Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran Paling Cepat

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan. Ada dampak psikologis akibat jerawat yang dapat kita rasakan jika kulit kita ditumbuhi jerawat. Nah, lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk mengatasi jerawat di kulit tanpa menghasilkan efek samping? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sayuran! Apakah anda masih memiliki keraguan apakah sayuran memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat? Jika jawaban anda ‘ya’, maka anda perlu membaca informasi dibawah ini.

1. Tomat

Jika berbicara mengenai sayuran apakah yang memiliki khasiat dan manfaat yang tinggi dalam menyembuhkan berbagai jenis jerawat, maka tanpa pikir panjang sebagian orang akan menjawab tomat. Nah, mengapa tomat mampu mengatasi berbagai jensi jerawat? Berikut manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat dan cara alami mengatasi jerawat dengan tomat.

  • Tomat memiliki banyak kandungan vitamin, mulai dari Vitamin A,C, E, K, B1. B2. B3. dan B6 yang akan secara umum menyehatkan kulit anda dan vitamin-vitamin tersebut juga membuat jerawat tidak akan memiliki kesempatan untuk muncul di kulit anda.
  • Tomat mampu memperbaiki kulit anda hingga ke struktur sel, sehingga tomat ini akan sangat cepat dalam menyembuhkan jerawat serta memudarkan bekasnya dalam waktu yang relatif sangat singkat.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan tomat

  • Pertama, tentu saja anda harus menyiapkan tomat terlebih dahulu. Kemudian iris tomat tersebut menjadi irisan yang tipis-tipis.
  • Setelah itu, anda dpaat secara langsung menempelkan irisan tomat ke area kulit anda yang terdapat jerawat.
  • Biakan tomat menempel di kulit anda selama 20 hingga 30 menit.
  • Setelah itu, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, masker tomat ini dapat anda aplikasikan sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

2. Timun

Selain tomat, timun merupakan salah satu sayuran yang memiliki manfaat luar biasa untuk menunjang kesehatan kulit anda. Secara spesifik, timun memang memiliki kandungan yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Berikut ini manfaat timun untuk jerawat dan langkah cara membuat masker timun dengan mudah.

  • Timun merupakan astringent alami yang akan dengan ampuh mengempiskan dan mengeringkan jerawat secara cepat serta dapat menyamarkan bekas jerawat dengan lebih cepat.
  • Timun merupakan pengencang kulit alami yang akan mengecilkan pori-pori kulit anda. Selain sebagai pengencang, timun ini mampu menyingkirkan segala minyak, kotoran, debu, bakteri, dan polusi yang berpotensi akan menyumbat pori-pori kulit anda.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan timun

  • Pertama, anda perlu menyiapkan timun 1 buah, kemudian iris timun tersebut menjadi beberapa bagian.
  • Selanjutnya, tempelkan irisan timun ke area kulit anda yang terkena jerawat.
  • Diamkan irisan timun meresap di kulit anda selama kurang lebih 30 menit lamanya.
  • Setelah itu, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker timun ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kemerahan Pada Jerawat

 3. Wortel

Mungkin sebagian besar dari anda mengenal wortel sebagai sayuran yang memiliki kasiat dan manfaat yang sangat baik untuk menyehatkan mata. Namun, tahukah anda bahwa ternyata wortel juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat di kulit anda? Ya, wortel memiliki beberapa manfaat untuk mengatasi jerawat di kulit anda dan berikut ini ulasannya.

