Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet Paling Ampuh

Advertisement

Penyebab timbulnya jerawat di wajah memang sangat banyak dan memang sangat mengesalkan. Disebut sangat mengesalkan karena memang timbulnya jerawat dapat berpengaruh besar pada penampilan anda secara keseluruhan. Karena ingin cepat-cepat memusnahkan jerawat yang mengganggu penampilan ini, terkadang kita memilih cara yang instan, namun akan berdampak burut bagi kulit wajah kita di kemudian hari, yaitu memencet jerawat. Di artikel ini, anda akan menemukan efek buruk dari memencet jerawat, cara penyembuhannya, serta tips-tips untuk mempercepat penghilangan bekas jerawat akibat dipencet.

Apa Saja Bahaya Memencet Jerawat?

Seperti yang telah disebutkan diatas, memencet jerawat memang akan secara instan akan menghilangkan jerawat tersebut dari kulit anda, namun justru akan membuat kulit wajah anda akan semakin tidak menarik karena adanya bekas jerawat. Nah berikut ini adalah efek akibat jerawat dipencet yang dapat terjadi pada kulit wajah anda:


1. Memencet Jerawat Dapat Menyebabkan Infeksi

Salah satu alasan terbesar mengapa anda tidak diperkenankan untuk memencet jerawat anda adalah karena ketika anda memencet jerawat anda, maka secara tidak langsung anda justru akan memicu infeksi pada jerawat yang mengakibatkan peradangan di kemudian hari.

Ketika anda memencet jerawat dengan tangan anda, maka anda secara tidak sadar telah memindahkan bakteri yang seharusnya ada di tangan anda ke kulit wajah anda. Bakteri yang menghinggapi kulit wajah anda tersebut tentu bakal memicu inflamasi atau peradangan pada jerawat anda, yang tanpa diganggu gugat pasti akan meninggalkan bekas jerawat yang sangat sulit dihilangkan. Walaupun bisa dihilangkan, pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. (Baca: Bahaya Infeksi Jerawat)


2. Memencet Jerawat Dapat Menimbulkan Bekas Luka dan Bekas Jerawat di Wajah

Alasan lain mengapa anda tidak diperkenankan untuk memencet jerawat adalah karena memencet jerawat justru akan meninggalkan bekas luka pada wajah anda, dan ini tentu saja akan sangat mengganggu penampilan anda secara keseluruhan. Nah, lalu yang jadi pertanyaan adalah mengapa memencet jerawat dapat menimbulkan bekasjerawat pada kulit wajah?

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat, mulai dari karena faktor hormon, tingkat stress seseorang, tingkat kebersihan seseorang, atau faktor genetika. Nah, apapun faktornya, secara umum jerawat dapat terbentuk ketika minyak alami yang diproduksi kulit kita atau yang biasa disebut sebum, mengalami penyumbatan di pori-pori sehingga sebum ini mengendap di bawah permukaan kulit wajah kita.

Nah, sebum yang tersumbat ini kemungkinan besar akan bereaksi dengan sel-sel kulit mati dan membentuk semacam komedo. Ketika kita memencet jerawat tersebut, secara tidak langsung berarti kita memaksa reaksi sebum dan sel kulit mati ini untuk keluar dari kulit wajah kita dan hasilnya, kulit wajah kita akan robek dan meninggalkan bekas luka serta bekas jerawat tentunya.


3. Memencet Jerawat Dapat Menjadi Sebuah Awal Dari Kebiasaan

Salah satu alasan lain mengapa anda tidak diperkenankan untuk memencet jerawat di kulit wajah anda adalah sebuah fakta bahwa kegiatan ini akan memicu timbulnya kebiasaan baru yang secara tidak sadar akan membuat kulit anda menjadi luka, dan jerawat pun juga akan mengalami inflamasi.

Kegiatan memencet jerawat, jika anda rutin melakukannya saat jerawat menghiasi kulit wajah anda, akan menjadi sebuah kebiasaan baru dimana suatu saat anda secara refleks dan tidak sadar selalu memiliki keinginan untuk menyentuh jerawat anda dengan tangan, dimana justru menyentuh jerawat dengan tangan hanya akan memperparah keberadaan bakteri Propionibacterium acnes dan menyebabkan peradangan jerawat sehingga hasilnya, bekas jerawat di kulit wajah anda akan semakin merajalela.


Seperti cara mengobati bekas jerawat pada umumnya, untuk menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet ini dapat menggunakan 2 cara, yaitu dengan bahan herbal ataupun dengan metode pengobatan masa kini. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai cara menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet, khusus buat anda.

1. Dengan menggunakan tomat

Cara herbal pertama yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet adalah dengan memanfaatkan buah tomat. Nah, semenjak bekas jerawat yang timbul akibat memencet jerawat lebih sering disebabkan oleh peradangan sebuah jerawat, maka tomat ini merupakan salah satu bahan herbal yang layak untuk anda coba, karena memang cara mengatasi jerawat dengan tomat sudah tak diragukan lagi kemampuannya.

