Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Kepala Secara Alami

Sponsors Link

Masalah jerawat memang merupakan masalah yang umum ditemui oleh semua orang dari berbagai generasi dan juga, jerawat ini dapat menyerang bagian kulit manapun, mulai dari wajah, punggung, hingga di kulit kepala anda. Nah, jerawat yang berada di kulit kepala akan menyebabkan rasa gatal dan lebih sulit ditangani karena biasanya tertutupi oleh rambut kita. Sebelum anda melihat bagaimana cara menghilangkan dan cara mengindari jerawat di kulit kepala, maka lebih dulu akan dijelaskan berbagai penyebab jerawat di kulit kepala anda.

Sponsors Link

Penyebab Munculnya Jerawat di Kulit Kepala

Nah, sebenarnya apa sajakah hal-hal yang menyebabkan munculnya jerawat di kulit kepala kita? Tentu saja akar masalahnya berbeda dengan masalah munculnya ketombe atau rambut rontok. Berikut ini merupakan penjelasannya.

  • Penyumbatan Folikel Kulit

Hal pertama sekaligus faktor yang sangat umum terjadi dimana jerawat di kulit kepala bisa timbul adalah karena penyumbatan di folikel kulit. Kelenjar folikel rambut memiliki fungsi untuk menghasilkan minyak untuk melembabkan kulit kepala anda secara alami. Namun, sel kulit kepala yang mati akan membuat minyak ini menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

  • Stress yang Berlebihan

Sama seperti penyebab jerawat di hidung dan penyebab jerawat di punggung, salah satu faktor utama yang menjadi faktor timbulnya jerawat pada kulit kepala adalah karena faktor stress yang berlebihan. Stress dapat menyebabkan gangguan pada sistem produksi hormon dan juga dapat memperbanyak produksi minyak di kulit kepala yang nantinya dapat menyumbat pori-pori dan menimbukan jerawat di kulit kepala anda.

  • Kurang Menjaga Pola Makan

Faktor lainnya yang juga dapat memicu tumbuhnya jerawat di kepala adalah karena pola makan yang sembarangan. Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, kemudian makanan yang berminyak dan juga pedas, serta makanan junk food harus anda batasi konsumsinya mengingat makanan tersebut dapat merangsang produksi minyak berlebih di kulit anda, termasuk di kulit kepala anda.

Baca Juga: Makanan Penghilang Jerawat dan Makanan Penyebab Jerawat di Wajah Muncul Terus

Setelah anda mengetahui berbagai macam hal yang sangat berpengaruh dalam pembentukan jerawat di kulit kepala anda, maka sekarang saatnya akan disampaikan berbagai macam cara menghilangkan jerawat di kepala secara ampuh, baik dengan bahan alami maupun dengan obat-obatan medis.

1. Dengan Menggunakan Buah Lemon

Cara alami pertama yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala adalah dengan menggunakan buah lemon. Manfaat lemon untuk jerawat memang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya.

Mengapa buah lemon sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di kepala?

  • Lemon memiliki sifat antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kepala.
  • Lemon kaya akan kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada jerawat di kulit kepala.
  • Kandungan asam salisilat dalam lemon akan berperan sebagai peeling alami yang sangat bermanfaat untuk menyingkirkan jerawat di kulit kepala anda.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat di kepala?

  • Siapkan beberapa buah lemon, kemudian peras lemon tersebut dan campurkan dengan air.
  • Kemudian, siramkan campuran perasan lemon dan juga air tersebut ke bagian kulit kepala anda yang mengalami jerawat. Diamkan selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, bilas kulit kepala anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan lemon ini secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat dan Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat

ads

2. Dengan Menggunakan Bawang Putih

Cara alami kedua yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di kepala adalah dengan menggunakan bawah putih. Manfaat bawang putih untuk jerawat yang membandel, termasuk di kepala, juga sudah tak diragukan lagi keampuhannya.

Mengapa bawang putih sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat d kepala?

