Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Badan Secara Alami dan Medis

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat pada masa kini memang cukup membuat orang dari berbagai macam kalangan merasakan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa stress, depresi, dan rasa percaya diri yang menurun drastis. Hal tersebut cukup dimaklumi karena memang adanya jerawat di anggota tubuh kita akan mengganggu penampilan kita secara keseluruhan. Mungkin anda sudah mengetahui berbagai penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, serta penyebab jerawat di bagian tubuh semisal wajah, ataupun punggung. Namun apakah anda bertanya-tanya tentang penyebab timbulnya jerawat di badan? Lalu bagaimanakah cara menghilangkan jerawat di badan? Jika anda memiliki pertanyaan tersebut, maka baca artikel ini hingga selesai ya.

Penyebab Munculnya Jerawat di Badan

Sebelum anda mengetahui bagaimana saja cara menghilangkan jerawat di badan, maka pertama-tama ada baiknya anda mengetahui berbagai macam penyebab jerawat di badan. Penasaran apa sajakah penyebabnya? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Produksi Keringat. Sama seperti penyebab timbulnya jerawat di wajah dan penyebab jerawat di punggung, produksi keringat yang berlebihan di badan berperan penting dalam proses pembentukan jerawat. Keringat yang berlebih tentu saja akan membuat kulit anda menjadi lembab dan interaksi antara keringat dan minyak di kulit akan menyumbat pori-pori yang akan menyebabkan jerawat.
  • Kurang Menjaga Kebersihan Badan. Tidak bisa dipungkiri jika salah satu penyebab timbulnya jerawat di badan adalah kurangnya kita menjaga kebersihan badan kita. Mandi paling tidak 2 kali sehari tentu saja sangat bermanfaat untuk menyingkirkan debu menyebabkan jerawat, kotoran, maupun bakteri yang berpotensi menyebabkan jerawat di badan.
  • Memakai Pakaian Yang Tidak Tepat. Salah satu faktor utama lain penyebab timbulnya jerawat di badan adalah pemakaian baju yang tidak tepat. Jika anda menggunakan baju yang terlalu ketat dengan postur tubuh anda dan juga pakaian yang anda kenakan tidak memiliki kemampuan untuk menyerap keringat, maka pori-pori kulit di badan anda menjadi sulit ‘bernapas’ dan interaksi antara keringat dan minyak yang terperangkap di pakaian anda akan menyumbat pori-pori kulit yang akan menimbulkan jerawat di kemudian hari.

Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab timbulnya jerawat di badan, maka anda penasaran bukan bagaimanakah cara menghilangkan jerawat di badan anda? Jika anda belum mengetahuinya, berikut ini merupakan ulasan lengkapnya untuk anda.

1. Aspirin

Aspirin merupakan obat yang biasanya digunakan untuk menurunkan panas maupun demam. Namun, tahukah anda bahwa aspirin ternyata memiliki kemampuan untuk menghilangkan jerawat di badan? Berikut ini manfaat aspirin untuk mengatasi jerawat di kulit anda.

  • Aspirin memiliki kandungan asam salisilat, yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.
  • Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi, yang akan mencegah terjadinya peradangan jerawat dan akan menghindarkan anda dari bahaya infeksi jerawat.

Cara menggunakan aspirin untuk menghilangkan jerawat di badan

  • Siapkan kira-kira 10 butir obat aspirin, kemudian tumbuk obat tersebut sehingga teksturnya menjadi seperti bubuk.
  • Setelah itu, anda dapat mencampurkan bubuk aspirin tersebut ke dalam air, sehingga nantinya teksturnya akan cocok digunakan sebagai masker kulit.
  • Oleskan campuran aspirin dan air tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit, kemudian cuci kulit anda dengan menggunakan air dingin dan jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.
  • Untuk hasil maksimal, anda dapat menggunakan masker aspirin ini paling tidak 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

2. Tomat

Tomat selain sangat lezat dijadikan sebagai lalapan dalam makanan, juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengatasi berbagai masalah jerawat di kulit anda, termasuk jerawat yang terdapat di anggota badan anda. Nah, berikut ini beberapa manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat anda serta cara mengatasi jerawat dengan tomat.

