Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Tradisional Paling Ampuh

Advertisement

Jerawat merupakan masalah kulit karena faktor produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada wajah. Ditambah juga dengan debu yang menempel pada wajah. Akibatnya munculah jerawat yang meradang yang menganggu penampilan anda. Fakta yang nyata menunjukkan bahwa menghilangkan jerawat lebih mudah ketimbang menghilangkan bekas jerawatnya. Untuk pengepesan jerawat membutuhkan waktu selama lebih kurang satu minggu. Sedangkan untuk menghilangkan bekas jerawat diperlukan waktu hingga 6 bulan. Ini tergantung dari seberapa dalam bekas jerawat mengenai dasar kulit. Jika bekas jerawat terlalu hitam maka untuk menyamarkan nodanya memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada umumnya kulit dapat melakukan regenerasi sendiri selama 28 hari sekali. Namun untuk menghilangkan bekas jerawat agar cepat hilang dan tidak membutuhkan waktu yang alam diperlukan masker – masker alami yang dapat membantu. Banyak bahan – bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk menghilangkan bekas jerawat secara tradisional. Dan yang paling aman adalah bahan alami karena tidak memiliki efek samping selama digunakan dalam batas yang secukupnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Meradang , Cara Mengatasi Jerawat Bernanah)

Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat secara tradisional yaitu :

1. Kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki fungsi untuk menghilangkan bekas jerawat secara tradisional. Ini karena kulit jeruk mengandung vitamin c dan juga asam alpha hidroksi yang jika rutin digunakan dapat menyamarkan noda bekas jerawat pada kulit. Cara untuk membuat kulit jeruk ini sebagai masker adalah sebagai berikut : (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis)

  • Jemur dulu kulit jeruk sebelumnya sampai benar – benar kering.
  • Setelah kering di blender hingga menjadi bubuk.
  • Bubuk dari kulit jeruk ini dapat diambil setengah sendok teh kemudian letakkan pada piring dan tambahkan air.
  • Aduk hingga menyerupai pasta baru kemudian dioleskan pada wajah.
  • Diamkan selama lebih kurang 15 menit.
  • Baru kemudian dibilas dengan menggunakan air yang bersih.

Pemakaian masker untuk kulit jeruk ini dapat dilakukan sendiri dirumah dan pakai sebanyak satu kali sehari pada malam hari saat menjelang berangkat tidur.

2. Madu

Cairan alami yang beraswal dari lebah ini megandung banyak manfaat bagi kulit. Terutama antioksidan yang berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Cara untuk menjadikan madu sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami cukup mudah. Tinggal oleskan madu asli ke bekas jerawat kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah mengering baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

ads

3. Es batu

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya secara alami adalah dengan menggunakan es batu. Cara membuat es batu cukup dengan memasukkan air ke dalam kulkas dan tunggu hingga membeku baru kemudian bisa untuk digunakan. Langkah penggunaan es batu untuk wajah adalah :

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah yang biasa anda gunakan.
  • Buka pori – pori wajah untuk memudahkan penyerapan dari manfaat es batu dengan uap air panas.
  • Bungkus es batu dengan kain kemudian tempelkan es batu pada wajah.

Setelah melakukannya secara merata pasa seluruh wajah selama 10 menit baru kemudian hentikan pemakaiannya. ( Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu)

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki zat yang dapat menunda terjadinya melanin pada kulit. Gel dari lidah buaya juga bermanfaat untuk memunculkan sel – sel baru sehingga dapat menyamarkan bekas jerawat jika digunakan secara teratur. Berikut ini cara untuk mendapatkan gel dari lidah buaya adalah :

  • Ambil tanaman lidah buaya yang segar. Kemudian tunggu hingga getahnya mengalir keluar. Getah lidah buaya berwarna kuning pekat.
  • Setelah itu kupas kulit dari lidah buaya dan bilas dengan air yang bersih.
  • Setelah kulit dikupas maka akan tampak gel dari lidah buaya yang dapat digunakan langsung dan dioleskan pada bagian bekas jerawat.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air yang bersih.

