Sponsors Link

10 Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi Paling Ampuh

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat memang sangat menyebalkan, karena jerawat ini bisa datang tanpa kita harapkan sedikitpun. Nah, jerawat ini ternayata akan semakin rentan timbul pada saat anda, para perempuan, mengalami menstruasi. Menstruasi merupakan siklus bulanan yang tidak dapat dihindari dan hal ini seringkali menjadi penyebab jerawat di hidung maupun penyebab timbulnya jerawat di wajah karena adanya ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara mencegah jerawat saat menstruasi tiba.

Penyebab Jerawat Saat Menstruasi

Sebelum anda mengetahui berbagai cara mencegah terjadinya jerawat pada saat menstruasi, maka pertama-tama anda perlu untuk mengetahui berbagai penyebab munculnya jerawat pada saat menstruasi. Pada umumnya, jerawat pada saat menstruasi dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Berikut ini merupakan penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal.

1. Berdasarkan Faktor Internal

Jerawat yang disebabkan oleh faktor internal memegang peranan yang cukup penting pada pertumbuhan jerawat saat anda mengalami menstruasi. Pada saat menstruasi, bagian dalam tubuh anda akan mengalami ketidakseimbangan hormon testosteron dan juga hormon androgen, dimana kedua hormon ini merupakan jenis hormon penyebab jerawat. Nah, ketidakseimbangan hormon ini dapat memicu pertumbuhan jerawat di kulit anda sekaligus dapat membuat anda mendapatkan mood swing, yaitu mood yang kerap kali berubah saat anda mengalami menstruasi, serta dapat membuat anda menjadi lebih sensitif, dan rentan mengalami stress.

Baca Juga: Ciri-ciri Jerawat Haid

2. Berdasarkan Faktor Eksternal

Jerawat yang disebabkan oleh faktor eksternal pada saat menstruasi ini merupakan penyebab yang sebenarnya dapat kita hindari. Nah, penyebab jerawat berdasarkan faktor eksternal ini biasanya terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Kurang menjaga kebersihan kulit, dimana anda sangat jarang memperhatikan kebersihan kulit yang membuat kulit anda ditumbuhi oleh jerawat. Kulit kita harus rajin dibersihkan karena dalam sehari-hari, akan ada banyak kotoran, debu, ataupun polusi yang hinggap di kulit kita.
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak benar, dimana dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali tidak menyadari bahwa kita terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus yang justru akan memicu pertumbuhan jerawat di kulit anda.
  • Kurangnya asupan cairan yang kita konsumsi sehari-hari. Patut dicatat bahwa pada saat menstruasi, tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan akibat banyaknya cairan yang keluar bersamaan dengan darah haid kita. Jadi, memastikan bahwa kita terus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup saat menstruasi merupakan langkah yang penting.

Nah, setelah anda mengetahui mengenai hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya jerawat pada saat menstruasi, sekarang saatnya anda untuk mengetahui berbagai macam cara yang sangat ampuh untuk menghindari terjadinya jerawat pada saat menstruasi. Apa sajakah caranya? Berikut ini adalah berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya jerawat pada saat menstruasi.

1. Dengan Menggunakan Masker Apel

Cara pertama yang sangat ampuh untuk mencegah terjadinya jerawat pada saat anda mengalami menstruasi adalah dengan menggunakan masker apel. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan mengingat apel merupakan salah satu buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh

Mengapa menggunakan masker apel?

  • Apel memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat cukup banyak karena kandungan Vitamin C akan membuat apel ini dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah peradangan dari jerawat.
  • Kandungan Vitamin C pada apel juga dapat berperan sebagai pemicu produksi kolagen yang akan menjaga keelastisan kulit anda serta membuat kulit anda sehat dan bebas dari jerawat sepanjang waktu.
  • Apel juga sangat bermanfaat untuk memicu produksi melanin, yang dapat berperan sebagai pelindung bagi kulit anda terhadap bahaya sinar UV.
  • Apel juga kaya akan kandungan Vitamin A, yang akan sangat bermanfaat untuk memicu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan juga memicu pertumbuhan sel-sel yang baru.

Cara menggunakan apel untuk mencegah jerawat saat menstruasi?

  • Pertama, anda perlu untuk menyiapkan 1 buah apel, kemudian pisahkan buah dari bijinya. Lalu, segera tumbuk buah apel tersebuh hingga halus dan layak untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, oleskan secara merata pada bagian kulit wajah anda. Biarkan selama 15 menit.
  • Untuk proses pencegahan yang maksimal, anda dapat menggunakan apel ini sekali setiap hari secara rutin.
ads

2. Dengan Menggunakan Masker Jeruk Nipis

Cara herbal yang juga sangat ampuh dalam mencegah timbulnya jerawat pada saat menstruasi adalah dengan menggunakan masker jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat, termasuk untuk mencegah jerawat saat menstruasi, sudah tidak diragukan lagi keampuhannya.

Mengapa menggunakan masker jeruk nipis?

