Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan Dengan Cepat

Sponsors Link

Segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan karena dengan adanya jerawat, maka kita sudah pasti akan merasakan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu timbulnya rasa minder dan kurang percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Nah, mungkin Anda sudah lumrah melihat bekas jerawat di wajah. Namun, bagaimana jika bekas jerawat ini terjadi di punggung atau dada?

Sponsors Link

Adanya bekas jerawat di badan tentu saja membuat orang-orang menjadi tidak percaya saat mengenakan pakaian yang terbuka, terutama pada wanita. Memang untuk menghilangkan bekas jerawat di badan lebih susah dibandingkan di wajah, karena kulit di badan secara umum lebih tebal jika dibandingkan dengan di wajah. Namun jika Anda sudah memiliki bekas jerawat di badan, jangan khawatir, karena ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat di badan dengan cepat, baik menggunakan bahan alami atau bahan medis. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Lemon

Ketika Anda memiliki bekas jerawat di badan, maka akan sangat bermanfaat jika Anda menggunakan buah lemon sebagai bahan herbal untuk menghilangkannya. Buah lemon memiliki air yang banyak, sehingga dapat diaplikasikan di badan. Jika Anda penasaran, maka berikut ini merupakan manfaat lemon untuk bekas jerawat dan cara menghilangkannya.

Manfaat Lemon Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah   untuk merangsang kulit di badan untuk memproduksi kolagen yang dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.
  • Lemon merupakan bleaching agent atau agen pencerah alami kulit yang akan mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan bekas jerawat di badan.

Cara Menggunakan Lemon Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Siapkan buah lemon 1 buah, kemudian peras airnya ke dalam sebuah wadah, tambahkan beberapa tetes air bersih agar lemon menjadi tidak terlalu menyengat di kulit Anda.
  • Oleskan lemon tersebut ke area kulit di badan Anda yang terdapat bekas jerawat, dan kemudian diamkan selama 20 atau 30 menit hingga lemon tersebut mengering.
  • Cuci kulit Anda dengan menggungakan air bersih, kemudian keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker lemon ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Jerawat

2. Kulit Jeruk

Setelah Anda mengkonsumsi jeruk, ada baiknya jika Anda tidak membuang bagian kulitnya karena ternyata kulit jeruk memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit badan Anda. Nah, apakah Anda penasaran apa manfaat kulit jeruk untuk bekas jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Sama seperti manfaat jeruk nipis untuk jerawat, kulit jeruk juga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah dapat menghaluskan kulit yang tentu saja akan menghilangkan bekas jerawat dengan lebih cepat.
  • Kulit jeruk memiliki sifat eksfoliate, dimana kulit jeruk ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati di badan dengan cepat, sehingga bekas jerawat di badan pun akan semakin cepat tersamarkan dan juga kulit jeruk ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Cara Menggunakan Kulit Jeruk Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Pertama, keringkan terlebih kulit jeruk yang telah Anda miliki.
  • Kemudian haluskan kulit jeruk tersebut ke dalam blender dan tambahkan dengan sedikit air, sehingga hasilnya nanti kulit jeruk akan berupa pasta yang cocok untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, oleskan masker kulit jeruk ke area kulit di badan yang terdapat bekas jerawat, diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Gunkan masker kulit jeruk secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

3. Baking Soda

Mungkin sebagian dari Anda mengira bahwa baking soda atau soda kue hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat kue, namun tahukah Anda bahwa ternyata baking soda juga apat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di badan? Jika Anda penasaran, berikut ulasan manfaat soda kue untuk bekas jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan soda kue untuk Anda.

ads

Manfaat Baking Soda Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Sama seperti jeruk, baking soda juga mampu memicu produksi kolagen yang dapat menghaluskan kulit dan mengisi kekosongan pada kulit yang ditimbulkan oleh bekas jerawat.
  • Baking soda memiliki sifat eksfoliate yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat bekas jerawat menjadi menghilang dengan cepat.

