Sponsors Link

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine – Lotion dan Bedak

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memang sangatlah menyebalkan. Kadang seberapa keraspun kita berusaha, jerawat dapat meninggalkan bekas jerawat yang jauh lebih susah dihilangakn dibandingkan jerawat itu sendiri. Nah, saat ini sudah ada berbagai macam cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami maupun secara pengobatan medis. Di samping semua cara itu, tahukah anda bahwa ternyata caladine juga sangat ampuh sebagai salah satu cara menghindari jerawat? Mungkin selama ini anda mengenal caladine sebagai salah satu lotion atau bedak yang digunakan untuk mengatasi gejala gatal-gatal di kulit. Namun memang faktanya caladine sangat ampuh untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Apa Saja Jenis-Jenis Caladine?

Secara umum, caladine yang beredar dan dapat anda beli di pasaran adalah caladine dengan bentuk lotion dan juga caladine dengan bentuk bedak. Nah, lalu yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada perbedaan manfaat dari caladine lotion dan juga caladine dalam bentuk bedak? Secara umum, kedua jenis caladine ini memiliki fungsi yang serupa, yaitu untuk mengatasi berbagai gejala gatal-gatal pada kulit, walaupun memang tak dapat dipungkiri bahwa kedua jenis caladine ini memiliki beberapa perbedaan minor. Nah, berikut ini adalah perbedaan antara caladine lotion dan caladine dalam bentuk bedak.

  • Ditinjau dari segi fungsi, caladine lotion lebih difokuskan untuk mengatasi gatal-gatal yang disebabkan oleh berbagai macam alergi atau gigitan serangga, sedangkan caladine dalam bentuk bedak lebih difokuskan untuk mengatasi gatal-gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat. Namun kedua jenis caladine ini dapat digunakan untuk mengusir berbagai penyebab jerawat gatal.
  • Ditinjau dari komposisinya, terdapat perbedaan minor pada kedua jenis caladine ini, dimana terdapat perbedaan bebrapa komposisi dan persentase pada kandungan di kedua bahan ini. Caladine lotion memiliki kandungan Kalamin 15%, Sengoksida 5%, Gliserin 5%, dan Difenhidramin-HCl 2%, sedangkan kandungan dair caladine dalam bentuk bedak adalah Kalamin 10%, Sengoksida 2%, Kamfer 0,05%, dan Mentol 0,01%. Kandungan lain dalam caladine adalah zinc oxide.

Manfaat Caladine untuk Jerawat

Setelah anda mengetahui berbagai jenis dari caladine, maka anda juga perlu mengetahui berbagai manfaat yang akan ditawarkan caladine untuk mengatasi jerawat di kulit anda. Mungkin anda terkejut bukan bahwa caladine ternyata dapat digunakan untuk mengatasi jerawat parah? Nah, daripada penasaran mengapa caladine dapat mengatasi jerawat secara ampuh, berikut ini adalah alasan mengapa caladine dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah jerawat di kulit anda.

  • Caladine, baik dalam bentuk lotion maupun bedak, mengandung asam salisilat yang merupakan suatu senyawa yang memiliki manfaat untuk mengusir bakteri penyebab jerawat serta dapat membantu untuk memperkecil pori-pori di kulit anda, sehingga akan meminimalkan resiko terjadinya jerawat akibat penyumbatan pori-pori.
  • Kandungan zinc oxide pada caladine anda akan memberikan banyak manfaat untuk mengatasi jerawat anda, dimana senyawa ini mengandung sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga akan mencegah terjadinya bahaya infeksi jerawat ketika meradang serta dapat mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Maka tak heran jika menggunakan caladine merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam secara cepat dan efektif.
  • Kandungan zinc oxide juga dikenal ampuh dalam mempercepat proses pengeringan dan pengempisan jerawat, sehingga akan meminimalkan resiko jerawat akan meninggalkan flek hitam dan bekas jerawat di kulit anda. Maka, tak heran jika caladine dapat juga dikatakan sebagai salah satu alternatif cara mencegah flek hitam wajah secara alami.
  • Kandungan kalamin pada caladine, baik dalam bentuk lotion ataupun bedak, akan sangat berguna untuk melembabkan kulit, sehingga akan mencegah kulit anda dari iritasi yang ditimbulkan oleh debu, kotoran, maupun bakteri penyebab jerawat yang dpaat menimbulkan jerawat pada kulit anda di kemudian hari.
  • Caladine mengandung banyak sumber herbal, sehingga caladine merupakan salah satu alternatif menghilangkan bekas jerawat selain dengan menggunakan masker alami untuk wajah berjerawat dan juga relatif lebih aman dibandingkan dengan menggunakan antibiotik. (Baca Juga: Bahaya Antibiotik Jerawat)
ads

