Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Cara Mencegah Komedo Datang lagi Paling Mudah

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat maupun komedo memanglah membuat semua orang menjadi gelisah, khawatir, dan mengalami berbagai dampak psikologis akibat jerawat serta komedo lainnya. Mendapat adanya komedo di kulit, terutama kulit wajah, dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang secara seketika karena akan sangat tampak jika dilihat dengan mata telanjang.

Komedo bisa diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Walaupun berbeda, secara umum penyebab komedo hitam maupun penyebab komedo putih sama, yaitu karena adanya penyumbatan pori-pori kulit yang disebabkan karena berbagai faktor. Tentu Anda tidak mau’kan kulit Anda ‘dihiasi’ oleh komedo? Nah, di artikel ini, Anda akan menemukan berbagai cara mudah untuk mencegah komedo. Simak artikel ini.

Penyebab Munculnya Komedo

Sebelum Anda mengetahui berbagai macam cara mencegah komedo, maka ada baiknya jika terlebih dahulu Anda mengetahui sebenarnya apa saja hal yang dapat memicu timbulnya komedo di kulit? Daripada penasaran, simak penjelasan berikut ini.

  • Minyak Berlebih. Inilah salah satu penyebab utama yang paling sering menjadi pemicu munculnya komedo di kulit. Minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebasea tentu saja akan sangat berpotensi menyumbat pori-pori kulit, sehingga tidak heran jika komedo muncul di kulit Anda.
  • Perubahan Hormon. Ketika Anda mengalami fase pubertas, fase menstruasi, ataupun stress berkepanjangan, maka akan ada ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat seperti hormon androgen. Nah, hal tersebut tentu akan memicu produksi minyak berlebih di kelenjar sebasea dan kulit akan menjadi lebih berminyak dan penyumbatan pori-pori pun sangat rentan terjadi. Hasilnya ciri-ciri jerawat karena hormon dan komedo pun akan muncul.
  • Bakteri. Terlalu banyaknya bakteri penyebab jerawat, yaitu Propanobacterium acnes merupakan salah satu penyebab munculnya komedo di kulit. Mengapa demikian? Hal tersebut karena bakteri juga akan meningkatkan resiko penyumbatan pori-pori kulit. Jika tidak segera dibersihkan, bakteri akan melakukan peradangan yang akan menjadi penyebab jerawat meradang dan penyebab jerawat batu.
  • Sel-Sel Kulit Mati Yang Menumpuk. Menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit juga merupakan penyebab munculnya komedo. Hal ini biasanya terjadi akibat adanya iritasi pada folikel rambut di kulit, sehingga proses perontokan sel kulit mati menjadi terhambat. Oleh karena itu, diperlukan cara pencegahan untuk menyingkirkan sel kulit mati ini agar tidak menyumbat pori-pori kulit.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai penyebab munculnya komedo, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara mencegah komedo secara mudah dan sederhana. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Mencuci Kulit Secara Teratur

Cara paling simpel dan juga mudah untuk mencegah timbulnya komedo adalah dengan mencuci kulit, terutama wajah, setidaknya 2 kali dalam sehari secara rutin. Walaupun kelihatannya sepele, namun banyak orang yang masih malas mencuci kulit secara rutin, sehingga resiko munculnya komedo hitam dan komedo putih semakin besar.

Mengapa Mencuci Kulit Secara Teratur Dapat Mencegah Komedo?

Perlu diketahui bahwa dalam aktivitas kita sehari-hari, tentu kulit kita akan sangat rentan akan tertempel oleh berbagai macam debu, kotoran, maupun bakteri yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, malas mencuci kulit wajah juga akan menyebabkan menumpuknya sebum di kulit, sehingga berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Nah, mencuci wajah secara teratur dan rutin 2 kali sehari tentu merupakan cara merawat wajah agar tidak berjerawat dan berkomedo. Mencuci wajah dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat sangat bermanfaat untuk menyingkirkan debu, kotoran, bakteri, dan minyak berlebih di kulit.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Batu

2. Jangan Mencuci Kulit Terlalu Sering

Mungkin Anda bingung, bukankah pada poin pertama kita disuruh untuk mencuci kulit secara teratur untuk mencegah komedo? Lalu kenapa pada poin ini kita dianjurkan untuk tidak mencuci kulit terlalu sering? Patut diketahui, mencuci kulit memang sangat bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat secara alami dan mencegah komedo, namun kita harus sepakat bahwa apapun yang dilakukan secara berlebihan tidak akan menghasilkan dampak yang bagus, termasuk kegiatan mencuci kulit.

Mengapa Tidak Dianjurkan Mencuci Kulit Terlalu Sering Untuk Mencegah Komedo?

