Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil Secara Alami dan Aman

Sponsors Link

Kehamilan merupakan suatu periode yang dinanti-nantikan oleh calon ibu yang baru saja menikah. Mendapatkan momongan tentu saja merupakan salah satu kebahagiaan dan anugerah terbesar dalam hidup, sehingga segala cara harus dilakukan agar kesehatan janin tetap terjaga selama proses kehamilan. Nah, masalahnya selama proses kehamilan, kulit anda menjadi sangat rentan untuk dihiasi oleh segala sesuatu tentang jerawat, yang dapat membuat anda menjadi mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa minder dan tidak percaya diri saat bertemu orang lain.

Sponsors Link

Diperlukan penanganan tepat untuk mengatasi jerawat saat hamil, karena jika salah metode perawatannya, maka kesehatan janin anda akan menjadi taruhannya. Bagaimanakah cara mengatasi jerawat saat hamil yang benar? Anda akan menemukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Jerawat Saat Hamil

Ketika anda sedang dalam masa-masa kehamilan, maka potensi timbulya jerawat akan semakin meningkat. Mungkin anda bertanya-tanya mengapa jerawat dapat tumbuh secara tiba-tiba saat anda sedang hamil? Berikut ini merupakan penyebab jerawat saat hamil.

  • Hormon. Hal yang paling umum mengapa jerawat dapat terjadi saat proses kehamilan adalah faktor meningkatnya jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen saat kehamilan. Meningkatnya produksi hormon androgen ini akan membuat kulit anda memproduksi sebum yang lebih banyak dibanding biasanya. Nah, produksi sebum berlebih ini berpotensi untuk menymbat pori-pori kulit dan jika berinteraksi dengan debu atau kotoran, akan menyebabkan ciri-ciri jerawat karena hormon.
  • Hidrasi Cairan di Kulit. Patut diketahui bahwa cairan di kulit yang cukup akan membantu untuk mengeluarkan sebum yang menyumbat pori-pori kulit. Nah, masalahnya selama kehamilan, kulit anda cenderung akan mengalami kekurangan cairan. Hasilnya, sebum akan menjadi kental dan akan semakin sulit dikeluarkan dari pori-pori kulit, yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan terbentuklah jerawat.

Setelah anda mengetahui penyebab mengapa jerawat bisa timbul saat proses kehamilan, sekarang saatnya anda untuk mengetahui berbagai macam cara mengatasi jerawat saat hamil, baik melalui kebiasaan sehari-hari, menggunakan obat herbal, dan juga obat medis. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Baking Soda

Ketika anda sedang hamil, maka cara paling aman untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan bahan herbal dan salah satu yang bisa anda gunakan adalah baking soda. Berikut manfaat baking soda untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan soda kue.

  • Baking soda mampu memicu produksi kolagen kulit, dimana manfaat kolagen untuk jerawat adalah mampu menghaluskan kulit sekaligus dapat mempercepat penyembuhan jerawat.
  • Baking soda memiliki sifat anti-inflammasi yang akan snagat bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan jerawat dan dapat menyembuhkan kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda

  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air, kemudian aduk hingga berubah menjadi pasta.
  • Oleskan pasta baking soda ke area kulit anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, maka anda dapat menggunakan baking soda ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat

2. Lemon

Buah lemon memang merupakan buah yang memang dapat diandalkan untuk mengatasi jenis jerawat apapun, dan tidak akan meninggalkan efek samping yang berbahaya bagi ibu hamil. Nah, berikut ini merupakan manfaat lemon untuk jerawat maupun manfaat lemon untuk bekas jerawat.

  • Lemon memiliki kandungan vitamin C yang snagat tinggi dimana akan memicu produksi kolagen kulit yang tidak hanya akan menghaluskan kulit, namun juga akan mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Lemon memiliki asam sitrat yang akan berperan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel-sel kulit yang sudah rusak. Hasilnya jerawat akan cepat menghilang.
ads

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon

  • Siapkan 1 buah lemon, kemudian peras airnya.
  • Oleskan air perasan lemon ke area kulit yang berjerawat.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker lemon sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Lemon dan Madu

3. Madu

Madu merupakan bahan herbal yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai macam masalah jerawat dan juga tidak akan memberikan dampak negatif apapun, terutama kepada ibu hamil. Berikut ini merupakan manfaat masker madu untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan madu.

