di atas, sudah terbukti bahwa kandungan minyak bisa berkurang dan hasilnya akan mencegah jerawat muncul di kulit wajah.

Anda juga perlu mengetahui :

3. Konsumsi Tomat dan Wortel

Seperti yang kita ketahui, tomat dan wortel merupakan bahan pangan alami yang kaya akan vitamin A. Vitamin A ternyata dapat membantu mencegah jerawat muncul di kulit, namun jika dalam jumlah tertentu. Kandungan vitamin A pada tomat dan wortel diperlukan sebagai senyawa anti radang yang membantu proses penyembuhan luka dan infeksi.

Konsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A ini ternyata lebih baik daripada meminum suplemen retinol atau suplemen beta-karoten yang memberikan sumber vitamin A. Mengapa demikian? Tubuh manusia mampu menyerap vitamin A dari makanan alami lebih cepat karena jika diberikan dalam jumlah tinggi seperti pada suplemen, maka proses metabolisme vitamin A akan berlangsung lebih lambat. Tubuh kita memerlukan vitamin A, namun dalam jumlah tidak terlalu tinggi dan tidak secara langsung seperti pada suplemen.

Maka dari itu, konsumsilah tomat dan wortel untuk usaha mencegah jerawat muncul secara alami. Anda juga perlu mengetahui :

Sponsors Link

4. Konsumsi Gandum

Tahukah anda bahwa gandum ternyata merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral Zinc atau seng? Mineral seng ternyata memiliki peran dalam mencegah kemunculan jerawat. Seng mampu menjaga keseimbangan hormon tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, regenerasi jaringan kulit, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Konsumsi seng dari makanan alami juga akan lebih baik dibandingkan konsumsi dari suplemen, karena jika masuk ke tubuh dalam jumlah tinggi dapat menjadi toksik.

5. Konsumsi Buah Alpukat, Pepaya, dan Mangga

Cara lain untuk mencegah kemunculan jerawat ialah dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin E, seperti alpukat, pepaya, dan mangga. Vitamin E merupakan antioksidan yang kuat, dimana mampu mencegah penggumpalan lemak di bawah kulit serta mencegah proses peradangan yang menjadi faktor penyebab jerawat.

6. Mengubah Pola makan dengan makanan sehat

Ternyata pola makan sehari-hari juga menjadi faktor penyebab jerawat. Makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus ialah seperti makanan yang berlemak, tinggi sodium, tinggi gula, dan alkohol. Gula darah yang tinggi akan menghambat penyembuhan flek hitam dan menurunkan imunitas tubuh.

Kemudian, makanan penghilang jerawat dengan cepat ialah seperti konsumsi buah, sayur, ikan, dan serat dalam jumlah cukup setiap harinya. Dengan demikian, kondisi kulit juga lebih sehat dan jerawat enggan muncul.

Anda juga perlu mengetahui :

Nah, setelah membaca artikel di atas, anda telah mengetahui bagaimana cara untuk mencegah jerawat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Semoga dapat anda terapkan supaya terhindar dari jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 09th, July 2016 / 07:48 Oleh :
Kategori : Pencegahan