Mencuci kulit secara rutin memang akan menyingkirkan debu menyebabkan jerawat, kotoran, bakteri, dan minyak berlebih yang menempel pada kulit dan berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Tapi, mencuci kulit terlalu sering justru akan membuat kulit Anda mengalami iritas, yang membuat minyak yang ada di dalam kelenjar sebasea menjadi terangkat ke permukaan kulit. Hasilnya, justru komedo akan menghiasi kulit Anda. Nah oleh karena itu, memang dianjurkan untuk mencuci kulit waja setidaknya 2 kali saja dalam sehari dan itu sudah cukup.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

3. Gunakan Produk Topikal Untuk Menyerap Minyak Berlebih

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu faktor penyebab munculnya komedo hitam dan komedo putih adalah adanya minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit. Nah, maka tidak heran jika Anda yang memiliki tipe kulit berminyak akan lebih rentan dalam terkena komedo. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami dan medis. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk topikal yang dapat menyerap minyak berlebih, semisal sabun wajah yang mengandung asam salisilat atau krim wajah yang mengandung benzoil peroksida.

ads

Mengapa Menggunakan Produk Topikal Untuk Menyerap Minyak Berlebih Dapat Mencegah Komedo?

Menggunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat akan bermanfaat karena asam salisilat memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, debu, kotoran, maupun minyak berlebih yang menempel di pori-pori kulit, sehingga timbulnya komedo akibat penyumbatan pori-pori akan diminimalkan. Atas alasan itulah, produk yang mengandung asam salisilat dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, produk topikal yang mengandung benzoil peroksida memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat yang berpotensi besar menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan jerawat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

4. Jangan Malas Mandi

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa ternyata malas menjaga kebersihan kulit merupakan salah satu pemicu munculnya komedo hitam dan komedo putih. Nah, mandi setidaknya 2 kali sehari merupakan salah satu cara menghilangkan komedo putih dan komedo hitam secara ampuh. Nah, mengapa mandi dapat mencegah munculnya komedo? Berikut penjelasannya.

Mengapa Mandi Secara Rutin Dapat Mencegah Komedo?

Madi merupakan pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat dan komedo. Dengan mandi secara rutin, maka hal tersebut akan menyingkirkan debu, kotoran, bakteri, dan minyak yang menempel di kulit Anda saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Anda beraktivitas berat yang membuat Anda mengeluarkan banyak keringat. Jika sudah begitu, maka Anda harus segera mandi setelah keringatnya mengering. Hal tersebut karena produksi keringat yang berlebih juga akan meningkatkan produksi minyak dan bakteri yang akan berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Sewaktu mandi, jangan lupa gunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat atau sabun yang berbahan dasar garam untuk memaksimalkan pencegahan komedo.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam

5. Menggunakan Pelembab Secara Rutin

Setelah Anda mandi atau membersihkan kulit Anda dengan air, maka jangan lupa untuk mengoleskan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan Anda untuk mencegah timbulnya komedo. Namun, memilih pelembab juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena salah memilih pelembab justru akan menjadi bumerang yang dapat menimbulkan komedo.

Mengapa Menggunakan Pelembab Secara Rutin Dapat Mencegah Jerawat?

Menggunakan pelembab merupakan langkah yang harus dilakukan agar kulit Anda tidak menjadi terlalu kering. Seperti yang telah diketahui, kulit yang terlalu kering akan membuat kulit menjadi rentan terkena iritasi. Namun, penggunaan pelembab tentu saja harus disesuaikan dengan tipe kulit Anda. Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, maka memang Anda membutuhkan pelembab yang mengandung minyak. Namun jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, maka hindari produk pelembab yang mengandung minyak. Sebaliknya, pilihlah produk pelembab yang mengandung air dan juga memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel

6. Menggunakan Kertas Minyak

Bagi Anda yang memiliki aktvitas yang padat sehari-harinya atau Anda yang memiliki pekerjaan di outdoor dalam waktu yang lama, maka rasanya cukup mustahil untuk membersihkan kulit wajah secara teratur. Padahal, hal tersebut justru akan meningkatkan resiko Anda terkena komedo. Oleh karena itulah, menggunakan kertas minyak bisa menjadi solusi cara mencegah komedo dan juga cara mencegah jerawat tumbuh lagi .

Mengapa Menggunakan Kertas Minyak Dapat Mencegah Komedo?

Ketika Anda memiliki aktivitas yang padat dan terus menerus bekerja di bawah terpaan sinar matahari, maka rasanya sulit untuk membersihkan kulit secara teratur. Padahal, hal tersebut akan membuat produksi minyak di kulit akan meningkat secara drastis. Belum lagi adanya debu dan polusi yang pastinya akan menempel di kulit wajah kita. Nah, selalu siap sedia kertas minyak tentu merupakan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan kertas minyak, maka kita dapat menghilangkan minyak berlebih di kulit secara praktis dan cepat, tanpa harus repot-repot pergi ke kamar mandi hanya untuk mencuci kulit wajah kita dengan air. Anda dapat membeli kertas minyak di berbagai tempat, mulai dari apotek hingga supermarket.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

7. Bersihkan Kosmetik Sebelum Anda Tidur

Memakai kosmetik seakan sudah menjadi kebutuhan wajib di kalangan para wanita. Menggunakan kosmetik sebenarnya tidak masalah, asalkan Anda menggunakan komestik yang sesuai dengan tipe kulit Anda dan Anda benar-benar membersihkannya sebelum Anda tidur di malam hari.