  • Bawang putih terkenal memiliki sifat anti-bakteri, anti-fungal, dan anti-septik sehingga tidak diragukan lagi bahwa bawang putih dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika.
  • Bawang putih memiliki suatu komponen sulfur bernama thiacremonon, dimana komponen ini memiliki khasiat dan manfaat untuk mengeringkan jerawat secara cepat dan mengusir bekas jerawat di kulit kepala secara cepat.
  • Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah peradangan dalam jerawat di kulit kepala.

Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat di kepala?

  • Pertama-tama, anda siapkan beberapa siung bawnag putih, kemudian tumbuk hingga bawang putih tersebut menjadi halus.
  • Setelah halus, ambil tumbukan bawang putih tersebut dan kemudian pijatkan di kulit kepala anda yang terkena jerawat secara tipis-tipis. Biarkan selama 10 menit saja.
  • Setelah 10 menit, kemudian langsung bilang rambut anda dengan shampo.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan bawang putih ini secara rutin sekali setiap hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih dan Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

3. Dengan Menggunakan campuran Tee Tree Oil dan Minyak Zaitun

Cara alami ketiga yang dapat anda gunaan untuk menghilangkan jerawat di kepala anda adalah dengan mnggunakan campuran tee tree oil dan minyak zaitun.

Mengapa campuran tee tree oil dan minyak zaitun dapat menghilangkan jerawat di kulit kepala?

  • Tee tree oil memiliki kandungan antibakteri melalui senyawa yang bernama terpinen-4-ol yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kepala anda.
  • Kandungan antibakteri tee tree oil sangat bermanfaat untuk mengatasi segala jenis jerawat, mulai dari jerawat biasa hingga jerawat batu sehingga tanpa diragukan lagi tee tree oil dapat menghilangkan jerawat di kepala anda.
  • Minyak zaitu merupakan sumber antioksidan yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk menangkal radikal bebas dan mencegah peradangan jerawat di kepala anda.

Cara menggunakan campuran tee treeoild dan minyak zaitun untuk menghilangkan jerawat di kepala?

  • Pertama, anda harus mencampurkan campuran tee tree oil dan minyak zaitun ini dengan takaran perbandingan yang sama.
  • Kemudian gunakan campuran ini pada kulit kepala anda yang terkena jerawat sambil pijat kulit kepala anda secara lembut. Setelah itu diamkan selama 2 jam.
  • Setelah 2 jam, segera bilas dengan air bersih. Jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk wajah berjerawat.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka selalu gunakan campuran ini secara rutin sekali setiap hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

4. Dengan Menggunakan Campuran Madu dan Kayu Manis

Cara alami keempat yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala adalah dengan menggunakan campuran madu dan kayu manis. Cara menghilangkan jerawat dengan madu dan kayu manis ternyata sangat bermanfaat bagi jerawat membandel yang timbul di kepala.

Mengapa campuran madu dan kayu manis dapat menghilangkan jerawat di kepala?

  • Madu memiliki sifat osmosis yang dapat menstimulasi pelepasan hidrogen peroksida, sebuah antiseptik yang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Sifat asam dari madu akan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan dapat mencegah peradangan bakteri penyebab jerawat.
  • Kayu manis memiliki kandungan senyawa bernama cinammaldehyde dan proanthocyanidin yang sangat bermanfaat sebagai agen anti-bakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit kepala.

Cara menggunakan campuran madu dan kayu manis untuk menghilangkan jerawat di kepala?

  • Pertama, anda perlu untuk menyiapkan ramuan yang terdiri dari 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan kayu manis.
  • Kemudian, aplikasikan campuran tersebut ke kulit kepala anda yang terkena bekas jerawat, kemudian pijat kulit kepala anda dengan menggunakan campuran tersebut, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, maka anda dapat membilas kulit kepala anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Madu dan Manfaat Masker Madu untuk Jerawat dan Cara Membuatnya

5. Dengan Menggunakan Benzoil Peroksida

Cara kelima yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala anda adalah dengan menggunakan obat antibiotik yang mengandung benzoil peroksida. Jadi, benzoil peroksida merupakan bahan umum yang biasanya terdapat pada gel maupun cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik.

