Sponsors Link

10 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami Paling Ampuh

Advertisement

Pernah terbayangkan atau melihat kulit wajah yang dipenuhi dengan jerawat ? Dalam kategori ringan dan berat jerawat diwajah sangatlah menganggu sekali. Namun terkadang perasaan terganggu tersebut bisa berubah menjadi tidak percaya diri dan cenderung menyendiri. Sebenarnya masalah jerawat dalam kategori berat memang memberikan dampak yang negatif pada jiwa dan pemikiran seseorang. Berbagai cara akan dilakukan agar jerawat cepat sembuh namun menghilangkan jerawat dan bekasnya jerawat tidaklah semudah itu dan memerlukan waktu yang lama bahkan hingga tahunan.

Semua ini bergantung dari orangnya dan gaya hidupnya. Namun bukan berarti wajah Anda akan dipenuhi oleh jerawat selamanya karena jerawat akan perlahan menghilang sesuai dengan pertambahan usia dan pencegahan yang tepat. Yang perlu diperhatikan saat wajah berjerawat adalah menghindari untuk memencet jerawat diwajah dengan menggunakan tangan. Karena hal ini justru akan menyebabkan jerawat jadi banyak tumbuh diwajah. Beserta bopeng akibat jerawat dipencet akan selamanya ada diwajah. Cukup mengerikan juga buka mendengar bopeng akibat jerawat yang tidak akan hilang dari wajah Anda.

Artikel terkait :

Mendengar pepatah yang menyatakan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati terbukti dengan masalah jerawat dikulit. Mengetahui cara yang tepat untuk mencegah jerawat dapat melindungi kulit anda 50 % dari tumbuhnya jerawat pada kulit. Berikut ini ulasannya untuk anda cara mencegah jerawat pada kulit wajah :

1. Perhatikan rambut Anda

Rambut merupakan mahkota bagi wanita dan pria. Namun rambut wanita yang panjang kadang bisa menyentuh wajah saat tergerai. Rambut juga dibiarkan terbuka juga memungkin debu menghinggapinya. Dan jika rambut yang telah dipenuhi oleh debu menyentuh wajah maka jerawat bisa saja tumbuh pada kulit. Oleh sebab itu ada baiknya Anda yang memiliki rambut panjang bagi wanita diikat dengan baik dan benar. Selain itu cuci rambut sebanyak dua kali dalam seminggu agar rambut tetap sehat dan berkilau hitam dengan sempurna. Pilihlah jenis shampo yang cocok dengan rambut Anda untuk menjaga keindahannya.

Artikel terkait :

2. Hindari memakai make up yang terlalu tebal

Dalam soal penampilan memang kaum hawa paling nomor satu untuk memperhatikannya. Mungkin sudah kodratnya wanita peduli akan penampilan untuk tampil cantik didepan dan belakang keramaian. Salah satu andalan wanita untuk tampil lebih cantik adalah menggunakan make up. Make up memang merupakan andalan karena mampu menutupi kekurangan pda kulit yang tampak saat tidak menggunakan make up. Dan penggunaan make up untuk kegiatan sehari – hari sama sekali tidak dilarang malah dianjurkan.

Namun Anda sebagai pengguna make up ada baiknya untuk menghindari pemakaian make up yang  terlalu tebal. Ini karena tebalnya make up membuat pori sulit bernafas dan timbulah jerawat pada kulit. Make up tebal juga membuat wajah Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Gunakan make up secra tipis saja dan pada malam hari menjelang tidur bersihkan wajah secara menyeluruh baru berangkat untuk tidur.

Artikel terkait :

Ads

3. Membersihkan wajah

Ritual wajib ini harus dilakukan sebanyak dua sampai dengan tiga kali sehari. Membersihkan wajah bertujuan untuk menghilangkan minyak dan debu yang menempel pada wajah setelah seharian beraktifitas diluar. Membersihkan wajah yang tepat dimulai dari pemilihan produk pembersih yang cocok untuk kulit sehingga membuat kulit tampak lebih sehat dan bersinar. ( Baca juga : Pelembap dan pembersih untuk kulit berjerawat)

4. Rutin menggunakan masker dari bahan alami

Meskipun wajah Anda terlihat mulus dan bersih namun perawatan untuk kulit wajib terus dilakukan. Ini mengingat kulit tetap memerlukan asupan nutrisi yang diperoleh dari bahan alami. Salah satunya bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker mencegah timbulnya jerawat adalah putih telur. Putih telur selain mencegah jerawat juga dapat membantu mengencangkan kulit wajah sehingga mencegah penuaan dini. Anda tinggal membelah dua telur dan pisahkan putih telur dari kuning telurnya. Sesudah itu tempelkan pada wajah selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

