Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Advertisement

cara menghilangkan jerawat dengan lidah buayaJerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Hal ini dikarenakan tersumbatnya pori-pori kulit oleh kadar minyak yang berlebih, sel-sel kulit mati, maupun oleh bakteri. Jerawat biasanya timbul pada wajah, dada, jerawat pada punggung, kulit kepala, dan beberapa anggota tubuh lainnya termasuk jerawat di daun telinga.

Salah satu pengobatan alami yang populer untuk mengatasi gangguan jerawat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah aloe vera ini selain dapat mengobati jerawat, juga dapat digunakan dalam pengobatan luka bakar, luka bakar akibat sengatan sinar matahari, menyembuhkan luka seperti lecet maupun jenis luka ringan lainnya.


Kandungan Zat Lidah Buaya

Tanaman yang tergolong  spesies kaktus ini memiliki bagian daun yang mengandung bubur tebal. Bagian inilah yang dapat diterapkan pada kulit yang mengalami masalah. Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat kimia seperti :

  • anti-bakteri
  • anti-inflamasi
  • astringent
  • inhibitor rasa sakit
  • agen untuk mengurangi bekas luka
  • dapat merangsang pertumbuhan sel yang membantu mengobati jerawat

Aloe vera juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, asam amino, dan enzim yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.


Mengapa Lidah Buaya??

Beberapa alasan mengapa lidah buaya menjadi salah satu obat herbal alami untuk mengatasi jerawat, diantaranya adalah :

  1. Lidah buaya banyak mengandung hormon yang dinamakan giberelin dan polisakarida dan bertindak sebagai agen anti-bakteri yang berfungsi untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat anti bakteri yang dimiliki lidah buaya sangat efektif dalam mengobati jerawat dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh gangguan tersebut. Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi luka jerawat akibat bakteri serta mempercepat proses penyembuhannya. Selain itu, kandungan sifat anti-jamur pada tanaman ini dapat berguna untuk mengobati peradangan seperti bisul dan kista pada kulit.
  2. Kandungan lidah buaya merupakan zat alami yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit sehingga meningkatkan resiko infeksi oleh bakteri.
  3. Magnesium laktat hadir dalam Aloe membantu untuk meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh jerawat. Magnesium laktat juga efektif dalam mengobati ruam kulit dan sunburns.
  4. Kandungan lidah buaya juga dapat membantu perangsangan pertumbuhan sel yang nantinya akan bermanfaat untuk membantu menghilangkan kulit yang rusakserta mempercepat penyembuhan luka dan menghapus bekas luka tersebut.
  5. Lidah buaya bertindak sebagai agen anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan atau ruam akibat peradangan serta dapat mengurangi rasa sakit akibat gangguan jerawat. Selain itu, kandungan lidah buaya memiliki efek yang menenangkan.
  6. Kandungan alami lidah buaya dapat bertindak sebagai inhibitor rasa nyeri dengan jalan mengurangi rasa sakit pada saat hal ini diterapkan pada daerah yang terkena gangguan jerawat. Sifat alaminya dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam guna mengurangi rasa sakit dan terjadinya peradangan.
  7. Kandungan anti-oksidan alami dalam gel daun lidah buaya juga mampu untuk mengurangi atau menghilangkan bekas luka secara efektif, membantu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain itu, lidah buaya juga mengandung seng, vitamin C dan E yang dapat membantu mengurangi bekas luka pada kulit dengan sangat cepat.


Cara Penerapan Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat

Cara mengobati jerawat dengan lidah buaya dapat diterapkan dengan berbagai alternatif penggunaan. Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan jerawat dengan lidah buaya :

ads

1. Dengan cara monoterapi

Untuk pemakaian monoterapi ini, ambilah daun lidah buaya yang masih segar dan meremasnya. Hal ini bertujuan untuk mengekstrak gel yang ada dalam daunnya. Terapkan gel yang telah diekstrak tersebut pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat. Lakukan hal tersebut sebanyak dua kali dalam sehari selama +/- satu minggu guna menyingkirkan jerawat sekaligus penyebab jerawat kembali lagi.

2. Kombinasi lidah buaya dan lemon

  • Ambilah daun lidah buaya yang masih segar dan remas-remas untuk mengekstrak gelnya.
  • Untuk hasil ekstrak yang lebih sempurna, haluskan gel tersebut dengan blender
  • Tambahkan beberapa tetes ekstrak lemon atau jeruk nipis
  • aduk kembali agar dapat tercampur dengan baik
  • Masukkan ramuan tersebut ke dalam lemari es

Terapkan lotion lidah buaya tersebut pada wajah sebagai masker setiap malam sebelum tidur. Diamkan masker tersebut selama semalam, lalu bersihkan wajah dengan air bersih keesokan paginya. Lakukan perawatan wajah berjerawat ini secara teratur hingga wajah terbebas dari gangguan jerawat dan bekas-bekasnya.

