Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Jambu Biji Paling Ampuh

Advertisement

Pada masa remaja hampir semua orang pernah mengalami yang namanya masalah kulit yaitu jerawat. Munculnya jerawat di kulit wajah tentu sangat menganggu dan juga menurunkan rasa percaya diri. Tidak sedikit yang melakukan berbagai cara termasuk instan untuk dapat menghilangkan jerawat. Hanya saja tidak semua jerawat dapat dihilangkan dengan cara yang cepat. Ini karena kondisi seseorang berbeda – beda. Namun tahukah anda bahwa kemunculan jerawat ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini ulasan mengenai faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah : (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Ampas Teh)

1. Produksi minyak berlebih

Produksi minyak di wajah memang diperlukan untuk senantiasa menjaga kelembapan dari kulit secara alami. Namun jika sudah berlebihan maka bisa mengakibatkan munculnya jerawat. Minyak yang ada di wajah dan tercampur dengan debu yang ada di udara mempercepat munculnya jerawat. Ditambah lagi jarang mencuci wajah bisa semakin meperparah keadaan jerawat itu sendiri. (Baca juga : Pelembap dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak)

2. Stres

Faktor penyebab munculnya jerawat yang kedua adalah stres. Dalam jangka pendek stres yang tidak dapat diatasi dengan baik menimbulkan jerawat. Jika dibiarkan berlarut – larut akan semakin memperbanyak munculnya jerawat. Jadi untuk mencegah timbulnya jerawat usahakan untuk selalu merileskan pikiran anda. (Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon dan Cara Mengatasinya , Penyebab Jerawat Gatal dan Cara Mengatasinya)

3. Bakteri

Jerawat disebabkan juga oleh bakteri yang bernama acne. Bakteri ini menimbulkan jerawat pada wajah dengan nanah dan rasa sakit yang sangat saat jerawat tersentuh tangan. Untuk mengatasi jerawat karena acne ini memerlukan produk yang memang berfungsi untuk membunuh bakteri ini. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Islam)

4. Kosmetik

Salah pilih produk kecantikan seperti kosmetik bisa membuat kulit anda yang mulus tiba – tiba tumbuh jerawat. Kosmetik memang berfungsi untuk menambah riasan pada wajah agar terlihat lebih menarik. Namun tidak semua kosmetik cocok untuk semua jenis kulit. Yang perlu anda perhatikan saat memilih kosmetik adalah kecocokan jenis kulit dengan komposis dari kosmetik tersebut.

Artikel terkait :

ads

Karena itulah beberapa penyebab jerawat diatas perlu dihindarkan agar kulit anda bebas dari jerawat. Namun jika jerawat sudah muncul langkah yang sebaiknya anda lakukan adalah mengobati jerawat tersebut. Banyak cream ataupun obat dari bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan jerawat. Menggunakan cream ataupun obat dari bahan alami tergantung dari pribadi masing – masing. Namun kali ini kita akan membahas pengobatan jerawat dengan menggunakan bahan alami yaitu daun jambu biji.

Daun jambu biji memiliki warna hijau dengan garis tulang yang melengkung. Daun jambu biji ini ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Ini karena daun jambu biji mengandung senyawa antara lain :

  • Karbonhidrat yang dimiliki oleh daun jambu biji totalnya adalah 11.88 g.
  • Protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel – sel kulit mati dengan jumlah sebanyak 0.82 g
  • Serat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sebanyak 5.4 g
  • Lemak dengan jumlah 0.6 g
  • Vitamin yang terdiri dari vitamin a dan vitamin c yang berfungsi untuk memberikan nutrisi bagi kulit.
  • Vitamin e yang baik untuk meremajakan kulit sehingga dapat mencegah munculnya penuaan dini pada kulit.

Sebab kandungan dari daun jambu biji ini juga sudah banyak yang menggunaakn daun jambu biji ini sebagai bahan dasar dari kosmetik – kosmetik yang beredar di pasaran.

Baca Juga:

Cara Membuat Masker Daun Jambu Biji

Manfaat daun jambu biji tidak hanya di bidang kesehatan saja namun daun jambu biji juga bermanfaat dibidang kecantikan. Di bidang kecantikan ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan daun jambu biji. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan daun jambu biji ini ada beberapa cara yang bisa anda praktekan dirumah sesuai dengan keinginan sendiri :

1.Masker daun jambu biji

Masker daun jambu biji ini langkah pertama yang dilakukan adalah :

  • Pilih pucuk dari daun jambu biji yang segar kemudian cuci hingga bersih.
  • Pucuk daun jambu biji yang telah dicuci diguling sampai halus hingga benar – benar telah menjadi masker.
  • Bersihkan wajah anda terlebih dengan pembersih wajah baru kemudian uapkan dengan menggunakan air hangat.
  • Oleskan masker dari pucuk daun jambu pada wajah selama 15 menit.
  • Baru kemusdian di bilas dengan air bersih dan terakhir di bilas denga air dingin untuk menutupi pori – pori pada wajah.

