Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Jerawat batu. Siapa yang tidak kenal dengan jerawat batu? Jerawat biasanya merupakan masalah nomor 1 pada remaja khususnya, karena sangat berhubungan dengan penampilan dari diri sendiri. Biasanya banyak orang yang memiliki jerawat di wajahnya merasakan tidak percaya diri dan minder ketika harus berinteraksi dengan dunia sosial. Jerawat sendiri biasanya mulai muncul dan timbul pada usia remaja, ketika hormone reproduksi sudah mulai terbentuk, yang dikenal dengan istilah pubertas.

Sponsors Link

Jerawat dapat muncul pada siapa saja yang telah melewati usia remaja. Memang tidak semua akan mengalami masa – masa jerawat, ada juga yang aman – aman saja dari serangan jerawat. Jerawat biasanya hanyalah berupa bintik – bintik atau bentol – bentol pada wajah dan terkadang muncul juga pada beberapa bagian yang berdekatan dengan wajah, seperti telinga dan leher.

Apa itu jerawat batu?

jerawat batu di wajahSalah satu jenis jerawat yang paling ditakuti dan sangat mengganggu bagi orang – orang adalah jenis jerawat batu. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang sudah memiliki tingkat keparahan yang jauh lebih tinggi daripada jerawat biasa. Jerawat batu pada umumnya memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  1. Merupakan sekumpulan jerawat yang muncul pada bagian – bagian wajah
  2. Biasanya akan menimbulkan warna kemerahan pada bagian yang terserang jerawat batu
  3. Sulit untuk diatasi, berbeda dengan jerawat yang muncul secara terpisah – pisah
  4. Biasanya tidak hanya muncul pada satu lokasi atau area wajah saja, seperti pipi kiri dan kanan, dagu dan dahi,
  5. Dan yang paling parah adalah jerawat batu yang muncul hampir di seluruh permukaan wajah

Apa efek buruk dari jerawat batu?

Jerawat batu sendiri tentunya memiliki beberapa efek buruk. Efek buruk yang ditimbulkan dari jerawat batu ini lebih mengarah kepada efek sosial, seperti :

  1. Merasa kurang percaya diri
  2. Merasa inferior
  3. Malu dan sulit bergaul dengan teman sebaya
  4. Dijauhi dan menjauh dari lingkungan sosialnya

Beberapa efek diatas muncul karena jerawat batu lebih sering menimbulkan rasa tidak percaya diri pada penderitanya,

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu sendiri memiliki banyak sekali penyebab berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorag mengalami jerawat batu :

ads
  1. Faktor keturunan. Salah satu hal yang paling memoengaruhi seseorang dalam menderita gejala jerawat batu ini adalah faktor gen atau keturunan. Seseorang memang terkadang sudah memiliki bakat jerawat batu sejak lahir karena diturunkan oleh kedua orang tuanya.
  2. Penggunaan obat wajah yang tidak cocok. Tidak semua cream dan sabun wajah cocok bagi kulit anda. beberapa cream dan sabun wajah mungkin saja akan menjadi pemicu terjadinya jerawat batu pada diri anda.
  3. Kebersihan wajah yang tidak terjaga. Jerawat merupakan salah satu indikator kebersihan wajah. Pada dasarnya jerawat dapat muncul dan mengganas karena adanya kuman yang berekmbang pada bagian wajah dan tidak bersih ketika kita mencuci muka.
  4. Faktor psikosomatis. Jerawat juga disinyalir dapat muncul karena adanya gejala – gejala psikosomatis yang dialami oleh tubuh. Gejala psikosomatis sendiri merupakan suatu gejala – gejala fisik yang disebabkan oleh kondisi psikologis seseorang, seperti :
  1. Pertumbuhan sel kulit yang tidak normal. Jerawat juga dapat muncul karena adanya pertumbuhan sel kulit yang tidak normal, sehingga memnbuat munculnya jerawat, terutama pada bagian wajah. Dan pertmbuhan yang tidak normal ini apabila semakin parah akan menimbulkan jerawat batu.
  2. Kulit sensitive. Beberapa tipe kulit manusia memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda – beda. Biasanya jenis kulit wajah yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap polutan dan allergen akan mudah mengalami peradangan, dan lebih mudah mengalami gejala – gejala jerawat batu.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat?

Pada dasarnya, untuk menghilangkan jerawat batu secara cepat hasilnya tergantung dari jenis kulit wajah masing – masing penderitanya. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitive dan memiliki garis keturunan jerawat batu, mungkin akan lebih sulit menghilangkannya, dan butuh usaha ekstra. Berikut ini beberapa bahan alamiyang dapat menghilankan jerawat batu :

  1. Tanaman mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan jenis tanaman obat yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah dapat menhilangkan jerawat. Hal ini disebabkan karena buah yang berwarna merah ini memiliki efek anti peradangan dan anti iritasi. Mahkota dewa merupakan salah satu herbal untuk perawatan wajah berjerawat dan berminyak. Berikut ini cara mengolah mahkota dewa menjadi obat jerawat :

  • Ambillah beberapa buah mahkota dewa
  • Haluskan buah mahkota dewa
  • Tempelkan hasil ramuan tersebut pada bagian yang mengalami jerawat.
  1. Memanfaatkan daun sidaguri.