  • Tomat mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta Vitamin B kompleks yang akan bermanfaat untuk membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat dan menyehatkan kulit anda secara keseluruhan.
  • Tomat dapat memperbaiki kerusakan kulit hingga ke level sel, sehingga tomat ini dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga bekas jerawat di kulit anda.

Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat di badan

  • Siapkan 2 buah tomat, kemudian letakkan di blender dan blender buah tomat tersebut hingga halus.
  • Kemudian, anda tinggal mengoleskan saja tomat yang telah diblender tersebut ke area kulit di badan anda yang terkena jerawat.
  • Diamkan beberapa saat, kurang lebih selama 20 menit, kemudian segera cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker tomat ini setiap hari sekali secararutin, hingga jerawat menghilang dari kulit anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

ads

3. Lemon

Lemon memang telah dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang cukup banyak dan sangat menyegarkan ketika dikonsumsi. Namun ternyata disamping itu lemon menyimpan berbagai macam manfaat untuk menyehatkan kulit anda. Nah, berikut ini manfaat lemon untuk jerawat anda.

  • Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tingi, yang tentu saja membuat lemon dapat memicu produksi kolagen secara alami. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah akan menghaluskan kulit serta mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  • Lemon merupakan agen pencerah alami yang akan mempercepat proses penyamaran bekas jerawat, serta menyehatkan kulit anda secara keseluruhan.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat di badan

  • Anda perlu menyiapkan 1 buah lemon, kemudian juga siapkan sedikit air bersih.
  • Campurkan perasan lemon ke dalam air bersih tersebut, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Setelah itu, oleskan campuran antara lemon dan air tersebut ke area kulit di badan anda yang terkena jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan masker lemon ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat

4. Putih Telur

Selama ini tentu saja kita mengenal bahwa telur merupakan sumber pangan yang sangat digemari karena praktis dan juga lezat. Nah, selain sebagai sumber pangan, telur terutama bagian putihnya memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan masalah jerawat di kulit kita. Berikut ini merupakan beberapa manfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan juga cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur:

  • Putih telur memiliki sifat eksfoliate, dimana hal ini membuat putih telur akan sangat bermanfaat untuk mengangkat debu, kotoran, maupun sel kulit mati yang menumpuk di kulit, sehingga akan menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat.
  • Putih telur memiliki senyawa bernama albumin yang berperan sebagai anti-bakteri dan abti-virus, yang membuat putih telur ini akan ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan jerawat di badan

  • Siapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan bagian kuningnya dan juga bagian putihnya.
  • Gunakan bagian putih telurnya saja, dimana anda dapat mengoleskannya ke area kulit di badan anda yang terkena jerawat.
  • Biarkan putih telur tersebut meresap di kulit anda hingga mengering. Jika sudah mengering, maka segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker putih telur ini sehari sekali secara rutin hingga jerawat di kulit anda memudar.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Putih Telur

5. Campuran Gula dan Madu

Mungkin selama ini anda menganggap bahwa kedua bahan ini hanya dapat digunakan sebagai bahan pemanis, namun tahukah anda bahwa kombinasi dari kedua bahan ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah jerawat yang muncul di badan anda? Nah, berikut ini merupakan manfaat gula untuk menghilangkan jerawat dan manfaat masker madu untuk jerawat di kulit anda.

  • Gula memiliki tekstur seperti scrub yang akan mengangkat sel-sel kulit mati di kulit anda, sehingga akan membuat jerawat di badan anda akan semakin mudah diobati.
  • Madu memiliki sifat osmosis dan akan memicu produksi hidrogen peroksida, sehingga akan bermanfaat untuk membunuh berbagai macam bakteri penyebab jerawat dan juga akan menyembuhkan jerawat anda secara cepat.

