Sponsors Link

6 Cara Mengecilkan Pori Pori Bekas Jerawat Secara Alami

Sponsors Link

Pori – pori pada kulit memiliki fungsi untuk pernafasan kulit dan juga proses metabolisme dari kulit itu sendiri. Setiap kulit memiliki pori – pori termasuk bagian wajah. Pada kondisi normal ukuran pori – pori kecil samar dan bahkan tidak terlihat sama sekali. Sama seperti saat anda memperhatikan pori – pori pada anak balita. Masih samar dan itulah ukuran sebenarnya dari pori – pori normal. Namun masalah pori bisa muncul karena berbagai macam faktor. Akibatnya pori – pori di wajah jadi membesar dan ini membuat tampilan kulit anda kurang bagus. Pori – pori besar juga bisa menyebabkan penurunan percaya diri anda. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan pori – pori membesar antara lain :

Sponsors Link

1.Keturunan

Faktor keturunan masih menjadi penyebab utama dari pori – pori besar. Ini bisa anda lihat pada orang tua atau kakek dan nenek. Coba perhatikan pori – pori beliau. Jika beliau memiliki pori – pori besar maka kemungkinan anda memiliki pori besar juga sama. (Baca Juga: Solusi Jerawat Tidak Kunjung Sembuh , Penyebab Komedo Hitam)

2.Minyak berlebih pada wajah

Kulit membutuhkan kelenjat minyak untuk melebabkan wajah dalam batas yang normal. Ini berbeda jika kelenjar minyak sudah berlebihan dalam memproduksi minya yang hanyalah ukuran dari pori – pori yang makin membesar. Dan ini tentu sangat menganggu penampilan anda sehari – hari. (Baca juga : Perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami)

3. Kotoran

Hampir setiap hari anda beraktifitas baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Namun di sela – aktifitas pasti terdapat banyak debu dan kotoran yang bisa saja menghinggapi kulit anda dan menempel pada pori – pori. Jika dibiarkan terus menerus ukuran pori – pori wajah bisa jadi ikut membesar sehingga mudah menimbulkan komedo dan jerawat.

4. Kosmetik

Kosmetik diperlukan untuk menghiasi wajah sehingga penampilan anda tampak lebih gemerlap dan cantik. Namun tidak semua jenis kosmetik cocok untuk wajah. jika cocok tentu anda tampak makin cantik. Namun jiga tidak cocok yang ada pori – pori pada kulit berubah ukuran menjadi besar. Bahkan tidak hanya pori – pori saja yang menjadi besar kemungkinan wajah ditumbuhi jerawat juga bisa.

Artikel terkait :

5. Sinar matahari

Sinar matahari pagi memang baik untuk kulit dan kesehatan. Namun sinar matahari pada jam sepuluh pagi dapat menimbulkan masalah pada pori – pori. Pori – pori bisa menjadi berukuran besar jika dibiarkan terus menerus. Apalagi sinar matahari pada jam tersebut mengandung sinar ultraviolet yang dapat mengakibatkan kanker kulit. (Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali Secara Alami , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Alami)

ads

Setelah membahas ulasan mengenai penyebab pori – pori diwajah membesar, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi agar ukuran pori – pori pada wajah kembali normal. Pada dasarnya banyak cara yang dapat dilakukan. Anda bisa memilih menggunakan obat dari dokter ataupun menggunakan bahan alami yang masing – masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun jika untuk keamanan dari efek samping yang kadang bisa menyebabkan ketergantungan ada baiknya anda mencoba untuk menggunakan bahan alami untuk mengecilkan ukuran dari pori – pori. Berikut ini bahan alami untuk cara mengecilkan pori pori bekas jerawat adalah :

1.Pepaya

Buah yang kaya akan serat ini ternyata sangat ampuh untuk mengecilkan pori – pori secara alami. Pepaya sangat mudah sekali di dapatkan di kedai penjual buah maupun di minimarket. Cara untuk menggunakannya sebagai masker pengecil pori – pori cukup kupas kulit dari buah pepaya. Kemudian pisahkan isinya dari biji pepaya itu sendiri. Daging buah pepaya kemudian di blender sampai halus. Oleskan daging buah pepaya yang telah halus tersebut kepada wajah secara merata. Diamkan selama lebih kurang 10 menit baru kemudian bilas muka menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