  • Wortel telah dikenal dengan Vitamin A-nya yang sangat tinggi, sehingga hal ini akan membuat wortel memiliki kemampuan yang setara dengan obat topikal retinoid yang merupakan obat topikal untuk mengatasi jerawat. Wortel akan membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga jerawat dapat dengan mudah mengempis di kulit anda dan wortel ini akan bermanfaaat sebagai cara mencegah komedo di hidung dan wajah secara alami.
  • Wortel juga memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggin. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat dan jerawat adalah akan memicu produksi kolagen untuk menghaluskan dan menghilangkan jerawat secara cepat, serta dapat mencegah peradangan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan wortel

Menggunakan wortel untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan pengaplikasian secara internal dan pengaplikasian secara eksternal. untuk pengaplikasian secara internal, anda dapat membuat jus wortel, kemudian segera minum secara langsung. Nah, untuk pengaplikasian eksternal, berikut caranya:

  • Siapkan 1 buah wortel, kemudian potong secara tipis-tipis. Setelah itu, tumbuk irisan-irisan wortel sehingga teksturnya menjadi halus. Agar tidak terlalu kering, maka campurkan dengan sedikit air.
  • Setelah itu, oleskan tumbukan wortel ke area kulit anda yang terkena jerawat.
  • Biarkan tumbukan wortel tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah 20 menit, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka gunakan amsker wortel ini sehari sekali hingga jerawat memudar di kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Garcia untuk Jerawat

ads

4. Daun Seledri

Daun seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup nikmat untuk dikonsumsi. Nah, selain mampu menyehatkan tubuh anda secara keseluruhan, daun seledri ini juga dapat mengatasi berbagai masalah jerawat di wajah anda. Berikut ini manfaat daun seledri untuk jerawat.

  • Daun seledri memiliki kandungan Vitamin C yang snagat tinggi, sehingga dapat memicu produksi kolagen pada kulit. Nah, manfaat kolagen untuk jerawat dan bekas jerawat adalah dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit secara cepat, sehingga jerawat dan bekasnya akan semakin cepat menghialng dari wajah anda.
  • Daun seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan jerawat yang disebabkan oleh bakteri, debu, kotoran, dan berbagai polutan lainnya sehingga tidak heran jika daun seledri banyak digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat bernanah.
  • Daun seledri juga dapat menyingkirkan minyak berlebih dari kulit anda, sehingga potensi timbulnya jerawat di kulit anda menjadi berkurang secara signifikan.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun seledri

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun seledri dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara dikonsumsi dan juga dengan cara dioleskan. Nah, untuk cara dikonsumsi, anda dapat menyertakan daun seledri pada makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Untuk menggunakan daun seledri dengan cara dioles, maka anda dapat menumbuk daun seledri, kemudian oleskan tumbukan tersebut ke area kulit anda selama 20 menit.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Jerawat dan Manfaat Daun Sirih untuk Jerawat Batu

5. Kubis

Kubis sudah kita kenal sehari-hari sebagai sayuran yang dapat melengkapi berbagai masakan, seperti sate atau soto. Nah, tahukah anda bahwa ternyata lalapan satu ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi masalah jerawat di kulit anda? jika anda tidak percaya, berikut ini beberapa manfaat kubis untuk jerawat.

  • Kubis memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi yang dapat memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah untuk menghaluskan kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus juga dapat mencegah peradangan jerawat.
  • Kubis memiliki kandungan sulfur. Nah, sulfur ini akan sangat bermanfaat untuk menyingkirkan minyak berlebih pada kulit anda sekaligus dapat mendetoksifikasi tubuh anda sehingga dapat mengeluarkan segala racun dan bakteri dari tubuh anda.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan kubis

  • Siapkan 1 buah kubis, kemudian masukkan ke dalam blender dengan mencampurkannya dengan sedikit air.
  • Nah, setelah diblender dan tekstur menjadi halus, maka anda dapat menggunakan kubis tersebut dengan cara mengoleskannya ke area kulit anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan masker kubis di kulit anda selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker kubis ini setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Jamu Sambiloto untuk  Jerawat

 6. Bawang Putih

Bawang putih memang telah dikenal secara luas sebagai bumbu yang akan membuat masakan anda menjadi lebih lezat untuk disantap. Nah, selain untuk menyedapkan makanan, bawang putih juga akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis jerawat di kulit anda. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat serta cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

