Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

Advertisement

Jerawat merupakan hal yang mengganggu kepercayaan diri kita sehari-hari. Dampak psikologis akibat jerawat membuat kita tidak nyaman dan merasa kesal. Berbagai cara akhirnya ditempuh untuk menghilangkan jerawat yang timbul di kulit, hingga penyebab jerawat agar jerawat tidak timbul lagi.

Bahan herbal sering digunakan dalam usaha menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Segala sesuatu tentang jerawat dapat diatasi dengan berbagai bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh karena kandungannya pun berasal dari tumbuh-tumbuhan. Salah satu bahan herbal alami untuk menghilangkan bekas jerawat ialah dengan lidah buaya.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah digunakan sejak zama kuno sebagai bahan baku obat-obatan maupun kosmetik. Lidah buaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, termasuk dalam hal mengatasi jerawat karena memiliki kandungan senyawa bermanfaat bagi kulit. Lidah buaya atau disebut juga aloe vera seringkali digunakan untuk perawatan kulit hingga perawatan rambut.

Lidah Buaya untuk Bekas Jerawat

Lidah buaya sebagai tanaman alami memiliki berbagai kandungan yang berperan dalam perawatan kulit, terutama di dalam gel nya. Ekstrak lidah buaya terbukti memiliki kandungan polisakarida yang berperan dalam memperbaiki kulit yang rusak, termasuk bekas luka akibat jerawat, dimana merangsang pertumbuhan sel yang membantu mengobati jerawat. Penggunaan lidah buaya dapat mengurangi bekas jerawat di wajah karena aloe vera bersifat antibakteri, antiinflamasi, dan penghambat rasa sakit.

Penggunaan lidah buaya tidak kalah hebat dengan cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat  dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung nutrisi esensial, yakni vitamin, mineral, protein, asam amino, dan enzim yang bermanfaat bagi tubuh.

Lidah buaya dapat digunakan dalam berbagai cara, baik secara tradisional hingga berbagai alternatif telah tersedia. Bagaimanakah cara lidah buaya mengatasi bekas jerawat? Simaklah cara-cara berikut ini! Berikut ini ialah beberapa cara yang dapat anda lakukan dengan mudah:

1. Masker Lidah Buaya

Bagi anda yang memiliki kesibukan penuh seharian, cara ini sangat mudah untuk dilakukan untuk cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya. Masker untuk kulit berjerawat ini sangat mudah dibuat. Berikut ini ialah tahapannya:

  • Daun lidah buaya diambil dari tanamannya secara langsung
  • Daun kemudian direbus di dalam air panas selama beberapa menit
  • Sambil direbus, cairan diaduk-aduk hingga membentuk seperti gel
  • Tunggu ramuan gel hingga dingin, kemudian gel siap dipakai sebagai masker wajah. Oleskan gel pada seluruh wajah, terutama bagian yang berjerawat maupun bekas jerawat.
  • Untuk hasil maksimal, diamkan masker lidah buaya selama 20 menit, kemudian bilaslah wajah dengan air dingin hingga bersih.

Gunakanlah masker lidah buaya secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal. Masker lainnya yang bermanfaat dan dapat anda coba yaitu manfaat masker beras untuk menghilangkan bekas jerawatmanfaat masker tomat untuk wajah berjerawat, serta manfaat AHA untuk kulit berjerawat.

Sponsors Link

2. Gel Lidah Buaya (Cara Monoterapi)

Gel lidah buaya dapat anda peroleh secara langsung dari tanaman maupun dibeli di apotik. Apabila anda membeli di apotik, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan dan efek sampingnya. Memang lebih baik jika anda meluangkan waktu dan mengambil sendiri gel lidah buaya dari tanaman.