2.Mentimun

Mentimun adalah jenis sayuran yang mengandung astrigen yang baik untuk mengecilkan pori – pori pada wajah bekas jerawat. Cara untuk membuat masker mentimun adalah :

  • Pilih mentimun yang masih segar. Kemudian kupas kulitnya
  • Blender isi dari mentimun sampai benar halus.
  • Sebelum dioleskan pada wajah bersihkan wajah terlebih dahulu baru kemudian uapkan dengan air panas yang bertujuan untuk membuka pori – pori agar masker terserap dengan sempurna.
  • Oleskan masker mentimun tersebut dan tunggu hingga 15 menit.
  • Setelah lewat 15 menit bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Untuk tahap terakhir gunakan air dingin yang bertujuan untuk menutup pori – pori wajah yang tadi sebelumnya sudah dibuka menggunakan uap air panas.

Artikel terkait :

3. Putih telur

Putih telur bermanfaat sebagai zat perekat yang mengencangkan kulit sudah teruji begitu juga dengan kemampuan masker putih telur ini untuk mengecilkan ukuran dari pori – pori wajah. Cara untuk menggunakan masker putih telur ini adalah dengan memisahkan putih telur dari kuning telur kemudian tuangkan putih telur ke dalam piring. Tambahkan madu dan aduk hingga merata. Baru kemudian oleskan pada wajah anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah semua kulit terasa mengencang baru di bilas dengan air hingga bersih.

Artikel terkait :

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin c dan antioksidan yang tinggi sehingga baik kulit. Antioksidan berfungsi untuk menangkal serangan bebas di udara untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Cara menggunaakn jeruk nipis untuk wajah juga mudah yaitu :

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah. Uapkan dengan air panas yang bertujuan untuk memudahkan peresapan jeruk nipis pada wajah.
  • Sediakan jeruk nipis yang masih segar kemudian belas menjadi dua bagian.
  • Oleskan jeruk nipis tersebut pada wajah anda dan biarkan selama 15 menit.
  • Sesudah 15 menit baru di bilas menggunakan air yang bersih.

Untuk langkah terakhir bilas dengan air dingin yang bertujuan untuk menutup pori – pori pada wajah anda. Pemakaian jeruk nipis ini kadang akan menimbulkan rasa perih di wajah akibat kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Namun rasa nyeri ini akan hilang sendiri kemudian.

Artikel terkait :

Sponsors Link

5. Tomat

Buah selanjutnya yang dipercaya dapat mengecilkan pori – pori pada wajah adalah buah tomat.  Buah tomat kaya akan lycopen yang mampu menjaga keelastisan kulit wajah anda. Cara menggunakan masker tomat adalah dengan :

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah. Uapkan dengan air panas yang bertujuan untuk memudahkan peresapan jeruk nipis pada wajah.
  • Sediakan tomat yang masih segar kemudian belas menjadi dua bagian.
  • Haluskan buah tomat bisa menggunakan blender agat halusnya sempurna.
  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelah 30 menit bisa langsung dibersihkan dengan air dan untuk langkah terakhir dapat menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori – pori wajah.

Artikel terkait :

6. Apel

Buah apel juga memiliki manfaat untuk meringkas pori – pori yang terdapat pada kulit wajah. Sehingga ukuran pori – pori wajah dapat berubah menjadi kecil dari semulanya yang berukuran besar. Untuk itu karena apel mengandung vitamin c yang tinggi sehingga baik untuk kulit. Cara untuk membuat masker dari buah apel adalah sebagai berikut :

  • Sediakan apel yang masih segar
  • Kupas kulit dari buah apel. Kemudian gunakan isi dari buah apel dengan di blender hingga halus.
  • Oleskan pada wajah secara merata yang ssebelumnya sudah di bilas bersih.
  • Diamkan selama 15 menit
  • Setelah kering baru bilas kembali dengan air yang bersih.

(Baca Juga: Manfaat Cuka Apel Untuk Jerawat , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Jambu Biji)

Pemakaian bahan – bahan alami ini memiliki keuntungan tersendiri seperti bahannya yang mudah di dapat dan juga bisa di buat sendiri di rumah dengan melihat cara – cara membuat masker tersebut melalui ulasan diatas.  Manfaat bahan alami untuk masker juga tidak membawa efek samping yang serius dalam jangka panjang selama digunakan dengan tepat dan tidak berlebihan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 19th, October 2016 / 23:42 Oleh :
Kategori : Herbal