  • Jeruk nipis kaya akan kandungan Vitamin C yang akan berperan sebagai antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas yang akan memicu peradangan jerawat.
  • Jeruk nipis juga akan memicu produksi kolagen yang dapat membuat kulit menjadi elastis, serta dapat memberikan nutrisi yang sempurna bagi kulit anda, sehingga kulit anda akan sehat dan cerah secara alami, serta terhindar dari jerawat.
  • Jeruk nipis memiliki sifat anti bakteri yang tentu saja dapat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang ternyata dapat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyingkirkannya, serta memicu regenerasi sel-sel kulit baru.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mencegah jerawat saat menstruasi?

  • Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan mencegah jerawat dengan jeruk nipis sangatlah mudah. Pertama, anda siapkan terlebih dahulu jeruk nipis yang akan anda gunakan plus sedikit saja air bersih.
  • Setelah itu, campur perasan jeruk nipis ke air bersih tersebut, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Setelah campuran tersebut merata, oleskan campuran ini ke area kulit anda dan anda dapat menggunakan campuran ini secara rutin sebagai bahan herbal untuk perawatan kulit yang mudah didapat dan juga ampuh.

Baca Juga:  Manfaat Lemon untuk Jerawat dan Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat

3. Selalu Gunakan Krim Topikal

Cara ampuh lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat saat anda mengalami menstruasi adalah dengan menggunakan krim topikal. Jika anda berpikir bahwa menggunakan masker alami untuk wajah berjerawat diatas cukup merepotkan dan tidak sesuai untuk anda, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli krim topikal yang banyak tersedia di apotik. Nah, krim topikal yang sebaiknya anda pilih adalah krim yang mengandung retinoid dan juga benzoil peroksida.

Mengapa krim yang digunakan harus mengandung retinoid dan benzoil peroksida? Hal ini ternyata dikarenakan retinoid dapat mengusir kotoran maupun minyak berlebih yang terperangkap di pori-pori kulit, sehingga akan mencegah timbulnya jerawat akibat penyumbatan pori-pori. Sedangkan benzoil peroksida sangat berperan dalam pencegahan jerawat saat menstruasi karena kandungan ini dapat menyingkirkan minyak berlebih dari kulit, dan juga dapat mempercepat proses pengempisan jerawat. Nah, anda dapat memaksimalkan manfaat obat jerawat cindala dan manfaat amoxicilin untuk jerawat sebagai krim topikal yang ampuh mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi.

4. Selalu Konsumsi Suplemen Nutrisi

Salah satu cara ampuh lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat disaat anda mengalami menstruasi adalah dengan selalu mengkonsumsi suplemen nutrisi yang dapat memberikan bermacam-macam manfaat bagi kulit anda. Misalnya anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung banyak Vitamin C, maka hal ini akan bermanfaat untuk membuat kulit anda secara umum menjadi lebih sehat secara alami dan sangat baik untuk proses detoksifikasi kulit.

Selain suplemen Vitamin C, anda juga dapat mencoba suplemen lain, misalnya suplemen yang mengandung zat besi dan zinc. Beberapa studi dan penelitian, termasuk penelitian yang telah dilakukan di The University of Maryland Medical Center telah membuktikan bahwa suplemen nutrisi yang kaya akan kandungan zinc dapat mengurangi resiko munculnya jerawat pada saat anda mengalami menstruasi.

Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

5. Selalu Cukupi Kebutuhan Asupan Cairan Setiap Hari

Salah satu trik dan cara yang ampuh dan juga sangat simpel untuk dilakukan yang ternyata bermanfaat sebagai cara menghindari jerawat pada saat anda mengalami menstruasi adalah selalu mencukupi kebutuhan akan asupan cairan setiap harinya. Perlu dicatat disini bahwa cairan yang dimaksud tidak hanya berupa air putih saja, namun bisa juga berasal dari buah, jus, ataupun sayuran.

Nah, mengapa kita perlu mencukupi kebutuhan cairan pada saat mengalami menstruasi? Hal ini dikarenakan ternyata, ketika anda mengalami menstruasi, tubuh kita akan kehilangan cairan tubuh yang cukup signifikan. Nah, jika kita kekurangan cairan, maka kulit akan kusam dan kering sehingga dapat memudahkan jerawat untuk tumbuh dan menghiasi kulit anda. Selain air putih, pastikan anda juga cukup mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki nilai nutrisi yang komplit ya.

6. Perhatikan Pola dan Jenis Makanan Anda

Cara ampuh dan juga simpel berikutnya yang ternyata juga bermanfaat dan cukup paten untuk mencegah timbulnya jerawat pada saat anda mengalami menstruasi adalah menjaga dan memperhatikan pola maupun jenis makanan yang kita konsumsi. Tahukah anda bahwa ketika kita mengalami menstruasi, ternyata tingkat nafsu makan kita juga akan mengalami peningkatan? Hal ini akan memicu anda untuk makan sembarang makanan yang justru bisa saja memicu tumbuhnya di kemudian hari.