  • Bawang putih memiliki senyawa antioksidan yang akan menangkal radikal bebas serta mencegah peradangan jerawat oleh bakteri penyebab jerawat.
  • Bawang putih memiliki sifat yang sangat lengkap, mulai dari anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, dan antiseptik alami yang akan menumpas jerawat yang disebabkan oleh bakteri, jamur, ataupun kuman.
  • Bawang putih memiliki senyawa sulfur yang bernama thiacremonon yang bermanfaat sebagai agen pengering dimana senyawa ini akan mengeringkan serta mengempiskan jerawat aktif dengan cepat.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih

  • Pertama, siapkan 3 hingga 4 siaung bawang putih, kemudian kelupas kulitnya.
  • Setelah itu, tumbuk bawang putih sehingga teksturnya menjadi halus, kemudian tambah dengan sedikit air agar teksturnya tidak menjadi terlalu kering.
  • Nah, oleskan tumbukan bawang putih tadi ke area kulit anda yang terkena jerawat, kemudian daimkan selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, segera cuci kulit anda dan segera keringkan dengan handuk. Anda disarankan juga untuk menggunakan pelembab setelah mengeringkan kulit.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker bawnag putih ini seklai sehari secara rutin.

Baca Juga: Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat dan Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

7. Paprika

Apakah anda mengetahui jika ternyata paprika memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah di kulit anda? Ya, sayuran yang satu ini secara spesifik akan sangat membantu anda untuk mengobati jerawat di kulit anda. Penasaran dengan manfaat paprika untuk mengatasi jerawat di kulit anda? Berikut ulasannya.

  • Paprika telah dikenal secara luas akan kandungan anti-bakterinya yang membuat sayuran ini memiliki kemampuan yang sangat ampuh untuk membasmi penyebab jerawat meradang, seperti bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat anda akan semakin cepat menghilang dari kulit anda.
  • Paprika memiliki sifat anti-inflamasi yang membuat sayuran ini mampu mencegah berbagai peradangan jerawat yang diakibatkan oleh debu, kotoran, polusid, dan bakteri penyebab jerawat. Maka tak heran jika paprika juga dapat digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat.
  • Paprika mengandung Vitamin E yang snagat tinggi. Vitamin E ini akan membuat proses penyembuhan luka di kulit menjadi lebih cepat. Nah, jadi jangan heran jika jerawat anda cepat menghilang setelah menggunakan paprika.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan paprika

Paprika juga dapat dimanfaatkan dengan menggunakan 2 cara yang berbeda, yaitu dikonsumsi atau dioleskan ke kulit. Anda dapat mengkonsumsi paprika dengan menyertakan sayuran ini ke dalam campuran makanan yang akan anda konsumsi. Nah, jika anda berniat menggunakan paprika untuk dioleskan ke kulit, berikut ini langkahnya.

  • Pertama, anda perlu memiliki bubuk paprika. Nah, bubuk merica ini harus dicampur dengan sedikit air sehingga teksturnya menjadi mirip dengan pasta.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan bubuk paprika tersebut ke area kulit anda yang terkena jerawat.
  • Diamkan selama 20 menit, kemudian segera cuci dengan menggunakan air bersih dan keringkan.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker paprika setiap hari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

8. Kecambah

Kecambah merupakan sayuran yang baisanya digunakan sebagai pelengkap pada berbagai macam masakan di Indonesia, mulai dari soto, pecel, hingga nasi rawon. Selain digunakan sebagai pelengkap pada makanan, ternyata sayuran yang satu ini juga menyimpan manfaat yang besar untuk kesehatan kulit anda dan juga untuk mengobati jerawat di kulit anda. Tidak percaya? Berikut beberapa manfaat kecambah untuk mengatasi jerawat.

