Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Advertisement

Masalah jerawat memang merupakan masalah yang memang tidak menyakitkan namun memiliki dampak yang cukup besar bagi keseluruhan penampilan seseorang. Seringkali dikarenakan terlalu gemas dengan jerawat yang muncul di kulit wajah, seseorang memencet jerawat tersebut. Namun, tahukah anda bahwa memencet jerawat dapat menyebabkan bopeng bekas jerawat? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai bopeng bekas jerawat.

Apakah yang Dimaksud Dengan Bopeng?

Seringkali kita mendengar kata-kata bopeng bekas jerawat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah anda apakah yang sebenarnya dimaksud dengan bopeng? Bopeng merupakan suatu lekukan atau lebih tepatnya cekungan di kulit wajah sebagai akibat dari pecahnya jerawat sebelum masanya akibat penderita jerawat seringkali memencet jerawat atau menggaruknya. Bopeng bekas jerawat memang akan sangat sulit dihilangkan dan jika bisa dihilangkan pun, akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Apa Penyebab Bopeng Bekas Jerawat?

Pada dasarnya, bopeng bekas jerawat dapat muncul di permukaan kulit kita dikarenakan karena kesalahan kita sendiri dalam melakukan perawatana wajah pada saat kita mendapati jerawar muncul di kulit wajah kita. Nah, nerikut ini beberapa penyebab timbulnya bopeng bekas jerawat di permukaan kulit wajah anda.

  • Memencet Jerawat

Penyebab ini merupakan penyebab yang paling sering menjadi sumber terbentuknya bopeng bekas jerawat. Ketika kita memencet jerawat dengan tangan kita yang penuh bakteri dan kotoran, maka hal ini akan membuat jerawat pecah dan meninggalkan bekas luka yang berupa cekungan pada kulit wajah.

Baca Juga: Efek Akibat Jerawat Dipencet dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet

  • Penumpukan Sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati juga merupakan penyebab timbulnya bopeng bekas jerawat. Ketika kita malas membersihkan wajah, maka akan timbul flek hitam yang akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

  • Bekas Luka

Penyebab ketiga yang juga secara umum terjadi dan dapat menimbulkan bopeng bekas jerawat di wajah anda adalah karena bekas luka. Jadi, ketika anda digigit serangga, maka kulit anda akan mengalami luka dan seringkali luka tersebut akan terasa sangat gatal. Ketika kita menggaruk rasa gatal tersebut, maka akan timbul bekas luka yang akan menimbulkan bopeng bekas jerawat. (Baca Juga: Penyebab Jerawat Gatal dan Cara Mengatasinya)

Namun, jangan khawatir terlebih dahulu karena dalam artikel ini, akan diuraikan bahwa ternyata bahan alami yang mudah didapat di sekeliling kita akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat. Apakah bahan-bahan alami tersebut? Berikut ulasannya.

1. Dengan Menggunakan Tomat

Cara alami pertama yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di kulit wajah anda adalah dengan menggunakan tomat. Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat memang takperlu diragukan lagi.

Mengapa tomat dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Tomat memiliki kandungan asam salisilat yang telah dipercaya sangat ampuh dalam memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan juga memicu pertumbuhan dan regenerasi sel-sel kulit baru.
  • Tomat dapat menyeimbangkan kadar keasaman kulit wajah anda yang sangat bermanfaat bagi kulit wajah anda agar terhindar dari iritasi akibat bakteri penyebab jerawat maupun kotoran, debu, dan juga polusi yang menempel.
  • Tomat mengandung berbagai macam nutrisi semacam potassium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit anda secara umum dan juga dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat.

Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Siapkan satu buah tomat, kemudian anda iris secara tipis-tipis.
  • Kemudian anda tempelkan irisan dari tomat tersebut ke area kulit wajah anda yang terdapat bopeng bekas jerawat. Diamkan selama sekitar 20 menit.
  • Setelah 20 menit, kemudian bilas wajah anda dengan menggunakan air dingin, kemudian keringkan secara seketika.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan tomat ini secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Menghilangkan Jerawat dan Cara Mengatasi Jerawat dengan Tomat

 2. Dengan Menggunakan Mentimun

Cara alami kedua yang ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat adalah dengan menggunakan mentimun. Manfaat timun bagi jerawat juga telah dikenal di kalangan masyarakat luas.

Mengapa mentimun dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Mentimun mengandung nutrisi yang bernama silika. Silika ini sangat bermanfaat untuk menyegarkan kulit wajah anda dan juga dapat menyamarkan bopeng bekas jerawat secara cepat.
  • Mentimun memiliki sifat pengencang kulit yang sangat bermanfaat untuk membersihkan segala kotoran yang menempel di kulit, mengecilkan pori-pori, dan juga dapat memicu pengelupasan sel kulit mati.
  • Mentimun juga memiliki zat astringent yang sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat dan juga mengurangi penampakan dari bopeng bekas jerawat di kulit anda.

Cara menggunakan mentimun untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan satu buah mentimun utuh, kemudian anda iris mentimun tersebut.
  • Kemudian, tempelkan irisan mentimun ke area kulit wajah anda yang terdapat bopeng bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Kemudian, segera cuci wajah anda dengan menggunakan air hangat, baru kemudian disusul dengan menggunakan air dingin.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan mentimun ini secara rutin.

