Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Jerawat Remaja Laki-laki Secara Alami dan Cepat

Advertisement

Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang seringkali diderita oleh manusia. Jerawat ini paling sering menyerang kepada mereka yang berusia remaja atau yang tengah mengalami masa- masa puberitas. Jerawat muncul sebagai benjolan yang mirip dengan bisul yang terkadang berisi nanah atau darah. Keberadaan jerawat ini sangatlah mengganggu. Selain mengganggu penampilan, jerawat ini juga terkadang terasa sakit bila disentuh.tidak hanya penampilan fisik saja yang terganggu akibat adanya jerawat ini, namun juga gangguan psikis juga dapat timbul akibat jerawat ini. Beberapa gangguan psikis yang timbul akibat adanya jerawat adalah kurangnya rasa percaya diri dan juga datangnya rasa minder, sehingga cenderung menutup diri. Jerawat meskipun terkadang dianggap sebagai hal yang sepele, namun sangatlah besar pengaruhnya, terutama bagi wanita atau perempuan yang masih berusia remaja.

Jerawat pada Remaja

Jerawat ini bisa menyerang siapa saja dan di usia berapa saja. Jerawat tidak hanya menyerang wanita saja namun juga laki- laki. Jerawat juga tidak hanya menyerang mereka yang sedang dalam masa pubertas saja namun juga dapat menyerang usia berapa saja. Bahkan terkadang bisa menyerang anak- anak dan juga orang yang sudah berumur, meskipun intensitasnya lebih jarang daripada mereka yang remaja. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya jerawat ini bisa memberikan dampak psikis pada orang yang mengalaminya, yakni tidak percaya diri dan juga cenderung minder. Terutama bagi mereka yang sedang berada di usia remaja.

Salah satu yang sering terjangkit jerawat adalah remaja laki- laki. Banyak remaja laki- laki ini terjangkit oleh jerawat bahkan sejak duduk di bangku sekolah SMP. Biasanya usia belasan memang banyak memakan korban jerawat pada mereka yang merupakan remaja laki- laki. Bahkan jerawat yang menyerang remaja laki- laki bisa saja tidak hanya di sekitar wajah (sperti lazimnya jerawat pada umumnya), namun juga sampai di punggung. Lalu, sebenarnya apa penyebab dari adanya jerawat yang menyerang remaja laki- laki ini?

Penyebab Jerawat Timbul pada Remaja Laki- laki

Jerawat merupakan gangguan kulit yang terjadi dikarenakan adanya kelainan atau tersumbatnya kelenjar minyak kulit. Kelenjar minyak ini berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan minyak dari kulit wajah. Ketika kelenjar minyak ini tersumbat, maka jadilah jerawat. Pada laki- laki, bagian dari tubuh yang seringkali terserang jerawat adalah bagian wajah dan juga punggung.  Secara umum, penyebab imbulnya jerawat pada laki- laki adalah:

  1. Perubahan Hormon

Penyebab utama dan paling banyak timbulnya jerawat adalah karena adanya perubahan hormon. Perubahan yang terjadi pada hormon ini akan membuat atau memproduksi minyak dapat menyebabkan pori- pori tersumbat, bahkan terkadang mengundang pertumbuhan bakteri. Ketika hal seperti ini terus terjadi maka akan menyebabkan kulit menjadi terganggu dan akan membuat jerawat banyak tumbuh pada kulit laki-laki.

ads
  1. Adanya Keringat Berlebihan

Penyebab kedua mudahnya muncul jerawat pada laki- laki adalah adanya keringat yang berlebih. Timbulnya keringat ini akan membuat kulit menjadi mudah terserang keringat. Jerawat- jerawat ini akan mudah menyerang mereka ketika cuaca sedang panas dan tubub mudah berkeringat. Selain karena udara yang panas, jerawat ini juga dapat muncul ketika berkeringat setelah melakukan olahraga. Sehingga bagi Anda yang sering melakukan olahraga dan menimbulkan banyak keringat, suatu kewajaran apabila Anda mudah terjangkit jerawat ini. Jerawat yang mudah timbul karena keringat ini terutama jerawat yang ada di punggung.

  1. Kesalahan dalam mencukur

Sebenarnya kesalahan yang dilakukan ketika mencukur ini bukanlah menjadi salah satu penyebab yang pasti dalam timbulnya jerawat ini. Ketika Anda menemukan ada benjolan yang mirip dengan jerawat yang Anda temukan ketika mencukur, maka itu artinya Anda telah melakukan kesalahan di saat mencukur. Namun sekali lagi ditekankan bahwa hal ini bukanlah menjadi hal yang pasti.

Itulah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah ataupun punggung remaja  laki- laki. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat- jerawat yang biasa menyerang remaja laki- laki ini?

Cara Mengatasi Jerawat pada Remaja Laki- laki

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang timbuh di kalangan remaja laki- laki yang dapat dilakukan. Cara- cara yang dapat dilakukan ini bisa dengan menggunakan bahan- bahan alami atau juga dengan tindakan- tidakan tertentu. yang paling pasti untuk menhindarkan kulit Anda dari serangan jerawat adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit wajah Anda. Anda juga bisa menggunakan berbagai pembersih serta sabun anti jerawat yang banyak ditemukan di toko- toko atau pasaran. Namun dalam menggunakan produk- produk semacam ini, hindarilah pemakaian produk yang mengandung manik- manik atau beads, karena itu akan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Anda bisa membersihkan kulit wajah Anda ini sebanyak dua kali sehari.