Setelah anda mengetahui berbagai manfaat dari caladine untuk masalah jerawat anda, sekarang saatnya anda mengetahui langkah-langkah bagaimana menggunakan caladine, baik dalam bentuk lotion dan juga dalam bentuk bedak, untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang seolah tidak mau pergi dari kulit anda. Berikut adalah uraian tips serta langkah untuk menghilangkan bekas jerawat dengan caladine.

Caladine Lotion

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan caladine lotion yang berbentuk gel ini sangat umum digunakan. Caladine lotion ini termasuk cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik dan dapat kita miliki dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya berkisar sekitar 10 ribu rupiah saja. Seperti yang telah dijelaskan diatas, lotion caladine ini selain dapat mengatasi berbagai gatal-gatal karena alergi ternyata juga telah terbukti sangat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah jerawat di kulit anda.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan caladine lotion?

Nah, pada bagian ini, akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan caladine lotion. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Sebelum anda menggunakan caladine lotion, pastikan bahwa anda telah mencuci bersih kulit anda terlebih dahulu. Untuk hasil nan maksimal, aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Setelah kulit anda dicuci, maka segera keringkan kulit anda dengan menggunakan handuk. Langkah ini sangat penting untuk meminimalisir kontaknya caladine lotion dengan debu menyebabkan jerawat maupun kotoran yang terperangkap di kulit anda.
  • Setelah dirasa cukup kering, maka anda dapat segera mengoleskan caladine lotion ke bagian kulit anda yang terkena bekas jerawat. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah bahwa anda hanya diperkenankan untuk mengoleskannya secara tipis-tipis dan jangan terlalu tebal.
  • Nah, alangkah lebih baik jika anda mengoleskan caladine lotion ini pada malam hari sebelum anda tidur, sehingga anda dapat memberikan waktu untuk caladine lotion bereaksi dengan kulit anda yang terkena bekas jerawat.
  • Pada pagi harinya, segera cuci bersih kulit anda yang diolesi caladine lotion tersebut dengan menggunakan sabun, karena caladine lotion ini akan meninggalkan kesan lengket jika tidak dibersihkan dengan menggunakan sabun.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat mengoleskan caladine lotion ini sehari sekali sebelum anda tidur.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Perihal Penggunaan Caladine Lotion untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Setelah anda mengetahui keampuhan dan juga langkah-langkah cara menggunakan caladine lotion ini dalam menghilangkan bekas jerawat, pastinya anda tertarik mencobanya bukan? Nah, sebelum anda menggunakan caladine lotion untuk menghilangkan bekas jerawat, anda perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Anda tidak dianjurkan untuk mengoleskan caladine lotion ini terlalu tebal ke kulit anda yang terkena bekas jerawat karena hal ini justru akan menimbulkan efek yang bertolak belakang, dimana justru lotion ini akan menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah ataupun penyebab jerawat di punggung anda. Hal ini dikarenakan caladine lotion ini memiliki sifat yang berbeda dengan lotion-lotion lainnya. Caladine lotion tidak memiliki sifat yang membuat lotion ini dapat menyerap ke kulit anda secara cepat, sehingga pengolesan caladine lotion yang berlebihan akan berpotensi besar menyumbat pori-pori. Jadi, pastikan anda mengoleskan caladine lotion secara tipis-tipis.
  • Caladine lotion ini tidak memiliki efek samping sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap penggunaan caladine lotion ini. Namun, anda tetap diharuskan untuk memperhatikan petunjuk penggunaan serta dosis yang dianjurkan yang biasanya tertera di boks kemasan atau di kemasan caladine lotion ini untuk menghindari efek-efek yang tidak diinginkan di kemudian hari

Baca Juga: Bahaya Jerawat di Punggung dan Bahaya Jerawat di Telinga

Bedak Caladine

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan caladine yang kedua adalah dengan caladine yang berbentuk bedak atau biasa disebut dengan caladine powder. Dibandingkan dengan caladine jenis lotion, pasti anda lebih familiar dengan caladine yang berbentuk bedak bukan? Nah, seperti yang telah anda ketahui, caladine berbentuk bedak ini dapat anda dapatkan dengan mudah di berbagai apotik dan juga harganya sangat terjangkau. Selain dapat mengatasi gatal-gatal karena biang keringat, bedak caladine ini juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda, sehingga bedak caladine dapat juga disebut sebagai salah satu kosmetik untuk wajah berjerawat yang dapat anda manfaatkan sehari-hari.