Baca Juga: Langkah Cara Membuat Masker Timun dengan Mudah

ads

 3. Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Cara alami ketiga yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat Jeruk nipis untuk jerawat juga telah dikenal secara luas .

Mengapa jeruk nipis dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Jeruk nipis mengandung asam sitrat memiliki peranan sebagai exfoliant, dimana asam sitrat ini akan memicu pengelupasan sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Selain itu, asam sitrat ini juga berfungsi untuk mencegah infeksi dan iritasi penyebab jerawat.
  • Jeruk nipis memiliki sifat pencerah kulit, dimana hal ini akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat di kulit wajah anda.
  • Jeruk nipis mengandung zat astringen yang sangat bermanfaat untuk memperkecil pori-pori dan juga mengusir kotoran dan minyak berlebih yang menempel pada kulit, serta dapat menyamarkan bekas jerawat.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis, kemudian perasan jeruk nipis tersebut anda campur dengan sedikit air.
  • Setelah itu, dengan bantuan cotton bud, oleskan campuran jeruk nipis tersebut ke area kulit wajah anda yang terdapat bopeng bekas jerawat.
  • Lebih baik, anda biarkan campuran ini meresap di kulit anda semalaman.
  • Pada pagi harinya, bilas wajah anda dengan menggunakan air dingin.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lemon dan Madu

4. Dengan menggunakan Lidah Buaya

Cara alami keempat yang juga sangat amuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga sudah tidak diragukan lagi keampuhannya.

Mengapa lidah buaya dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Lidah buaya mengandung suatu hormon yang dinamakan giberelin dan polisakarida yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga dapat memicu pertumbuhan sel kulit baru sehingga bopeng bekas jerawat akan semakin tersamarkan.
  • Lidah buaya juga memiliki kandungan zat astringen yang sangat bermanfaat untuk memperkecil pori-pori, mengusir kotoran dan minyak berlebih dari kulit wajah, dan juga menyamarkan bopeng bekas jerawat.
  • Lidah buaya dapat juga membersihkan darah kotor yang dapat menyebabkan jerawat dan juga menstimulasi pertumbuhan sel yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai luka, termasuk bopeng bekas jerawat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Ambil gel dari lidah buaya dengan cara memotong bagian ujung lidah buaya.
  • Setelah itu, gunakan gel yang terkandung di dalam lidah buaya tersebut untuk kulit wajah anda dengan cara mengoleskannya secara lembut dan tipis-tipis.
  • Baiknya, anda membiarkan gel lidah buaya ini meresap ke kulit wajah anda semalaman. Pada pagi harinya, bilas wajah anda dengan menggunakan air biasa .
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan lidah buaya ini secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

 5. Dengan Menggunakan Madu

Cara alami kelima yang juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat adalah dengan menggunakan madu. Cara menghilangkan jerawat dengan madu memang telah jamak dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat yang cukup ampuh.

Mengapa madu dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Madu memiliki kandungan antibakteri sekaligus juga sebagai probiotik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika sehingga menghindari terjadinya bopeng bekas jerawat.
  • Madu memiliki sifat sebagai perekat yang dapat mengikat kotoran membandel yang selama ini terperangkap di kulit wajah anda sehingga menghindari timnulnya bopeng bekas jerawat.
  • Madu memiliki sifat anti-inflamasi juga yang dapat menghindari terjandinya bopeng bekas jerawat di kulit wajah anda.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan madu murni. Kemudian dengan menggunakan bantuan cotton bud, oleskan madu murini tersebut ke area kulit wajah anda yang terkena bopeng bekas jerawat.
  • Kemudian, diamkan madu murni tersebut selama sekitar 30 menit. Setelah 30 menit, bilas kulit wajah anda dengan menggunakan air hangat dahulu, kemudian disusul dengan menggunakan air dingin.
  • Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya anda gunakan madu ini secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Madu dan Manfaat Masker Madu untuk Jerawat dan Cara Membuatnya

6. Dengan Menggunakan Jagung

Cara alami keenam yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan jagung.

Mengapa jagung dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Jagung memiliki kandungan asam salisilat yang akan sangat bermanfaat untuk memicu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan memicu pertumbuhan regenerasi sel-sel kulit baru.
  • Jagung memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang membuat jaging dapat berperan sebagai bleaching agent atau pemutih kulit wajah anda sekaligus dapat menyamarkan bopeng bekas jerawat di kulit wajah secara cepat. (Baca Juga: Manfaat Vitamin C untuk Bekas Jerawat)
  • Jagung memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi pula. Hal ini menyebabkan jagung sangat bermanfaat untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit anda dan menyamarkan bopeng bekas jerawat pual.