Cara Menggunakan Baking Soda Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Siapkan baking soda dan air bersih, kemudian campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air bersih, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan pasta baking soda yang sudah Anda siapkan tersebut ke area kulit di badan Anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Diamkan hingga mengering selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera. Jangan biarkan baking soda menempel terlalu lama di kulit Anda jika anda tidak ingin mengalami bahaya baking soda untuk jerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka Anda dapat menggunakan baking soda ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

4. Aspirin

Aspirin memanglah suatu obat yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, nyeri, demam, dan lain-lain. Namun, disamping itu, ternyata aspirin juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit badan Anda. Nah, mengapa demikian? Berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Aspirin Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Aspirin merupakan salah satu jenis dari asam salisilat, sehingga aspirin ini memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat menghilangkan bekas jerawat maupun komedo yang terdapat di kulit wajah dan badan Anda dengan cepat. Maka tak heran jika aspirin dapat digunakan sebagai cara mencegah komedo di hidung dan wajah secara alami.
  • Aspirin memiliki kemampuan untuk membuka pori-pori kulit untuk mengeluarkan berbagai macam polutan sehingga bekas jerawat akan semakin tersamarkan. Selain itu, aspirin juga memiliki sifat untuk mencerahkan kulit.

Cara Menggunakan Aspirin Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Siapkan sekitar 7-8 aspirin, kemudian tumbuk aspirin-aspirin tersebut hingga halus dan berbentuk bubuk.
  • Campurkan bubuk aspirin tersebut dengan air bersih atau jika Anda ingin lebih manjur, maka campurkanlah dengan madu.
  • Oleskan masker aspirin ke area kulit di badan Anda yang memiliki bekas jerawat, diamkan selama 30 menit.
  • Cuci kulit Anda dengan bersih dan keringkan dengan segera. Ulangi langkah diatas cukup 2 kali saja dalam seminggu.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu yang Ada di Apotik

5. Putih Telur

Manfaat putih telur untuk menghilangkan jerawat dan juga bekas jerawat memang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, putih telur ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat baik yang terdapat pada wajah maupun yang terdapat pada badan. Nah, inilah manfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur.

Manfaat Putih Telur Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Putih telur merupakan salah satu sumber Vitamin B kompleks yang tinggi, dimana vitamin ini akan sangat bermanfaat untuk memicu regenerasi sel-sel baru untuk mengganti sel-sel kulit yang sudah rusak, sehingga bekas jerawat di badan dapat dengan cepat diatasi.
  • Putih telur juga memiliki sifat eksfoliate, dimana putih telur akan mengangkat dan menyingkirkan sel-sel kulit mati, beserta dapat mengecilkan pori sehingga akan sangat bermanfaat untuk kulit.

Cara Menggunakan Putih Telur Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Siapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan antara bagian putihnya dengan bagian kuning telurnya. Ambil bagian putihnya dan aduk hingga merata.
  • Oleskan bagian putih telur tersebut ke area badan Anda yang memiliki bekas jerawat, kemudian tunggu hingga mengering, sekitar 30 menit lamanya.
  • Cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan putih telur ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan jerawat dengan Masker Putih Telur

6. Minyak Zaitun

Teknik menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan minyak zaitun akan sangat ampuh. Bagi Anda yang penasaran alasan mengapa menggunakan minyak zaitun dapat bermanfaat, berikut ulasan manfaat minyak zaitun untuk bekas jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun untuk Anda.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Minyak zaitun memiliki banyak antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan juga sekaligus dapat memicu adanya regenerasi sel-sel kulit baru untuk menggantikan sel-sel kulit yang sudah rusak.
  • Minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin, diantaranya Vitamin A, B1, B2, C, D, dan E yang akan sangat bermanfaat untuk menyokong kesehatan kulit dan juga mempercepat proses penghilangan bekas jerawat di badan, serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan:

  • Pertama siapkan minyak zaitun, kemudian dengan bantuan kain bersih atau kapas, tepukkan kapas yang telah ditetesi minyak zaitun ke area kulit di badan Anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Setelah itu, tunggu hingga minyak zaitun mengering, dan Anda dapat mengulangi cara diatas beberapa kali dalam sehari.
  • Jangan lupa cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih setelah Anda selesai mengaplikasikan minyak zaitun ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

