Sponsors Link

13 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami Paling Cepat dan Ampuh

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memang sangat menyebalkan mengingat dampak psikologi akibat jerawat yang ditimbulkan kepada semua orang, yaitu menurunnya tingkat kepercayaan diri seseorang. Nah, mungkin selama ini anda bertanya-tanya: Adakah cara untuk mencegah jerawat, mengingat ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eskternal? Jawabannya tentu saja ‘ada’! Nah, apakah anda penasaran bagaimanakah cara mencegah timbulnya jerawat? Jika ya, maka melalui informasi dibawah ini, anda akan menemukan info lengkapnya.

Faktor Penyebab Jerawat

Sebelum anda melihat berbagai maca cara mencegah jerawat, maka sebaiknya anda terlebih dahulu melihat sebenarnya hal-hal apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Berikut ini merupakan ulasannya untuk anda.

  • Faktor Genetik. Faktor genetik merupakan salah satu faktor utama timbulnya jerawat. Ketika anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki kulit berminyak, maka anda kemungkinan besar juga akan memiliki kulit berminyak dan hal tersebut akan menyebabkan anda menjadi lebih rentan dalam terkena jerawat.
  • Faktor Hormon. Hormon juga memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari. Jenis hormon penyebab jerawat yang tidak seimbang ketika anda mengalami stress atau menstruasi akan memicu produksi sebum di kulit yang nantinya tentu saja akan menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari.
  • Infeksi Bakteri, Kotoran dan Debu. Nah, ini juga merupakan alasan mengapa jerawat bisa timbul di kulit anda. Ketika kulit anda dihinggapi bakteri, debu menyebabkan jerawat, maupun kotoran, maka hal-hal terseut akan menutup pori-pori di kulit anda dan akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Jika bakteri maupun kotoran tersebut berinteraksi dengan minyak di kulit anda, maka jangan heran jika jerawat timbul di kulit anda.
  • Kurang Mengapresiasi Diri Sendiri. Ketika kita kurang megapresiasi diri kita dengan perlakuan yang layak, semisal jarang membersihkan kulit, terlalu sering memegang wjaah dengan tangan, terlalu sering begadang, atau memakan makanan junk food secara terus menerus, maka jangan heran jika kulit anda ditumbuhi jerawat. Hal tersebut dikarenakan ketika anda melakukan hal-hal tersebut, berbagai bakteri serta produksi sebum yang berlebihan akan memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Penyebab Jerawat di Hidung

Nah, sekarang setelah anda mengetahui berbagai penyebab timbulnya jerawat, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara mencegah jerawat secara alami dan cepat. Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Mencuci Wajah Secara Rutin

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan mencuci wajah secara rutin. Untuk memastikan bahwa wajah anda terhindar dari jerawat, maka anda setidaknya mencuci wajah anda 2 kali sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

Mengapa harus mencuci wajah 2 kali sehari?

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kegiatan sehari-hari, menempelnya berbagai debu, kotoran,bakteri, hingga polusi di kulit anda tidak bisa dihindari. Nah, berbagai kontaminan tersebut jika dibiarkan terus menerus menempel di kulit anda, maka akan membuat pori-pori kulit anda tersumbat dan hasilnya? Tentu saja kulit anda akan ditumbuhi jerawat. Oleh karena itu, mencuci wajah sangat penting untuk menyingkirkan berbagai kontaminan dari kulit anda dna juga sebagai perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.

2. Menggunakan Sabun Wajah yang Tepat

Selain mencuci wajah secara rutin, maka menggunakan sabun wajah yang tepat akan bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat. Nah, penting untuk memilih sabun wajah yang tepat dan sesuai dengan karakteristik kulit anda karena pemakaian sabun wajah yang tidak tepat justru akan menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Mengapa harus menggunakan sabun wajah yang tepat?

Menggunakan sabun wajah yang tepat akan sangat berpengaruh untuk mencegah jerawat. Namun sebaliknya, jika salah memilih sabun wajah, maka jerawat akan timbul. Misalkan jika anda memiki tipe kulit kering namun membeli sabun wajah khusus untuk kulit berminyak, maka jangan heran jika nantinya kulit anda justru akan menjadi semakin kering, yang membuat kulit akan rentan mengalami infeksi bakteri dan menjadi sumber penyebab jerawat meradang.