Cara menggunakan campuran madu dan gula untuk menghilangkan jerawat di badan

  • Pertama anda perlu mempersiapkan madu dan juga gula pasir. Kemudian campurkan 1 sendok teh gula pasir dengan 1 sendok teh madu murni, kemudian aduk hingga campuran tersebut merata.
  • Setelah itu anda dapat mengoleskan campuran gula dan madu ini ke area kulit di badan anda yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama beberapa saat hingga campuran ini mengering, kemudian segera bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat mengoleskan campuran madu dan gula ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Madu

6. Menggunakan Sabun Antibakteri

Salah satu faktor utama mengapa jerawat bisa tumbuh di badan adalah karena kurangnya anda menjaga kebersihan tubuh anda sendiri. Oleh karena itu, ketika anda mendapati jerawat di badan anda, maka anda dianjurkan untuk mengganti sabun anda dengan sabun yang memiliki kandungan antibakteri. Dengan menggunakan sabun antibakteri, maka berbagai macam faktor penyebab jerawat batu maupun jerawat lain di badan seperti keringat, debu, maupun bakteri penyebab jerawat dapat teratasi dengan maksimal. Ada baiknya anda menggunakan sabun antibakteri yang mengandung asam salisilat sehingga dapat membuang minyak berlebih di badan anda.

Selain itu, ada faktor lainnya yang bisa anda lakukan sembari mengaplikasikan sabun antibakteri ini, yaitu air yang anda gunakan untuk mandi. Ketika anda mandi, maka lebih dianjurkan jika anda menggunakan air yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin sehingga tidak akan memperparah kondisi jerawat di badan anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alkohol 70%

7. Melakukan Scrub

Salah satu hal yang juga dapat lakukan untuk mengilangkan jerawat di badan adalah dengan melakukan scrub secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Nah, sebenarnya apa sih manfaat melakukan scrub ini? Jadi, scrub merupakan suatu cara yang berfungsi untuk mengelupas sel-sel kulit yang telah mati, sehingga tidak akan menutupi jerawat di badan anda dan hasilnya, jerawat akan menjadi lebih mudah disembuhkan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat di punggung dan di badan.

Namun, yang perlu diingat adalah bahwa anda tidak dianjurkan untuk melakukan scrubbing terlalu sering karena akan menimbulkan iritasi dan kulit kemerahan pada area kulit anda. Oleh karena itu, ada baiknya ketika anda mendapati jerawat di area kulit badan anda, scrubbing dilakukan paling tidak 1 minggu sekali. Jangan lupa gunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan anda setelah melakukan scrubbing jika memang tipe kulit anda berminyak.

Baca Juga: Manfaat AHA untuk Kulit Berjerawat

8. Menggunakan Obat Antibiotik

Obat antibiotik tentu saja menjadi salah satu alternatif yang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat di badan anda. Sekarang ini, banyak obat antibiotik dan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik, sehingga anda tidak perlu susah-susah mencari obat untuk menghilangkan jerawat di badan anda.

Yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membeli obat antibiotik untuk mengobati jerawat adalah komposisi antibiotik tersebut. Ada baiknya anda memilih antibiotik yang memiliki kandungan benzoil peroksida karena kandungan tersebut sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, serta tidak terlalu mengiritasi kulit anda. Selain itu, memilih antibiotik dengan kandungan asam salisilat juga dianjurkan, karena asam salisilat akan mempercepat proses pengempisan jerawat dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat parah.

Baca Juga: Bahaya Antibiotik Jerawat

Sponsors Link

9. Mandi Yang Bersih

Tidak dapat dipungkiri jika salah satu alasan terbesar mengapa jerawat bisa timbul di kulit tubuh anda adalah kurangnya anda menjaga kebersihan diri anda. Nah, langkah pasti yang harus anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di tubuh adalah dengan mandi yang bersih, 2 kali dalam sehari.

