Sponsors Link
     Sponsors Link

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Advertisement

Bagi pembaca yang menyukai perawatan tubuh secara herbal pasti akan mengenal jeruk nipis sebagai salah satu treatment rutin. Jeruk nipis dikenal dengan nama latin Citrus aurantifolia. Jeruk nipis sudah ribuan tahun lalu dikonsumsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kini jeruk nipis sangat dikenal untuk menghilangkan jerawat. Meskipun jerawat sendiri muncul sebagai konsekuensi dari beberapa faktor eksternal dan internal.

(1). Faktor eksternal dan internal penyebab jerawat.


Faktor Eksternal

  1. Sinar Ultra Violet, dimana orang-orang yang tinggal di iklim tropis akan lebih sering terpapar sinar UV.
  2. Pemilihan produk kosmetik yang tidak tepat.
  3. Pemakaian pelembab yang mengandung minyak, sehingga perlu memilih pelembab yang bebas minyak (oil free).
  4. Obat-obat tertentu yang mudah memicu jerawat. Seperti obat-obat yang mengandung kortikosteroid.
  5. Pil KB, biasanya terjadi jerawat seperti kapsul dan sangat besar.
  6. Tangan yang kotor, alas tidur yang kotor, debu, jarang membersihkan muka.
  7. Kabiasaan merokok dan minuman beralkohol.
  8. Makanan mengandung gorengan, makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang.


Faktor Internal

  1. Disebabkan arena genetik, misalnya orang tua atau keluarga memiliki jenis kulit berminyak.
  2. Kulit cerah lebih mudah terkena jerawat dibandingkan kulit gelap.
  3. Karena hormonal.
  4. Abnormalitas kulit.
  5. Stres
  6. Kurang untuk istirahat.
  7. Kurangnya olahraga.
  8. Kurangnya makanan sehat, seperti buah yang mengandung kaya vitamin, terutama vitamin C.

Baca info lengkap penyebab jerawat : Penyebab Jerawat


(2). Apakah itu jerawat?

Dalam American Academy of Dermatology, Jerawat dibedakan dengan beberapa jenis. Berikut jenis jerawat dan sub tipe jerawat yang ada.

  1. Komedo berwarna hitam (blackheads) dan komedo berwarna putih (whiteheads).

Komedo terjadi disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang tersumbat dan ditambah bakteri. Sumbatan ini memunculkan pori-pori berwarna hitam atau putih. Komedo termasuk jerawat ringan, berikut penjelasannya.

a. Komedo berwarna hitam (blackheads)

Komedo hitam atau disebut komedo terbuka muncul pada wajah yang muncul pada pori-pori pada bagian kulit wajah yang tak dilapisi oleh epitel. Lokasi komedo ada disekitar hidung.komedo ini relatif lebih mudah untuk ditangani.

b. Komedo berwarna putih (whiteheads)

Komedo putih disebut komedo tertutup, yang nampak menonjol kecil-kecil pada bagian kulit wajah yang dilapisi epitel kulit dan terletak dibawahnya. Lokasi komedo dapat terjadi di lingkaran bawah mata atau sekitarnya. Komedo ini lebih sulit untuk ditangani dibandingkan komedo hitam.

Baca juga : Penyebab komedo & Cara menghilangkan komedo

ads
  1. Papula dan pustula

Papula dan pustula merupakan jerawat yang berukuran lebih besar dari komedo dan melebar. Papula dan Pustula lebih sulit diatasi dibandingkan komedo dan termasuk jenis jerawat sedang. Berikut perbedaannya.

a. Papula

Merupakan istilah untuk menjelaskan komedo tertutup yang pecah. Papula sulit untuk disentuh karena rasa nyeri yang dialami. Papula yang berkumpul atau berkelompok akan membuat kulit seperti amplas atau kasar.

b. Pustula

Merupakan istilah suatu bentuk padat kemudian bentuk ini mengalami perlunakan di areal puncak, yang mana bentukkan ini pecah dan mengeluarkan nanah. Pustula mirip dengan Papula, namun warna agak kekuningan disebabkan nanah tersebut. Atau dalam kondisi lain seperti melepuh.

  1. Nodul dan Kista

Nodul dan Kista merupakan jenis jerawat yang memiliki jenis jerawat yang lebih sulit dibandingkan dua jenis jerawat diatas, sebab lebih masuk kedalam lapisan kulit. Karena dua jenis jerawat ini dapat menyebabkan trauma diwajah atau bekas luka. Nodul dan Kista termasuk kedalam jerawat berat.

a. Nodul seperti bentuk kapsul dibawah kulit, tekanan untuk mengeluarkan jerawat dengan sekuat tenaga dapat menyebabkan luka dan trauma pada kulit.

b. Kista mengandung nanah dan lunak dan nampak lebih besar. Lebih baik untuk tidak memecah sendiri jerawat ini, sebab akan menyebabkan perdangan hingga demam. Selain itu perlu waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan.