Untuk mengatasi adanya jerawat yang ada di wajah remaja laki- laki ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk cara menghilangkan jerawat remaja laki-laki dan perempuan :

  1. Rajin membersihkan wajah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya kunci untuk mengatasi jerawat sekaligus sebagai cara untuk mencegah agar jerawat tidak rajin datang adalah dengan menjaga kebersihan muka. Maka dari Anda harus rajin- rajin membersihkan muka atau wajah Anda. Jerawat ini disebabkan oleh adanya minyak yang berlebihan pada kulit wajah Anda. Membersihkan wajah dapat membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di wajah sehingga bisa hilang. Dalam membarsihkan wajah ini Anda bisa menggunakan sabun atau pembersih- pembersih anti jerawat yang cocok untuk kulit wajah Anda.

Sekedar tips bagi Anda, jika Anda sudah menemukan salah satu sabun yang cocok dengan Anda maka jangan mengganti- ganti sabun Anda dengan merk- merk lain. Hal ini karena sering berganti- ganti sabun akan menimbulkan alergi pada kulit Anda. Bila Anda tidak ingin menggunakan sabun, maka Anda bisa menggunakan air bersih saja. Usahakan untuk memberihkan muka atau wajah ini minimal dua kali sehari. Salah satu waktu yang penting untuk membersihkan muka atau wajah Anda adalah ketika menjelang tidur.

Ads

  1. Perhatikan pola tidur Anda

Tidak hanya kebersihan wajah saja, namun timbulnya jerawat ini juga dipengaruhi oleh pola tidur, khususnya bagi Anda yang berjenis kelamin laki- laki. Usahakan janga kurang tidur dan hindari begadang. Hal ini karena waktu terbaik untuk perawatan kulit adalah mulai tidur pukul 22.00 dan bangun pada pukul 05.00. Pada waktu- waktu tersebut sel kulit sangat aktif untuk mengganti sel- sel kulit yang mati dan juga melakukan rangsangan untuk pembentukan sel kulit yang baru. Khusus bagi Anda yang mempunyai gangguan insomnia, maka Anda perlu mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai hal ini agar mendapatkan saran terbaik yang dapat Anda lakukan.

  1. Perawatan Menggunakan Es Batu

Tahukah Anda bahwasannya es batu dapat membantu menghilangkan jerawat di muka atau wajah? Anda bisa mengoleskan es batu pada jerawat yang munsul pada wajah Anda setiap harinya. Es batu ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat pada remaja laki- laki ini.

  1. Perawatan menggunakan Lidah Buaya

Salah satu bahan alaminyang dapat digunakan untuk perawatan mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Dari dahulu kita mengetahui bahwasannya lidah buaya merupakan bahan alami yang mempunyai banyak sekali manfaat dan juga khasiat. Salah satu fungsi dari lidah buaya adalah mengobati jerawat. Selain memberikan efek dingin pada jerawat Anda sehingga mengurangi rasa sakitnya, lidah buaya ini juga bermanfaat untuk menghilangkan berbagai bekas jerawat yang sering tertinggal di kulit wajah.

Anda bisa menggunakan lidah buaya ini untuk merawat kulit wajah Anda dengan cara mengoleskannya di kulit wajah Anda. Untuk memulai pemakaian lidah buaya ini jangan lupa untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu. Lidah buaya yang dipakai untuk perawatan ini adalah lidah buaya yang berusia muda atau yang berukuran sedang.

  1. Mengoleskan Lemon pada Muka atau Wajah

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan lemon. Kandungan AHA yang terdapat pada lemon cukup ampuh, efektif, dan juga aman bagi kulit wajah Anda. Cara yang dilakukan untuk perawatan kulit wajah menggunakan lemon ini adalah dengan menggunakan air perasan dari lemon tersebut atau menggunakan irisan lemon secara langsung untuk mengoleskannya ke bagian muka atau wajah Anda yang ada jerawatnya.

Lakukan cara ini setidaknya 2 hingga 3 kali setiap minggu. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya tidak semua jenis kulit dapat cocok jikan menggunakan perawatan lemon ini. Jika kulit Anda mengalami iritasi, maka hentikan pengguanaan perawatan lemon pada wajah Anda ini dan segeralah konsultasi pada dokter. Lemon ini juga menyebabkan kulit menjadi kering sehingga Anda perlu seklai untuk membasuh muka hingga lembab setelah mengoleskan lemon pada muka Anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi adanya jerawat pada kulit muka pada Anda remaja laki- laki. Bagi Anda remaja laki- laki yang merasa memiliki muka berjerawat, maka Anda bisa menggunakan tips- tips di atas untuk mengatasi jerawat Anda. Namun jika Anda merasa tidak cocok dan justru mengalami gangguan- gangguan yang lainnya maka segeralah konsultasi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 13th, April 2016 / 08:30 Oleh :
Kategori : Pengobatan