Sponsors Link

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan bedak caladine?

Pada bagian ini, akan dijelaskan mengenai langkah-langkah menghilangkan jerawat dengan menggunakan bedak caladine. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Sebelum anda mengaplikasikan bedak caladine ini, anda perlu mencuci kulit anda terlebih dahulu. Alangkah lebih baik jika anda mencuci kulit anda dengan menggunakan air hangat, sehingga pori-pori kulit anda akan terbuka.
  • Setelah anda mencuci kulit anda, segera keringkan dengan handuk sehingga debu maupun kotoran yang terperangkap di kulit anda dapat diminalisir.
  • Nah, setelah itu pada sebuah wadah anda dapat menaburkan bedak caladine ini, kemudian campur dengan sedikit air, sehingga bedak ini dapat digunakan sebagai masker kulit. Setelah itu segera oleskan campuran bedak caladine dan sedikit air ini ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Setelah itu, diamkan campuran ini di kulit anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit atau pada saat bedak menjadi kering. Kemudian, segera cuci kembali kulit anda dengan air yang dingin sehingga pori-pori kulit anda tertutup.
  • Setelah itu, segera gunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan anda karena setelah penggunaan bedak caladine ini, kulit akan cenderung kering.
  • Sebagai alternatif lain, anda juga dapat secara langsung menaburkan bedak caladine ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat tanpa harus mencampurnya dengan air. Namun satu hal yang harus selalu anda ingat adalah jangan menaburkan bedak caladine terlalu tebal di kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Perihal Penggunaan Caladine Powder untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Setelah anda mengetahui kemampuan maupun langkah-langkah secara spesifik bagaimana cara mengaplikasikan bedak caladine untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda, sekarang saatnya anda menyimak hal-hal apa sajakah yang kiranya harus anda perhatikan sebelum anda menggunakan bedak caladine ini untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut ini adalah beberapa hal yang patut anda perhatikan:

  • Salah satu hal yang paling penting yang harus anda ketahui ketika anda akan menggunakan bedak caladine untuk menyembuhkan bekas jerawat adalah jangan menaburkan bedak ini ke seluruh kulit anda. Taburkanlah bedak caladine ini hanya di bagian kulit anda yang terkena bekas jerawat.
  • Selain itu, anda juga perlu mengetahui bahwa anda sangat tidak dianjurkan untuk menaburkan bedak caladine secara berlebihan ke kulit anda, bahkan yang terkena jerawat sekalipun. Bedak caladine sebenarnya juga akan memiliki efek yang sama dengan kosmetik-kosmetik kulit yang lainnya, yaitu bahwa bedak ini dapat membuat pori-pori kulit anda tersumbat dan tidak bisa ‘bernapas’ jika anda menaburkannya dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, jangan taburkan bedak ini secara berlebihan di kulit anda dan juga, batasi pemakaian bedak ini maksimal 20 menit saja agar mendapatkan khasiat yang maksimal dari bedak ini. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik)
  • Sama dengan caladine lotion, bedak caladine ini juga tidak memiliki efek samping bagi kulit anda. Walaupun bedak caladine tidak memiliki efek samping, namun anda tetap disarankan untuk selalu membaca petunjuk penggunaan dari bedak caladine yang biasanya terdapat pada kemasan bedak, sehingga anda akan medapatkan gambaran yang lebih luas perihal penggunaan yang aman dari bedak caladine.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal yang perlu anda ketahui mengenai caladine, mulai dari jenis-jenisnya, manfaatnya untuk jerawat di kulit anda, dan juga langkah-langkah cara menggunakan caladine, baik lotion maupun bedak di kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan jangan lupa terapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 05th, June 2016 / 20:14 Oleh :
Kategori : Pengobatan