Sponsors Link

7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Karena Alergi

Sponsors Link

Jerawat muncul dapat dikarenakan berbagai sebab, salah satunya karena alergi. Alergi yang timbul merupakan respon tubuh yang tidak dapat menerima senyawa terntentu sehingga menimbulkan peradangan. Alergi bisa jadi merupakan penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya tidak boleh secara sembarangan. Ini dikarenakan agar reaksi alergi tidak menyebar ke bagian kulit yang lain.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Karena Alergi

  1. Makanan

Beberapa jenis hidangan tertentu bisa jadi merupakan makanan penyebab jerawat jerawat di wajah muncul terus. Ada baiknya, konsumsi makanan seperti ini harus dihentikan sementara waktu hingga jerawat sembuh. Hal ini dilakukan demi mencegah jerawat karena alergi berkembang. Gantilah makanan tersebut paling tidak dengan mengkonsumsi buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh agar jerawat tidak berkembang.

  1. Pengobatan

Beberapa jenis pengobatan tertentu kadang memberikan efek samping berupa alergi. Hal ini biasanya berkaitan dengan reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh sewaktu menerima obat. Jika tubuh tidak bisa merespon obat dengan baik, maka salah satu efek buruk yang muncul adalah alergi. Alergi dapat menimbulkan apa saja, namun umumnya lebih menyerang pada daerah kulit seperti jerawat.

  1. Kosmetik

Bahan dalam kosmetik biasanya terbuat dari bahan kimia sehingga dapat menyebabkan alergi. Reaksi alergi akan terus berlanjut jika penggunaan kosmetik tidak dihentikan. Namun jika bersikeras untuk menggunakan kosmetik, carilah daftar kosmetik untuk wajah berjerawat. Penggunaan kosmetik khusus ini akan meminimalisir jerawat yang timbul karena alergi. Selain itu, wajah akan tetap maksimal dengan kosmetik khusus ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Karena Alergi

  1. Menggunakan Bahan Alami

Penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat sudah terbukti dan minim resiko. Bahan tradisional dapat digunakan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat. Selain mengatasi jerawat, bahan tradisional juga dapat digunakan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami. bahan tradisional juga berperan sebagai pembersih wajah alami dan cara menggunakannya terbilang sangat mudah. Walaupun tidak semudah menggunakan antibiotik atau krim.

  1. Menggunakan Antibiotik

Penggunaan antibiotik untuk menghilangkan jerawat karena alergi sangat membantu. Antibiotik selain mengatasi jerawat juga akan mengatasi alergi dari dalam tubuh. namun penggunaan antibiotik harus berdasarkan pada saran petugas medis tersebut dikarenakan antibiotik mempunyai resiko dan bahaya yang dapat ditimbulkan. Salah satu bahaya antibiotik jerawat yang bisa timbul adalah sistem pencernaan yang terganggu.

  1. Menggunakan Cream

Untuk beberapa orang yang kesulitan menggunakan pengobatan antibiotik oral, penggunaan krim untuk menghilangkan jerawat karena alergi sangat dianjurkan. Ada beberapa jenis cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotek dapat digunakan untuk mencegah alergi menyebar. Cream dinilai efektif dalam membantu menyembuhkan jerawat dari luar. Tentunya, penggunaan krim juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang tepat. Mengkonsumsi jenis makanan penghilang jerawat akan sangat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi Obat Allergen

Berbeda dengan antibiotik untuk jerawat. Obat allergen penggunaannya lebih dikhususkan untuk meredakan alergi. Misalnya, jika alergi yang terjadi karena mengkonsumsi telur, maka jenis obat yang diperlukan juga berbeda. Dokter mungkin akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat allergen sekaligus antibiotik jerawat secara bersamaan. Dalam beberapa kondisi, alergi pada orang dewasa menjadi salah satu penyebab jerawat di usia 40 muncul.

  1. Mengkonsumsi Vitamin E

Pada saat ini, produk yang menggunakan bahan dasar vitamin E bisa ditemukan dengan berbagai bentu. Beberapa bentuk vitamin E seperti kaspsul, krim, dan suplemen dibuat untuk memudahkan penggunaan. Salah satu produk yang berbahan dasar vitamin E adalah natur E. Manfaat natur E untuk menghilangkan bekas jerawat sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Dan hasilnya memang terbukti efektif dalam menghilankan jerawat karena alergi.

  1. Menghentikan Konsumsi Makanan Allergen

Jika penyebab alergi dikarenakan konsumsi makanan, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini untuk sementara waktu. Beberapa jenis hidangan dapat berkontribusi sebagai makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus. Oleh karenanya, langkah pertama untuk menghilangkan jerawat karena alergi adalah dengan menghentikan konsumsinya. Gantilah dengan jenis mengkonsumsi makanan penghilang jerawat.

  1. Menghentikan Penggunaan Kosmetik

Kosmetik bisa berfungsi untuk mengembalikan kepercayaan diri yang hilang akibat jerawat. Namun disisi lain, kosmetik justru dapat menyebabkan alergi. Hentikan pemakaian kosmetik jika terjadi reaksi alergi. Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik memerlukan perlakuan khusus daripada jenis jerawat pada umumnya. Ini dikarenakan kosmetik biasanya menggunakan campuran bahan kimia sebagai campurannya.

Sponsors Link

Cara Mencegah Jerawat Karena Alergi

  1. Hindari Zat Allergen

Zat allergen bisa berasal dari mana saja, namun umumnya yang berbahan dasar kimia. Meskipun begitu, beberapa bahan alami juga terkadang dapat memicu reaksi alergi muncul. Selain itu, beberapa orang juga memiliki reaksi buruk terhadap jenis makanan tertentu atau kondisi tertentu. Oleh karenanya, mengetahui zat allergen merupakan langkah awal dalam mengatisipasi munculnya jerawat karena alergi.

  1. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup yang sehat merupakan cara menghindari jerawat karena alergi. Cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat yaitu dengan merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik, salah satu contohnya adalah konsumsi makanan sehat. Selain menjaga tubuh, makanan sehat akan mencegah kemungkinan terkena jerawat. Beberapa jenis makanan seperti buah juga mempunyai fungsi mencegah jerawat datang.

  1. Menjaga Kebersihan

Kegiatan seperti ini dapat dimaksudkan sebagai cara mencegah jerawat datang kembali secara alami. Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan cara mencuci muka secara rutin. Cara ini juga tidak bisa dilakukan secara asal, cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat jelas akan menghindarkan dari jerawat muncul lagi. Selain menjaga kebersihan wajah, kebersihan tangan juga harus dijaga, karena bakteri dari tangan acapkali menjadi penyebab jerawat.

 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, April 2016 / 23:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan