Sponsors Link

15 Cara Mencegah Jerawat Tumbuh Lagi Secara Alami

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat tidak bisa dipungkiri akan membawa dampak psikologis akibat jerawat, misalnya stress, depresi, dan rasa percaya diri yang menurun. Semua orang, mulai dari bayi hingga dewasa, akan melakukan segala cara agar jerawat tidak menghiasi kulit mereka. Nah, kadang kala, berbagai perawatan yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil karena jerawat tetap saja datang dan menghiasi kulit. Nah, hal tersebut mungkin karena mereka melakukan metode pencegahan jerawat yang kurang tepat. Lalu, bagaimanakah cara mencegah jerawat datang kembali secara alami? Artikel ini akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk anda.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai cara mencegah munculnya jerawat di kulit anda, maka ada baiknya jika pertama-tama anda mengethaui berbagai macam penyebab timbulnya jerawat di kulit anda. Berikut ini ulasannya.

  • Minyak Berlebih. Produksi minyak berlebih di kulit anda tidak diragukan lagi merupakan salah satu faktor penting penyebab jerawat di kulit anda. Adanya minyak berlebih pada kulit tentu akan menyebabkan penyumbatan pori-pori yang akan menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Bakteri. Infeksi bakteri penyebab jerawat yang menempel di kulit juga menjadi faktor yang penting mengapa jerawat bisa timbul di kulit anda. Bakteri ini jika menempel pada kulit anda dan berinteraksi dengan sebum akan menimbulkan peradangan yang akan menimbulkan jerawat parah dan menjadi penyebab jerawat batu di kulit anda.
  • Penumpukan Sel-Sel Kulit Mati. Ada orang yang memiliki tipe kulit dimana kulit mereka tidak dapat melakukan regenerasi sel dengan baik. Hasilnya, terjadi penumpukan sel kulit mati di kulit yang akan menyumbat pori-pori kulit dan akan menimbulkan jerawat baru di kemudian hari.
  • Hormon. Tak dapat dipungkiri jika laki-laki maupun perempuan yang sedang dalam masa pubertas sangat rentan terkena jerawat. Jerawat ini biasanya akan muncul ketika remaja berusia 10 hingga 15 tahun, dan akan mulai menghilang ketika menginjak umur 25 tahun, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa hingga berumur 40 tahun pun, jerawat tetap tumbuh dikarenakan berbagai penyebab jearawat di usia 40 tahun. Nah, hormon seperti estrogen dan progesteron merupakan jenis hormon penyebab jerawat, apalagi disaat wanita sedang menstruasi.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab utama jerawat, maka sekarang saatnya anda mengeahui berbagai macam cara mencegah munculnya jerawat, karena memang mencegah lebih baik daripada mengobati. Apakah anda penasaran bagaimanakah cara-caranya? Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Meminum Banyak Air Putih

Salah satu cara paling sepele dan simpel, namun sangat bermanfaat untuk cara mencegah jerawat tumbuh lagi adalah dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya.

Mengapa meminum air putih sangat penting untuk mencegah jerawat?

  • Air putih akan mendetoksifikasi berbagai racun yang terdapat di dalam tubuh kita dan juga akan menyingkirkan darah kotor, yang akan berperan besar untuk memunculkan jerawat di kemudian hari. Maka tak heran meminum air putih merupakan salah satu tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.
  • Air putih juga akan mengontrol produksi minyak pada kulit, sehingga tentu saja akan meminimalkan resiko timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak yang berlebih.

Untuk itu, disarankan anda meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau 2,5 liter untuk wanita atau 3 liter untuk laki-laki setiap harinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Golongan darah O

2. Hindari Menyentuh Wajah Dengan Tangan

Cara simpel namun berperan besar agar anda terhindar dari timbulnya jerawat di kemudian hari adalah jangan menyentuh bagian kulit wajah anda dengan menggunakan tangan, apalagi jika tangan anda dalam keadaan kotor.

Mengapa tidak boleh menyentuh kulit wajah dengan menggunakan tangan?

Hal ini dikarenakan kulit wajah anda termasuk bagian kulit yang lebih sensitif jika dibandingkan dengan bagian kulit yang lain. Ketika anda menyentuh kulit wajah anda dengan menggunakan tangan, maka anda akan merasakan hal yang sama dengan bahaya memencet jerawat , yaitu segala debu, kotoran, maupun bakteri yang ada di tangan anda akan berpindah ke kulit wajah anda, yang tentunya akan meningkatkan resiko kulit wajah anda akan mengalami peradangan akibat debu, kotoran, dan bakteri tersebut.

Jika memang anda terpaksa menyentuh kulit wajah anda dengan tangan, maka pastikan anda mencuci tangan anda terlebih dahulu dengan menggunakan sabun sampai bersih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet dan Efek Akibat Jerawat Dipencet

 3. Mencuci Wajah Setiap Hari

Ketika anda ingin mencegah jerawat muncul kembali di kulit anda, terutama jerawat di wajah, maka anda tidak boleh malas untuk mencuci dan membersihkan wajah anda, paling tidak 2 kali dalam sehari.

Mengapa harus mencuci wajah setiap hari untuk mencegah munculnya jerawat?

Ketika anda malas untuk mencuci dan membersihkan kulit wajah anda, maka debu, kotoran, polusi, keringat, maupun bakteri penyebab jerawat akan selalu setia menempel pada kulit anda. Jika kulit wajah anda tidak dibersihkan secara berkala, maka debu, kotoran, keringat, dan bakteri penyebab jerawat tersebut akan menyumbat pori-pori dan akan berinteraksi dengan sebum, yang akan menyebabkan tmbulnya jerawat parah dikemudian hari. Jadi, jangan malas mencuci wajah anda ya dan jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

Baca Juga: Penyebab Jerawat bayi dan cara Mengatasinya

ads

4. Konsumsi Makanan Yang Tepat

Tidak bisa dipungkir jika makanan juga merupakan faktor penting yang akan menentukan apakan jerawat akan muncul di kulit anda kembali atau tidak. Jika anda memang ingin mencegah jerawat muncul kembali, maka lebih baik jauhi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus, yaitu makanan yang mengandung minyak, apalagi makanan yang pedas dan bersantan. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi makanan yang tergolong dalam junkfood.

Mengapa tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan pedas, berminyak, dan junkfood?

Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut dapat merangsang dan menstimulus kulit anda untuk memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak yang berlebih tentu saja akan meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan pori-pori yang akan menimbulkan jerawat baru di kulit anda.

Untuk itu, anda sebaiknya mengkonsumsi makanan penghilang jerawat, seperti misalnya sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

5. Istirahat Yang Cukup

Salah satu faktor penting lainnya agar jerawat tidak lagi muncul di kulit anda adalah dengan istirahat yang cukup. Menurut para ahli kesehatan, memiliki waktu tidur 8 jam sehari akan berdampak sangat signifikan sebagai cara menghindari jerawat.

Mengapa istirahat yang cukup dapat mencegah munculnya jerawat?

Ketika anda memiliki waktu istirahat yang cukup, maka hal itu sama saja dengan anda memberikan kesempatan kepada tubuh anda untuk meregenerasi sel-sel yang terdapat dalam tubuh, termasuk kulit anda sehingga berbagai sel kulit yang rusak dapat segera diperbaiki dan istirahat yang cukup akan memicu pertumbuhan sel-sel baru. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jerawat akibat penumpukan sel-sel kulit mati tidak dapat muncul di kulit anda.

Baca Juga: Manfaat AHA untuk Kulit Berjerawat

6. Olahraga Secara Rutin

Selain memiliki waktu istirahat yang cukup, berlahraga setiap hari secara rutin juga dapat membantu mencegah jerawat muncul kembali dan menghilangkan berbagai faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah. Dengan melakukan aktivitas fisik selama 1 jam dalam sehari, maka resiko anda akan mendapati jerawat di kulit anda dikemudian anda akan berkurang drastis.

Mengapa olahraga secara rutin dapat mencegah munculnya jerawat?

  • Ketika anda berolahraga secara rutin, maka anda tubuh anda akan mengeluarkan segala racun dan zat berbahaya yang ada dalam tubuh melalui keringat. Hal ini tentu saja akan menghindarkan anda dari jerawat karena pori-pori kulit anda akan menjadi lebih bersih.
  • Olahraga dapat memicu produksi kolagen dimana manfaat kolagen untuk jerawat adalah untuk menghaluskan kulit. Selain itu, kolagen juga memiliki fungsi untuk mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang akan memicu pertumbuhan jerawat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon dan Cara Mengatasinya

7. Mandi Secara Teratur

Jika anda ingin mencegah jerawat muncul kembali, maka anda harus mandi secara teratur, paling tidak 2 kali dalam sehari. Mandi menjadi lebih penting ketika anda selesai melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang membuat anda mengeluarkan banyak keringat di tubuh anda.