Baca juga, cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis

3. Kombinasi lidah buaya, madu, dan kunyit

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini memanfaatkan ekstrak gel dari lidah buaya yang masih segar lalu campurkan sedikit kunyit, madu, susu dan beberapa tetes air mawar. Campur ramuan tersebut dengan baik lalu terapkan pasta hasil ramuan pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat.

Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan secara menyeluruh dengan air bersih. Lakukan hal tersebut secara teratur untuk menyingkirkan gangguan jerawat dengan segera. Selain itu, manfaat masker madu juga memberikan perlawanan terhadap jerawat

4. Penggunaan produk berbahan lidah buaya

Cara untuk mengobati jerawat dengan lidah buaya lainnya adalah dengan cara mencuci wajah secara teratur sebanyak dua kali sehari yaitu di pagi hari dan di malam hari. Namun gunakan pembersih wajah alami yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Hal ini dapat membantu untuk mengurangin gejala dan cara mencegah jerawat datang kembali dikemudian hari.

Beberapa produk yang mengandung lidah buaya diantaranya dapat berbentuk lotion, gel, sabun, maupun krim untuk melembabkan wajah dan bagian kulit lainnya yang terkena dampak jerawat. Penggunaan produk ini bertujuan untuk mengurangi jerawat yang disebabkan oleh penumpukan minyak berlebih, melembutkan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

5. Masker lidah buaya

Cara untuk mengatasi jerawat dengan lidah buaya adalah dengan cara membuatnya sebagai masker untuk kulit berjerawat. Caranya :

  • Ambil daun lidah buaya yang masih sega
  • lalu merebusnya dengan air selama beberapa menit
  • Aduk-aduk hingga hal tersebut berubah seperti bentuk pasta
  • lalu kemudian tambahkan sedikit madu

Setelah ramuan tersebut dingin, terapkanlah pada wajah sebagai masker atau pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat dengan menggosokkan ramuan secara perlahan. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 20 menit, lalu cucilah dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan hal tersebut secara teratur agar masalah jerawat anda segera teratasi.

6. Jus lidah buaya

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengobati kulit yang terluka. Cara lain untuk mengekstrak gel lidah buaya adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Kemudian dapat diterapkan sebagai penggunaan internal untuk membantu :

  • mengunci pori-pori kulit
  • memurnikan darah
  • mengurangi peradangan
  • mencegah infeksi jerawat lebih lanjut

Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya sebanyak sekali sehari tidak hanya dapat menyembuhkan jerawat, tetapi juga dapat membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker paru-paru, diabetes tipe 2, ulcerative colitis, dan lain sebagainya.

Ads

Hal yang perlu Diperhatikan

Sebelum menggunakan lidah buaya sebagai herbal alami untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Sebelum mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus, pastikan terlebih dahulu apakah Anda termasuk orang yang alergi terhadap bawang putih, bawang merah, tulip, atau tanaman lain yang berasal dari keluarga Liliaceae. Karena jika Anda alergi terhadap hal tersebut, sama artinya Anda alergi dengan lidah buaya.
  2. Hindari mengkonsumsi jus lidah buaya secara terus menerus selama lebih dari satu tahun. Karena hal ini justru dapat menyebabkan peningkatkan risiko terjadinya kanker kolorektal.
  3. Penggunaan lidah buaya bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, akan tetapi sebaiknya Anda memastikan  keamanan saat menggunakan kombinasi tersebut.

Selalu gunakan lidah buaya yang masih segar untuk diekstrak gel dari daun tanaman ini. Kandungan  alami lidah buaya mengandung nutrisi penting yang sangat efektif untuk mengobati jerawat. Selain itu, hal ini juga dapat menenangkan kulit dari iritasi, peradangan, serta racun-racun berbahaya lainnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Lainnya

Selain cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya ini, kemampuannya sebagai agen anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka akibat jerawat dengan cepat. Selain itu lidah buaya juga dapat mencegah timbulnya kembali jerawat yaitu dengan cara mengurangi kelebihan minyak & mencegah kulit kering.

Caranya adalah dengan mengambil beberapa buah daun lidah buaya, lalu mengekstraknya agar menghasilkan gel dan oleskan hal tersebut pada bekas luka jerawat. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Langkah selanjutnya adalah dengan penggunaan produk pelembab seperti biasanya.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 11th, May 2015 / 07:29 Oleh :
Kategori : Herbal