Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat Secara Alami

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat memang seolah tidak dapat kita hindari dalam fase-fase tertentu di kehidupan kita, karena memang ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di hidung, dan penyebab jerawat di punggung. Kadang dampak psikologis akibat jerawat akan mempengaruhi kita, dimana kita seringkali merasa frustrasi terhadap jerawat itu sendiri dan kita semakin tidak percaya diri dengan penampilan kita sendiri. Untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel, anda dapat menggunakan bahan herbal dan tomat merupakan bahan herbal yang dikenal ampuh untuk mengobati bekas jerawat di kulit anda. Penasaran dengan bagaimana berbagai cara untuk menghilangkan bekas jeraat dengan tomat? Berikut ulasannya untuk anda.

Manfaat Tomat untuk Jerawat

Sebelum anda mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat dengan tomat, maka anda pertama-tama harus mengetahui berbagai manfaat dan keampuhan tomat untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit anda. Berikut ini merupakan macam-macam manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat di kulit anda.

  • Tomat dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit anda, sehingga kulit anda menjadi tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering. Kulit yang terlalu berminyak dan terlalu kering akan sangat rentan terkena jerawat.
  • Tomat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga akan mencegah terjadinya peradangan oleh bakteri penyebab jerawat yang nantinya akan menjadi penyebab jerawat batu.
  • Tomat dapat memperbaiki kulit yang rusak hingga ke level sel, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.
  • Tomat memiliki kandungan Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang akan membantu dalam proses pengecilan pori dan menyegarkan kulit.
  • Tomat juga mengandung potassium, zat besi, dan mineral lainnya yang dapat menyehatkan kulit secara umum dan menyamarkan bekas jerawat.
  • Tomat mengandung zat astringent, yang akan menjaga kulit anda tetap kencang dan terhindar dari kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya.
  • Tomat juga mengandung asam salisilat, suatu kandungan yang umum ditemukan pada cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik, yang membuat bahan herbal ini sangat ampuh untuk menghilangkan berbagai debu dan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori serta dapat juga untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat

Setelah anda menetahui berbagai macam manfaat tomat untuk mengatasi jerawat, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara mengatasi jerawat dengan tomat. Berikut ini merupakan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat”

1. Menggunakan Masker Tomat

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan masker tomat. Masker tomat ini akan memberikan manfaat bagi kulit anda tepat seperti apa yang telah dijelaskan dalam bahasan manfaat tomat bagi jerawat diatas. Cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat cukup mudah. Berikut langkah-langkah cara membuatnya.

Langkah-langkah menggunakan masker tomat untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapkan 1 buah tomat, kemudian taruh tomat tersebut ke dalam blender. Kemudian, campurkan sedikti air ke dalam bender tersebut dan bledner hingga campuran masker tomat tersebut lembut dan cocok untuk dignakan sebagai masker di kulit anda.
  • Setelah itu, oleskan masker tomat tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat, biarkan masker tersebut meresap d kulit anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Setelah itu, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih, kemudian segera keringkan dengan handuk. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker tomat ini setidaknya sehari sekali secara rutin.
  • Sebagai alternatif, anda juga dapat menggunakan masker tomat ini dengan memotong tomat menjadi beberapa iris, kemudian anda tinggal menempelkan irisan tomat tersebut ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat.

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

2. Menggunakan Campuran Tomat dan Alpukat

Cara lain yang juga sangat bermanfaat untuk memanfaatkan tomat sebagai bahan herbal penghilang bekas jerawat adalah dengan mencampurnya dengan buah alpukat. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat alpukat merupakan salah satu buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh. Inilah manfaat buah alpukat untuk masalah jerawat anda.

  • Buah alpukat mengandung Vitamin E yang tinggi yang membuat buah ini dapat mencegah peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat.
  • Buah alpukat merupakan pelembab kulit yang sangat bermanfaat, dimana walaupun melembabkan kulit, namun alpukat ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit anda.
ads

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan alpukat untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu untuk merebus air dalam panci hingga airnya mendidih.
  • Selagi menunggu air dalam panci tersebut mendidih, anda dapat menyiapkan 1 buah tomat beserta 1 iris buah alpukat, kemudian letakkan kedua buah tersebut ke dalam blender dan blender kedua campuran tersebut hingga tercampur secara merata dan layak untuk digunakan sebagai masker di kulit anda.
  • Setelah air dalam panci mendidih, anda dapat mendekatkan wajah anda ke panci tersebut tersebut dan rasakan uap-uap air tersebut masuk ke dalam pori-pori kulit anda selama sekitar 15 menit sehingga pori-pori kulit anda menjadi terbuka.
  • Setelah itu, segera oleskan masker campuran antara tomat dan alpukat ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat, kemudian biarkan campuran tersebut meresap selama 30 hingga 40 menit di kulit anda.
  • Setelah itu segera cuci kulit anda dengan menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunaan campuran ini sekali sehari secara rutin.