Nah, oleh karena itu, jika anda memiliki tipe kulit yang kering, maka belilah sabun wajah yang bersifat netral. Jika anda memiliki tipe kulit yang berminyak, maka belilah sabun wajah khusus untuk tipe kulit berminyak. Ada baiknya juga anda membeli sabun wajah yang memiliki kandungan asam salisilat, karena senyawa ini mampu menyingkirkan berbagai kontaminan di kulit yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak Serta Cara Penggunaannya

ads

3. Konsumsi Makanan Yang Tepat

Tahukah anda bahwa ternyata makanan memiliki pengaruh yang besar bagi anda yang ingin menghindari jerawat? Nah, jika anda salah atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, maka jangan heran jika jerawat muncul di kulit anda. Begitu pula sebaliknya, jika anda memilih makanan yang tepat, maka besar kemungkinan anda akan terhindar dari jerawat.

Mengapa makanan dapat mencegah jerawat?

Ketika anda mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti:

  • Makanan Berlemak
  • Makanan berminyak
  • Makanan pedas
  • Makanan bersantan
  • Kacang-kacangan
  • Junk food atau makanan siap saji

Maka jangan heran jika nantinya jerawat akan dengan mudah timbul di kulit anda. Nah, mengapa demikian? Karena mengkonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan diatas akan menyebabkan produksi sebum atau minyak pada kulit akan meningkat dengan drastis. Minyak berlebih pada kulit beresiko akan menyumbat pori-pori yang nantinya akan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Walaupun kelihatannya sepele, namun ternyata mengkonsumsi banyak air putih juga memiliki peran yang signifikan dalah usaha anda untuk mencegah jerawat di kemudian hari. Penasaran mengapa air putih dapat membantu anda untuk mencegah jerawat? Berikut ini ulasannya.

Mengapa meminum banyak air putih dapat mencegah timbulnya jerawat?

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat muncul di kulit anda bukan hanya berasal dari luar saja, namun juga bisa berasal dari dalam tubuh anda. Terkadang, banyak zat-zat beracun yang jika tidak dikeluarkan dari tubuh, maka akan menyebabkan apa yang dinamakan darah kotor, suatu kondisi dimana darah kita telah terkontaminasi oleh zat beracun dalam tubuh. Nah, jika darah kotor ini terbentuk, maka ini akan menimbulkan jerawat di kemudian hari.

Meminum banyak air putih merupakan cara alami dan simpel untuk mendetoksifikasi tubuh, sehingga zat-zat beracun yang dapat menyebabkan darah kotor akan dikeluarkan dari tubuh anda. Maka tak heran bukan jika memnium air putih merupakan salah satu tips membersihkan darah kotor dan cara menghilangkan jerawat golongan darah O ?

5. Berolahraga Secara Teratur

Sama seperti air putih, kegiatan berolahraga merupakan suatu kegiatan yang simpel yang dapat menyehatkan tubuh anda secara keseluruhan dan juga dapat mencegah timbulnya jerawat di kulit anda. Penasaran mengapa berolahraga dapat bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi? Berikut ulasannya.

Mengapa berolahraga secara teratur dapat mencegah timbulnya jerawat?

  • Sama seperti mekanisme yang didapatkan ketika anda meminum air putih, dengan berolahraga, maka zat-zat beracun di dalam tubuh anda akan terdetoksifikasi keluar. Dengan dikeluarkannya zat-zat beracun dari tubuh anda, maka tidak heran jika anda akan terhindar dari darah kotor yang menjadi salah satu faktor utama penyebab jerawat muncul di kulit.
  • Dengan berolahraga secara rutin, maka sirkulasi darah akan menjadi lancar, termasuk sirkulasi darah ke bagian-bagian kulit anda. Hal ini secara langsung akan meningkatkan kekencangan kulit anda dan juga akan menghindarkan kulit anda dari jerawat.

Yang perlu diingat juga adalah bahwa setelah berolahraga, maka pasti anda akan berkeringat bukan? Setelah berolahraga, segera berikan ruang bagi kulit anda untuk bernapas dengan mengganti baju dan juga jangan lupa untuk segera mencuci kulit anda secara keseluruhan, sehingga segala debu dan kotoran yang menempel dapat menyingkir dari tubuh anda. Membiarkan keringat menmpel terlalu lama di kulit akan mengakibatkan bahaya jerawat di punggung dan bahaya jerawat di ketiak.

