Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Jerawat di Kepala Paling Alami

Advertisement

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang menyebabkan timbulnya benjolan berwarna merah muda di kulit. Benjolan ini berukuran ada yang besar dan kecil. Dan untuk jumlahnya ada yang hanya satu dan ada yang muncul sekaligus bergerombolan. Masalah jerawat dewasa ini hanya banyak di bahas pada kulit wajah. Namun ternyata selain tumbuh di wajah jerawat juga bisa muncul di kulit kepala. Jadi masalah di kepala tidak hanya mengenai rambut rontok dan ketombe namun juga jerawat yang datang tanpa di undang. Jerawat yang muncul di kepala bisa disebabkan karena beberapa hal ini antara lain :

1.Kurang tidur

Kurang tidur juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit kepala. Ini mengingat tidur yang tidak cukup membuat regenerasi di beberapa bagian tubuh menjadi terhambat. Akibatnya timbulah jerawat yang dapat menganggu kesehatan kulit dikepala. Di sisi lain jerawat dikepala juga dapat menyebabkan Anda merasa sulit untuk menyisir rambut dengan menggunakan sisir. (Baca juga : Dampak psikologis akibat jerawat)

2. Kelenjar minyak di rambut

Tak disangkal lagi bahwa kelenjar minyak di rambut diperlukan untuk menutrisi dan menjaga kelembapan pada rambut. Sehingga rambut tampak lembap dan jauh dari kekeringan. Namun disisi lain kelenjar minyak dirambut yang terlalu aktif dapat menimbulkan jerawat di kulit kepala. Akibatnya kulit kepala terasa perih apabila tersentuh tangan atau benda.

Baca juga :

3. Stres

Dalam masalah apapun stres tidak pernah memberikan dampak posisitif bagi tubuh dan kulit. Akibat stres sangatlah tampak nyata yaitu memudahkan untuk munculnya jerawat pada kulit kepala Anda. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak stres dalam menghadapi berbagai persoalan. Salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan duduk sejenak dan ambil nafa secara dalam – dalam. Baru kemudian hembuskan keluar secara perlahan – lahan. ( Baca juga : Macam – macam jenis jerawat )

4. Kurang menjaga kebersihan kulit

Kulit yang bersih tidak hanya sebatas kulit wajah saja. Namun perlu juga untuk menjaga kebersihkan kulit kepala. karena kulit kepala juga sama mengalami regenerasi sel kulit setiap sekali 28 hari. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dari kulit kepala adalah dengan keramas. Saat Anda mencuci rambut pastika juga menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan masalah rambut yang Anda alami. Sesudah itu bilas rambut dan shampo dengan air hingga bersih. Baru kemudian di keringkan rambut menggunakan handuk. ( Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya)

5. Makanan karbohidrat tinggi

Makanan diperlukan sebagai energi bagi tubuh untuk menjalankan aktifitas sehari – hari. Di sisi lain makanan juga harus diperhatikan kandungannya mengingat makanan yang berkabohidrat tinggi sangat tidak baik bagi kulit. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi putih dan aneka roti tawar. Karbohidrat yang tinggi membuat kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Menurut penilitian karbohidrat yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat.

Baca juga :

Ads

Itulah beberapa penyebab timbulnya jerawat pada kulit kepala. Setelah mengetahui penyebab jerawat di kepala Anda bisa dengan mudah belajar untuk mengatasinya.

Atasi Jerawat di Kepala

Jerawat yang muncul dikepala kadang memang menganggu sekali. Mulai dari terasa ada benjolan dikepala, sulitnya untuk menyisir rambut dan rasa sakit dari jerawat itu sendiri. Untuk mengatasi jerawat di kepala bisa menggunakan bahan – bahan alami yang terdapat dialam. Sudah banyak bahan alami yang terbukti mampu untuk mengatasi jerawat di kepala. Berikut ini bahan alami untuk mengatasi jerawat di kepala yaitu sebagai berikut :

1.Lemon

Buah lemon memiliki kandungan asam yang dapat mematikan bakteri penyebab jerawat di kepala. Untuk memanfaatkan lemon sebagai bahan alami mengatasi jerawat di kepala adalah sebagai berikut :

  • Ambil buah lemon yang berukuran besar kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Satu bagian diperas untuk mengeluarkan air lemon. Karena air lemon inilah yang akan digunakan untuk mengatasi jerawat dikepala.
  • Selanjutnya tambahan satu sendok makan air pada perasan lemon dan aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan secara menyeluruh bahan – bahan tadi di atas kepala dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit baru bilas rambut dengan air.

