Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu Paling Ampuh

Sponsors Link

Jerawat memang merupakan suatu masalah kulit yang cukup umum ditemui di berbagai kalangan generasi, baik itu bayi, remaja, hingga dewasa. Segala sesuatu tentang jerawat memang sangatlah mengesalkan. Nah, hal yang paling mengesalkan dari jerawat adalah karena jerawat ini seringkali meninggalkan ‘jejak’ sesaat setelah jerawat tersebut mengempis dari kulit kita dan dampak psikologis akibat jerawat  seringkali menyerang kita setelahnya karena memang jerawat dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Kadang, ‘jejak’ yang ditinggalkan oleh jerawat ini memerlukan perawatan yang jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan jerawat itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan bekas jerawat memerlukan waktu yang relatif cukup lama untuk dapat benar-benar menghilang dari kulit kita.

Sponsors Link

Nah, tahukah anda bahwa dari semua pilihan yang digunakan untuk mengusir bekas jerawat dari kulit anda, madu merupakan salah satu pilihan terbaik? Madu merupakan salah satu pilihan terbaik karena madu ini merupakan sumber herbal, sehingga tidak menimbulkan efek samping pada kulit anda dan membuat madu menjadi sangat cocok sebagai salah satu masker alami untuk wajah berjerawat. Kemudian, madu juga memiliki segala nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi bekas jerawat di kulit anda secara cepat. Di artikel ini, anda dapat mengetahui berbagai manfaat dan variasi cara yang patut anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan madu.

Berbagai Manfaat Madu untuk Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan jerawat maupun bekasnya dengan menggunakan madu, maka anda perlu mengetahui berbagai khasiat dan manfaat madu yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Apa manfaat madu untuk jerawat dan bekasnya? Berikut ini ulasannya:

  • Madu akan berperan sebagai antibiotik alami yang tentu saja dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Madu memiliki sifat osmosis, dimana madu dapat menyerap air yang terkandung dalam luka dan juga madu dapat melepaskan senyawa hidrogen peroksida. Senyawa hidrogen peroksida ini sangat bermanfaat bagi anda untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan jerawat dari wajah anda. Senyawa hidrogen peroksida juga dapat cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami.
  • Madu memiliki sifat asam yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan jerawat.
  • Madu kaya akan kandungan antioksidan alami yang akan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga menangkal peradangan yang dapat timbul dari jerawat.
  • Madu memiliki sifat lengket di kulit anda yang sangat bermanfaat untuk mengusir segala kotoran yang terperangkap di sel-sel kulit anda, sehingga madu seringkali digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.
  • Madu murni juga akan berperan sebagai probiotik alami, dimana hal ini membuat madu akan sangat bermanfaat sebagai cara mencegah flek hitam di wajah secara alami dan juga mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.
  • Madu juga dikenal sebagai pelembab kulit secara alami. Selain pelembab kulit, madu juga dikenal dapat mengusir minyak berlebih di kulit anda, yang membuat kulit anda menjadi halus, kenyal, dan juga sehat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Menggunakan Masker Madu

Cara menghilangkan baik jerawat maupun bekasnya dengan menggunakan madu yang cukup umum ditemui dan juga paling sering diaplikasikan adalah dengan menggunakannya sebagai masker madu. Nah, di artikel di bawah ini, anda akan menemukan berbagai variasi cara membuat masker madu yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat membandel di kulit anda.

ads

1. Menggunakan Masker Madu Murni

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu yang pertama adalah dengan menggunakan masker madu murni. Cara menghilangkan jerawat dengan madu memang sudah dikenal secara umum dan terbukti keampuhannya.

Bagaimana cara menggunakan madu murni ini untuk bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu untuk menyiapkan madu murni.
  • Kemudian, dengan menggunakan bantuan cotton bud, segera oleskan madu murni tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah 30 menit, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air hangat lalu diikuti dengan menggunakan air dingin.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan madu ini setiap hari karena manfaat masker madu untuk jerawat dan cara membuatnya sangatlah mudah bukan?
  • Sebagai alternatif, anda dapat juga mengaplikasikan madu ini setiap hari sesaat sebelum anda tidur di malam hari. Biarkan madu tersebut meresap di kulit anda semalaman, dan pagi harinya segera bilas dengan air bersih.

 2. Campuran Antara Madu dengan Strawberry

Cara herbal kedua yang juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dengan strawberry.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dengan strawberry untuk bekas jerawat?

  • Pertama, anda harus mencuci kulit anda terlebih dahulu dengan air bersih, kemudian keringkan dengan handuk.
  • Kemudian, siapkan 3 buah strawberry, tumbuk strawberry tersebut hingga cukup halu dan campurkan tumbukan strawberry yang telah halus tadi dengan 2 sendok teh madu.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, blender tumbukan strawberry dan madu tersebut sehingga hasilnya benar-benar halus.
  • Oleskan campuran ini ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu, bilas kulit anda dengan menggunakan air hangat dan segera gunakan pelembab kulitsetelah itu.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

3. Campuran Antara Madu dengan Kayu Manis

Cara herbal ketiga yang juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dengan kayu manis.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dengan kayu manis untuk bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan madu murni dengan madu murni.
  • Kemudian, anda dapat mencampurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan 2 sendok teh madu, kemdian aduk hingga campuran ini benar-benar menyatu.
  • Oleskan campuran ini ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran madu dan kayu manis ini secara rutin setiap hari.
  • Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan campuran ini sesaat sebelum anda tidur di malam hari. Biarkan campuran ini meresap semalaman di kulit anda, kemudian segera bilas kulit anda di pagi harinya.