Mengapa menggunakan tomat?

  • Tomat mengandung asam salisilat yang umum ditemui di produk-produk pembasmi jerawat dalam bentuk krim ataupun obat. Asam salisilat ini memiliki sifat exfoliate, yang akan mengeluarkan segala kotoran maupun racun-racun yang mengendap di kulit anda, sekaligus memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan meregenerasinya dengan sel kulit baru, sehingga bekas jerawat ini akan cepat tersamarkan.
  • Tomat memiliki kandungan yang sangat komplit, yaitu Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6, yang sangat berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah anda dan mencerahkan kulit wajah secara alami.
  • Tomat memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta memicu produksi kolagen yang dapat menghaluskan kulit wajah dan menyamarkan bekas luka maupun bekas jerawat akibat dipencet.
  • Tomato memiliki suatu kandungan yang dapat memperbaiki sel-sel kulit di wajah yang rusak, dan menyamarkan bekas jerawat secara cepat.

Baca: Manfaa Tomat untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Cara Penggunaannya?

Untuk menggunakan tomat sebagai suatu cara untuk menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet, caranya adalah dengan menggunakan tomat sebagai masker alami. Cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Anda perlu memasukkan buah tomat ke dalam blender, kemudian blender hingga menjadi layaknya jus, namun cukup kental.
  • Kemudian, aplikasikan tomat yang telah di blender tersebut ke kulit wajah yang terdapat bekas jerawat akibat dipencet dengan telunjuk anda dengan tipis-tipis dan jangan ditekan.
  • Tunggun 10-20 menit, kemudian cuci dengan air dingin, keringkan, dan lakukan cara ini secara rutin sekali sehari.

Baca: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat

ads

2. Dengan mengunakan bawang merah

Cara herbal kedua yang layak anda coba adalah dengan menggunakan bawang merah. Nah, bawang merah memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet. Berikut ulasannya.

Mengapa Bawang Merah?

  • Bawang merah dikenal memiliki efek pengobatan untuk kulit yang luar biasa, karena bawang merah mengandung sulfur, sehingga bekas jerawat anda akan cepat menghilang dari kulit wajah anda.
  • Bawang merah memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi, yang berfungsi untuk mengobati efek kemerahan yang terdapat pada bekas jerawat setelah anda terlalu sering memencet jerawat.
  • Ekstrak bawang merah juga telah terbukti secara medis dapat menyembuhkan jaringan-jaringan kulit yang mengalami luka karena ekstrak bawang merah memicu produksi kolagen. Nah, maka bawang merah ini sangat cocok untuk menyembuhkan wajah anda yang luka atau terdapat bekas jerawat akibat memencet jerawat terlalu keras.

Cara Penggunaannya?

  • Pertama, anda siapkan beberapa siung bawang merah, kemudian masukkan ke blender dan campur dengan sedikit air, setelah itu blender capuran tersebut.
  • Setelah diblender, aplikasikan campuran bawang merah tersebut ke kulit wajah anda yang terkena bekas jerawat dengan kapas atau cotton bud secara tipis-tipis.
  • Tunggu sekitar 10 hingga 15 menit, kemudian cuci wajah anda dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin, lalu keringkan.
  • Setelah menggunakan bawang merah ini, ada baiknya anda langsung menggunakan pelembab kepercayaan anda.
  • Ulangi langkah diatas secara rutin, sekali setiap hari.

Baca: Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

3. Dengan menggunakan campuran putih telur dan madu

Cara herbal lain yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan campuran putih telur dan madu. Campuran ini merupakan kombinasi dengan kemampuan yang luar biasa untuk mengobati bekas jerawat yang membandel, bahkan bekas jerawat akibat dipencet sekaligus.

Mengapa Campuran Putih Telur dan Madu?

  • Putih telur memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan bekas jerawat, karena putih telur dapat mengurangi minyak berlebih, dan mengandung protein yang dapat mengencangkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.
  • Madu telah dikenal sebagai pelembab kulit yang ampuh, sehingga setelah penggunaan masker ini, anda dapat terhindar dari iritasi kulit.

Cara menggunakannya?

  • Pertama, anda harus memisahkan putih telur dari kuning telurnya, kemudia aduk putih telur pada sebuah mangkok.
  • Masukkan 1 sendok madu murni ke dalam adukan putih telur tersebut.
  • Kemudian aplikasikan campuran putih telur dan madu ini ke area kulit wajah anda yang terkena bekas jerawat. Biarkan semalaman.
  • Pagi harinya, basuh wajah anda dengan air yang tidak panas dan tidak juga dingin.

Baca: Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Putih Telur

4. Dengan Chemical Peeling

Cara pengobatan secara medis pertama yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan chemical peeling. Dengan chemical peeling ini, proses pengelupasan sel-sel kulit mati akan dilakukan secara cepat dan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru secara metabolik dengan asam Retinoat, lalu secara toksik dengan kandungan asam salisilat, dan secara kaustik dengan kandungan TCA dan phenol. Nah, maka tak heran setelah melalui proses chemical peeling ini, kulit wajah anda akan menjadi mulus, kencang, dan cerah sehingga menyamarkan bekas jerawat yang ditimbulkan akibat memencet jerawat.

