Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Secara Alami Dengan Cepat

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat memang sangat menyebalkan bagi semua orang di berbagai kalangan. Jerawat memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun dampak psikologis akibat jerawat ini tidak dapat disepelekan sama sekali. Jerawat sangat mengganggu penampilan seseorang sehingga membuat rasa percaya diri seseorang menjadi menurun. Demi menghilangkan jerawat secara seketika, banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan cara memencet jerawat yang justru akan menimbulkan efek akibat jerawat dipencet, yaitu timbulnya bekas jerawat yang justru akan sangat sulit dihilangkan di kemudian hari. Nah, dari semua bekas jerawat yang seringkali menghiasi kulit anda, tahukah anda bahwa bekas jerawat berwarna merah merupakan bekas jerawat yang paling sulit dihilangkan? Inilah ulasannnya.

Tentang Bekas Jerawat Berwarna Merah

Sama seperti bekas jerawat pada umumnya, bekas jerawat berwarna merah ini juga disebabkan karena kebiasan kita sehari-hari yang salah, seperti sering menyentuh wajah, memakan makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus yang justru menyebabkan peradangan jerawat, hingga terlalu sering terpapar sinar dan juga memencet jerawat ketika kulit anda dihiasi oleh jerawat. Nah, ketika jerawat yang menghiasi kulit anda meninggalkan bekas berwarna merah, hal itu merupakan pertanda bahwa telah terjadi peradangan hingga ke lapisan sel kulit yang paling dalam, sehingga untuk menghilangkan bekas jerawat tipe ini dapat dikatakan sebagai yang paling susah.

Setelah anda mengetahui bahwa bekas jerawat berwarna merah ini merupakan tipe jerawat yang sulit dihilangkan, namun perlu diketahui bahwa bukan tidak mungkin jerawat tipe ini untuk dihilangkan. Berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas jerawat merah dengan cepat,  yang sering digunakan :

1. Menggunakan Masker Lemon

Cara pertama yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna merah adalah dengan menggunakan lemon. Manfaat lemon untuk bekas jerawat memang sudah tidak bisa dibantah lagi keampuhannya.

Mengapa menggunakan masker lemon untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna merah?

  • Lemon memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-mikroba yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan jerawat berawarna merah.
  • Lemon memiliki sifat bleaching agent yang membuat lemon ini menjadi bahan herbal yang tepat untuk mencegah timbulnya efek kemerahan pada jerawat sekaligus mencegah peradangan jerawat yang menyebabkan jerawat berwarna merah.
  • Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, manfaat vitamin C untuk bekas jerawat sangat banyak sehingga membuat buah ini sangat cocok untuk menyehatkan kulit serta menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat di wajah.

Cara menggunakan masker lemon untuk bekas jerawat berwarna merah

  • Pertama, anda siapkan beberapa buah lemon, kemudian peras buah lemon tersebut dan campurkan ke dalam air yang bersih.
  • Kemudian, anda dapat mengoleskan campuran air dan perasan buah lemon tersebut ke area kulit anda yang tedapat bekas jerawat berwarna kemerahan dengan bantuan kapas atau cotton bud.
  • Alangkah lebih baik jika anda menggunakan masker lemon ini sebelum anda tidur malam, sehingga anda dapat membiarkan masker ini meresap semalaman. Paginya segera bilas kulit anda dengan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan campuran ini sehari sekali sebelum tidur secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Jerawat dan Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat 

ads

2. Menggunakan Masker Tomat

Cara ampuh kedua yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna merah adalah dengan menggunakan masker tomat. Manfaat masker tomat untuk wajah berjerawat juga telah terkenal akan keampuhannya untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat.

Mengapa menggunakan masker tomat untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna kemerahan?

  • Tomat mengandung berbagai macam nutrisi seperti potassium, zat besi, Vitamin A, C, K, E, B1, B2, B3, dan B6 yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan kulit anda sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk penyembuhan bekas jerawat berwarna kemerahan.
  • Tomat dapat memperbaiki kerusakan kulit hingga sel-sel kulit, sehingga tomat ini mampu mengurangi penampakan dari bekas jerawat dengan cepat.
  • Tomat dapat melembabkan kulit yang membuat tomat ini mampu melindungi kulit dari peradangan bakteri jerawat penyebab jerawat berwarna kemerahan dan juga sebagai cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat.