  • Sifat asam dari madu akan berperan sebagai agen anti-inflammasi yang akan menyembuhkan peradangan jerawat dan juga pembengkakan serta jerawat yang berwarna merah.
  • Madu merupakan antibiotik alami yang dpaat secara ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga akan mempercepat proses pengempesan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

  • Siapkan madu murni, kemudian oleskan madu tersebut ke area kulit yang terkena jerawat.
  • Oleskan madu tersebut pada malam hari sebelum anda tidur, kemudian diamkan semalaman.
  • Pagi harinya, cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker madu ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu

4. Tomat

Tomat akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat karena memang kandungannya yang komplit dan akan aman digunakan untuk ibu hamil. Berikut merupakan manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan tomat.

  • Tomat memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang amsing-masing memiliki peranannya sendiri-sendiri untuk menyehatkan kulit secara keseluruhan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Tomat dapat memperbaiki kulit yang rusak hingga ke level sel, sehingga bekas jerawat maupun jerawat yang masih aktif akan cepat menghilang dari kulit anda.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

  • Siapkan 1 buah tomat, kemudian iris tipis-tipis menjadi beberapa bagian.
  • Tempelkan irisan buah tomat tersebut ke area kulit yang berjerawat, diamkan selama 1 jam.
  • Cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker tomat ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat

5. Benzoil Peroksida

Jika jerawat yang menghiasi kulit anda tergolong sebagai jerawat yang parah, maka menggunakan obat medis merupakan suatu cara yang dapat anda lakukan. Menggunakan obat jerawat batu yang ada di apotik tentu akan menghilangkan jerawat secara lebih cepat jika dibandingkan dengan bahan herbal.

Namun, tidak semua obat medis cocok digunakan untuk ibu hamil, karena beberapa zat dalam obat medis ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan janin. Salah satu zat kimia untuk menghilangkan jerawat yang aman untuk digunakan ibu hamil adalah benzoil peroksida.

Mengapa Benzoil Peroksida Mampu Menghilangkan Jerawat?

Benzoil peroksida mampu menghilangkan jerawat di kalangan ibu hamil dikarenakan kemampuannya dalam membunuh berbagai jenis bakteri penyebab jerawat. Karena bakteri jerawat mati, maka tentu saja jerawat aktif di kulit akan semakin cepat mengering dan mengempes, sebelum kemudian menghilang dari kulit tanpa meninggalkan bekas jerawat. Benzoil peroksida memang merupakan cara menghilangkan jerawat saat hamil yang ampuh.

Yang juga penting adalah sebuah fakta bahwa benzoil peroksida ini cukup aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Hal tersebut karena tingkat penyerapan benzoil peroksida ke tubuh hanya sekitar 5 persen saja, sehingga tidak akan membahayakan kondisi janin anda. Tetapi, tentu saja sebelum anda menggunakan benzoil peroksida ini, disarankan untuk meminta persetujuan terlebih dahulu kepada dokter kepercayaan anda.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

6. Asam Azelat

Selain menggunakan benzoil peroksida, obat jerawat yang juga cukup aman digunakan oleh ibu hamil adalah asam azelat. Bahkan, asam azelat ini bisa dibilang lebih aman jika dibandingkan dengan benzoil peroksida karena efeknya yang tidak terlalu kuat. Nah, penasaran dengan alasan asam azelat dapat mengatasi jerawat saat hamil? Berikut ulasannya untuk anda.

Mengapa Asam Azelat Mampu Menghilangkan Jerawat?