Benzoil peroksida ini akan sangat efektif dalam membasmi bakteri yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah dan juga dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang terdapat pada kulit kepala anda.

Namun, jangan terlalu sering mengaplikasikan obat yang mengandung benzoil peroksida ini karena:

  • Benzoil Peroksida dapat memicu pemutihan rambut lebih cepat daripada biasanya.
  • Benzoil Peroksida dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, dan kulit mengelupas bagi anda yang memiliki kulit kepala yang sensitif.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

6. Dengan Menggunakan Asam Salisilat

Cara keenam yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan jerawat di kulit kepala anda adalah dengan menggunakan asam salisilat. Bukan rahasia lagi jika asam salisilat merupakan salah satu bahan yang cukup umum ditemui dalam komposisi obat jerawat antibiotik dalam bentuk gel. Asam salisilat ini memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit dan juga dapat mempercepat proses pengeringan dan pengecilan jerawat yang terdapat di kulit kepala anda. Namun, yang perlu dicatat adalah asam salisilat ini memiliki sensasi yang menyengat ketika diaplikasikan di kulit anda.

Baca Juga: Manfaat Amoxicilin untuk Jerawat dan Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

7. Dengan Menggunakan Retinoid

Cara ketujuh yang juga ampuh untuk anda gunakan sebagai penghilang jerawat di kulit kepala adalah dengan menggunakan retinoid. Kandungan retinoid biasanya terdapat di obat-obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Retinoid sendiri merupakan suatu kandungan yang berasal dari Vitamin A dan retinoid ini memiliki manfaat untuk mencegah penyumbatan folikel di rambut yang menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala. Sebagai permulaan, anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala anda yang terkena jerawat selama 3 kali dalam seminggu.

8. Dengan Menggunakan Dapsone

Cara kedelapan yang juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel di kulit kepala adalah dengan menggunakan dapsone. Dapsone biasanya dapat ditemukan dalam bentuk obat-obat antibiotik yang berbentuk gel yang biasanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Dapsone merupakan suatu gel antibiotik yang memiliki manfaat untuk membunuh bakeri penyebab jerawat di kulit secara cepat dan selalu menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan juga tidak tersumbat. Biasanya, dapsone ini akan dikombinasikan dengan retinoid agar manfaat keduanya dapat bersatu dan dapat menghilangkan jerawat di kulit kepala secara mudah. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa gel dapsone ini terkadang dapat menyebabkan iritasi bagi anda yang memiliki kulit nan sensitif.

Baca Juga: Bahaya Penggunaan Antibiotik Jerawat

Sponsors Link

 9. Dengan Menggunakan Sulfur

Cara kesembilan yang juga ampuh untuk menghilangkan jerawat nan membandel di kulit kepala anda adalah dengan menggunakan sulfur. Dewasa ini, sudah banyak produk-produk kesehatan yang dijual bebas di pasaran yang mengandung sulfur, seperti obat-obat antibiotik hingga sabun wajah.

Nah, sabun wajah yang mengandung sulfur ini patut untuk dijadikan sumber pengobatan bagi jerawat membandel yang terdapat di kulit kepala karena sabun sulfur ini memiliki khasiat untuk menghilangkan sel kulit mati dan menghindarkan kulit anda dari minyak berlebih sehingga jerawat anda akan semakin cepat mengempis dan menghilang. Yang patut dicatat adalah bahwa sabun sulfur ini biasanya tidak memiliki bau yang seharum sabun pada umumnya.

10. Dengan Menggunakan Obat Antibiotik Oral

Cara kesepuluh dan juga cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel di kulit kepala anda adalah dengan menggunakan obat antibiotik oral. Untuk mendapatkan antibiotik oral ini, anda tentu saja harus meminta persetujuan dan resep dari dokter kepercayaan anda. Obat antibiotik yang diminum secara oral biasanya bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam tubuh.