Cara menggunakan masker tomat untuk bekas jerawat berwarna kemerahan

  • Anda dapat menyiapkan 1 buah tomat, kemudian segera letakkan tomat tersebut ke dalam blender dan blender tomatnya hingga galus. Jika tidak memiliki blender, anda dapat menumbuk tomat hingga halus.
  • Kemudian oleskan tomat yang sudah halus tadi ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat berwarna merah. Setelah itu, diamkan masker tomat tersebut di kulit anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Setelah itu segera bilas kulit anda dengan air dingin yang bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat mengoleskan masker tomat ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Jerawat dengan Tomat dan Manfaat Tomat untuk Menghilangkan Jerawat

3. Dengan Meminum Green Tea

Cara ketiga yang juga sangat brmanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna kemerahan adalah dengan meminum green tea.

Mengapa menggunakan green tea untuk cara menghilangkan bekas jerawat merah?

  • Green tea memiliki khasiat 50% lebih efektif dalam menumpas jerawat beserta bekasnya jika dibandingkan dengan benzoil peroksida, sebuah bahan yang biasanya terdapat pada obat-obat antibiotik ataupun cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik.
  • Green tea memiliki sifat anti-bakteri, dimana hal ini membuat green tea akan sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat berwarna merah, yaitu P.acnes.
  • Green tea mengandung suatu antioksidan yang sangat kuat bernama epigallocatechin-3-gallate yang dapat mencegah terjadinya iritasi dan peradangan jerawat yang merupakan penyebab jerawat batu dan akan memunculkan bekas jerawat berwarna merah di kulit anda

Cara menggunakan green tea untuk bekas jeawat berwarna kemerahan

  • Anda dapat menyeduh green tea dengan air panas, seperti anda membuat teh pada umumnya. Jika sudah siap, maka anda dapat langsung meminumnya segera. Meminum green tea 4 kali sehari terbukti dapat mengontrol produksi sebum anda sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat di kemudian ahri.
  • Alternatif lainnya, anda juga dapat menyeduh green tea dengan air panas layaknya anda membuat teh biasa, namun kemudian green tea ini tidak anda minum, melainkan airnya anda basuhkan ke kulit anda yang terkena bekas jerawat berwarna kemerahan. Namun yang perlu diingat adalah bahwa anda perlu menunggu green tea ini agar suhunya menurun dan tidak panas untuk kulit anda.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan green tea ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Asam Jawa bagi Wajah Jerawat

4. Menggunakan Masker Pala

Cara keempat yang juga sangat ampuh untuk membasmi jerawat berwarna kemerahan adalah dengan menggunakan masker pala.

Mengapa menggunakan pala untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna merah?

  • Bubuk pala memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga akan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah peradangan jerawat dan juga mencegah bahaya infeksi jerawat yang akan menimbulkan bekas jerawat berwarna merah.
  • Bubuk pala memiliki sifat anti-bakteri yang secara ampuh dapat membunuh bakteri penyebab jerawat berwarna merah, yaitu P. acnes yang akan menimbulkan jerawat parah di kulit anda.
  • Bubuk puah pala juga memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit, yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat berwarna merah.

Cara menggunakan bubuk pala untuk bekas jerawat berwarna kemerahan

  • Pertama, anda perlu untuk menyiapkan bubuk pala, kemudian segera campurkan dengan sedikit air dan aduk hingga campuran merata, sehingga pala ini cukup layak untuk dijadikan masker untuk kulit anda.
  • Setelah itu, segera oleskan masker pala tersebut ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat berwarna merah. Nah, kemudian diamkan masker tersebut selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, segera bersihkan dan cuci kulit anda dengan menggunakan air yang bersih dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker ini sehari sekali secara rutin.
  • Jika anda memiliki jenis kulit yang tidak berminyak, menambahkan susu ke masker pala ini akan sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit sekaligus membuat beas jerawat kemerahan anda menjadi semakin tersamarkan.