6. Jangan Menyentuh Wajah dengan Tangan Anda

Salah satu cara yang simpel namun secara refleks sering dilakukan seseorang adalah menyentuh bagian kulit wajah dengan menggunakan tangan. Nah, padahal, menyentuh wajah dengan menggunakan tangan meriupakan salah satu faktor utama mengapa jerawat parah dapat timbul di kulit anda dna juga dapat menimbulkan bahaya memencet jerawat. Nah, berikut ini merupakan alasannya.

Mengapa menyentuh kulit wajah dengan menggunakan tangan dapat menimbulkan jerawat?

Ketika anda menyentuh wajah anda dengan menggunakan tangan, maka secara tidak langsung anda sama saja memindahkan bakteri dan kuman yang terdapat di tangan anda ke kulit wajah anda. Nah, seperti yang telah anda ketahui, tangan anda merupakan salah satu sumber bakteri dan kuman karena anda dalam beberapa menit saja suda memegang barang-barang yang mengandung kotran serta bakteri tak kasat mata. Nah, bakteri yang menempel di kulit wajah ini nantinya akan menimbulkan efek akibat jerawat dipencet, yaitu dapat menutup pori-pori dan jika berinteraksi dengan sebum, maka akan memunculkan jerawat di kemudian hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet

7. Perhatikan Kebersihan Rambut

Selain wajah, bagian tubuh lain yang juga harus anda perhatikan kebersihannya agar kulit anda terhindar dari jerawat adalah rambut anda, karena memperhatikan kebersihan rambut merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat di kepala. Nah, mengapa kebersihan rambut dapat menjadi salah satu faktor penting mencegah jerawat? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Mengapa menjaga kebersihan rambut dapat mencegah rimbulnya jerawat?

Tak bisa dipungkiri jika rambut anda merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terpapar berbagai kotoran, keringat, bakteri, debu, dan polusi saat anda menjalani aktivitas sehari-hari anda. Nah, apabila rambut anda cukup panjang atau anda memiliki tipe rambut berponi, maka jangan heran jika kotoran dan bakteri pada rambut akan berpindah ke dahi ataupun ke bagian punggung anda dan dapat menjadi penyebab jerawat di punggung.

Nah, bakteri yang berpindah dari rambut ke kulit anda ini, jika berinteraksi dengan sebum akan menghasilkan jerawat di kemudian hari. Oleh karena itu, ada baiknya anda mencuci rambut anda sekali dalam sehari, dan sebisa mungkin jauhkan rambut anda dari bagian kulit anda dengan ikat rambut.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

8. Hindarkan Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Salah satu hal yang juga terlihat sepele namun ternyata memiliki peranan yang penting untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari. Berikut informasi menegenai alasan anda harus menghindari kulit anda dari paparan sinar matahari.

Mengapa menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari dapat mencegah jerawat?

Paparan sinar matahari akan sangat membahayakan bagi kesehatan kulit anda. Nah, dalam kaitannya dengan jerawat, terkadang paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat kulit anda menjadi berkeringat sekaligus berminyak. Nah, ketika minyak dan keringat ini bercampur, maka akan jerawat tentu saja akan rentan untuk muncul.

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat kulit anda mengalami suatu hal yang dinamakan hiperpigmentasi kulit yang akan membuat kulit anda menghitam dan berpotensi menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen saat anda akan bepergian. Sunscreen ini merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam dan cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah.

Sponsors Link

9. Selalu Gunakan Masker Wajah

Menggunakan masker pada wajah saat anda bepergian, terutama ketika anda sedang mengendarai motor, akan sangat penting untuk mencegah timbulnya jerawat. Nah, mengapa demikian? Berikut informasinya untuk anda.

Mengapa memakai masker dapat mencegah timbulnya jerawat?

Ketika anda bepergian, apalagi dengan menggunakan motor, maka sudah pasti wajah anda sudah pasti akan terkena berbagai kotoran, bakteri, debu, dan polusi yang berasal dari asap kendaraan lain. Nah, jika kontaminan tersebut dibiarkan menempel di kulit anda, maka tidak heran jika wajah anda akan ditumbuhi jerawat parah. Oleh karena itu, menggunakan masker akan membuat kotoran, debu, dan polusi tidak akan menempel di kulit wajah anda. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci wajah sesaat setelah anda pulang dari bepergian sebagai cara mencegah komedo di hidung dan wajah.

10. Hindari Stress

Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat di kulit wajah anda adalah karena stress yang berlebihan. Nah, apa kaitanya antara stress dan jerawat? Berikut ini merupakan ulasannya untuk anda.