Salah satu perawatan wajah berjerawat yang bisa kita lakukan untuk mengontrol minyak adalah jeruk nipis, berikut berbagai temuan dari jeruk nipis.

(3). Kandungan yang dimiliki jeruk nipis

  1. Minyak atsiri dikenal juga dengan sebutan minyak esensial, bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti jamur.
  2. Linalool, merupakan alkohol terpene alami yang mengeluarkan aroma khas.
  3. Vitamin A, disebut juga dengan Retinol, secara umum orang mengenalnya untuk kesehatan mata. Namun vitamin A bermanfaat juga untuk mengenyalkan kulit karena dapat melembabkan dan mencegah penuaan dini.
  4. Vitamin B, sangat membantu proses metabolisme tubuh.
  5. Vitamin C, merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Disebut juga Asam askorbat. Selain itu juga membentuk kolagen.
  6. Sinefrin, dapat menstimulasi lipolisis untuk menghancurkan lemak, namun belum ada bukti ilmiah yang menguatkan jeruk nipis dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Namun Dapat meningkatkan tekanan darah, jika terlalu banyak.
  7. Flavonoid, sebagai antioksidan.
  8. Herperidine, zat ini sebagai antiinflamasi dan juga antioksidan.
  9. Rhoifolin dan Naringin termasuk kedalam flavanoid

 (4). Jeruk nipis mengandung Asam Alfa hidroksi.

cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipisSalah satu komposisi dalam jeruk nipis adalah AAH yaitu Asam Alfa Hidroksi, dalam dunia medis AAH merupakan suatu senyawa yang mampu meluruhkan dinding luar pada kulit, dimana dinding luar tersebut merupakan sel-sel yang telah mati. Tentunya sel-sel ini bila tak dibersihkan akan dapat menyumbat pori-pori kulit. Saat pori-pori tersumbat maka kulit akan memproduksi jumlah minyak yang sangat banyak. Dengan jeruk nipis ini akan mengurangi jumlah keluaran minyak pada pori-pori kulit.

(5). Antimikroba yang terkandung dalam daunnya

Dalam sebuah jurnal, tak hanya buah jeruk nipis yang bermanfaat namun juga daunnya, Asian Journal of Biochemical and Pharmaceutical Research, tahun 2012 menemukan pada daun jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang alami juga mengandung antimikroba yang dapat disertakan kedalam formulasi racikan obat. Pada sebuah uji pada sampel yang diuji berisi, esensial ekstrak daun jeruk nipis minyak ditambah dengan bakteri patogen ditemukan pengaruh yang signifikan. Pada aktivitas bakteri dalam uji tersebut dihambat oleh ekstrak tersebut. Dalam hal ini mirip dengan kinerja antibiotik pada umumnya. Dimana antibiotik mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

(6). Menggunakan jeruk nipis lebih efektif dibandingkan sulfur

Minyak atsiri yang terkandung didalam ekstrak jeruk nipis memiliki antibakteri yang lebih baik terhadap Staphylococcus Epidermidis, bakteri kulit penyebab jerawat. Dibandingkan Sulfur. Sulfur sendiri sering dimanfaatkan sebagai obat kulit. Hal ini ditemukan dalam sebuah percobaan eksperimental sebuah laboratorium Department of Medical Microbiology, Faculty of Medicine, Universitas Airlangga. Minyak atsiri yang terkandung didalamnya efektif membunuh bakteri sebab mengandung anti bakteri dan lebih efektif dibandungkan sulfur. Penghambatan bakteri yang dihasilkan oleh minyak atsiri tersebut, secara konsisten menurunkan aktivitas bakteri.

(5). Perawatan Wajah Berjerawat dengan Jeruk Nipis

Berikut merupakan tahap persiapan yang dilakukan berdasarkan kosmetologi agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, adalah sebagai berikut.

Tahap persiapan :

  1. Rambut diikat dan poni dirapikan agar tak mengenai wajah, maka bisa merapikannya dengan bando dibuat dari kain handuk ataupun topi plastik penutup rambut kepala.
  2. Mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan. Bahan berupa 2-3 buah jeruk nipis, putih telur jika menginginkan untuk menambah kekencangan wajah, handuk, dan air bersih untuk membilas didalam baskom atau wadah.
  3. Mencuci tangan sampai bersih sebelum melakukan perawatan, karena kuman ditangan dapat disebarkan ke muka membuat hasil perawatan sia-sia.