3. Menggunakan Campuran Tomat dan Lemon

Cara lain yang juga akan sangat ampuh untuk memanfaatkan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencampurnya dengan buah lemon. Manfaat lemon untuk bekas jerawat memang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya. Berikut ini manfaat lemon untuk mengatasi bekas jerawat anda.

  • Lemon ini memiliki kandungan bleaching agent yang akan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit anda, termasuk penyembuhan bekas jerawat.
  • Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat ada banyak, dimana vitamin ini akan menghindarkan anda dari peradangan yang mungkin akan disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat, serta akan mencerahkan kulit anda sehingga bekas jerawat semakin cepat tersamarkan.

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan lemon untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu utnuk menyiapkan 1 buah tomat, kemudian letakkan tomat tersebut pada blender dan kemudian, blender tomat tersebut hingga tekstrunya cair dan layak untuk digunakan sebagai masker di kulit anda.
  • Setelah itu, campurkan tomat tersebut dengan perasan lemon.
  • Kemudian anda dapat mengoleskan campuran tomat dan perasan lemon tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat, biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu, anda dapat membilasnya dengan air hangat.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran tomat ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Lemon untuk Jerawat

4. Menggunakan Campuran Tomat dan Madu

Cara lain yang juga akan sangat ampuh untuk memanfaat tomat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencampurnya dengan madu. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu memang sudah populer di kalangan masyarakat luas. Berikut ini merupakan manfaat madu untuk mengatasi bekas jerawat anda.

  • Madu memiliki kandungan yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang baru sehingga bekas jerawat anda akan semakin cepat tersamarkan.
  • Madu juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga sangat cocok untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan madu untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu untuk menyiapkan 1 buah tomat dan taruh tomat tersebut ke dalam blender. Setelah itu, segera blender tomat tersebut hingga tomat tersebut memiliki struktur yang layak untuk dijadikan sebagai masker.
  • Setelah itu, anda dapat mencampurkan 2 sendok teh madu murni ke dalam masker tomat yang telah anda buat tersebut, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran tomat dan madu ini ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat dengan gerakan memijit dan memutar. Setelah itu, biarkan campuran tersebut meresap di kulit anda selama sekita 15 hingga 20 menit.
  • Setelah itu, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, anda dpaat menggunakan campuran tomat dan madu ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu dan Cara Membuat Masker Madu

5. Menggunakan Campuran Tomat dan Yoghurt

Cara lain yang juga sangat ampuh untuk memanfaatkan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan mencampurkannya dengan yoghurt. Lalu, mengapa harus dicampur dengan yoghurt? Apa manfaat yoghurt untuk bekas jerawat? Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Yoghurt memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menyeimbangkan kadar pH dalam kulit anda, sehingga membuat anda menjadi semakin terlindungi dari iritasi maupun bahaya infeksi jerawat akibat kadar pH kulit yang tidak seimbang.
  • Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membunuh baketri penyebab jerawat secara seketika serta dapat berperan sebagai agen pencerah kulit yang membuat bekas jerawat menjadi semakin tersamarkan.

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan yoghurt untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu menyiapakn setengah bagian dari buah tomat saja, kemudian taruh ke dalam blender dan blender hingga halus dan teksturnya dianggap cukup layak untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, campurkan 2 sendok teh yoghurt ke dalam masker tomat tersebut, kemudian aduk hingga campuran tersebut tercampur secara merata.
  • Kemudian, segera oleskan campuran tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat dengan gerakan melingkar dan memijit. Kemudian, biarkan campuran tersebut di kulit anda selama 30 menit.
  • Setelah itu, anda dapat membilas kulit anda dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sehari sekali secara rutin.

6. Menggunakan Campuran Tomat dan Mentimun

Cara lain yang juga patut dicoba untuk memanfaatkan tomat untuk menghialngkan bekas jerawat adalah dengan mencampurnya dengan mentimun. Manfaat timun bagi jerawat mungkin belum terlalu diketahui. Nah, lalu apa sajakah khasiat dan manfaat timun untuk mengatasi jerawat anda? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Mentimun memiliki sifat dan kandungan yang dapat menyingkirkan debu menyebabkan jerawat, kotoran, bakteri, maupun dapat mengangkat sel kulit mati beserta sisa-sisa pemakaian make-up di kulit anda, sehingga mentimun ini dapat menghindarkan anda dair munculnya jerawat.
  • Mentimun memiliki banyak sumber Vitamin, yaitu Vitamin A, C, dan E, serta berbagai macam mineral seperti kalsium, potassium, magnesium, dan fosfor yang dapat menyehatkan dan mengeyalkan kulit anda secara keseluruhan.