Cara ini bisa dipraktekan di rumah sebanyak 1 kali dalam seminggu. Dengan pemakaian yang rutin diharapkan jerawat anda bisa segera hilang.

2. Air daun jambu biji

Menggunakan air rebusan yang didapat dari daun jambu biji juga bisa digunakan. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Pilih daun jambu biji muda yang masih segar kemudian bilas menggunakan air bersih.
  • Masukkan ke dalam panci kemudian tambahkan air.
  • Hidupkan kompor dan letakkan panci diatasnya hingga air mendidih.
  • Setelah mendidih matikan kompor dan biarkan air dari daun jambu biji tersebut dingin. Setelah dingin baru disaring ke dalam piring.
  • Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan wajah anda dan uapkan wajah dengan air panas yang bertujuan untuk membuka pori – pori pada wajah.
  • Oleskan secara merata air dari daun jambu biji menggunakan kapas dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah itu bilas menggunakan air yang bersih baru kemudian dengan air yang dingin untuk menutupi pori – pori.

Penggunaan masker daun jambu biji dan air dari daun jambu ini dapat tahan selama satu minggu. Setelah lewat dari satu minggu silahkan diganti dengan masker yang baru. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat , Cara Membuat Masker Kunyit Untuk Jerawat)

Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Lainnya

Manfaat daun jambu biji juga digunakan untuk mengobati beberapa penyakit dalam diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Diare

Diare adalah masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan yang mana keluarnya feses tanpa henti disertai dengan cairan tubuh. Dalam kondisi yang kronis pengeluaran cairan yang berlebih sangat bisa berakibat fatal seperti kematian. Oleh sebab itu penderita diare diwajibkan di beri minuman oralit untuk mencegah dehidrasi. Cara alami untuk mengobati diare sebagai pertolongan pertama adalah dengan daun jambu. Ambil daun jambu yang segar kemudian di cuci. Remas dengan dua gelas air sampai air berubah menjadi warna hijau. Kemudian disaring dan diminumkan kepada penderita diare.

Artikel terkait :

Ads

2. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit akibat kurang bekerjanya hormon insulin di dalam tubuh. Sehingga kadar gula di dalam tubuh menjadi tinggi yang menimbulkan diabetes. Beberapa penyebab dari diabetes adalah faktor genetik, makanan dan jarang berolahraga. Sampai sekarang penyakit diabetes lebih banyak di derita oleh para lansia yang banyak menghabiskan masa muda hanya di bangku kerja dan jarang berkaktifitas. Daun jambu biji dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga penyakit diabetes dapat ditangani secepatnya.

Artikel terkait :

3. Demam berdarah

Penyakit yang disebakan karena nyamuk Aedes aegypt ini bersarang pada genangan air yang bersih. Oleh sebab itu banyak sosialisasi yang menganjurkan untuk menguras bak mandi sebanyak dua kali seminggu. Demam berdarah juga bisa memanfaatkan daun jambu biji beserta dengan buah jambu biji tersebut. Namun yang digunakan adalah pohon jambu yang memiliki buah jambu isi warna merah. Untuk buahnya bisa langsung di konsumsi. Sedangkan untuk daun jambu biji bisa diremas daunnya dengan air dan disaring untuk dikonsumsi airnya.

4. Kolesterol

Manfaat berikutnya dari daun jambu biji adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang tinggi dapat membahayakan kesehatan jantung anda. Karena itu ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan meminum air rebusan dari daun jambu.

Artikel terkait :

5. Maag

Penderita maag juga dapat menggunakan daun jambu biji sebagai obat alami menurunkan asam lambung yang tinggi. Pada umumnya kadar asam lambung tinggi karena pola makan yang tidak teratur. Jika maag kronis dapat menyebabkan komplikasi pada berbagai macam penyakit. Untuk mengatasi sakit maag cobalah untuk meminum rebusan dari daun jambu biji untuk menurunkan kadar asam lambung. (Baca juga : Bahaya mie instant untuk jerawat)

itulah beberapa ulasan mengenai manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang sudah banyak terbukti dan dapat dibuat langsung di rumah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 19th, October 2016 / 23:19 Oleh :
Kategori : Herbal