5. Tidur yang cukup

Setelah seharian berakfititas tubuh memerlukan istirahat yang panjang pada malam hari. Tidur yang cukup dibutuhkan sekitar 7 sampai dengan 8 jam bagi orang dewasa. Dan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan merilekskan pikiran sejenak. Dengan tidur beberapa organ tubuh mengalami regenerasi seperti kulit. Waktu malam hari kulit mengganti sel yang mati dengan kulit yang baru. Itulah kenapa kulit memerlukan nutrisi pada malam hari dengan tidur yang cukup. Ini berarti untuk mencegah munculnya jerawat pastikan Anda tidur yang cukup setiap harinya.

ads

6. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menutrisi tubuh secara keseluruhan. Dampaknya positif bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Buah juga kaya akan serat yang melancarkan sistem pencernaan sehingga penyerapan nutrisi menjadi sempurna. Buah dan sayuran bisa Anda jadikan sebagai menu pelengkap sesudah makan siang. Ada baiknya waktu makan buah adalah satu jam sebelum makan atau satu jam sesudah makan.

Artikel terkait :

7. Olahraga

Olahraga merupakan aktifitas fisik yang dilakukan bertujuan untuk menguatkan otot tubuh dan membakar kalori. Dengan berolahraga peredaran darah menajdi lancar dan lemak yang ditimbun didalam tubuh menjadi berkurang. Itulah kenapa olahraga menyehatkan tubuh dan mempercantik kulit. Kulit menjadi segar dan tampak lebih kenyal. Olahraga rutin dilakukan sebanyak emapt kali seminggu dapat dilakukan dengan aktifitas yang ringan saja seperti lari dan bersepeda. Untuk durasinya jika Anda termasuk orang yang sibuk bisa dilakukan maksimal 30 menit setiap hari sebelum Anda berangkat kerja. ( Baca juga : Masker alami untuk wajah berjerawat)

8. Tersenyum

Cara mudah untuk terlihat bahagia dan sehat selalu adalah dengan membiasakan tersenyum. Dengan tersenyum pikiran menjadi lebih tenang dalam menghadapi kenyataan yang ada. Pikiran yang tenang menghindari Anda dari stres yang menyebabkan munculnya jerawat. Karena stres yang berkepanjangan dan tidak ditangai dengan baik justru membuat kulit tampak lebih tua. Obatnya untuk tampil cantik dan muda selalu berasal dari pikiran Anda sendiri. Jadi biasakanlah untuk menyambut hari – hari yang indah ini dengan senyum Anda yang memikat.

9. Menggunakan obat jerawat

Jerawat memang bisa dicegah sebagai langkah awal untuk penyembuhannya. Namun jika pencegahan yang dilakukan tidak menghalangi munculnya jerawat diwajah. Ada baiknya Anda segera mengobati jerawat yang muncul diwajah secepatnya sebelum jumlah jerawat menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. Penggunaan obat jerawat secara tepat dan sesuai petunjuk pemakaian bisa masuk kategori aman pada kulit wajah. Perhatikan juga tanggal produksi saat membeli obat untuk jerawat dengan hati – hati. Agar terhindar dari dampak negatif dari obat tersebut. ( Baca juga : Obat jerawat batu yang ada diapotik )

10. Minum air putih yang cukup

Air putih dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas setiap hari. Dengan minum air yang cukup maka kebutuhan tubuh tercukupi dan Anda terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk membuat kulit lebih lemabap dan mengeluarkan zat yang tidak berguna oleh tubuh melalui urine. Dan yang paling penting dari itu semua adalah minum air yang cukup membuat Anda terhindar dari masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat dan komedo.

Meskipun air putih terkesan sederhana namun manfaatnya bagi tubuh dan kecantikan kulit tidak pernah diragukan sedikitpun. Bahkan saking manfaatnya yang banyak ada namanya pengobatan jerawat dengan terapi air putih. Konsumsi air yang cukup dapat menyembuhkan jerawt dan mencegahnya untuk datang kembali. Namun ingt konsumsi air putih secukupnya saja dan sebagaimana yang dianjurkan. Karena konsumsi air putih yang berlebihan juga dapat memperberat kinerja ginjal dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa cara untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah secara alami dan dari kebiasaan sehari – hari.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 14th, December 2016 / 03:57 Oleh :
Kategori : Pencegahan