Baca Juga: Manfaat Kunyit untuk Jerawat

5. Menggunakan Pembersih Wajah dan Lembut

Cara lain yang juga akan sangat ampuh untuk mempercepat proses penghilangan bekas jerawat berwarna merah adalah dengan menggunakan pembersih wajah nan lembut. Ketika anda mendapati bekas jerawat berwarna merah di kulit anda, terutama di bagian wajah anda, sebaiknya anda menghindari produk pembersih kulit wajah yang mengandung astringent dan alkohol karena produk pembersih tersebut akan membuat kulit anda menjadi kering dan rawan terkena iritasi.

Nah, kulit yang kering tentu saja akan berpotensi menimbulkan jerawat berwarna kemerahan lanjutan dikarenakan kulit anda menjadi rawan terkena iritasi, apalagi bagi anda yang memiliki kulit yang kering. Untuk itu, pastikan anda membeli pembersih wajah yang lembut dan bebas alkohol yang juga bermanfaat sebagai langkah cara mengatasi jerawat meradang.

 6. Menggunakan Obat Antibiotik

Cara lain yang juga akan sangat ampuh untuk mempercepat proses penghilangan bekas jerawat berwarna merah adalah dengan menggunakan obat antibiotik karena memang obat antibiotik ini akan memberikan banyak manfaat untuk jerawat anda, semisal manfaat obat jerawat cindala  untuk jerawat atau manfaat amoxicilin untuk jerawat. Nah, untuk itu, ada baiknya anda membeli produk antibiotik yang mengandung mengandung benzoil peroksida karena senyawa ini tidak terlalu mengiritasi kulit anda.

Selain itu produk yang mengandung sulfur dan juga asam salisilat sangat membantu dalam proses penyembuhan bekas jerawat berwarna merah, dan juga bahan-bahan tersebut bukanlah bahan yang kuat sehingga kecil kemungkinan kulit anda akan mengalami iritasi setelahnya.

 7. Menggunakan Obat Topikal dengan Bahan Tertentu

Selain menggunakan antibiotik, anda juga dapat menggunaka obat topikal yang diresepkan oleh dokter setelah anda berkonsultasi dengan mereka. Nah, berikut ini merupakan kandungan-kandungan dalam obat topikal yang diresepkan dokter yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna merah dengan cepat:

  • Retinoid. Kandungan retinoid pada obat topikal akan sangat bermanfaat untuk mengatasi efek kemerahan baik pada jerawat maupun bekas jerawat karena senyawa retinoid ini akan mencegah proses penyumbatan folikel di kulit.
  • Benzoil Peroksida. Benzoil peroksida akan sangat membantu sebagai cara menghindari jerawat serta bekasnya yang berwarna merah dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, yang terkadang akan menjadi sangat kebal terhadap antibiotik.
  • Asam Salisilat. Asam salisilat juga akan sangat membantu proses penyembuhan jerawat dan bekasnya yang berwarna merah dengan mengurangi jumlah sel-sel kulit yang dihasilkan serta dapat mengurangi resiko pori-pori tersumbat yang akan menyebabkan jerawat dan bekas jerawat berawarna kemerahan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine dan Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

Sponsors Link

8. Menggunakan Obat Tetes Mata

Salah satu cara yang masih belum banyak digunakan namun sangat ampuh untuk mengibati bekas jerawat berawarna merah adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Mungkin anda. Mungkin anda menganggap bahwa obat tetes mata ini hanya cocok digunakan untuk mengobati mata merah, namun ternyata obat tetes mata juga memang telah dikenal dapat menghilangkan jerawat batu serta bekasnya yang berwarna merah akibat iritasi dan peradangan.

Untuk menggunakan obat tetes mata sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat berwarna merah, maka hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menetesekan obat tetes mata ke cotton bud atau kapas, kemudian dengan lembut anda tempelkan cotton bud di area kulit anda yang terdapat bekas jerawat berwarna merah. Alangkah lebih baik jika pemakaian obat tetes mata ini juga anda kombinasikan dengan menempelkan es pada area kulit anda yang terkena bekas jerawat berwarna merah.