  • Kecambah memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dimana vitamin ini memiliki kemampuan untuk menyamarkan bekas jerawat dengan cepat serta dapat memicu produksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan semakin halus dan jerawat dapat menghilang dengan cepat. Vitamin C pada kecambah juga dapat digunakan sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi serta cara menghilangkan jerawat di dahi.
  • Kecambah memiliki kandungan kalsium yang sangat bermanfaat untuk memicu pengelupasan sel-sel kulit mati sekaligus memicu regenerasi sel dengan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru. Hasilnya, kulit anda akan menjadi terbebas dari jerawat dan penyumbatan pori akibat penumpukan sel kulit mati. Maka tak heran jika kecambah dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan kecambah

Jika anda ingin menghilangkan jerawat dengan menggunakan kecambah, maka satu-satunya cara adalah dengan mengkonsumsi kecambah tersebut. Nah, oleh karena itu, mulai sekarang jangan lupa untuk menambahkan kecambah ke dalam menu anda.

Baca Juga: Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat

9. Daun Pepaya

Mungkin anda merupakan pembenci daun pepaya karena ketika dikonsumsi akan menimbulkan rasa yang luar biasa pahit. Namun, jangan terburu-buru menghindari daun pepaya karena sayuran yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah jerawat di kulit anda. Berikut ini merupakan manfaat pepaya untuk wajah berjerawat.

  • Daun pepaya mengandung senyawa bernama likopen yang akan menangkal radikal bebas dan akan mencegah timbulnya jerawat di kulit anda yang diakibatkan oleh bakteri.
  • Daun pepaya juga mengandung senyawa papain yang memiliki sifat anti-bakteri. Nah, maka jangan heran jika jerawat aktif di kulit anda dapat secara cepat mengering dan mengempis. Selain itu, senyawa papain ini juga memiliki peran sebagai esfoliate agent yang akan menyingkirkan berbagai sel-sel kulit mati serta debu dan kotoran yang menempel di pori-pori kulit sehingga daun pepaya dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.

Sponsors Link

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun pepaya

  • Pertama, siapkan 4 helai daun pepaya. Kemudian anda dapat menumbuk keempat helai daun pepaya tersebut. Agar tidak terlalu kering, campurkan dengan sedikit air bersih.
  • Setelah itu, oleskan campuran antara daun pepaya dan air tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan masker daun pepaya tersebut selama 5 menit saja, kemudian segera cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk meraih hasil yang maksimal, maka anda dianjurkan untuk menggunakan daun pepaya ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat degan Daun Sirih

10. Artichoke

Mungkin banyak dari anda yang merasa belum familiar dengan sayuran yang satu ini. Walaupun begitu, sebenarnya sayuran ini terdapat di berbagai supermaket dan dapat anda konsumsi dengan memvariasikannya dengan berbagai masakan. Nah, selain dikonsumsi, sayuran yang satu ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengatasi berbagai amsalah di kulit anda, termasuk jerawat. Berikut ini beberapa manfaat artichoke untuk jerawat.

  • Artichoke memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana hal ini akan membuat sayuran ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah peradangan pada jerawat anda.
  • Artichoke juga dapat berperan sebagai cleansing agent, dimana artichoke ini dapat menyingkirkan segala racun, bakteri, atau zat berbahaya dalam tubuh yang berperan dalam proses timbulnya jerawat di kulit anda. Maka tak heran jika arthicoke sering digunakan tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat dan juga sebagai cara menghilangkan jerawat golongan darah O.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan artichoke

Jika anda berniat menggunakan artichoke sebagai sayuran untuk mengatasi jerawat, maka cara paling nikmat yang dianjurkan adalah dengan menjadikan sayuran artichoke ini sebagai teh. Nah, inilah cara membuat teh artichoke.