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan mentimun untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda siapkan 1 buah tomat beserta beberapa iris mentimun, kemudian satukan di dalam blender. Pastikan bahwa anda memblendernya sehingga kedua campuran tersebut tercampur secara merata dan teksturnya cukup layak untuk dijadikan sebuah masker.
  • Dengan menggunakan bantuan cotton bud, anda dapat mengoleskan campuran ini ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat. Kemudian biarkan campuran ini meresap di kulit anda selama 5 menit.
  • Kemudian segera bilas kulit anda dengan menggunakan air hangat dan keringkan segara dengan menggunakan handuk.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sekali sehari setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Langkah cara Membuat Masker Timun dengan Mudah

Sponsors Link

7. Menggunakan Campuran Tomat dan Kunyit

Cara lain yang juga akan sangat ampuh dalam membasmi bekas jerawat membandel di kulit dengan memanfaatkan tomat adalah dengan mencampurkannya dengan kunyit. Manfaat kunyit untuk jerawat juga telah dikenal sangat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Lalu, apa sajakah manfaat kunyit untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda? Berikut adalah manfaat kunyit bagi masalah jerawat anda.

  • Kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-jamur, yang tentu saja akan membunuh bakteri penyebab jerawat yang akan menimbulkan berbagai masalah di kulit anda, termasuk bekas jerawat.
  • Kunyit mengandung senyawa curcumin yang akan mencegah timbulnya peradangan jerawat, serta dapat menyembuhkan bekas jerawat secara lebih cepat.

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan kunyit untuk bekas jerawat

  • Pertama-tama, anda perlu memblender 1 buah tomat hingga teksturnya cukup layak untuk dijadikan masker. Nah, setelah itu, anda dapat menambahkan 1 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk halus ke dalam masker tomat tersebut.
  • Selanjutnya, anda dapat mengoleskan campuran tomat dan kunyit ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat, kemudian biarkan selama 20 hingga 25 menit.
  • Setelah itu, segera bilas kulit anda dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran tomat dan kunyit ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih untuk Jerawat Batu dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

8. Menggunakan Campuran Tomat dan Bawang Putih

Cara lain yang juga akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat dengan memanfaatkan tomat adalah dengan mencampurnya dengan bawang putih. Manfaat bawang putih untuk jerawat juga telah terbukti keampuhannya dalam mengatasi masalah jerawat, Nah, berikut ini merupakan manfaat bawang putih untuk jerawat anda.

  • Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang bernama thiacremonon, yang dapat mengeringkan jerawat secara cepat serta mencegah terjadinya bekas jerawat di kulit anda.
  • Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-septik yang komplit sehingga bawang putih ini memiliki kemampuan yang snagat komplit dalam menghilangkan jerawat maupun bekasnya secara cepat.

Langkah-langkah menggunakan campuran tomat dan bawang putih untuk bekas jerawat

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 1 buah tomat dengan 4 siung bawang putih. Kemudian, anda kelupas 4 siung bawang putih tersebut.
  • Setelah itu, anda dapat menaruh 1 buah tomat dan 4 siung bawang putih yang telah dikelupas tersebut ke dalam blender, kemudian blender hingga campuran tersebut menyatu dan teksturnya cukup layak untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan campuran tersebut ke area kulit anda yang terdapat bekas jerawat dan diamkan campuran ini meresap di kulit anda selama 5 menit saja.
  • Setelah itu, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk. Setelah pemakaian, lebih baik jika anda menggunakan produk pelembab kepercayaan anda.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih dan Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Tips dan Peringatan Perihal Penggunaan Tomat untuk Bekas Jerawat

Nah, setelah anda mengetahui berbagai manfaat tomat untuk jerawat dan juga berbagai cara menggunakan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat, sekarang saatnya anda untuk memperhatikan tips maupun peringatan saat anda hendak menggunakan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda. Berikut ini ulasannya.

  • Untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat, selain dengan menggunakan tomat sebagai masker, anda juga dapat mengkonsumsi buah tomat organik secara langsung atau membuatnya dalam bentuk jus dengan penambahan bahan lain semisal susu atau madu untuk menambah keunikan rasa karena buah tomat merupakan salah satu makanan penghilang jerawat .
  • Sebelum anda menggunakan masker tomat, anda perlu melakukan testing terlebih dahulu untuk sekedar meyakinkan bahwa kulit anda tidak memiliki alergi terhadap masker tomat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Karena Alergi)
  • Setelah anda mengoleskan masker tomat namun masker tomat tersebut belum habis, maka anda dpaat menyimpannya di dalam kulkas dan digunakan kembali di lain waktu maksimal 3 hari sejak anda membuat masker tomat tersebut.
  • Selalu gunakan produk pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan anda setelah anda selesai menggunakan masker tomat ini. Namun, pilih pelembab yang tidak menambah produksi sebum di kulit anda.
  • Jika penggunaan masker tomat ini tidak menemui hasil yang maksimal selama 8 minggu setelah pemakaian, maka anda sebaiknya melakukan cara pengobatan medis yang telah direkomendasikan oleh ahli dermatologis anda.
  • Menggunakan masker tomat ini melebihi waktu yang telah direkomendasikan diatas mungkin akan menyebabkan gatal-gatal, kulit kemerahan, dan tanda-tanda iritasi lainnya bagi beberapa orang.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi segala hal yang perlu anda ketahui tentang penggunaan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 17:22 Oleh :
Kategori : Herbal