9. Menggunakan Teknologi Laser

Cara terkahir jika memang segala perawatan dan pengobatan yang anda lakukan kurang memberikan dampak adalah dengan menggunakan teknologi laser. Teknologi laser merupakan cara yang sangat ampuh sekaligus cepat untuk menghilangkan bekas jerawat. Teknologi laser ini akan bekerja sangat cepat sehingga hasilnya, bekas jerawat anda akan menghilang secara seketika. Hal tersebut karena teknologi laser akan memaksimalkan kinerja kolagen kulit yang akan mengenyalkan sekaligus menghaluskan kulit secara seketika, Namun, untuk menggunakan cara ini, tentu saja anda harus mengeluarkan biaya dengan jumlah yang tidak sedikit.

Baca Juga: Serum Wajah Jerawat dan Bahaya Chemical Peeling untuk Wajah Jerawat

Tips Agar Terhindar Dari Bekas Jerawat Berwarna Merah

Nah, setelah anda mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas jerawat merah, maka sekarang saatnya anda untuk mengetahui berbagai tips agar anda terhindar dari bekas jerawat berwarna merah karena ada pepatah bahwa mencegah daripada mengobati bukan? Nah, berikut ini merupakan tips-tips yang dapat anda gunakan sehingga anda terhindar dari bekas jerawat berwarna merah.

  • Jangan Menggosok Kulit Anda dengan Handuk. Ketika kondisi kulit anda dalam keadaan basah dan anda harus mengeringkannya, pastikan bahwa anda mengeringkannya dengan cara menepuk-nepuk handuk atau kain yang bersih pada area kulit anda yang terdapat jerawat. Mengeringkan kulit dengan cara menggosokkan handuk pada kulit wajah yang berjerawat akan menyebabkan bekas jerawat berwarna merah di kemudian hari.
  • Jangan Langsung Mandi setelah Berolahraga. Ketika anda habis berolahraga, maka anda tidak diperkenankan untuk langsung mandi karena hal ini akan membuat pori-pori anda tersumbat dan hal ini merupakan penyebab timbulnya jerawat di wajah hingga penyebab jerawat di punggung, serta bekas jerawat berwarna merah
  • Menggunakan Pelembab. Ada baiknya jika anda menggunakan pelembab setiap hari sehingga kulit anda akan selalu aman dari ancaman iritasi kulit dari debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan juga bakteri yang akan membuat jerawat serta bekasnya yang berwarna merah muncul di kulit anda.
  • Bersabar Ketika Melakukan Pengobatan Jerawat. Ini merupakan salah satu hal yang simpel namun terkadang sulit dilakukan oleh kita. Kadang kita merasa bahwa pengobatan jerawat yang kita lakukan tidak menemui hasil yang maksimal dan kita menjai gemas dengan jerawat dan akhirnya, kita menyentuh jerawat tersebut yang justru akan menimbulkan bekas jerawat berwara merah di kemudian hari. Ketika kita melakukan pengobatan terhadap jerawat, maka hasilnya tentu saja tidak akan langsung terlihat. Perlu waktu setidaknya empat hingga delapan minggu sehingga anda akan merasakan hasilnya. Oleh karena itu, bersabarlah terhadap berbagai pengobatan terhadap jerawat yang sedang anda usahakan.
  • Cuci Wajah Dua Kali Sehari. Salah satu tips yang simpel namun apuh dalam menghindarkan anda dari bekas jerawat berawarna merah adalah dengan mencuci wajah anda dua kali sehari. Selain itu, anda juga wajib mencuci wajah anda sehabis beraktivitas oudoor atau setelah berolahraga sehingga faktor yang dapat menyebabkan peradangan jerawat seperi debu, kotoran, dan juga bakteri tak dapat menyerang kulit anda. Untuk itu, aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala sesuatu mengenai apa yang perlu anda lakukan untuk mengobati maupun mencegah datangnya bekas jerawat berwarna merah di kulit anda. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 07th, June 2016 / 19:56 Oleh :
Kategori : Pengobatan