Asam azelat merupakan zat kimia yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat dan tersedia dalam bentuk gel atau cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik. Nah, asam azelat ini akan mengatasi jerawat dengan cara yang sama dengan benzoil peroksida, yaitu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat akan cepat mengempes dan menghilang dari kulit. Selain itu, asam azelat juga akan menghambat produksi keratin, suatu senyawa alami yang diproduksi tubuh yang memicu tumbuhnya jerawat, sehingga asam azelat dapat digunakan sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, asam azelat secara umum lebih aman jika dibandingkan dengan benzoil peroksida karena efek sampingnya yang lebih ringan jika dibandingkan benzoil peroksida. Penyerapan asam azelat ke tubuh pun sama dengan benzoil peroksida, hanya sekitar 5 persen saja sehingga tidak akan membahayakan kondisi janin. Jangan lupa meminta persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan asam azelat ini.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

7. Eritromisin

Beberapa ahli kesehatan juga merekomendasikan salah satu jenis obat antibiotik, yaitu eritromisin, sebagai obat jerawat parah yang aman untuk digunakan ketika anda sedang hamil. Hal tersebut karena penyerapan eritromisin ke tubuh persentasenya juga rendah, sehingga tidak membahayakan kondisi kesehatan janin anda. Penasaran dengan manfaat eritromisin untuk jerawat? Berikut ulasannya

Mengapa Eritromisin Mampu menghilangkan Jerawat?

Eritromisin merupakan salah satu obat antibiotik yang tersedia dalam bentuk topikal ataupun oral. Cara kerja obat ini sama dengan antibiotik-antibiotik pada umumnya, yaitu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propanobacterium acnes serta dapat juga digunakan untuk mengurangi efek kemerahan dan pembengkakan akibat peradangan jerawat. Maka tak heran jika eritromisin digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat.

Namun, yang perlu anda ingat adalah sebuah fakta bahwa obat eritromisin ini tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang. Gunakan bahan herbal jika anda ingin melakukan perawatan jerawat dalam jangka panjang. Saat anda menggunakan obat eritromisin ini, normalnya sekitar 1 bulan kondisi jerawat anda sudah menunjukkan tanda-tanda membaik. Anda harus meminta rekomendasi dan persetujuan dokter sebelum menggunakan obat eritromisin ini agar anda tidak mengalami bahaya penggunaan antibiotik jerawat.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

8. Mencuci Kulit Wajah Secara Rutin

Selain menggunakan obat herbal dan obat medis, melakukan kebiasaan-kebiasaan sepele dalam kehidupan sehari-hari juga mampu mengatasi jerawat pada saat hamil. Salah satu kebiasaan tersebut adalah mencuci kulit wajah secara rutin. Berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

Sponsors Link

Mengapa Mencuci Kulit Wajah Secara Rutin Dapat Menghilangkan Jerawat?

Mencuci kulit wajah secara rutin paling tidak sebanyak 2 kali dalam sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat akan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya peradangan jerawat. Hal tersebut dikarenakan ketika anda mencuci kulit wajah secara rutin, maka debu menyebabkan jerawat, kotoran, minyak berlebih, dan polutan yang menempel di kulit akan disingkirkan. Hasilnya, jerawat aktif yang menghiasi kulit anda akan semakin cepat disembuhkan dan tidak akan mengalami peradangan.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

9. Rutin Berolahraga

Ketika anda sedang dalam kondisi hamil, maka bukan berarti anda harus menghentikan aktivitas olahraga. Justru melakukan olahraga secara rutin setiap hari sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan anda dan janin, serta dapat mengatasi masalah jerawat di kulit karena berolahraga merupakan salah satu pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat. Berikut ulasannya untuk anda.

Mengapa Rutin Berolahraga Dapat Menghilangkan Jerawat?

Ketika anda rutin berolahraga, maka tentu saja sistem peredaran darah anda akan menjadi lebih lancar, yang tentu saja akan menyehatkan kulit anda secara keseluruhan. Selain itu, rutin berolahraga akan mereduksi stress yang biasanya menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat, serta dapat membersihkan darah kotor dan mengeluarkan zat-zat beracun yan dapat menyebabkan jerawat keluar dari tubuh anda melalui keringat. Maka tak heran bukan jika berolahraga dapat digunakan sebagai tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat?

