Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dan Gatal

Advertisement

Jarawat bagi kebanyakan orang, memang mengganggu aktivitas. Selain mengurangi tingkat kepercayaan diri, timbulnya jerawat kadang memberikan indikasi kebersihan. Semakin anda menjaga kebersihan, kotoran atau jerawat tidak akan menemplok di tubuh anda. Bukan hanya ada di bagian wajah anda, namun penyebab jerawat bernanah juga sampai pada tubuh lain, terutama jerawat di punggung. Jerawat yang sampai bernanah biasanya lebih banyak menjangkit pada remaja puber karena hormon penyebab jerawat masih belum stabil. Kebanyakan juga karena memiliki kulit sensitif dan berminyak.

Awal munculnya Jerawat Bernanah

cara mengatasi jerawat bernanahPerjalanan awalnya adalah dari kotoran seperti debu, polusi dan sebagainya mengenai wajah anda. Dari sifat zat yang tidak steril, sehingga memicu bakteri untuk tumbuh di kulit, biasanya pipi dan dahi. Penyebab jerawat gatal dan dengan refleks tangan anda ingin menggaruknya. Jika kondisi tangan kotor, lalu menggaruk, maka akan keluar cairan bening. Nah itulah sumber dari penyebab jerawat bernanah.

Cairan bening yang keluar kemana-mana menjadi biji dari jerawat. Jika tidak segera dibersihkan, akan timbul calon jerawat baru. Kadang kala, spot gatal tubuh anda terletak pada punggung dan wajah. Sebab sekresi minyak pada kelenjar sebum kulit yang terlalu banyak keluar dari situ.

Jerawat bernanah jika didiamkan saja akan semakin parah, sehingga diperlukan cara mengatasi jerawat bernanah dengan hati-hati. Seperti berikut ini, yang menggunakan bahan alami yang ampuh :

1. Olesan Bawang Putih

Cara mengatasi jerawat yang meradang dengan bawang putih akan membantu menyembuhkan jerawat bernanah yang sudah mengalami peradangan. Cara memakainya dengan :

  1. Tumbuk 3 siung bawang putih
  2. Oleskan pada bagian jerawat
  3. Tunggulah sampai 10-15 menit

Untuk hasil maksimal disarankan untuk dikonsumsi, sebagai penyembuhan dari dalam.

2. Olesan Jeruk Nipis

Sifatnya yang segar dan dikenal dikalangan good drinking, termasuk untuk kesehatan kulit yakni cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis. Kandunganya yang asam serta sifatnya yang anti bakteri cocok untuk jerawat bernanah. Anda bisa membuat cemceman asam. Caranya adalah :

  1. Iris jeruk nipis menjadi 2 bagian
  2. Mulai fermentasikan dengan memerasnya dan dimasukan dalam botol
  3. Tunggulah sampai sehari kedepan
  4. Bersihkan wajah anda dahulu
  5. Oleskan pada bagian jerawat anda
  6. Gunakan secara rutin setiap hari
ads

3. Olesan madu

Gizi yang terkandung dalam madu sangat kaya, cocok untuk kesehatan tubuh dan manfaat masker madu bisa mengatasi jerawat. Manfaatnya mampu untuk mengurangi dan membersihkan kulit berjerawat. Penggunaanya setiap hari baik untuk cara mengatasi jerawat bernanah, bintik hitam, bahkan bintik kotoran.

Cara menggunakanya adalah :

  1. Oleskan madu secara rata ke bagian muka anda
  2. Tunggulah selama 20 menit
  3. Bilaslah dengan air hangat
  4. Keringkan wajah dengan handuk sampai kering

4. Olesan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mwrupakan buah yang biasa digunakan untuk penambah rasa asam dalam masakan. Kandungan zat terkandung dalam belimbing wuluh adalah kaya akan vitamin C, sehingga mampu digunakan sebagai anti bacterial untuk perawatan wajah berjerawat.

Cara penggunaanya adalah :

  1. Siapkan 3-4 belimbing wuluh yang ukuranya sedang
  2. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
  3. Lembutkan sehingga bisa digunakan untuk masker
  4. Tempelkan pada bagian yang mengandung jerawat
  5. Tunggulah sampai 15-25 menit
  6. Bersihkan dengan air hangat
  7. Gunakan selama 3 hari berturut-turut

5. Olesan Jagung Muda

Siapa sangka kalau si kuning ini memiliki khasiat tinggi di bidang kesehatan. Salah satunya mampu digunakan untuk cara mengatasi jerawat bernanah. Berikut ini cara penggunaanya :

  1. Parut jagung muda sampai lembut
  2. Campurkan dengan telur putih dan di udak rata
  3. Bersihkan muka dengan pembersih
  4. Mulailah dengan mengoles ke wajah anda.
  5. Tunggu dari 40- 25 menit
  6. Siram dengan air hangat
  7. Saran : gunakan saat malam hari. Sebab reorganisasi paling efektif pada waktu petang.

6. Menjaga Kelembaban Kulit Wajah

Ketika anda sudah merasa berkeringat, mulai lap dengan tisu, sebab keringat tersebut mampu menjadi sumber penyebab jerawat. Jika jerawat bernanah anda terkena keringat, maka rasanya menjadi gatal. Sehingga akan menaikan resiko di garuk tangan

7. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Sesuai

Cara mengatasi jerawat juga tergantung pada jenis pembersih atau facial wash yang dipakai. Jika untuk kulit berminyak (rata-rata kulit jerawat bernanah kulit berminyak) harus menggunakan zat yang mengandung sedikit minyak. Pakailah sabun cuci muka dengan ph yang sesuai dengan kulit anda. Jika jenis kulit berminyak, maka gunkanlah sabun yang memiliki kandungan asam. Setidaknya mengandung ph 2,5 drajat keasaman. Sedangkan untuk kulit yang cenderung kering, pakailah ph balance. Yakni sekitar 6-7.

7. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara mengatasi jerawat bernanah, bukan saja perawatan dari luar. Namun juga diperlukan perawatan dari dalam diri. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan penghilang jerawat, yang kaya akan serat seperti buah dan sayur. Makanan ini kaya akan vitamin E yang bagus untuk kulit anda. Dengan kaya nutrisi di dalam tubuh, maka regenerasi sel kulit mati juga berlangsung cepat.

8. Minuman Jahe

Selain digunakan untuk menjernihkan suara, jahe juga cocok untuk kesehatan kulit. Sebab kandunganya yang anti bakteri dan anti inflamasi sangat cocok sebagai pengobatan jerawat. Caranya dengan meminum jus jahe secara rutin. Salah satu pengobatan dari dalam.

9. Perbanyak Olahraga

Setelah merawat tubuh dari luar dan dalam, juga perlu olah tubuh agar sirkulasi darah menjadi lancar. Dengan olah raga maka sirkulasi tubuh akan lancar, sehingga sistem peredaran tubuh menjadi baik. Penyebab jerawat saat menstruasi salah satu faktor penyebabnya berasal dari darah kotor. Sehingga dengan adanya sirkulasi darah lancar, otomatis darah kotor tersebut dihancurkan. Kulit akan sehat kembali.

Ads

Cara Mencegah Jerawat Bernanah

1. Berhenti meraba-raba dan menggaruk permukaan kulit anda yang gatal – Untuk menjaganya agar tidak gatal, anda bisa lakukan dengan sering mandi.

2. Berhenti memencet jerawat di wajah – Salah satu kerugiannya adalah, akan meninggalkan bekas luka dan flek hitam (bekas jerawat) yang sembuhnya memakan waktu lama.

3. Bersihkan wajah selalu – Usahakan untuk sabun wajah cukup 2 kali sehari. Pembersih wajah model two in one dan pembersihanya menggunakan kapas, anda bisa melakukan minimal 2 kali sehari. Jangan lupa bersihkan setiap pagi, mau tidur, serta setelah keluar dari rumah.

3. Kurangi kebiasaan tidur larut malam – Regenerasi kulit terjadi pada malam hari. Jika kondisi tubuh belum rileks, maka proses regenerasi tidak maksimal. Tidur larut juga mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas anda.

4. Gunakanlah alat kosmetik yang sudah steril – Cara mengatasi jerawat bernanah yang menggunakan sendok luna harus dibersihkan dengan alkohol dahulu. agar kuman yang ada di jerawat satu, tidak berpindah ke tempat yang lainya. Sehingga jerawatnya menjadi tambah banyak

Sebenarnya cara yang paling mudah dan biasanya orang lakukan adalah dengan konsultasi ke dokter. Memang lebih aman, juga bahan-bahanya sudah rekomendasi semua. Namun bayaranya mahal, serta sifatnya yang canduan. Maka ketika menggunakannya, jerawat akan segera sembuh jerawatnya. Lalu jika berhenti mengonsumsi, kulit juga akan mengalami gangguan. Untuk itu anda harus selalu menggunakan resep dokter.

Paling aman dengan mengonsumsi bahan alami karena efek sampingnya rendah. Manfaatnya selain untuk kulit, juga untuk kesehatan. Anda sehat, kulit sehat, jerawat hilang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 29th, April 2015 / 07:52 Oleh :
Kategori : Pengobatan