Mengapa Membersihkan Kosmetik Sebelum Tidur Dapat Mencegah Komedo?

Seperti yang telah diketahui, komedo umumnya muncul karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh berbagai macam kontaminan, salah satunya kosmetik. Kosmetik dikenal dapat menutup pori-pori jika dibiarkan terlalu lama menempel di kulit. Pastikan bahwa Anda membersihkan kulit Anda dari kosmetik dengan cleanser dan juga make-up remover sebelum tidur agar kosmetik tidak menutup pori.

Selain itu, jika memang Anda memiliki kulit yang berjerawat dan berminyak, maka Anda lebih baik menggunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang biasanya mengandung air. Contoh kosmetik yang cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak adalah bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Jika komedo sudah terlanjur timbul akibat pemakaian kosmetik, maka lakukan cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik.

8. Lakukan Metode Eksfoliasi Secara Rutin

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya komedo sekaligus menjaga kesehatan kulit secara umum adalah dengan melakukan metode eskfoliasi secara rutin. Metode eksfoliasi adalah metode yang digunakan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang biasa menumpuk di permukaan kulit, terutama kulit wajah.

Mengapa Menlakukan Metode Eksfoliasi Secara Rutin Dapat Mencegah Jerawat?

Melakukan metode eksfoliasi sangat dianjurkan mengingat menumpuknya sel-sel kulit mati merupakan salah satu penyebab munculnya komedo di kulit wajah Anda karena sel-sel kulit mati yang menumpuk akan menyumbat pori-pori kulit. Nah, untuk itu diperlukan suatu metode untuk menyingkirkan penumpukan sel kulit mati dan eksfoliasi adalah cara yang paling ampuh.

Anda bisa menggunakan produk pengangkat sel kulit mati yang banyak tersedia di apotik dan pilihlah produk yang memiliki butiran alami. Selain itu, bahan herbal seperti madu atau garam juga sangat ampuh digunakan sebagai cleanser dan juga scrub. Manfaat masker madu untuk jerawat dan manfaat garam untuk jerawat ada banyak, salah satunya mampu menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Namun, jangan melakukan scrubbing terlalu kasar, karena justru akan membuat kulit Anda menjadi mengalami iritasi dan kemerahan.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Karena Alergi

9. Jangan Menyentuh Kulit Wajah

Ini merupakan suatu langkah yang sederhana, namun masih sering dilakukan semua orang secara reflek. Padahal, kebiasaan kecil satu ini akan sangat merugikan, karena akan menjadi penyebab utama munculnya komedo dan juga jerawat meradang di kulit Anda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengapa Menyentuh Kulit Wajah Dapat Menyebabkan Komedo?

Kita semua sudah mengetahui jika tangan merupakan salah satu sumber bakteri dan kotoran karena tanpa sadar kita sering menyentuh barang-barang yang penuh kotoran, seperti misalnya uang. Nah, bakteri dan kotoran yang menempel di tangan akan berpindah ke kulit ketika kita meyentuh kulit wajah dengan menggunakan tangan. Akibatnya, bakteri dan kotoran di kulit akan semakin banyak, sehingga membuat pori-pori kulit menjadi rentan tersumbat. Jika pori-pori tersumbat, maka komedo pun tentu saja akan muncul. Selain itu, menyentuh wajah dengan tangan juga akan membuat Anda mengalami efek akibat jerawat dipencet dan bahaya memencet jerawat sembarangan, yaitu timbulnya iritasi di kulit wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet

10. Perbaiki Pola Makan Anda

Jika Anda tidak ingin mendapati komedo atau bahkan jerawat meradang di kulit Anda, maka mulailah untuk memperhatikan pola makan Anda sekarang juga. Hal ini perlu dilakukan karena ada banyak makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus yang ketika Anda konsumsi justru akan memicu munculnya komedo.

Mengapa Memperbaiki Pola Makan Dapat Mencegah Komedo?