Tahap perawatan :

  1. Bersihkan wajah dari sisa kotoran dan make up. Bahan untuk membersihkan bisa dengan menggunakan susu pembersih atau sabun wajah. Jika susu permbersih berisi susu/krim berisi pengemulsi seperti minyak mineral maka sabun wajah sudah memiliki pH seimbang. Tentunya tidak menggunakan sabun badan karena sifat basanya tak seimbang dengan kelembaban kulit pada wajah.
  2. Gunakan astringent atau penyegar setelah meggunakan susu pembersih dengan kapas.
  3. Gunakan 2-3 buah jeruk nipis kemudian tekan tekan dahulu sebelum dibelah, hal ini agar air yang keluar dari jeruk nipis lebih banyak. Bila ingin menambahkan putih telur maka campurkan setengah bagian buah jeruk nipis tersebut dengan 1 butir putih telur yang sudah dikocok kaku.
  4. Oleskan merata kepada wajah dan diamkan 15 menit untuk masker jeruk nipis ditambah telur atau sampai kering jika tanpa menggunakan telur, hingga meresap kedalam pori-pori kulit. Olesan harus merata agar mendapatkan warna cerah wajah yang juga merata.
  5. Namun bebrapa sumber menyebutkan pengolesan jeruk nipis juga dapat dibiarkan hingga semalaman.

Ads

Tahap penyempurnaan

  1. Selesai penggunaan masker kemudian membilas muka dengan air hangat.
  2. Pada penggunaan masker untuk kulit berjerawat dilarang melakukan pemijatan sebab hal ini akan membuat kulit menjadi infeksi. Terutama untuk yang mengalami penyakit kulit karena dapat menjalar bagian kulit yang lainnya.
  3. Lakukan dua kali seminggu secara teratur.

 (6). Merawat kesegaran kulit wajah dengan uap jeruk nipis dan aroma terapi

Penguapan dilakukan agar pori-pori dapat membuka lebih lebar dan mudah untuk melakukan perawatan. Berikut langkah-langkah untuk melakukan penguapan.

  1. Menyiapkan baskom yang besar berisi air mendidih, potongan jeruk nipis, aromaterapi seperti lavender beberapa tetes atau daun mint beberapa lembar dan handuk bersih yang besar.
  2. Posisikan muka diatas baskom dan kerudungkan kepada menggunakan handuk besar tersebut. Air dalam baskom tadi dimasukkan potongan jeruk dan beberapa tetes lavender atau beberapa lembar daun mint.
  3. Lama penguapan untuk kulit sensitif hanya 3 menit sedangkan untuk kulit berminyak berdurasi 8-12 menit.
  4. Selain wajah diuapi juga dapat menghirup aroma terapi tersebut untuk merelaksasi pernafasan dan menenangkan.

(7). Manfaat yang didapatkan dari perawatan wajah dengan jeruk nipis

  1. Jeruk nipis dapat mengurangi hingga menghilangkan peradangan jerawat, karena mengandung antiinflamasi atau anti radang.
  2. Jeruk nipis dapat mengurangi hingga menghilangkan komedo
  3. Jeruk nipis dapat mencerahkan kulit karena kandungan Vitamin C nya yang tinggi.
  4. Selain mencerahkan kulit, jeruk nipis juga dapat membuat flek-flek hitam menjadi berkurang.
  5. Mengurangi produksi minyak pada wajah.
  6. Kaya vitamin A. dimana jeruk nipis dapat mengencangkan kulit dan mencegah keriput
  7. Vitamin A dan C yang terkandung juga dapat menghaluskan kulit.
  8. Dapat mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati.
  9. Mengeringkan luka yang diakibatkan jerawat. Sebab jeruk nipis mengandung antiseptik.
  10. Meratakan warna wajah yang tidak merata.
  11. Mengurangi bintik-bintik hitam akibat sengatan matahari.
  12. Mengurangi kulit wajah yang nampak kusam karena jerawat.
  13. Dapat mengangkat sisa-sisa kosmetik yang tertinggal dan belum terangkat oleh susu pembersih maupun penyegar.
  14. Mengurangi jerawat untuk muncul lagi karena sebagai anti bakteri, jeruk nipis dapat efektif mengurangi hingga membunuh aktivitas baketri penyebab jerawat.
  15. Dapat mengenyalkan wajah.
  16. Melarutkan sisa-sisa lemak yang ada diwajah.
  17. Membuat tampak awet muda, sebab kandungan antioksidan yang sangat tinggi mampu menangkal radikal bebas.

Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat nasi yang cukup ampuh. Demikian telah kita bahas tuntas mengenai jeruk nipis yang sangat mudah kita jumpai di iklim tropis seperti Indonesia, terutama cocok untuk pengguna yang memiliki alergi terhadap bahan kimia, maka jeruk nipis dapat sebagai alternatif setiap diperlukan. Penggunaan yang teratur akan memberikan hasil yang maksimal.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat & Cara Menghilangkan Jerawat

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 09th, April 2015 / 15:34 Oleh :
Kategori : Pengobatan