5. Dengan Laser

Nah, ini merupakan salah satu teknologi terkini yang dapat anda coba ketika anda tidak ingin repot atau ingin menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet dengan cara yang cepat. Dengan pengobatan laser ini, segala komedo, maupun kotoran-kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah maupun di dalam pori-pori kulit anda akan terangkat dengan daya vakum teknologi laser ini. Selain itu, sinar laser dari teknologi ini akan mematikan segala jenis kuman maupun bakteri yang memicu timbulnya jerawat. Hasilnya? kulit wajah anda akan segera terbebas dari bekas jerawat secara cepat dan instan.

Sponsors Link

6. Dengan Teknik Mikrodermabrasi

Nah, salah satu cara lain yang layak anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet ini adalah dengan mikrodermabrasi. Dengan teknik ini, pengelupasan sel-sel kulit mati akan berlangsung secara cepat dengan menggunakan alat khusus berbahan kristal halus.  teknik mikrodermabrasi ini memang ditujukan sebagai suatu langkah yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka maupun bekas jerawat di kulit wajah berwarna kemerahan yang dapat terjadi jika anda terlalu sering memencet bekas jerawat.  Teknik ini hanya memerlukan waktu yang sebentar, bahkan lebih cepat daripada chemical peeling maupun teknologi laser.

7. Dengan Obat Antibiotik

Nah, langkah untuk mengobati bekas jerawat yang terjadi karena terlalu sering memencet jerawat juga bisa dilakukan dengan membeli obat-obat antibiotik yang tersedia secara bebas di apotik. Nah, yang perlu anda perhatikan saat membeli obat antibiotik untuk mengobati bekas jerawat kemerahan akibat dipencet adalah yang memiliki kandungan benzoil peroksida, karena benzoil peroksida ini memiliki sifat yang tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah anda.

Contoh obat antibiotik yang tersedia di apotik-apotik dan mengandung benzoil peroksida adalah obat cindala, baik dalam bentuk gel, maupun tablet.  Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, anda tinggal mengoleskan obat antibiotik yang berbentuk gel ke area kulit wajah anda yang terdapat bekas jerawat, atau meminum obat antibiotik jika obat tersebut berbentuk kapsul. (Baca: Manfaat Obat Jerawat Cindala)

Baca Juga: Bahaya Antibiotik Jerawat

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Proses Pengobatan Bekas Jerawat

Nah, setelah anda mengetahui berbagai cara yang harus dilakukan agar bekas jerawat akibat dipencet dapat segera menghilang dari wajah anda, maka berikut ini tips-tips yang harus anda lakukan selama proses pengobatan, sehingga bekas jerawat semakin cepat menghilang dari wajah anda.

  1. Gunakan Produk Cleansing yang Lembut

Sembari melakukan pengobatan terhadap bekas jerawat akibat dipencet, maka anda juga harus menggunakan produk pembersih yang sifatnya lembut, jangan membeli produk cleansing yang mengandung astringent, karena astringent bersifat kasar dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang menyebabkan bekas jerawat semakin susah dihilangkan.

  1. Cucilah Wajah Anda 2 kali Sehari

Langkah atau kebiasaan kedua yang harus anda lakukan adalah mencuci wajah anda 2 kali sehari, dan perhatikan pula cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat ya. Ada baiknya anda mencuci wajah sesaat setelah bangun pagi dan sebelum tidur malam. Jika anda berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, jangan mengelap kulit wajah anda dengan tangan atau baju yang penuh dengan debu dan kotoran. Gunakan handuk yang masih steril akan sangat berguna agar bekas jerawat anda tidak bertambah susah untuk dihilangkan.

  1. Selalu Gunakan Pelembab dan Sunscreen Setiap Hari

Dengan menggunakan pelembab setiap hari, maka anda akan terhindar dari kulit kering yang dapat memperparah peradangan jerawat dikarenakan kulit kering membuat kulit wajah anda semakin mudah terpapar oleh debu, kotoran, maupun berbagai macam bakteri. Begitu pula sunscreen yang akan membuat kulit wajah anda menjadi tidak sensitif terhadap bahaya sinar UV yang dapat menstimulasi peradangan pada bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, selalu gunakan pelembab dan sunscreen saat anda akan berpergian.

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal yang perlu anda ketahui untuk menghilangkan bekas jerawat yang timbul akibat memencet jerawat. Ingat bahwa ketika jerawat muncul di wajah anda, jangan sekali-sekali menyentuhnya, walaupun anda memiliki keinginan untuk menyentuhnya. Selalu gunakan peralatan yang steril jika anda ingin mengeringkan wajah anda dari keringat maupun air biasa.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, May 2016 / 08:17 Oleh :
Kategori : Pengobatan