Caranya cukup mudah, namun tricky, yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan daun lidah buaya yang fresh baru dipotong
  • Peras daun hingga keluar cairan gel seperti jelly di dalamnya, atau disebut juga getah lidah buaya
  • Hati-hati saat memeras, pastikan gel bening dan tidak ada cairan kuning yang tercampur dari kulit daun lidah buaya.
  • Gunakanlah gel lidah buaya secara langsung ke wajah atau secara topikal 2 kali sehari pada bekas jerawat
  • Diamkan selama satu jam agar dapat meresap ke kulit wajah
  • Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum dan sesudah penggunaan gel lidah buaya

Aplikasi secara langsung ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit dan cara menghilangkan bekas jerawat secara bertahap, sehingga anda perlu bersabar karena hasil yang akan anda dapatkan ialah kulit yang bebas jerawat, halus, bersih, dan mengurangi kerutan.

3. Jus Lidah Buaya

Bagi anda yang ingin manfaat secara maksimal dari dalam tubuh, lidah buaya dapat anda manfaatkan dengan dibuat jus untuk diminum, Lidah buaya mampu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan.  Dengan demikian, jus lidah buaya memiliki manfaat dan kelebihan tersendiri dibandingkan pemakaian dari luar. Berikut ini ialah manfaat  meminum jus lidah buaya:

  • Membersihkan darah
  • Mengurangi peradangan dan infeksi jerawat
  • Mengecilkan pori-pori kulit

Jus lidah buaya dapat anda minum sekali sehari secara teratur agar bekas jerawat cepat hilang. Manfaat vitamin C untuk bekas jerawat yang ada di lidah buaya membantu menutrisi kulit. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat digunakan sebagai air mencuci muka untuk cara mengatasi jerawat hilangnya bekas jerawat.

Ads

4. Kombinasi Lidah Buaya dengan Lemon, Madu, dan Kunyit

Lidah buaya dapat anda kombinasikan dengan berbagai bahan herbal alami lainnya. Gel lidah buaya ataupun masker lidah buaya yang hendak anda gunakan ke wajah dapat anda gabungkan terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan daun lidah buaya yang masih fresh 
  • Ekstrak gel dari daun lidah buaya dengan cara diremas.
  • Haluskan gel dengan menggunakan blender
  • Tambahkan ekstrak lemon atau jeruk nipis, kunyit, madu, susu dan beberapa tetes air mawar ke gel lidah buaya yang sudah halus. Campuran yang ditambahkan bisa dipilih salah satu, namun untuk hasil maksimal anda dapat menggabungkan seluruhnya.
  • Campuran diaduk hingga merata, kemudian dapat langsung anda gunakan atau disimpan di lemari es

Campuran bahan alami dengan lidah buaya akan membantu mengatasi jerawat maupun menghilangkan bekas jerawat di wajah. Masker alami untuk wajah berjerawat ini baik untuk anda gunakan secara teratur. Baca juga  lebih lanjut mengenai :

Hal – Hal Penting dalam Penggunaan Lidah Buaya 

Penggunaan lidah buaya sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal memerlukan beberapa perhatian khusus karena setiap kulit memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk menggunakan lidah buaya, perhatikan beberapa hal ini:

  1. Konfirmasi apakah anda memiliki alergi terhadap tanaman dengan famili Liliaceae, terutama bila anda hendak menggunakan lidah buaya dengan cara meminum jusnya. Secara mudah, dapat anda cek bila anda alergi terhadap bawang putih atau bawang merah, berarti kemungkinan anda memiliki alergi terhadap lidah buaya.
  2. Konsumsi jus lidah buaya secara teraturs setiap hari selama setahun dapat mengakibatkan peningkatan resiko kanker kolorektal.
  3. Pastikan bahwa bahan-bahan alami yang digunakan sebagai kombinasi lidah buaya aman untuk digunakan, terutama bila dicampur dengan lidah buaya.

Jika anda telah mempertimbangkan hal di atas, selalu gunakanlah daun lidah buaya yang masih segar dan baru dipetik untuk diekstrak gelnya. Selain lidah buaya, anda dapat mencoba :

Nah, sekarang anda telah mengetahui cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat. Semoga berguna untuk anda praktikkan sehari-hari.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 09th, July 2016 / 15:18 Oleh :
Kategori : Herbal