7. Melakukan Scrub

Selain dengan menggunakan bahan-bahan herbal seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda juga dapat menghilangkan bekas jerawat di badan dengan melakukan scrub. Apakah Anda penasaran mengapa melakukan scrub akan bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat di badan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Melakukan Scrub Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan

Pada dasarnya, melakukan scrub merupakan teknik yang digunakan untuk mengelupaskan kulit mati yang terdapat pada kulit di badan Anda, sehingga nantinya bekas jerawat akan langsung tersamarkan akibat pengelupasan kulit tersebut. Nah, Anda disarankan untuk memilih scrub dengan butiran yang lembut jika ingin melakukan teknik ini sehingga kulit Anda tidak akan mengalami luka dan mengalami iritasi. Atau untuk amannya, anda juga bisa menggunakan scrub alami untuk wajah berjerawat dan berminyak.

Selain itu, khasiat dari teknik scrub ini akan lebih baik jika Anda menggunakan scrub yang memiliki kandungan asam salisilat, karena asam salisilat ini akan mengangkat dan menyingkirkan sel-sel kulit mati dari badan Anda. Untuk menghindari terjadinya iritasi, maka Anda disarankan untuk melakukan scrubbing cukup sekali dalam seminggu. Jangan lupa aplikasikan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak saat Anda selesai melakukan scrubbing.

Baca Juga: Manfaat Gula Untuk Menghilangkan Jerawat

8. Melakukan Dermabrasi

Selain dengan metode scrubbing, Anda juga dapat melakukan teknik dermabrasi untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit Anda. Dermabrasi secara umum tekniknya hampir sama dengan scrubbing. Berikut ulasan lengkap mengenai teknik dermabrasi ini.

Manfaat Melakukan Dermabrasi Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik dermabrasi secara umum memiliki kemiripan dengan metode scrubbing, dimana pada teknik ini, tujuan utamanya adalah mengangkat lapisan kulit atas dengan menggunakan sikat khusus atau bisa juga dengan menggunakan laser.

Nah, jika lapisan paling atas pada kulit diangkat, maka akan terbentuk lapisan kulit baru yang tentu saja akan menyamarkan bekas jerawat di badan Anda dengan cepat, sehingga teknik ini sering digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Pada awalnya, mungkin kulit Anda akan memerah, namun seiring berjalannya waktu kondisi tersebut akan membaik. Untuk melakukan teknik dermabrasi ini, maka pastikan Anda ditangani oleh dokter yang memang ahli di bidang ini, untuk menghindarkan Anda dari efek samping metode ini. Pastikan bahwa setelah melakukan teknik ini, Anda melakukan cara merawat kulit berjerawat.

Baca Juga: Manfaat Dermatix Untuk bekas Jerawat

Sponsors Link

9. Menggunakan Chemical Peeling

Metode chemical peeling  memang biasa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di area badan Anda. Tujuan utama dari melakukan chemical peeling ini juga hampir-hampir mirip dengan metode dermabrasi dan juga scrubbing, namun sesuai namanya, metode ini menggunakan bahan kimia sebagai media utamanya. Ini ulasan lengkap mengenai manfaat chemical peeling untuk menyembuhkan bekas jerawat di badan.

Manfaat Chemical Peeling Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan

Seperti yang telah disebutkan diatas, chemical peeling merupakan suatu metode penghilangan bekas jerawat dengan menggunakan bahan kimia sebagai media utamanya. Bahan kimia biasanya akan diaplikasikan pada kulit di badan Anda yang memiliki bekas jerawat, dengan tujuan bahwa bahan kimia tersebut akan membuat lapisan kulit atas Anda menjadi mengelupas dan diganti dengan sel kulit yang baru. Hasilnya, bekas jerawat Anda pun menjadi semakin tersamarkan. Maka tak heran jika metode ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam. Pastikan bahwa anda ditangani oleh dokter yangmemang ahlinya jika Anda tidak ingin mengalami  bahaya chemical peeling untuk wajah jerawat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Obat Jerawat Yang Berbahaya

10. Menggunakan Laser

Metode laser merupakan cara menghilangkan bekas jerawat di badan yang paling cepat, dimana setelah mekakukan metode ini, bekas jerawat Anda akan tersamarkan dan bahkan menghilang dengan seketika. Namun, tentu saja Anda perlu untuk mengeluarkan dana lebih jika Anda ingin melakukan metode ini. Berikut ulasan mengapa laser dapat menghilangkan bekas jerawat di badan Anda.