Cara menggunakan jagung untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Pertama-tama, anda siapkan jagung yang masih cukup muda, kemudiankelupas kulitnya dan cuci hingga bersih.
  • Kemudian, parut jagung tersebut hingga lembut.Yang patut dicatat bahwa bonggolnya tidak digunakan dalam proses ini.
  • Setelah halus, oleskan jagung ini pada area kulit wajah anda yang terdapat bopeng bekas jerawat. Tunggu hingga kering.
  • Setelah itu, segera bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker jagung ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

7. Dengan Menggunakan Nanas

Cara alami ketujuh yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan nanas.

Mengapa nanas dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Nanas mengandung suatu senyawa yang dinamakan bromelain. Bromelain ini akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan bekas luka, termasuk bopeng bekas jerawat.
  • Kandungan bromelain dalam nanas juga dapat menstimulasi produksi kolagen yang sangat bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit wajah dan juga dapat mempercepat proses penyamaran bopeng bekas jerawat anda.
  • Nanas memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat sebagai agen pencerah kulit wajah, yang membuat bhopeng bekas jerawat anda menjadi semakin cepat tersamarkan.

Cara menggunakan nanas untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Pertama, anda siapkan satu buah nanas, kemudian dengan menggunakan blender, haluskan buah nanas tersebut sehingga nanas tersebut menjadi cukup layak untuk dijadikan masker.
  • Oleskan nanas yang telah halus tadi ke bagian kulit anda yang terdapat bopeng bekas jerawat. Kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, segera bilas kulit wajah anda dengan menggunakan air bersih. (Baca Juga: Cara Mencuci Wajah yang Benar untuk Kulit Berjerawat)
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan nanas ini secara rutin sekali setiap hari.

Sponsors Link

8. Dengan Menggunakan Daun Sirih

Cara alami kedelapan yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan daun sirih.

Mengapa daun sirih dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Daun sirih kaya akan kandungan antioksidan dikarenakan adanya senyawa polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah adanya peradangan jerawat yang dapat menyebabkan bopeng bekas jerawat.
  • Kandungan Vitamin C dalam daun sirih yang cukup tinggi membuat daun ini memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah anda dan menyamarkan bopeng bekas jerawat anda.
  • Daun sirih mengandung zat astringent yang dapat mengusir kotoran dan minyak berlebih yang menempel di kulit wajah anda, sekaligus memicu pengelupasan sel-sel kulit mati yang dapat menyamarkan bopeng bekas jerawat anda.

Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

  • Pertama, anda perlu menyiapkan 3 helai daun sirih, kemudian tumbuh ketiga helai daun sirih tersebut hingga halus.
  • Kemudian, oleskan tumbukan daun sirih yang telah halus tersebut ke area kulit wajah anda yang terdapat bopeng bekas jerawat. Biarkan hingga daun sirihnya menegering.
  • Setelah mengering, kemudian bilas wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker daun sirih ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih untuk Jerawat Batu

Tips Untuk Mempercepat Penghilangan Bopeng Bekas Jerawat

Setelah anda mengetahui berbagai macam bahan alami yang sangat ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami, maka kali ini akan disampaikan berbagai tipd untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat.

  • Anda Harus Cukup Berolahraga.

Tips yang pertama untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat adalah dengan berolahraga secara rutin sehingga segala kotoran dan zat beracun yang hinggap di kulit wajah anda dapat keluar.

  • Konsumsi Air Putih yang Cukup

Tips kedua yang sangat sepele namun bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat adalah minum air dengan sesuai dengan anjuran. Alangkah lebih baik jika anda meminum air 8 gelas per hari karena cukup air akan membuat kulit semakin kenyal dan sehat.

  • Gunakan Masker Saat Bepergian

Tips ketiga yang sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan bopeng bekas jerawat adalah dengan menggunakan masker saat bepergian. Saat bepergian, kulit wajah kita akan semakin rentan untuk terkena polusi yang memicu peradangan jerawat sehingga penggunaan masker sangat diperlukan. Untuk bekas jerawat sendiri, adanya polusi dan paparan sinar matahari akan memunculkan flek hitam dan bekas jerawat berwarna hitam pada kulit wajah kita.

  • Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Tips keempat yang juga mungkin sangat sepele namun sangat berpengaruh kepada proses penghilangan bopeng bekas jerawat anda adalah makanan yang anda konsumsi, Pastikan anda tidak mengkonsumsi makanan yang berminyak dan juga pedas karena hal ini justru akan menimbulkan jerawat baru pada kulit wajah anda. Selain itu, pastikan anda juga menghindari junk food dan makanan instan yang kurang memenuhi kesehatan anda.

Baca Juga: Makanan Penghilang Jerawat dengan Cepat dan Makanan Penyebab Jerawat di Wajah Muncul Terus

  • Pastikan Anda Mendapatkan Cukup Istirahat

Tips ini juga merupakan tips yang sangat penting bagi anda. Pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup sehingga proses penghilangan bopeng bekas jerawat anda dapat berlangsung lebih cepat karena dengan istirahat, tubuh kita dapat meregenerasi sel-sel kulit kita dan menyamarkan bopeng bekas jerawat di kulit wajah.

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala sesuatu mengenai cara alami menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat. Pastikan bahwa anda memiliki gaya hidup yang sehat sehingga kulit wajah anda tidak akan dihiasi oleh jerawat di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 04:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan