Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional dan Cepat

Advertisement

Jerawat menjadi masalah kulit yang paling tidak disukai oleh semua orang. Tapi jerawat bisa muncul kapan saja dan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Bekas jerawat akan membuat kulit menjadi hitam atau bintik hitam. Setelah itu jerawat akan menghilangkan rasa kepercayaan diri dan membuat orang merasa sangat malu untuk tampil di depan umum. Berbagai cara menghilangkan jerawat banyak dilakukan, seperti perawatan yang dilakukan oleh dokter kecantikan. Tapi tidak semua cara ini bisa berhasil dan terkadang justru membuat masalah baru. Jadi solusinya, apakah Anda pernah mencoba cara tradisional untuk menghilangkan jerawat?

Jenis Perawatan Tradisional untuk Jerawat

Ada berbagai jenis bahan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara tradisional. Anda bisa memanfaatkan bahan sederhana dari dapur atau kebun sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis cara menghilangkan jerawat secara tradisional :

1. Air Jeruk Lemon

cara menghilangkan jerawat secara tradisionalJeruk lemon menjadi bahan yang mudah didapatkan. Anda bisa memakai jeruk lemon untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan jerawat. Khasiat utama jeruk lemon untuk mengobati jerawat adalah karena kandungan bahan antioksidan, flavonoid dan juga vitamin C. Antioksidan bisa mengatasi pembengkakan jerawat yang disebabkan karena serangan zat radikal bebas.

Petunjuk Perawatan

Untuk perawatan wajah berjerawat dengan jeruk lemon bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Pilih jeruk lemon yang masih segar atau baru saja dipetik. Peras jeruk lemon dan ambil airnya untuk bahan masker wajah. Ratakan semua air perasan jeruk lemon ke wajah. Lakukan perawatan ini saat malam hari, karena air jeruk lemon sangat sensitif jika terkena sinar matahari.

2. Pasta Tomat

Tomat adalah bahan yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Jeli tomat mengandung vitamin C dan bahan-bahan antioksidan. Senyawa yang terdapat dalam jeli tomat berkhasiat untuk merawat jerawat denga mencegah peradangan dan mengembalikan ukuran pori-pori. Bahkan cara menghilangkan jerawat secara tradisional dengan tomat bisa mencegah penyebab jerawat muncul terus.

ads

Cara Perawatan

Cara menghilangkan jerawat dengan tomat, gunakan beberapa tomat berukuran sedang dan pilih tomat yang segar tanpa kerak pada kulit. Ambil jeli pada tomat dengan sendok atau peras isi jeli tomat. Terapkan jeli tomat merata ke seluruh wajah. Jeli tomat akan membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. Perawatan berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan sensitif.

3. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai perawatan tradisional untuk berbagai jenis penyakit, termasuk jerawat. Bawang putih mengandung senyawa khusus yang bisa menjadi sumber antioksidan dan juga bahan antibiotik. Selain itu bawang putih menyebabkan semua racun dalam tubuh keluar termasuk ketika jerawat mengalami infeksi atau pembengkakan.

Cara Perawatan

Ambil beberapa siung bawang putih sesuai kebutuhan Anda. Kupas kulit bawang putih dan potong dalam ukuran yang kecil. Gunakan setiap potong bawang putih dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal, maka gunakan satu potongan kecil untuk satu jerawat saja. Jika Anda memiliki banyak jerawat parah, maka gunakan beberapa potongan bawang putih.

4. Masker Kunyit

Kunyit menjadi bahan obat yang sangat dipercaya pada berbagai pengobatan tradisional. Salah satunya adalah bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Ekstrak dari bubuk kunyit mengandung bahan aktif anti bakteri yang bisa menyembuhkan luka jerawat. Selain itu, cara menghilangkan jerawat secara tradisional dengan kunyit juga bisa membuat wajah menjadi lebih bersinar dan segar.

Cara Perawatan

Untuk merawat jerawat dengan kunyit, maka ambil beberapa sendok kunyit bubuk dan campur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Pakai masker untuk wajah berjerawat ini pada semua bagian wajah seperti Anda memakai jenis masker lain. Lakukan perawatan ini malam hari dan bersihkan wajah saat pagi hari. Untuk hasil maksimal maka lakukan perawatan selama dua kali dalam seminggu.