Mengapa stress dapat menimbulkan jerawat?

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui bahwa faktor stress merupakan pemicu munculnya jerawat di kemudian hari. Nah, ketika anda mengalami stress atau depresi, maka tentu saja akan terjadi ketidakseimbangan hormon di kulit anda. Hal ini akan membuat produksi sebum atau minyak di kulit anda akan semakin meningkat dan minyak berlebih di kulit anda akan berpotensi menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit dan hasilnya, maka ciri-ciri jerawat karena hormon akan muncul di kulit anda.

Oleh karena itu, anda harus mengendalikan rasa stress anda. Sesibuk apapun anda, lebih baik luangkan waktu untuk bersantai sejenak dan melakukan aktivitas yang menjadi hobi anda.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

11. Istirahat Yang Cukup

Faktor yang akan berperan besar untuk mencegah jerawat adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup. Berikut ini merupakan alasan mengapa istirahat yang cukup akan bermanfaat untuk mencegah jerawat.
Mengapa waktu istirahat yang cukup akan mencegah jerawat?

Alasan mengapa istirahat yang cukup dapat mencegah timbulnya jerawat di kulit anda sama dengan ketika anda mencoba untuk menghindari stress. Berikut ini manfaat waktu istirahat yang cukup untuk mencegah jerawat:

  • Istirahat yang cukup akan mencegah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh anda. Nah, salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat adalah karena adanya ketidakseimbangan jenis-jenis hormon penyebab jerawat, sama dengan ketika anda stress atau ketika anda sedang mengalami menstruasi, yang akan menyebabkan ciri-ciri jerawat haid.
  • Istirahat yang cukup akan menghindarkan anda dari produksi minyak berebih. Terlalu banyak begadang akan membuat kulit semakin banyak memproduksi sebum dan hal ini akan sangat berpotensi untuk menyebabkan jerawat karena sebum atau minyak akan menyumbat pori-pori.

Baca Juga : Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

12. Gunakan Make-Up Yang Sesuai

Menggunakan make-up yang sesuai juga akan menghindarkan anda dari jerawat. Ketika anda menggunakan make-up atau kosmetik yang karakteristiknya tidak sesuai dengan kulit anda, maka tentu saja kulit anda akan ditumbuhi jerawat.

Mengapa menggunakan make-up yang tepat akan menghindarkan anda dari jerawat?

Kebanyakan produk kosmetik yang dijual dipasaran akan membuat pori-pori kulit kita tersumbat dan tertutup, sehingga nantinya kulit kita seakan tidak memiliki kesempatan untuk bernapas, hasilnya jangan heran jika jerawat muncul di kulit anda.

Oleh karena itu, ada baiknya anda melihat daftar kosmetik untuk kulit berjerawat serta menggunakan make-up yang sesuai dengan kulti anda. Jika kulit anda berminyak, maka anda dapat menggunakan bedak yang cocok untuk kulit berjerawat serta foundation untuk kulit berjerawat. Jika anda memiliki tipe kulit yang kering, maka pilih make-up yang bermanfaat untuk melembabkan kulit.

13. Jaga Kebersihan Sarung Bantal, Sprei, Handuk, dan Pakaian

Ini merupakan salah satu faktor penting untuk mencegah timbulnya jerawat, namun seringkali luput dari perhatian kita. Jika kita memiliki sarung bantal, sprei, handuk, dan pakaian yang jarang diganti, maka tentu saja jerawat akan timbul di kemudian hari.

Mengapa memperhatikan kebersihan hal-hal tersebut penting untuk mencegah jerawat?

Perlu diketahui, sangat penting untuk menjaga kebersihan sarung bantak, sprei, handuk dan pakaian anda. Jika anda jarang mengganti hal-hal tersebut, maka tentu saja berbagai macam bakteri dan kotoran yang menempel akan berpindah ke kulit anda.

Padahal, sprei, sarung bantal, handuk, dan pakaian tersebut setiap hari akan menempel di kulit anda. Jika bakteri dan kotoran yang berpindah ke kulit anda tersebut berinteraksi dengan minyak atau sebum, maka sudah pasti jerawat akan timbul. Gantilah barang-barang diatas secara berkala dan jangan dibiarkan tidak diganti dalam waktu yang lama. Mengganti barang-barang diatas merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat di dahi.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui bkan cara mencegah jerawat secara alami? Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, July 2016 / 08:37 Oleh :
Kategori : Pencegahan