Mengapa mandi secara teratur dapat mencegah munculnya jerawat?

Ketika anda selesai beraktivitas atau berolahraga yang menyebabkan anda mengeluarkan keringat, maka akan ada debu menyebabkan jerawat, kotoran, maupun bakteri yang akan menempel pada kulit anda. Jika anda tidak mandi secara tersebut, maka kontaminan tersebut akan tetap menempel di tubuh anda, yang akan menyumbat pori-pori dan ketika berinteraksi dengan sebum akan menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, mandi 2 kali sehari secara rutin akan memastikan bahwa segala debu, kotoran, maupun bakteri akan menyingkir dari kulit anda.

Baca Juga: Bahaya Jerawat di Ketiak

8. Gunakan Sabun Antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri saat anda mandi merupakan salah satu cara yang paling ampuh agar jerawat tidak muncul kembali di kulit anda dan berbagai penyebab jerawat di punggung dapat dibasmi. Bahkan, sabun antibakteri ini merupakan salah satu obat jerawat di punggung. Aplikasikan sabun ini secara lembut di kulit anda dan jangan digosok terlalu kasar agar tidak menimbulkan iritasi. Nah, ketika anda memilih sabun antibakteri, ada baiknya anda memilih produk sabun yang memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat.

Mengapa benzoil peroksida dan asam salisilat dapat mencegah munculnya jerawat?

  • Benzoil peroksida memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga tidak mengherankan jika senyawa ini mampu mencegah munculnya jerawat di kulit anda.
  • Asam salisilat akan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan juga menyingkirkan minyak berlebih, sehingga munculnya jerawat karena tersumbatnya pori-pori akibat minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati tidak terjadi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

9. Jaga Kebersihan Rambut

Ketika anda mandi, maka sangat penting untuk membersihkan rambut anda secara rutin, paling tidak 1 kali dalam sehari dengan menggunakan shampoo. Menjaga kebersihan rambut akan sangat penting, terutama bagi anda yang memiliki rambut panjang, sebagai cara menghilangkan jerawat kecil-kecil di jidat dan cara menghilangkan jerawat di kepala, serta mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Mengapa menjaga kebersihan rambut penting untuk mencegah munculnya jerawat?

Bagi anda yang memiliki rambut panjang, maka dapat dipastikan bahwa beberapa helai rambut anda akan menempel pada bagian kulit di anggota tubuh anda, misalnya di punggung atau di jidat dan juga di pipi. Nah, jika anda tidak menjaga kebersihan rambut, maka kotoran, debu, maupun bakteri yang ada di rambut anda akan berpindah ke kulit di punggung, jidat, atau pipi anda yang akan menyebabkan terjadinya peradangan di kulit dan menimbulkan jerawat di kulit anda. Oleh karena itu, pastikan kebersihan rambut anda dengan menggunakan shampoo kepercayaan anda.

Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

10. Perhatikan Kebersihan Handuk, Pakaian, dan Sarung Bantal

Nah, rajin menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci rambut, mandi secara teratur, serta mencuci kulit wajah secara rutin saja belum cukup untuk mencegah munculnya jerawat jika anda tidak memperhatikan kebersihan handuk, pakaian, dan sarung bantal anda.

Mengapa memperhatikan kebersihan handuk, pakaian, dan sarung bantal penting untuk mencegah munculnya jerawat?

Tidak dapat dipungkiri jika handuk, pakaian, dan sarung bantal merupakan benda yang paling sering bersentuhan dengan kulit anda. Handuk, pakaian, serta sarung bantal yang jarang diganti merupakan tempat favorit bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Nah, jika handuk, pakaian, dan sarung bantal yang jarang diganti ini bersentuhan dengan kulit anda, maka bakteri dan kuman akan berpindah ke kulit anda, yang pada akhirnya akan menyumbat pori-pori kulit dan menjadi penyebab jerawat batu di kemudian hari.

11. Hindari Stress

Tahukah anda bahwa sangat penting untuk mengelola stress dengan cara mencegah jerawat tumbuh lagi di kulit anda? Ketika anda mengalami stress dan depresi yang berkepanjangan, maka tidak heran jika jerawat akan tumbuh secara subur di kulit anda.