Pola makan yang baik tentu saja akan menghasilkan kulit yang sehat pula. Ketika Anda terus menerusmengkonsumsi makanan seperti produk olahan susu, produk yang mengandung alkohol, makanan yang berminyak, dan makanan yang manis, maka tentu saja komedo akan menghiasi kulit Anda. Hal tersebut karena makanan-makanan itu akan merangsang produksi sebum yang berlebih, sehingga akan berpotensi menyumbat pori-pori kulit Anda. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi makanan pencegah jerawat dan makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan juga sayuran.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

Ads

11. Menggunakan Pakaian Yang Nyaman

Salah satu hal lain yang menyebabkan timbulnya komedo di kulit, terutama di kulit badan Anda adalah pakaian yang Anda gunakan tidak nyaman. Yang dimaksud tidak nyaman disini adalah pakaian yang terlalu sempit dan sangat ketat, serta memiliki bahan yang tidak bisa menyerap keringat.

Mengapa Menggunakan Pakaian Yang Nyaman Dapat Mencegah Komedo?

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan tidak dapat menyerap keringat akan membuat kulit tidak bisa bernapas, dan juga akan membuat kulit berkeringat serta mengeluarkan sebum yang lebih banyak. Nah, kombinasi dari sirkulasi udara yang buruk, kondisi lembab, banyaknya keringat, dan minyak yang berlebih tentu saja akan menimbulkan komedo di kulit Anda dan juga menjadi penyebab jerawat di punggung. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian yang pas dan tidak terlalu ketat, sehingga sirkulasi udara di kulit dapat berjalan dengan baik. Selain itu, gunakan pakaian dengan bahan yang dingin atau bahan yang dapat menyerap keringat, sehingga keringat dan minyak tidak akan menyebabkan komedo di kulit Anda. Menggunakan pakaian yang nyaman juga merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat di badan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan

12. Berkonsultasilah Dengan Ahli Dermatologis Kepercayaan Anda

Cara terakhir yang juga perlu Anda lakukan sebagai cara mencegah komedo adalah dengan berkonsultasi secara rutin dengan ahli dermatologis kepercayaan Anda. Hal ini sangat penting karena mereka akan memberikan Anda rekomendasi-rekomendasi yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit yang menerpa Anda, termasuk komedo.

Mengapa Perlu Berkonsultasi Dengan Ahli Dermatologis?

Dengan berkonsultasi dengan ahli dermatologis, maka mereka bisa menyampaikan hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang komedo, seperti jenis komedo di hidung dan wajah serta cara penyembuhan-nya. Selain itu, ketika Anda sudah terlanjur memiliki komedo, maka ahli dermatologis dapat menganjurkan Anda untuk melakukan cara tradisional menghilangkan komedo atau menjalani ekstraksi komedo. Walaupun Anda bisa melakukan ekstraksi komedo sendiri di rumah, namun hal tersebut tidak dianjurkan karena jika Anda salah dalam mengangkat komedo, maka justru komedo akan menjadi lebih parah. Biarkanlah ahli dermatologis Anda yang melakukan ekstraksi komedo sehingga komedo dapat terangkat dengan sempurna.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dan Bekas Jerawat

Cara Mengatasi Komedo

Setelah Anda mengetahui berbagai macam cara mencegah komedo, maka kemudian Anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara mengatasi komedo jika seandainya komedo sudah terlanjur menghiasi kulit Anda? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

  • Menggunakan Bahan Herbal. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan herbal adalah cara paling mudah dan juga aman. Bahan herbal seperti putih telur dan juga madu akan sangat membantu. Manfaat putih telur dan manfaat masker madu jelas sudah tidak diragukan. Kedua bahan herbal itu memiliki kemampuan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat sekaligus mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, dan minyak berlebih di kulit.
  • Menggunakan Obat Bebas. Menggunakan obat penghilang jerawat di apotik dan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik seperti produk yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida akan sangat bermanfaat. Asam salisilat akan menyingkirkan sel kulit mati dan minyak berlebih, sedangkan benzoil peroksida dapat memmbunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Menggunakan Retinoid. Retinod merupakan obat jerawat parah dan obat jerawat batu yang mengandung Vitamin A, sehingga akan bermanfaat untuk mengatasi komedo. Kandungan Vitamin A di dalam retinoid akan dengan mudah mengatasi pori-pori kulit yang tersumbat dan juga memicu pengelupasan kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Hasilnya, komedo akan cepat menghilang.
  • Menggunakan Terapi Cahaya dan Laser. Menggunakan metode pengobatan ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo. Nah, mengaa demikian? Hal tersebut dikarenakan menggunakan terapi cahaya dan laser dapat menekan produksi sebum dan juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dalam waktu yang singkat, tanpa merusak struktur permukaan kulit.

Baca Juga:

Nah, itulah dati berbagai macam cara mencegah komedo beserta faktor yang menjadi penyebab komedo lengkap dengan cara mengatasinya. Pada intinya, komedo merupakan salah satu masalah kulit yang dapat dihindari, asalkan Anda melakukan cara-cara diatas. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan komedo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, September 2016 / 06:56 Oleh :
Kategori : Pencegahan