Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Cara Mencuci Wajah yang Benar untuk Kulit Berjerawat

Advertisement

Kegiatan mencuci muka merupakan kegiatan yang sering kita lakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah kita. Mencuci muka harus dibedakan dengan mencuci tangan atau anggota tubuh lainnya, karena kulit muka merupakan kulit yang lebih sensitif dibanding kulit anggota tubuh lainnya.
Banyak orang menyepelekan cara mencuci muka yang benar. Bagi mereka kebanyakan yang penting sudah memakai sabun khusus pencuci muka.

Padahal cara yang benar dalam mencuci muka sangat mempengaruhi kesehatan muka anda. Apalagi bagi  yang mempunyai masalah kulit wajah berjerawat. Perawatan wajah berjerawat harus melalui penanganan yang khusus salah satunya dalam mencuci muka yang berjerawat. Cara mencuci muka yang salah pada wajah yang berjerawat dapat semakin memperburuk kondisi wajah, serta dapat menyebabkan iritasi penyebab jerawat semakin susah untuk disembuhkan.

Kulit wajah yang sensitif makan perlu penanganan yang lebih khusus, serta cara memcuci muka yang benar. Berikut ini beberapa cara mencuci muka yang benar terutama bagi wajah yang berjerawat :

1. Pilih pembersih atau cleanser yang tepat

Kenali terlebih dahulu jenis kulit wajah anda, tetapi kulit wajah berjerawat biasanya termasuk jenis kulit yang berminyak. Setelah mengetahui jenis kulit wajah anda gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis wajah anda. Ada beberapa macam pembersih yaitu untuk kulit wajah normal, kulit wajah berminyak ataupun kulit wajah kering.

2. Hindari penggunaan sabun mandi untuk wajah

Kulit muka mempunyai tekstur yang lebih lembut dan sensitif dibanding dengan kulit tubuh kita. Hati-hati jangan gunakan sabun mandi untuk kulit wajah kita. Sabun mandi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada sabun yang khusus untuk muka. Penggunaan sabun mandi pada kulit wajah dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit wajah kering.

3. Perhatikan kebersihan tangan

Saat anda akan mencuci wajah, terlebih dahulu cuci tangan anda sampai bersih dengan menggunakan sabun. Kulit yang berjerawat sangat sensitif terhadap kuman yang ada di tangan. Setelah kita melakukan aktivitas seharian, tangan kita merupakan anggota badan yang kemungkinan banyak terdapat kuman dan bakteri karena aktivitas gerak tangan yang banyak. Dengan mencuci tangan terlebih dahulu sehingga kuman yang ada ditangan tidak pindah ke wajah anda.

4. Cuci wajah selama 5 sampai 10 menit

Mencuci wajah dengan waktu 5 sampai 10 menit bagi beberapa orang mungkin termasuk waktu yang lama. Tujuan mencuci wajah yang agak lama adalah agar zat-zat yang ada meresap dalam kulit dan membunuh kuman yang terdapat pada kulit wajah. (baca juga : pembersih wajah alami)

Sponsors Link

5. Prioritaskan bagian yang berjerawat

Pada bagian wajah anda yang berjerawat pijit dengan busa yang lebih lama agar kuman daerah jerawat mati serta jerawat yang sudah matang dapat cepat kering tetapi jangan sampai jerawat pecah karena dapat menimbulkan iritasi. Biarkan jerawat pecah dengan sendirinya.

6. Pastikan seluruh wajah mendapat pijatan

Saat anda mencuci wajah pastikan seluruh bagian wajah terkena pijatan sampai ke pori-pori wajah. Debu dan berbagai kuman yang menempel pada wajah dapat menyebabkan sumbatan pada wajah sehingga menimbulkan jerawat parah. Jadi cucilah wajah anda secara keseluruhan sampai ke pori kulit.

7. Memijat ke arah luar

Saat mencuci wajah gerakan tangan anda ke luar. Jadi pijatan keluar wajah bukan kedalam wajah. Ini merupakan teknik memijat yang benar. Saat pada bagian kulit yang berjerawat sambil ditekan tapi jangan terlalu keras, jangan sampai jerawat pecah. (Baca juga : scrub alami untuk wajah berjerawat)

8. Jaga kebersihan handuk

Saat anda selesai mencuci muka biasanya anda akan mengeringkan muka dengan menggunakan handuk. Handuk yang digunakan untuk mengeringkan wajah harus terjaga kebersihannya. Minimal seminggu sekali handuk dicuci agar kuman yang menempel dihanduk tidak berpindah ke wajah. Bakteri dan kuman yang ada di handuk dapat memicu timbulnya jerawat jadi jaga kebersihan handuk yang dipakai untuk mengeringkan wajah.

9. Gunakan air hangat

Air hangat berguna untuk membuka pori-pori kulit anda. Sebelum menggunakan cleanser, basuh wajah anda dengan air hangat agar pori-pori terbuka sehingga saat membersihkan wajah dengan cleanser kotoran dapat terangkat dengan mudah. Cara membersihkan muka agar terhindar jerawat ini, gunakan air jangan terlalu panas tetapi cukup hangat.

Ads

10. Lakukan dengan urutan yang benar

Saat anda mencuci wajah anda perhatikan urutan mencuci wajah yang benar. Pertama basahi wajah anda dengan air hangat, kemudian gunakan cleanser baru kemudian gunakan facial wash kemudian bilas dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

11. Lakukan dua kali sehari

Cuci muka anda 2 kali sehari dengan menggunakan facial wash yaitu pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Mencuci muka pada pagi hari akan membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati serta menyegarkan kulit wajah anda. Mencuci muka pada malam hari sangat penting untuk menghilangkan kotoran debu, kuman serta bakteri yang menempel pada kulit setelah anda beraktivitas seharian.

Jika tidak mencuci muka sebelum tidur sangat memicu timbulnya jerawat baru. Hal ini dapat memperparah jerawat karena kuman dan bakteri pada malam hari akan bekerja lebih keras.

12. Hindari penggunaan scrub saat cuci muka

Sabun muka yang mengandung scrub kurang baik jika terlalu sering digunakan untuk mencuci kulit wajah. Pilihlah sabun mukayang tidak banyak mengandung scrub. Scrub yang terlalu sering digunakan saat mencuci muka dapat merusak jaringan kulit wajah. Jaringan kulit wajah yang rusak akan memicu dan memperparah jerawat yang ada di wajah anda.

Demikian cara mencuci wajah yang berjerawat agar wajah bersih, tidak menimbulkan jerawat baru serta jerawat pada kulit anda cepat teratasi.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 29th, December 2015 / 09:17 Oleh :
Kategori : Pembersih