Penggunaan gel lidah buaya ini dapat digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel terkait :

5. Alpukat

Buah lonjong berwarna hijau ini banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit terutama untuk melembabkan kulit secara alami. Namun disamping itu alpukat juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Langkah – langkah untuk membuat masker jerawat :

  • Pilih buah alpukat yang matang kemudian belah dua.
  • Keluarkan isi dari alpukat bisa digunakan sendok untuk mengeluarkannya. Kemudian blender hingga halus bisa juga dengan cara manual untuk menghaluskannya yaitu dengan tangan.
  • Oleskan masker belnder tadi ke wajah selama 15 menit.
  • Biarkan hingga kering baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Pemakaian masker berbahan dasar alpukat ini dapat digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. (Baca juga : Tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat)

6. Pepaya

Pepaya juga banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya adalah dengan mengambil langsung isi dari buah pepaya kemudian di hancurkan hingga menyerupai pasta. Kemudian sesudah itu tempelkan pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit dan baru sesudah 15 menit di bilas dengan menggunakan air yang bersih. Salah satu kelebihan masker pepaya ini adalah cocok untuk semua jenis kulit termasuk juga cocok untuk jenis kulit sensitif. Pemakaian untuk masker pepaya ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu secara teratur.

Artikel terkait :

7. Putih telur dan madu

Putih telur bermanfaat sebagai zat perekat yang mengencangkan kulit sudah teruji begitu juga dengan kemampuan masker putih telur untuk memudarkan beaks jerawat pda kulit secara alami. Cara untuk menggunakan masker putih telur ini adalah dengan memisahkan putih telur dari kuning telur kemudian tuangkan putih telur ke dalam piring. Tambahkan madu dan aduk hingga merata. Baru kemudian oleskan pada wajah anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah semua kulit terasa mengencang baru di bilas dengan air hingga bersih.

Artikel terkait :

Ads

8. Mentimun

Mentimun tumbuh diladang dan memiliki banyak manfaat terutama dijadikan sebagai lalapan. Ini karena mentimun mengandung air yang banyak di dalam buahnya. Selain itu mentimun juga banyak dijadikan masker dan bahan dasar kosmetik karena manfaatnya yang baik untuk kecantikan kulit. Adapun cara untuk membuat masker mentimun adalah :

  • Pilih mentimun yang masih segar. Kemudian kupas kulitnya
  • Blender isi dari mentimun sampai benar halus.
  • Sebelum dioleskan pada wajah bersihkan wajah terlebih dahulu baru kemudian uapkan dengan air panas yang bertujuan untuk membuka pori – pori agar masker terserap dengan sempurna.
  • Oleskan masker mentimun tersebut dan tunggu hingga 15 menit.
  • Setelah lewat 15 menit bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Untuk tahap terakhir gunakan air dingin yang bertujuan untuk menutup pori – pori wajah yang tadi sebelumnya sudah dibuka menggunakan uap air panas.

Artikel terkait :

9. Bawang putih

Bahan dapur yang banyak digunakan untuk melezatkan makanan ini juga memiliki fungsi yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah menyamarkan bekas jerawt pada wajah. Caranya adalah ambil satu siung bawang putih kemudian kupas kulitnya dan cuci dengan air yang bersih. Bawang putih tadi dihaluskan dan ditempelkan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawatnya. Sesduah itu diamkan selama 15 menit. baru cuci wajah anda seperti biasa menggunakan pembersih wajah yang biasa digunakan.

Artikel terkait :

Itulah beberapa ulasan mengenai bahan – bahan alami yang banyak digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat yang kadang lebih susah untuk dihilangkan dibanding dengan menghilangkan jerawat itu sendiri. Itu sebabnya anda tidak dianjurkan untuk memecahkan jerawat saat meradang karena justru akan mempersulit menghilangkan bekas jerawatnya dari kulit wajah anda sendiri. Selama mencoba bahan – bahan alami diatas.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 19th, October 2016 / 23:29 Oleh :
Kategori : Herbal