Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Jerawat Merah – Penyebab dan Pengobatan Secara Alami

Advertisement

Jerawat memang terasa begitu menganggu saat keberadaanya dikulit wajah sudah lebih dari satu. Bisa dibilang jerawat hampir memenuhi semua kulit wajah Anda. Hal semacam ini tidak hanya merusak lapisan kulit namun juga rasa percaya diri saat berada diruang publik. Jerawat disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebih diwajah kemudian terkontaminasi dengan debu bisa juga dengan lapisan sel kulit mati yang tidak beregenerasi secara sempurna. Akibatnya dapat menyumbat pori – pori wajah dan timbullah jerawat. Pada dasarnya jerawat akan mengalami warna yang merah menyala. Ini menandkan telah terjadi peradangan pada jerawat dikulit wajah. Warna merah dijerawat lebih tampak pada orang yang memiliki warna kulit putih. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah  , Cara Menghilangkan Kemerahan pada Jerawat)

Ada beberapa penyebab timbulnya peradangan hingga jerawat menjadi merah antara lain :

  • Makanan masih menjadi faktor pertama untuk mencerminkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Begitu bersangkutannya makanan yang dikonsumsi dengan kulit maka perawatan kulit dari dalam tidak bisa dianggap mudah sekali. Mengonsumsi buahn – buahan dan sayuran lebih baik dari pada goreng – gorengan, kacang dan fast food. (Baca Juga: Makanan Penyebab Jerawat Di Wajah Muncul Terus)
  • Stres yang berlebihan, saat tubuh tidak sanggup lagi menangani masalah jiwa yang berhubungan dengan tekanan pekerjaan kulit jadi tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik untuk meregenerasi. Sehingga timbul jerawat akibat stres lebih susah hilang ketimbang jerawat yang timbul karena faktor yang lain. (Baca Juga: Penyebab Komedo Hitam)
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari menjadikan kulit tidak sehat dan meningkatkan timbulnya resiko jerawat. Kulit yang terpapar sinar matahari bisa menjadi sangat kering dan kulit yang kering lebih mudah mengalami peradangan. (Baca Juga: Manfaat AHA Untuk Kulit Berjerawat)

Rona merah dijerawat tersebut bisa disebut dengan peradangan dan juga luka jerawat akibat penanganan yang salah. Jerawat merah memang sulit untuk dihilangkan. Namun Anda jangan putus ada terlebih dahulu masih ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat merah dengan cara menyamarkannya dari kulit wajah. Anda ingin tahu lebih lanjut caranya berikut ini ulasannya :

Cara Mengatasi Jerawat Merah

1.Menggunakan pelembap

Setelah mencuci wajah dengan sabun pembersih ada baiknya Anda juga mangaplikasikan pelembap sesudahnya. Pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering. Ini penting karena kulit yang kering akan memicu produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Yang ada justru kondisi jerawat menjadi semakin parah dan memerah. Dan yang paling penting saat membeli produk pelembap pastikan komposisinya terdapat eucerin yang berfungsi untuk mengurangi kemerahan pada jerawat. (Baca juga : Pelembap dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak)

2. Make up

Menggunakan make up diwajah juga dapat membantu mengatasi jerawat yang merah untuk sementara waktu. Namun agar kondisi jerawat tidak menjadi parah akibat menggunakan make up pilihlah produk yang berbahan dasar mineral yang tidak mengiritasi kulit. ( Baca juga : Daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, Foundation untuk kulit berjerawat)

Ads

3. Pasta gigi

Pasta gigi juga sudah dipercaya sejak lama mampu mengatasi kemerahan pada jerawat. Namun tidak semua merk pasta gigi dapat digunakan untuk mengatasi jerawat merah. Pasta gigi yang dapat mengatasi jerawat merah tidak mengandung mint dan flouride. Kedua bahan ini justru membuat kulit menjadi iritasi dan jerawat menjadi lebih banyak. Pasta gigi tanpa mint dan flouride baik untuk mengatasi jerawat karena mengandung senyawa bernama silica. (Baca juga : Cara menghilangkan komedo hitam denga pasta gigi)

4. Es batu

Es batu merupakan langkah yang paling alami untuk dapat mengatasi jerawat yang merah. Caranya juga mudah tinggal oleskan es batu pada jerawat yang merah sekitar 15 menit dan biarkan mengering sendiri airnya dari kulit wajah Anda. Dijamin warna kemerahan pada jerawat akan memudar dengan sendirinya. ( Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu)

5. Minum antibiotik

Cara yang satu ini mengatasi jerawat merah dengan meminum antibiotik seperti tetracyline yang mampu mengatasi jerawat merah Anda dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi jerawat yang merah pada kulit dengan menyamarkannya untuk sementara waktu. Sedangkan Anda yang berencana untuk mengobati jerawat merah pada kulit bisa memilih baha alami. Bahan alamai bebas dari efek samping yang mungkin bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi dan ketergantungan pemakaian dalam waktu yang lama.