  • Pertama tentu saja anda harus membeli sayuran artichoke di supermarket.
  • Setelah itu, cuci bersih artichoke dengan air yang mengalir, dan potong bagian bawah artichoke. Setelah itu buang bagian bawah artichoke.
  • Siapkan panci yang berisi air yang cukup banyak sehingga sayuran artichoke ini dapat terendam sepenuhnya. Kemudian panaskan secara maksimal dalam waktu satu jam.
  • Nah, setelah dipanaskan secara maksimal selama satu jam, kecilkan api pada kompor anda dan tunggu selama satu jam lagi.
  • Setelah satu jam, maka teh artichoke anda telah jadi dan segera tuangkan teh artichoke tersebut ke dalam gelas.
  • Untuk memperkaya rasa, anda dapat menambahkan gula atau madu, sesuai dengan selera anda.

Baca Juga: Manfaat Gula untuk Menghilangkan Jerawat

Tips Menggunakan Sayuran Untuk Menghilangkan Jerawat

Nah, setelah anda mengetahui berbagai cara menghilangkan jerawat dengan sayuran, maka anda juga harus memperhatikan tips berikut ini sehingga cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan sayuran yang anda lakukan dapat bekerja secara maksimal dan jerawat anda menghilang dengan waktu yang singkat. Berikut tips menggunakan sayuran untuk menghilangkan jerawat.

  • Selalu Cuci Sayuran Sebelum Digunakan. Tips yang paling penting sebelum anda mulai mengoleskan sayuran ke area kulit anda yang terkena jerawat adalah cucilah sayuran yang akan anda gunakan terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir. Mengapa harus dicuci? Sayuran yang kita beli biasanya akan mengandung pestisida dan bakteri. Nah, jika anda tidak mencucinya terlebih dahulu, maka nanti bakteri pada sayuran justru akan berpindah ke kulit anda dan dapat menjadi penyebab jerawat batu.
  • Olah Sayuran Dengan Cara Mengkukus. Jika anda ingin mengobati jerawat anda dengan cara mengkonsumsi sayuran, maka hal yang sebaiknya anda lakukan adalah mengolah sayuran dengan cara mengkukusnya. Nah, mengapa harus dikukus? Karena dengan cara mengkukus sayuran, maka nutrisi yang terkandung pada sayuran tidak akan hilang. Jika anda merebus atau menggoreng sayuran dalam waktu tertentu, maka sayuran tersebut akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda dan anda tidak akan mendapat manfaat dari sayuran yang anda konsumsi.
  • Campurkan Sayuran Pada Setiap Makanan. Nah, jika anda bukan merupakan seseorang yang menyukai sayuran, maka cara yang paling ampuh agar anda dapat mengkonsumsi sayuan adalah dengan mencampurkannya ke makanan favorit anda. Dengan mencampurkan salah satu dari kesepuluh sayuran diatas ke dalam makanan favorit, maka aroma sayuran tidak akan terlalu kuat dan tidak terlalu terasa di mulut anda. Sayang sekali jika anda tidak merasakah manfaat dari sayuran ini, karena sayuran merupakan makanan penghilang jerawat.
  • Variasikan Cara Konsumsi Sayuran. Tidak dapat dipungkiri jika mengkonsumsi sayuran dengan metode yang sama secara terus menerus akan berpotensi membuat anda bosan dan merasa tidak tahan dengan rasa sayuran tersebut. Nah, untuk menyiasatinya, sebaiknya anda memvariasikan cara mengkonsumsi sayuran yang anda pilih. Sesekali gunakan sayuran sebagai pelengkap masakan yang anda buat, dan cobalah sesekali menjadikan sayuran tersebut sebagai jus dan campurlah dengan madu sehingga anda tidak akan bosan. Sayuran ini merupakan cara mencegah jerawat dengan bahan alami yang akan memberikan banyak manfaat untuk anda.

Baca Juga Artukel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi cara menghilangkan jerawat dengan sayuran beserta tips menggunakan sayuran untuk menghilangakn jerawat. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 18th, July 2016 / 03:24 Oleh :
Kategori : Pengobatan