Anda juga dapat mencoba menggunakan daun sidaguri untuk menhilangkan jerawat batu yang sangat mengganggu. Gunakanlah uap hasil rebusan daun sidaguri untuk memaksimalkan pengobatan terhadap jerawt batu anda. berikut in ilangkah – langkahnya :

  • Rebuslah daun sidaguri bersamaan dengan buah delima
  • Tunggu hingga mendidih
  • Setelah mendidih, dekatkan wajah anda dengan uap hasil rebusan daun sidaguri dengan mahkota dewa tersebut.
  • Lakukan ini secara rutin, agar efeknya bisa lebih terasa.
  1. Buah mengkudu

Buah yang rasanya pahit dan tidak enak ini ternya memang memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh kita. Buah ini juga dapat menghilangkan jerawat batu pada wajah anda. berikut ini adalah langkah – langkah dalam memanfaatkan buah mengkudu untuk menghilangkan jerawat batu :

  • Ambil buah mengkudi yang sudah matang, cuci bersih
  • Blenderlah buah mengkudu tersebut dan tambahkan gula atau pemanis
  • Saringlah hasil jus mengkudu tersebut
  • Rebus hasil saringan dari jus buah mengkudu, hingga mendidih
  • Minumlah raman ini setiap hari
  1. Bawang putih

Bawang putih juga memiliki manfaat yang sangat baik. Selain baik bagi kesehtan dan daya tahan tubuh, bawang putih juga mampu menyembuhkan jerawat batu yang anda alami. Bagaimana cara mengolah bawang putih agar menjadi obat jerawat batu? Begini langkah – langkahnya :

  • Ambil bawang putih secukupnya
  • Potong – potong bawang putih, lalu dutmbk hingga halus
  • Oleskan hasil tumbukan dari bawang putih ke bagian wajah yang mulai dirasakan akan muncul jerawat

Hasil tumbukan dari bawang putih ini dapat membantu mengeringkan jerwat sebelum terjadi peradangan.

Sponsors Link

  1. Kentang

Salah satu jenis umbi – umbian yang sangat berguna bagi tubuh, karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan kentang sebagai obat penghilang jerawat secara alami. Berikut ini langkah – langakah yang dapat anda lakukan dalam menyembuhkan jerawat batu dengan menggunakan kentang :

  • Cuci bersih kentang
  • Parut atau blender lah kentang
  • Tempelkan hasil parutan dan blender kentang pada bagian wajah yang menagalami jerawat
  • Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat
  1. Menggunakan masker alami

Anda juga dapat mengobati jerawat batu dan melakukan tindakan pencegahan jerawat dengan menggunakan metode masker alamai. Masker alami ini akan sangat membantu kulit anda dalam menyerap nutrisi bagi kulit wajah dan dapat mencegah munculnya jerawat. Berikut ini beberapa jenis bahan yang dapat anda gunakan dalam membuat masker alami :

  1. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan penting terutama bagi kesehatan kulit. Anda wajib mengkonsumsi buah – dan sayuran untuk membantu mempercepat penyembuhan dari jerawat yang anda alami, dan juga membantu mencegah munculnya jerawat. Berikut ini beberapa jenis buah dan sayur yang dapat mencegah jerawat :

  • Tomat
  • Wortel
  • Apel
  • Jeruk
  • Sayur – sayuran berdaun hijau

Itulah beberapa cara alami dalam menyembuhkan dan menghilangkan jerawat yang anda miliki. Selain beberapa cara alami di atas, anda dapat memeriksakan kondisi jerawat yang anda alami ke dokter kulit langganan anda, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut apabila cara – cara di atas tidak mempan. Biasanya dokter akan melakukan beberapa prosedur seperti di bawah ini.

  • Mikrodermabrasi
  • Teknologi laser
  • Facial wajah
  • Atau peeling

Ingat!

Wajib anda ingat, jangan pernah sekali – sekali mencoba membeli produk penhilang jerawat yang ada di pasaran bebas. Hal ini disebabkan karena tidak semua produk penghilang jerawat cocok dengan kondisi kulit anda. alih – alih menghilangkan jerawat, malahan wajah anda akan mengalami peradangan yang jauh lebih dari sebelumnya.. jadi, berhati – hatilah dalam memilih obat, jangan termakan iklan, bilaperlu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk penghilang jerawat.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu secara alami. Untuk mencegah terjadinya jerawat batu snediri, anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini :

  1. Hindari makan makanan yang berminyak
  2. Selalu bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan karakteristik kulit wajah anda
  3. Bersihkan wajah setelah menggunakan make up
  4. Selalu gunakan produk perawatan wajah yang aman dan tidak menimbulkan peradangan pada kulit wajah.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Menghilangkan Jerawat Lainnya :

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 16th, April 2015 / 15:30 Oleh :
Kategori : Pengobatan