Pemakaian air perasan lemon ini dapat dilakukan sebanyak tiga kali seminggu. Dan biasanya dengan pemakaian yang teratur jerawat di kulit kepala akan perlahan menghilang.

Baca juga :

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang berguna untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Minyak zaitun bisa diperoleh dengan membelinya secara langsung pada apotik – apotik. Untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala dengan minyak zaitun Anda tinggal mengoleskan saja minyak zaitun pada kulit kepala secara merata. Kemudian tunggu hingga 30 menit baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Baca juga :

ads

3. Bawang putih

Bawang putih bersifat anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kepala. Bawang putih juga mudah untuk di dapatkan karena bahan ini sering berada di dapur sebagai bumbu. Namun di balik cita rasanya yang melezatkan makanan bawang putih juga dapat dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Cara untuk membuat bawang putih sebagai masker untuk kulit kepala adalah sebagai berikut :

  • Siapkan lima siung bawang putih, kemudian kupas kulitnya masing – masing.
  • Sesudah itu ditumbuk hingga halus baru oleskan pada jerawat yang tumbuh di kepala.
  • Diamkan selama 30 menit baru kemudian di bilas hingga bersih.

Mudah bukan untuk membuatnya. Anda tidak perlu repot karena membuatnya bisa langsung sendiri dari rumah.

Baca juga :

4. Pala

Buah yang satu ini memang tidak begitu diketahui manfaatnya kecuali sebagai manisan. Di Aceh sendiri buah pala sering dijadikan sebagai manisan karena rasanya yang juga pedas. Pala dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala jika dicampurkan dengan susu. Berikut ini langkah – langkah pengerjaanya antara lain :

  • Buah pala di tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan empat sendok makan susu.
  • Aduk hingga rata kedua bahan ini setelah itu tempelkan pada bagian kepala yang berjerawat.
  • Diamkan selama 30 menit baru kemudian dibilas hingga bersih.

Jadi pemakaian buah pala dicampur dengan susu ini secara rutin dapat menyebabkan kulit kepala sehat dan terhindar dari jerawat.

Baca juga :

5. Madu

Salah satu bahan alami yang mampu untuk mengatasi jerawat dikulit kepala adalah madu. Madu merupakan cairan yang berasal dari perut lebah. Lebah menghisap sari dari bunga yang mekar kemudian dihasilkanlah madu dari perutnya. Bagi lebah madu berfungsi sebagai makanan bagi mereka untuk bertahan hidup. Namun bagi manusia madu sudah dikenal sejak lama berfungsi untuk kesehatan dan kecantikan. Ini karena madu mengandung senyawa bernama antioksidan yang baik untuk kulit. Cara untuk menggunakan madu dalam mengatasi jerawat di kelapa tinggal di oleskan saja kemudian tunggu selama 30 menit. Setelahnya bilas hingga bersih madu yang terdapat di kulit kepala tadi. Gunakan sebanyak dua kali dalam seminggi sebelum keramas.

Baca juga :

6. Kayu manis

Berikutnya adalah kayu manis yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Sebelum menggunakan kayu manis sebagai masker kulit kepala terlebih dahulu Anda harus menjadikan kayu manis sebagai bubuk. Setelahnya beri sedikit air kemudian oleskan hingga rata keseluruh rambut. Tunggu hingga 30 menit baru kemudian di bilas hingga benar – benar bersih.

Baca juga :

Demikianlah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di kepala. Selain itu mengatasi jerawat dengan bahan alami tidak memerlukan biaya yang besar.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, December 2016 / 07:09 Oleh :
Kategori : Pengobatan