Baca Juga:

Berikut ini bahan alami yang mampu mengobati kemerahan pada jerawat yaitu :

1.Jeruk nipis

Buah yang mengandung air ini mengandung senyawa bernama asam yang dapat mengurangi kemerahan pada jerawat dikulit. Caranya cukup mudah sediakan satu buah jeruk nipis. Kemudian belah menjadi dua bagian. Peras belah jeruk nipis untuk mengambil airnya dan oleskan air dari jeruk nipis pada jerawat yang merah. Biarkan selama 15 menit baru kemudian dapat dibilas dengan air yang bersih. Untuk memakai perasan dari jeruk nipis ini dapat dilakukan dua kali sehari. Dan dalam waktu seminggu Anda dapat melihat perubahan warna jerawat yang semula merah menjadi hitam dan mati.

Artikel terkait :

2. Bengkuang dan jeruk nipis

Bahan alami yang satu ini juga berguna untuk mengobati jerawat yang merah dan meradang. Anda dapat menyediakan bengkuang dan jeruk nipis. Untuk mengolahnya menjadi masker langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Bengkuang dikupas kulitnya hingga bersih dan dicuci.
  • Parut bengkuang semuanya kemudian ditambahkan air sekitar setengah gelas.
  • Remas untuk mengeluarkan sari bengkuang dengan airnya. Tunggu hingga 1 jam kemudian baru dibuang airnya.
  • Sari bengkuang akan tampak menempel pada bagian bawah wadah dan ambil letakkan pada piring yang kecil.
  • Belah jeruk nipis dan taburkan airnya dengan sari bengkuang tadi. Aduk hingga merata setelah itu bisa dioleskan pada wajah sebagai masker.
  • Tunggu hingga 30 menit baru kemudian dapat dibilas dari wajah hingga bersih.

Pemakaian masker bengkuang dan jeruk nipis ini dapat dipakai satu kali sehari saja. Maka Anda akan melihat rona merah pada jerawat perlahan memudar.  ( Baca juga : Obat jerawat tradisional yang mujarabc, Manfaat Lemon Untuk Jerawat)

Sponsors Link

3. Bedak beras

Beras memiliki sifat mendinginkan, memutihkan dan menyamarkan noda hitam. Membuat bedak beras juga mudah Anda tinggal mengambil segenggam beras untuk diremdam semalaman. Lalu pada pagi harinya beras ditumbuk hinga benar – benar halus. Setelah halus beri sedikit air agar menyerupai masker sesudah itu dapat dioleskan pada wajah. Tunggu hingga 15 menit baru kemudian dibilas dengan air yang bersih. (Baca juga : Manfaat masker beras untk bekas jerawat , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat)

4. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung gel didalamnya yang bersifat antibakteri dan anti peradangan. Anti peradangan didalam gel lidah buaya mampu mengobati kemerahan pada jerawat yang disebabkan peradangan. Begitu juga dengan antibakteri yang berfungsi membunuh bakteri pada jerawat sehingga kulit bebas dari jerawat. Untuk mengambil gelnya cukup kupas kulit dari lidah buaya dan oleskan pada wajah yang berjerawat. Hati – hati dengan getah dari lidah buaya yang berwarna kuning karena getah dari lidah buaya dapat mengakibatkan gatal – gatal pada kulit terutama kulit yang sensitif. Namun karena berasal dari bahan alami untuk mengatasi kemerahan pada jerawat tetap memerlukan waktu selama beberapa minggu hingga gel lidah buaya ini mampu bekerja secara sempurna pada kulit Anda.

Artikel terkait :

5. Pepaya

Buah berwarna orange ini juga berfungsi untuk mengatasi kemerahan pdaa jerawat. Untuk membuat masker dari pepaya cukup menghaluskan daging dari buah pepaya dan balurkan pada wajah secara keseluruhan. Terutama dibagian kulit yang ditumbuhi jerawat. Masker pepaya ini dapat didiamkan selama 30 menit hingga masker mengering dan nutrisinya untuk kulit teresap secara sempurna. Baru setelahnya dibilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat merah yang terjadi akibat peradangan. Menggunakan bahan alami ini dapat dibuat sendiri dirumah sambil menikamti waktu Anda sendiri. Anda dapat mengikuti langkah yang diberikan sesuai dengan langkah awal hingga akhir. Semoga jerawat yang merah segera bisa sembuh dari kulit anda. Selamat mencoba !

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 17th, November 2016 / 23:14 Oleh :
Kategori : Pengobatan