4. Campuran Antara Madu dengan Lemon

Cara herbal keempat yang juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dengan lemon. Cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan madu sudah sangat terbukti keampuhannya, karena ada banyak manfaat lemon untuk bekas jerawat dan juga manfaat lemon untuk jerawat.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dengan lemon untuk bekas jerawat?

  • Pertama, anda harus menyiapkan madu dengan lemon. Kemudian, campurkan beberapa tetes madu dengan perasan buah lemon, dan aduk hingga campuran ini bernar-benar menyatu.
  • Setelah itu, oleskan campuran ini ke area kulit anda yang memiliki bekas jerawat. Diamkan hingga campuran ini mengering di kulit anda yang memiliki bekas jerawat.
  • Setelah kering, segera bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat

 5. Campuran Madu dan Minyak Zaitun

Cara herbal kelima yang juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dengan minyak zaitun. Ternyata, cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun juga telah terbukti keampuhannya.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dengan minyak zaitun untuk bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan madu murni dan juga minyak zaitun. Kemudian, campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Aduk campuran tersebut hingga campuran tersebut benar-benar menyatu.
  • Kemudian oleskan campuran madu dan minyak zaitun dengan pijatan yang lembut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat selama kurang lebih 5 menit.
  • Setelah dioleskan dengan kegiatan memijat, anda dapat menyeka kulit anda dengan menggunakan kain bersih yang sudah diberi air hangat. Kemudian diamkan hingga kulit anda mengering.
  • Setelah kain yang anda gunakan menjadi dingin, kemudian seka sekali lagi kulit anda yang memiliki bekas jerawat. Proses ini akan menghaluskan kulit anda sekaligus akan mengangkat sel-sel kulit mati di kulit wajah anda.
  • Untuk hasil maksimal, ulangi langkah diatas secara rutin sekali setiap hari.

6. Campuran Madu dan Oatmeal

Cara herbal keenam yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dengan oatmeal.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dengan oatmeal untuk bekas jerawat?

  • Pertama, anda siapkan madu murni dengan oatmeal. Kemudian masukkan oatmeal kira-kira 1 sendok makan, kemudian masukkan pula sedikit air hangat, dan juga 2 sendok teh madu. Aduk campuran tersebut hingga campurannya merata. Untuk hasil lebih maksimal, bisa dengan menggunakan blemder.
  • Kemudian, oleskan campuran ini ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat dengan gerakan memijat selama kurang lebih 5 menit. Kemudian, diamkan campuran ini meresap di kulit anda sekitar 15menit.
  • Setelah 15 menit, segera cuci wajah anda dengan menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini secara rutin setiap hari.
Sponsors Link

7. Campuran Madu dan Apel

Cara herbal ketujuh yang juga akan sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dan buah apel.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dan buah apel untuk menghilangkan bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan buah apel dan juga madu murni. Kemudian ambil setengah dari buah apel tersebut, kemudian tumbuk dengan halus buah apel tersebut. Setelah ditumbuk secara halus dan teksturnya menjadi cair, maka dapat dicampurkan dengan 2 sendok teh madu. Aduk campuran tersebut secara merata.
  • Sebagai alternatif, anda juga dapat menaruh setengah buah apel dan 2 sendok teh madu ke dalam blender untuk memudahkan proses penghalusan.
  • Kemudian oleskan campuran madu dan buah apel ini ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah 20 menit, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini setiap hari secara rutin.

 8. Campuran Madu dan Gula Pasir

Cara herbal kedelapan yang juga akan sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan campuran antara madu dan gula pasir. Manfaat gula untuk jerawat memang sudah diketahui secara umum sejauh ini.

Bagaimana cara menggunakan campuran madu dan gula pasir untuk menghilangkan bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan madu dengan gula pasir. Kemudian campur beberapa tetes dengan sedikit gula pasir. Aduk campuran ini hingga menyatu sehingga campuran ini cukup layak untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, oleskan campuran madu dan gula ini dikulit anda yang terdapat bekas jerawat dengan gerakan memijat selama kurang lebih 5 menit.
  • Setelah 5 menit, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat dengan Tomat dan Manfaat Cuka untuk Jerawat

Bisakah Mengkonsumsi Madu untuk Mengatasi Bekas Jerawat?

Setelah anda mengetahui 8 cara menghilangkan bekas jerawat membandel di kulit wajah anda, maka selanjutnya mungkin anda bertanya-tanya apakah ada efek dan manfaat yang bisa didapatkan dari madu untuk mengobati bekas jerawat dengan cara mengkonsumsinya? Jawabannya tentu saja ada. Madu seperti yang telah dijelaskan diatas, ternyata mengandung berbagai kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah bahaya infeksi jerawat meradang dari dalam.

Selain itu, madu juga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam, seperti berbagai macam vitamin dan juga mineral yang akan membantu meningkatkan sistem imun kulit yang akan mencegah kulit anda dari serangan baketri penyebab jerawat. Selain itu, madu juga sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mencerahkan kulit secara alami, sehingga madu dapat dikatakan sebagai pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak. Selain itu, madu juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit anda sehingga bekas jerawat pun akan semakin cepat tersamarkan.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Sekarang anda telah mengetahui segala hal yang berkaitan dengan cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu. Madu memang merupakan sumber herbal yang mudah didapat, dan juga menawarkan berbagai macam kebaikan untuk kesehatan kulit kita. Jadi, tunggu apalagi dan segera buktikan khasiat ampuh madu untuk bekas jerawat anda dan jangan lupa terapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 27th, May 2016 / 17:45 Oleh :
Kategori : Herbal