Namun, karena kondisi anda sedang hamil, hindari melakukan olahraga yang terlalu berat. Olahraga yang cocok untuk anda lakukan disaat hamil antara lain adalah berjalan kaki, berenang, senam, dan yoga. Hindari olahraga yang membuat anda menjadi terlalu lelah seperti olahraga berlari, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah O dan Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah B

10. Menggunakan Kosmetik Yang Sesuai

Cara mengatasi jerawat yang cukup simpel saat anda sedang dalam kondisi hamil adalah dengan menggunakan kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit anda. Memang tidak bisa dipungkiri jika kosmetik merupakan salah satu benda wajib pakai bagi wanita agar dapat tampil menarik, tak terkecuali saat mereka dalam kondisi hamil. Berikut alasan mengapa kosmetik yang sesuai dapat mengatasi jerawat.

Mengapa Penggunaan Kosmetik Yang Sesuai Dapat Menghilangkan Jerawat?

Menggunakan kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit tidak akan menutup pori-pori kulit, serta justru dapat membantu menghilangkan jerawat. Jika anda memiliki kulit yang berjerawat, maka gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, semisal kosmetik yang memiliki bahan dasar air, seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung minyak karena akan memperparah jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

Hal Yang Harus Dihindari Dalam Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Setelah andamengetahui berbagai cara mengatasi jerawat saat hamil, sekarang saatnya anda juga harus mengetahui perihal segala sesuatu yang tidak boleh anda lakukan untuk mengatasi jerawat saat hamil, karena berpotensi membahayakan kulit dan bahkan kesehatan janin anda. Apa sajakah hal yang tidak boleh anda lakukan untuk mengatasi jerawat saat hamil? Berikut ulasannya untuk anda.

  • Menggunakan Asam Salisilat. Ketika anda sedang hamil, maka lebih baik hindari penggunaan produk yang mengandung asam salisilat. Beberapa ahli menyarankan hal tersebut karena asam salisilat yang biasanya berbentuk aspirin jika dikonsumsi saat masa-masa kehamilan akan berpotensi menyebabkan pendarahan saat proses persalinan.(Baca: Ciri-Ciri Obat Jerawat Yang Berbahaya)
  • Menggunakan Isotretinoin. Menggunakan obat jerawat parah seperti isotretinoin juga sangat tidak disarankan karena berpotensi besar akan membuat janin anda mengalami cacat saat kelahiran, seperti misalnya cacat mental dan kognitif. Bahkan, hal yang paling parah dari penggunaan obat ini adalah meningkatnya potensi anda mengalami keguguran saat hamil.
  • Menggunakan Retinoid. Tidak seperti benzoil peroksida dan asam azelat yang aman untuk digunakan, menggunakan obat retinoid untuk mengatasi jerawat saat kehamilan bukanlah langkah yang tepat. Walaupun efek yang ditimbulkan dari obat ini tidak sekuat isotretinoin, namun ada kekhawatiran bahwa penggunaan obat ini akan meningkatkan resiko cacat lahir pada calon bayi anda.
  • Menggunakan Tetracycline. Tidak semua antibiotik akan aman digunakan untuk mengatasi jerawat saat masa kehamilan. Jika eritromisin aman untuk digunakan, lain halnya dengan tetracycline. Salah satu antibiotik ini akan memberikan efek yang negatif terhadap bayi anda di masa depan karena obat antibiotik ini akan menghambat pertumbuhan tulang anak anda serta dapat mengubah warna giginya secara permanen.
  • Menyentuh Jerawat. Ini memang merupakan informasi umum, namun cukup penting agar jerawat tidak semakin merajalela di kulit anda. Menyentuh apalagi memencet jerawat justru akan membuat kulit anda mengalami bahaya memencet jerawat sembarangan dan efek akibat jerawat dipencet, yaitu kulit menjadi terluka dan akan membuat timbulnya bekas jerawat di kulit yang akan sangat sulit dihilangkan dan dibutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya.

Baca Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai macam tips untuk mengatasi jerawat saat hamil serta berbagai macam hal yang tidak boleh anda gunakan atau lakukan untuk mengatasi jerawat saat anda hamil. Jangan lupa selalu terapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 08:01 Oleh :
Kategori : Pengobatan