Ketika anda selesai berolahraga atau melakukan aktivitas berat yang membuat anda mengeluarkan keringat yang banyak, maka segera mandi untuk menyingkirkan keringat berlebih dari tubuh anda. Keringat yang berlebih berpotensi besar menyumbat pori-pori kulit anda, yang tentu saja akan berujung pada timbulnya jerawat.

Selain mandi 2 kali sehari, hal lain yang patut diperhatikan sebagai cara menghindari jerawat adalah anda harus mandi dengan cara yang benar, sehingga keringat, debu, kotoran, maupun bakteri yang menempel di tubuh anda dapat tersingkirkan dengan maksimal. Akan lebih baik hasilnya jika anda membersihkan setiap jengkal tubuh anda dengan menggunakan sabun antibakteri yang telah dijelaskan pada poin diatas.

Baca Juga: Manfaat Nuriskin Untuk Kulit Jerawat

10. Menggunakan Pakaian Yang Tepat

Pakaian yang anda kenakan juga merupakan salah satu faktor penting untuk membantu mempercepat proses penghilangan jerawat atau justru akan memperparah jerawat di tubuh anda. Agar jerawat di tubuh anda menjadi semakin cepat menghilang dan tidak bertambah parah, maka anda dapat menggunakan pakaian yang memiliki bahan kain yang lembut dan juga dapat menyerap keringat. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, karena hal itu justru akan memperparah jerawat anda.

Selain itu, sering-seringlah mengganti pakaian jika anda tidak ingin jerawat di tubuh anda bertambah parah. Paling tidak anda 1 kali mengganti pakaian dalam 1 hari. Hal ini dikarenakan pakaian yang diapakai secara terus menerus sangat rentan telah tertempel debu, kotoran, maupun bakteri disaat kita menjalani aktivitas sehari-hari sehingga tentu saja akan membuat jerawat di tubuh kita akan meradang. Jika sudah begitu, aplikasikan langkah cara mengatasi jerawat meradang dan gunakan obat jerawat meradang.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

Tips Mempercepat Penyembuhan Jerawat di Badan

Nah, setelah anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan jerawat di badan yang telah tertera diatas, sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam tips yang bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penghilangan jerawat di badan anda. Apa sajakah tips-tips tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

  • Minum Air Putih Yang Cukup. Walaupun kedengarannya sepele, namun meminum air putih yang cukup setiap hari dapat mempercepat penyembuhan jerawat di badan, lho. Hal ini dikarenakan dengan meminum air putih yang cukup, maka tubuh kita akan mendetoksifikasi racun dan darah kotor yang ada dalam tubuh kita, sehingga air putih akan membantu proses penghilangan jerawat di badan dari dalam. Selain itu, minum air putih yang cukup juga akan mengontrol produksi minyak di badan dan dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.
  • Mandi Secara Teratur. Ini juga merupakan hal sepele namun dapat memberikan dampak yang signifikan untuk mempercepat proses penghilangan jerawat di badan. Mandi secara teratur 2 kali sehari tentu saja akan membuat kulit anda terbebas dari debu, kotoran, maupun bakteri penyebab jerawat yang dapat menimbulkan peradangan jerawat di badan anda. Kombinasikan dengan penggunaan sabun antibakteri untuk hasil yang maksimal.
  • Makan Makanan Yang Tepat. Ketika anda memiliki jerawat di badan anda, maka anda harus mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu, hindari makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus, seperti makanan berminyak, makanan bersantan dan pedas, serta junkfood karena makanan tersebut akan meningkatkan produksi minyak di kulit anda.

Baca Juga:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui berbagai macam cara menghilangkan jerawat di badan anda beserta tips-tips untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat di badan anda. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 03rd, July 2016 / 09:41 Oleh :
Kategori : Pengobatan