Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Minyak Zaitun

Advertisement

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang terburuk yang kita alami dari waktu ke waktu. Walaupun telah hilang, namun jerawat selalu meninggalkan bekas luka yang jauh lebih buruk dan akan mengganggu penampilan. Ada banyak produk-produk sintetis yang tersedia di pasar yang mengklaim untuk menghilangkan jerawat maupun memudarkan bekas jerawat secara bertahap. Akan tetapi, jika seseorang menginginkan solusi alami dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut, ia bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengobatinya. Sebagian besar masyarakan mungkin mengetahui bahwa minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kita, akan tetapi tidak banyak yang tahu tentang kemampuan minyak zaitun untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kulit, seperti jerawat.

Beberapa alasan yang menjadikan minyak zaitun menjadi obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat diantaranya adalah :

  1. Minyak zaitun sarat akan vitamin penting yang membuat proses penyembuhan bekas jerawat menjadi lebih cepat.
  2. Minyak zaitun juga sarat akan antioksidan seperti polifenol yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, membantu menjaga kelembaban kulit, serta mencegah segala macam jenis infeksi.
  3. Minyak zaitun memiliki kandungan antibakteri yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan menghilangkan bekasnya.
  4. Minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang diperlukan untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
  5. Minyak zaitun memiliki sifat non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori kulit), sehingga membuatnya menjadi obat yang ideal untuk jerawat.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan minyak zaitun untuk mengobati jerawat? Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menerapkan minyak zaitun pada jerawat :

1. Terapi pemijatan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati jerawat dengan menggunakan minyak zaitu adalah dengan mengambil satu sendok makan minyak zaitun, lalu gunakan sebagai obat pijat pada kulit Anda yang terkena jerawat. Lakukan hal tersebut dengan lembut dan perlahan. Pastikan bahwa Anda menggunakan tekanan yang mendalam dan terus memijat selama 4 sampai 5 menit. Biarkan atau diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah selesai, bersihkan wajah Anda dengan menggunakan kain lap yang bersih dan hangat. Ulangi terapi tersebut selama beberapa kali.  Lakukan hal tersebut setidaknya dua kali setiap hari sebelum tidur. Manfaat dari terapi ini antara lain adalah :

  • Membantu menghilangkan kelebihan minyak dari wajah
  • Membantu menghilangkan jaringan kulit yang telah mati
  • Menyingkirkan bekas jerawat yang membandel dengan mudah.
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Meningkatkan sirkulasi darah pada kulit
  • Mencegah penyumbatan pori-pori kulit.

Sponsors Link

2. Terapi penguapan

menghilangkan jerawat dengan minyak zaitunMelakukan terapi penguapan dengan penggunaan minyak zaitun merupakan alternatif lain untuk menyembuhkan jerawat serta menghilangkan bekasnya secara efektif. Caranya adalah dengan merebus air yang telah dicampur dengan minyak zaitun hingga menghasilkan uap yang banyak. Terapkan uap tersebut pada wajah dengan jarak sekitar 18 inci dari air.

Namun Anda harus berhati-hati melakukannya, karena jika wajah anda lebih dekat dengan air mendidih tersebut bisa menimbulkan sensasi terbakar pada kulit wajah. Gunakan handuk besar dan membantu menutupi kepala, sehingga uap dapat mencapai kulit wajah Anda dengan benar. Biarkan hal tersebut selama beberapa saat, yaitu selama  +/- 8 sampai 10 menit. Setelah itu, sekalah wajah dan leher Anda dengan handuk.

Manfaat dari terapi ini antara lain :

  • Mengobati jerawat
  • Membantu membuat jaringan bekas luka jerawat memudar dan dapat dihilangkan dengan mudah.

3. Sebagai scrub

Minyak zaitun juga dapat diterapkan sebagai bahan scrub alami wajah untuk mengobati jerawat. Caranya adalah :

  • Ramuan minyak zaitun dengan backing soda

Dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan minyak zaitun, lalu aduk. Oleskan ramuan tersebut pada kulit Anda, terutama bagian yang terkena jerawat, lalu gosok secara perlahan dengan ujung jari dengan menggunakan gerakan melingkar. Lakukan hal ini selama 3 sampai 4 menit. Setelah itu, terapkan kain basah untuk menghilangkan scrub hasil campuran kedua bahan tadi. Proses ini akan mempercepat penghapusan jaringan bekas luka jerawat.

  • Ramuan minyak zaitun dengan garam laut

Cara alternatif lainnya untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan ramuan dari minyak zaitu dengan garam laut. Caranya adalah  dengan mencampurkan dua sendok makan garam laut yang telah ditumbuk halus dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Gunakan hal tersebut sebagai scrub. Gosok secara perlahan dengan ujung jari dengan menggunakan gerakan melingkar selama kira-kira 3 hingga 4 menit. Lalu hilangkan ramuan tersebut dengan menggunakan handuk atau kain basah. Hal ini juga akan membantu untuk memudarkan bekas jerawat dengan cepat dan efektif.

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan terapi ini antara lain adalah :

  • Mencegah dan mengobati jerawat
  • Melembabkan kulit, sehingga memberikan kondisi yang menguntungkan untuk jerawat, yaitu untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas.
  • Membantu mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Ads

4. Perawatan dan pemeliharaan

Setelah jerawat maupun bekasnya menghilang, adalah sangat perlu untuk menjaga dan mempertahankan agar kulit selalu bebas jerawat. Untuk melindungi dan mencegah datangnya infeksi ini lebih lanjut, caranya adalah dengan menyiapkan ramuan dengan menggabungkan 3 tetes minyak pohon teh dengan 5 tetes minyak zaitun. Terapkan ramuan tersebut keseluruh bagian wajah dengan bantuan kapas. Hal ini akan membantu menormalkan kulit wajah Anda, tetapi juga dapat mengurangi kerentanan kulit wajah terhadap  timbulnya jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun memang telah terbukti dapat menyelesaikan masalah jerawat sebagian orang. Namun ia juga berfungsi sebagai pembersih wajah alami yang cukup penting untuk mencegah jerawat datang kembali.

5. Ramuan minyak zaitun dengan lemon

Cara lain untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dan setengah sendok teh perasan lemon. Anda dapat menerapkan ramuan tersebut pada wajah dengan bantuan kapas. Biarkan atau diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Kemudian, cuci wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Lakukan terapi ini sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat yang bisa didapatkan dari ramuan ini adalah :

6. Ramuan minyak zaitun dengan minyak mawar

Cara menghilangkan jerawat lainnya adalah dengan membuat ramuan yang berasal dari campuran satu sendok teh minyak rosehip dengan 2 sendok teh minyak zaitun. Aduk-aduk hingga kedua minyak tersebut dapat tercampur dengan baik. Setelah itu, pergunakanlah kapas untuk membantu menerapkan ramuan tersebut pada kulit wajah tang terkena jerawat. Biarkan selama kurang lebih 4 sampai 5 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Lakukan penggunaan ramuan ini setidaknya tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Manfaat penggunaan ramuan ini adalah :

  • Mengurangi peradangan akibat jerawat
  • Menghilangkan sel-sel kulit mati
  • Mencegah penyumbatan pori-pori kulit

Banyak manfaat minyak zaitun yang bisa kita dapatkan bukan? Penyembuhan terhadap jerawat dan bekasnya merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat dari minyak zaitun. Jadi, jika Anda memiliki bekas jerawat, sebaiknya mencoba untuk menggunakan minyak zaitun sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkannya.

Baca juga :

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 06th, May 2015 / 08:20 Oleh :
Kategori : Pengobatan