Mengapa menghindari stress penting untuk mencegah munculnya jerawat?
Ketika anda mengalami stress, maka akan terjadi ketidakseimbangan produksi hormon. Ketidakseimbangan produksi hormon ini akan memicu aktifnya reseptor pada sel-sel kulit yang memproduksi sebum sehingga ketika anda stress, maka sebum yang diproduksi kulit akan meningkat daripada sebelumnya. Sebum ini jika berinteraksi dengan kotoran maupun debu dan juga bakteri di kulit anda, akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit, sehingga jerawat pun akan muncul. Nah, oleh karena itu kendalikan kadar stress anda mulai dari sekarang.

Sponsors Link

12. Hindari Paparan Sinar Matahari

Tahukah anda bahwa paparan sinar matahari juga memiliki peranan penting dalam pembentukan jerawat di kulit anda? Sebenarnya sinar matahari akan menyehatkan kulit anda, namun sinar matahari yang menyehatkan adalah sinar matahari yang terdapat pada pagi hari, antara jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. Lebih dari itu, paparan sinar matahari yang berlebihan akan berdampak buruk pada kulit dan akan menimbulkan jerawat berwarna hitam.

Mengapa menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mencegah munculnya jerawat?

Ketika anda terkena paparan sinar UVA dan UVB dalam waktu yang cukup lama, maka kulit anda akan mengalami pigmentasi, dimana hal ini akan membuat kulit anda bertambah gelap dan juga akan meningkatkan resiko munculnya flek hitam dan jerawat berwarna hitam di kulit anda. Nah, oleh karena itu ada baiknya anda melakukan cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat dan cara menghilangkan jerawat hitam di wajah dengan menggunakan tabir surya sebelum anda melakukan aktivitas outdoor.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Berwarna hitam

 13. Gunakan Masker Saat Beraktivitas Outdoor

Salah satu cara mudah dan simpel yang lain yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit anda adalah dengan menggunakan masker saat anda bepergian. Nah, apakah anda penasaran mengapa masker dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit anda? Berikut ulasannya.

Mengapa menggunakan masker dapat mencegah munculnya jerawat?

Menggunakan masker saat anda bepergian, terutama saat anda mengendarai kendaraan bermotor, akan sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat dan juga dapat digunakan sebagai cara mencegah komedo di hidung dan wajah secara alami. Hal ini dikarenakan masker dapat melindungi kebersihan kulit wajah kita. Ketika anda menggunakan masker, maka segala debu, kotoran, polusi, dan bakteri yang terdapat di udara dan di jalanan akan tersaring oleh masker anda dan tidak akan menempel di kulit wajah anda, sehingga akan meminimalkan resiko munculnya jerawat di kulit wajah anda dan anda juga akan terhindar dari penyebab jerawat di hidung.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

14. Gunakan Kosmetik Yang Cocok

Tahukah anda bahwa penggunaan kosmetik yang tidak cocok dan berlebihan justru akan menimbulkan jerawat di kemudian hari? Memang ada tipe kosmetik yang akan aman untuk anda gunakan sehari-hari, namun anda perlu berhati-hati dalam memilih kosmetik untuk kecantikan kulit anda karena kosmetik yang salah justru akan menimbulkan jerawat di kemudian hari.

Mengapa menggunakan kosmetik yang tepat dapat mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari?

Ketika anda menggunakan kosmetik yang salah atau tidak sesuai dengan kulit anda, maka besar kemungkinan kulit anda akan dihiasi jerawat karena kosmetik akan menutup pori-pori kulit anda dan membuat kulit anda menjadi tidak dapat bernapas. Nah, jika memang kulit anda rentan berjerawat, maka ada baiknya anda menggunakan kosmetik yang memang cocok untuk kulit berjerawat, misalnya foundation untuk kulit berjerawat dan bedak yang cocok untuk kulit berjerawat.

15. Perawatan Menggunakan Masker Alami

Jika anda memang memiliki keinginan yang serius untuk mencegah munculnya jerawat di kemudian hari, maka anda dapat menggunakan masker alami untuk wajah berjerawat yang terbuat dari bahan herbal. Masker alami yang dapat anda coba adalah masker tomat, masker madu, masker jeruk nipis, masker putih telur, masker lidah buaya, masker lemon, masker bawang putih, dan masih banyak lagi.

Mengapa menggunakan masker alami untuk mencegah munculnya jerawat?

Baca Juga:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai macam cara mencegah jerawat tumbuh lagi. Jangan lupa untuk aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat ya dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 03rd, July 2016 / 20:58 Oleh :
Kategori : Pencegahan