Manfaat Metode Laser Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Badan

Metode laser ini bisa disebut sebagai cara tercepat untuk menghilangkan bekas jerawat di badan bukan tanpa alasan. Secara umum, metode ini menggunakan kombinasi dari daya vakum dan sinar laser untuk menghilangkan bekas jerawat di badan Anda. Daya vakum dari metode ini sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran di kulit dan pori-pori kulit, sedangkan sinar laser ditembakkan untuk memicu produksi kolagen pada kulit agar kolagen tersebut mampu menghaluskan kulit seperti sedia kala sebelum kulit badan Anda dihiasi oleh bekas jerawat. Maka tak heran bukan jika metode ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berlubang dengan seketika?

Secara umum juga ada 2 tipe metode laser yang dapat Anda coba, yaitu metode laser ablatif dan metode laser non-ablatif. Metode laser ablatif akan menembakkan laser secara langsung ke bekas jerawat, sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus. Sedangkan laser non ablatif dilakukan untuk memicu produksi kolagen di kulit tanpa mengganggu permukaan kulit, namun efeknya tidak akan secepat laser ablatif.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

Tips Untuk Mempercepat Penyembuhan Bekas Jerawat di Badan

Setelah Anda mengetahui berbagai macam metode penyembuhan bekas jerawat di badan dengan menggunakan bahan alami maupun dengan pengobatan medis, sekarang saatnya Anda untuk mengehaui berbagai tips sederhana yang simpel namun ternyata dapat mempercepat proses penghilangan bekas jerawat di badan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Menggunakan Pakaian Yang Nyaman. Menggunakan pakaian yang nyaman disini berarti bahwa pakaian yang Anda kenakan memiliki bahan dari kain yang memberikan kesan dingin saat Anda kenakan. Selain itu, pakaian yang Anda kenakan hendaknya mampu menyerap keringat, sehingga jerawat di badan tidak akan muncul lagi dan bekas jerawat di badan akan cepat menghilang. Hindari juga memakai pakaian yang ketat karena pakaian yang ketat merupakan penyebab jerawat di punggung.
  • Segera Mandi Setelah Berkeringat. Ini juga merupakan suatu langkah simpel yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses penghilangan jerawat di badan dan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di punggung. Segera setelah Anda berkeringat, maka lebih baik Anda membersihkan keringat tersebut dengan mandi agar segala keringat, debu, kotoran, dan sebum pada kulit tidak bercampur dan menyebabkan jerawat baru di badan.
  • Menggunakan Sabun Antibakteri. Menggunakan sabun antibakteri saat Anda mandi juga akan sangat membantu dalam usaha Anda untuk mengatasi jerawat dan bekasnya di badan. Sabun antibakteri ini akan membunuh bakteri-bakteri yang menempel di badan, sehingga bakteri tersebut tidak memiliki kesempatan untuk menjadi penyebab jerawat meradang di kulit Anda.
  • Minum Air Putih Yang Rutin. Mengkonsumsi air putih setidaknya 1,5 liter untuk wanita dan 2 liter untuk laki-laki dalam sehari tentu saja akan sangat membantu dalam mempercepat proses penghilangan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan air putih akan membantu kulit untuk meregenerasi sel dan juga mampu menjadi tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat. Selain itu, air putih juga akan sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit Anda secara alami dari dalam.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai macam cara menghilangkan bekas jerawat baik secara alami maupun secara medis beserta tips untuk mempercepat proses penghilangan bekas jerawat di badan. jangan lupa untuk menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 19th, August 2016 / 08:14 Oleh :
Kategori : Pengobatan