Pada umumnya, dokter anda akan meresepkan obat antibiotik oral yang bernama tetrasiklin, minosiklin, and doksisiklin. Namun, seperti obat-obat antibiotik pada umumnya, anda bisa saja akan mengalami beberapa efek samping seperti iritasi kulit. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter anda sebelum anda memulai untuk menggunakan obat antibiotik oral ini.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Tips Mencegah Munculnya Jerawat di Kulit Kepala

Setelah anda mengetahui berbagai cara untuk menghilangkan jerawat membandel di kepala anda, baik secara alami maupun dengan metode pengobatan medis, maka saat ini akan disampaikan berbagai macam tips yang sangat bermanfaat untuk menghindari munculnya jerawat di kulit kepala anda di kemudian hari.

  • Gunakan Produk Shampo Setiap Hari

Bagi sebagian orang, kegiatan menyampo rambut mungkin lebih baik dilakukan 2 hari sekali, dan kegiatan tersebut benar adanya dan tidak salah. Namun, ketika anda mendapati jerawat pada kepala anda, maka ada baiknya jika anda menggunakan shampo setiap hari sehingga kulit kepala maupun folikel rambut anda akan terhindar dari minyak berlebih yang berpotensi menyumbat folikel rambut dan akhirnya, timbulah jerawat di kulit kepala anda.

  • Hindari Penggunaan Kondisioner Rambut

Kondisioner rambut memang memiliki manfaat yang sangat ampuh dalam menjaga kecantikan rambut dan kesehatan kulit kepala anda secara keseluruhan. Namun, ketika anda mendapati jerawat membandel muncul di kulit kepala anda, maka anda sebaiknya menghentikan penggunakan kondisioner untuk sementara waktu karena kondisioner dapat melembabkan kulit, yang tentu saja akan menambah produksi minyak pada folikel rambut anda yang berpotensi mengalami penyumbatan dan timbulah jerawat membandel di kulit kepala anda.

  • Perhatikan Penggunaan Gel Rambut atau Pomade

Tips selanjutnya yang juga akan sangat bermanfaat untuk menghindarkan anda dari munculnya jerawat membandel di kulit kepala anda adalah dengan memperhatikan penggunaan gel rambut dan pomade. Sebenarnya tidak masalah jika anda memilih untuk menggunakan gel rambut atau pomade, namun yang harus anda catat adalah bahwa hanya aplikasikan gel rambut dan pomade pada helai rambut anda dan sebisa mungkin jangan mengenai kulit kepala anda mengingat hal ini dapat memicu penyumbatan pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat di kulit kepala anda.

  • Segera Cuci Rambut Anda Setelah Menggunakan Penutup Kepala

Cara lainnya yang juga dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit kepala anda adalah dengan segera mencuci rambut setelah menggunakan penutup kepala, entah itu topi ataupun helm. Biasanya, ketika anda menggunakan topi atau helm, kulit kepala anda tidak dapat bernafas dan mengeluarkan minyak berlebih. Selain itu, ketika minyak pada folikel ini tercampur dengan biang keringat, maka akan terbentuk jerawat membandel di kulit kepala akibat adanya jamur. Oleh karena itu, sesaat setelah anda menggunakan topi atau helm, segera cuci rambut anda.

  • Sisir Rambut Anda Setiap Hari

Tips terakhir yang juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit kepala anda adalah dengan selalu menyisir rambut anda setiap hari. Hal ini karena menyisir rambut dapat mengelupaskan sel kulit mati dan melepaskan helai rambut anda yang menyatu dengan minyak di kulit kepala. Hal ini tentunya akan mencegah penyumbatan pori-pori di kulit kepala yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat membandel.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui berbagai hal yang perlu anda ketahui mengenai cara menghilangkan jerawat di kulit kepala, baik secara alami dan dengan pengobatan medis, serta juga tips yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit kepala anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 16:55 Oleh :
Kategori : Pengobatan