Ketika anda mengalami datang bulan atau menstruasi, pastikan bahwa anda memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Pastikan bahwa anda tidak mengkonsumsi kacang-kacangan, maupun makanan yang mengandung banyak minyak akibat digoreng seperti gorengan, ataupun makanan yang bersantan dan juga makanan yang pedas. Makanan-makanan tersebut niscaya akan memicu pertumbuhan jerawat di kulit anda di masa depan. Mengkonsumsi makanan-makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran hijau, atau makanan lain yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar tentu saja akan lebih bermanfaat bagi anda.

Sponsors Link

7. Cuci Wajah Anda Secara Rutin Setiap Hari

Salah satu cara ampuh dan simpel lainnya yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi adalah dengan cara mencuci wajah anda secara rutin setiap hari. Mencuci kulit wajah secara rutin tentu saja akan menyingkirkan debu dan polutan lain yang menempel di kulit anda. Debu dan polutan ini jika dibiarkan menempel di kulit wajah anda, akan menyebabkan penyumbatan pori-pori yang akan menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, timbunan kotoran dan juga debu ini akan membuat jerawat mengalami peradangan.

Ternyata, saat kita mengalami menstruasi, hormon kita akan menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit wajah. Jika minyak berlebih ini bercampur dengan kotoran dan polutan di wajah anda, maka anda sudah dapat menbak hasilnya bukan? Wajah anda akan dihiasi oleh jerawat parah. Nah, mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat dengan sabun wajah kepercayaan anda sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Cuci wajah anda paling tidak 2 hingga 3 kali sehari agar terhindar dari jerawat saat menstruasi.

8. Kendalikan Tingkat Stress Anda

Salah satu cara ampuh dan juga penting yang perlu anda ingat sehingga kulit anda akan terbebas dari jerawat pada saat anda mengalami menstruasi adalah dengan mengendalikan tingkat stress anda. Tahukah anda jika tingkat stress anda akan mempengaruhi keseimbangan hormon anda? Labilnya produksi hormon pada saat anda mengalami stress dan menstruasi tentu saja akan memicu timbulnya ciri-ciri jerawat karena hormon di kulit anda.

Nah, untuk mengendalikan tingkat stress dikala anda mengalami menstruasi sebenarnya susah-susah gampang. Kiranya anda dapat melakukan apa yang menjadi hobi anda dan tidak memerlukan banyak gerak seperti menonton atau membaca untuk mengangkat mood anda menjadi lebih baik dan menurunkan tingkat stress anda. Selain itu, aktivitas semacam yoga dan meditasi juga cukup ampuh lho untuk menurunkan tingkat stress anda secara drastis. Pada intinya, selama menstruasi lebih baik anda melakukan kegiatan yang benar-benar membuat anda nyaman sehingga tingkat stress dapat ditekan.

9. Perhatikan Selalu Kebersihan Rambut Anda

Cara ampuh dan simpel lainnya yang ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat pada saat anda mengalami menstruasi adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan rambut dan juga kulit kepala anda. Tak dapat dipungkiri bahwa rambut dan kulit kepala sangat rawan tertempel debu yang menyebabkan jerawat, maupun kotoran dan bahkan jamur ketika kita menggunakan penutup kepala dalam waktu yang lama dan di hawa yang panas. Nah, jika anda seringkali melakukan aktivitas di outdoor, kemudian menggunakan helm atau topi dalam waktu yang lama, sebaiknya anda segera keramas sesampainya di rumah.

Dengan melakukan perawatan secara berkala pada rambut dan kulit kepala, maka akan semakin kecil peluang jerawat dapat muncul di kepala maupun dahi atau jidat kita. Jika anda memiliki gaya rambut berponi, anda perlu untuk melakukan perawatan secara ekstra karena tipe rambut berponi akan sangat rentan dalam menghantarkan kotoran dan bakteri dari rambut ke kulit wajah kita. Keramas paling tidak sekali setiap hari akan dianjurkan untuk menjaga kebersihan rambut dan juga dapat berperan sebagai cara menghilangkan jerawat di kepala anda selama mengalami menstruasi.

10. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Pil KB

Salah satu cara yang juga ampuh dan patut anda pertimbangkan untuk mencegah timbulnya jerawat ketika anda mengalami menstruasi adalah dengan menggunakan pil KB. Ternyata, menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan di Amerika terungkap sebuah fakta bahwa pil KB dapat menurunkan resiko timbulnya jerawat pada kulit anda, tidak peduli apakah anda sedang mengalami menstruasi atau tidak.

Mungkin banyak dari anda yang belum mempercayai bukan bahwa pil KB dapat menurunkan resiko timbulnya jerawat? Ternyata, pemakaian pil KB dapat mengurangi kandungan lemak pada lapisan kulit dan juga dapat menurunkan kadar produksi hormon androgen yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai cara-cara nan ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat pada saat anda mengalami menstruasi. Dengan mengikuti berbagai tips diatas, maka niscaya jerawat akan menjauh dari kulit anda, bahkan saat anda mengalami menstruasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 31st, May 2016 / 16:27 Oleh :
Kategori : Pencegahan