5. Masker Madu dan Kayu Manis

cara menghilangkan jerawat secara tradisionalMadu dan kayu manis memiliki zat aktif yang berfungsi untuk membunuh semua kuman, bakteri dan jamur pada kulit. Selain itu kandungan minyak esensial aktif pada kayu manis juga bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Jerawat sering muncul dari bagian pori-pori kulit akibat infeksi bakteri atau kuman. Jadi bahan kayu manis dan madu sangat efektif untuk membunuh semua penyebab jerawat.

Cara Perawatan

Anda bisa memakai kayu manis bubuk untuk melakukan perawatan wajah. Tuang dua sendok kayu manis ke dalam mangkok cekung. Kemudian tambahkan madu hingga bisa membentuk pasta. Terapkan masker ke semua bagian wajah pada malam hari dan bersihkan dengan air hangat pada pagi hari. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari, namun lakukan perawatan pada malam hari saja.

6. Terapi Es Batu

Es batu memiliki tingkat suhu dingin yang paling sesuai untuk solusi jerawat tak kunjung sembuh. Untuk mengatasi jerawat, maka anda bisa menggunakan beberapa potong es batu kecil dan terapkan pada bagian wajah. Pastikan Anda memakai es batu yang bersih sehingga tidak menyebabkan infeksi pada jerawat.

Cara Perawatan

Kompres dan gosok es batu pada wajah selama kurang 10 menit dan biarkan bekas air mengering secara alami. Es batu bisa mengatasi pembentukan jerawat dan mengurangi infeksi pada jerawat.

7. Putih Telur

Putih telur adalah salah satu sumber protein tinggi yang bisa menyembuhkan infeksi dan luka jerawat dalam waktu yang cepat. Anda bisa memakai jenis telur ayam kampung organik, karena telur biasa kurang efektif untuk menyembuhkan jerawat.

Cara Perawatan

Ambil putih telur dengan kapas dan oleskan pada jerawat. Lakukan cara menghilangkan secara tradisional ini saat malam hari, karena suhu putih telur lebih maksimal saat malam hari.

Ads

8. Masker Nanas

Nanas adalah buah manis yang menyegarkan dan mengandung banyak air. Selain itu buah nanas juga mengandung vitamin C yang secara efektif bisa menyembuhkan jerawat. Gunakan nanas segar yang belum lama dipetik untuk mendapatkan khasiat maksimal dari vitamin dalam nanas.

Cara Perawatan

Hancurkan bagian daging buah nanas hingga menjadi pasta. Gunakan pasta untuk menggosok wajah secara pelan. Biarkan lapisan pasta nanas tertinggal diwajah hingga mengering. Bilas dengan air hangat setelah proses ini selesai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan perawatan selama tiga hari sekali.

Tips untuk Merawat Jerawat Secara Tradisional

Mitos tentang timbulnya jerawat, seperti memencet jerawat dan mengeluarkan isinya sudah menjadi hal yang biasa. Tapi cara ini justru meninggalkan bekas dan membuat bekas jerawat menjadi bintik hitam. Memencet jerawat justru harus dihindari karena jari tangan Anda bisa saja mengandung kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada jerawat. Cara menghilangkan jerawat secara tradisional memang tidak menyebabkan resiko, tapi sebelum Anda mencobanya, maka ikuti beberapa tips dibawah ini :

  1. Perawatan tradisional membutuhkan bahan-bahan yang mudah dan bisa didapatkan dari dapur Anda. Tapi gunakan bahan-bahan yang segar dan bersih.
  2. Lakukan perawatan secara tekun hingga menimbulkan reaksi pada jerawat.
  3. Perawatan tradisional membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga Anda juga harus melakukan perawatan secara telaten.
  4. Jika perawatan menimbulkan reaksi yang kurang baik pada jerawat sebaiknya segera dihentikan.
  5. Sebelum Anda memilih salah satu perawatan tradisional, maka ketahui semua kandungan bahan yang digunakan dan manfaatnya untuk jerawat.

Masih ada jenis bahan perawatan tradisional lain yang bisa anda gunakan. Cara perawatan dengan bahan tradisional dilakukan untuk menyembuhkan luka infeksi pada jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa melakukan perawatan secara berulang kali.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 15th, June 2015 / 04:46 Oleh :
Kategori : Pengobatan