Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Komedo Agar Tidak Kembali Lagi

Sponsors Link

Komedo merupakan masalah kulit yang berhubungan dengan produksi kelenjar minyak yang berlebih sehingga dapat menyebabkan pori – pori tersumbat. Jika pori – pori tersumbat maka timbullah komedo pada wajah. Komedo terbagi menjadi dua bagian berdasarkan jenisnya yaitu :

Sponsors Link
  • Komedo hitam yang terdapat di lapisan luar kulit sehingga mudah terkena kotoran atau debu yang bertebaran di udara. Debu ini tidak hanya ada di luar ruangan namun juga bisa saja ada di dalam ruangan.
  • Komedo putih merupakan gabungan dari kelenjar minyak dan bakteri yang berkumpul pada bagian di sekitar kulit sehingga menimbulkan komedo. (Baca Juga: Penyebab Komedo Hitam Di Wajah , Obat Komedo Hitam)

Dari jenis komedo yang muncul di kulit wajah, untuk cara penyembuhannya aga tidak kembali lagi berkaitan dengan kebiasaan sehari – hari. Berikut ini kebiasaan yang harus diperhatikan agar komedo tidak muncul kembali :

1.Scrubbing

Melakukan scrubbing di rumah juga penting terutama saat anda benar – benar dalam waktu yang santai dan waktu hanya milik anda sendiri. Jenis scrubbing bisa di beli di minimarket terdekat. Untuk pemakaiannya scrubbing baiknya di lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Ini karena jika terlalu sering melakukan scrubbing di rumah dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Artikel terkait :

2. Rajin mengganti sarung bantal

Sarung bantal yang digunakan setiap hari untuk tidur juga wajib diganti. Biasanya pergantian sarung bantal dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu. Ini bertujuan untuk menjauhkan kulit wajah dari kotoran dan debu yang mungkin saja sudah banyak terdapat pada sarung bantal.

Artikel terkait :

3. Gunakan handuk yang bersih

Pemakaian handuk juga penting untuk diganti atau dicuci terlebih dahulu. Handuk yang diganti tidak hanya handuk untuk pemakaian badan namun juga handuk untuk mengeringkan wajah selesai mencuci wajah. Ini berlaku jika anda membedakan pemakaian handuk untuk badan dan wajah.

ads

4. Pilih produk kecantikan yang cocok

Produk untuk wajah juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit anda. Ini bertujuan agar tidak membuat komedo muncul lebih banyak. Produk kecantikan yang cocok untuk kulit akan mencegah timbulnya komedo kembali pada wajah. Jika tipe jenis kulit anda kering gunakan produk kecantikan yang dapat melembapkan. Dan jika tipe jenis kulit anda berminyak pilih produk kecantikan yang bebas minyak.

Artikel terkait :

5. Rutin minum air putih

Air putih memiliki segudang manfaat pada kesehatan dan juga kecantikan kulit. Karena air putih bekerja dari dalam untuk melembapkan kulit. Jika asupan air ke dalam tubuh terpenuhi makan air putih dapat membantu regenerasi sel sel kulit mati dan memunculkan sel sel baru pada kulit.

Artikel terkait :

Itulah beberapa ulasan mengenai cara menghilangkan komedo agar tidak kembali lagi. Dengan menerapkan kebiasaan sehari – hari yang sehat maka untuk mendapatkan kulit yang bersih dan indah bukan lagi sebatas khayalan saja. Adapun untuk mengatasi komedo yang sudah terlebih dahulu ada di beberapa bagian wajah anda seperti di dagu, hidung dan pipi dapat menggunakan bahan – bahan alami yang lebih aman. Bahan alami juga bebas dari efek samping yang akan menyebabkan ketergantungan. Berikut ini ulasan dari bahan – bahan alami yang dapat mengatasi komedo pada kulit wajah :

1. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Manfaat antioksidan bagi kulit adalah untuk melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan sehingga banyak digunakan sebagai salah satu minuman pagi hari dan sudah menjadi suatu kebiasaan. Dibalik manfaatnya yang banyak teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah agar komedo tidak lagi datang kembali. Cara untuk membuat masker dari teh hijau ini adalah :

  • Gunakan teh hijau yang sudah menjadi ampas.
  • Blender ampas teh hijau tadi hingga halus.
  • Setelah halus gunakan berserta diberikan air secukupnya dan aduk hingga merata.
  • Oleskan pada wajah secara keseluruhan dan diamkan selama lebih kurang 30 menit.
  • Bilas dengan air yang bersih setelah 30 menit kemudian.

Pemakaian masker teh hijau ini dapat digunakan sebanyak dua kali seminggu untuk mencegah komedo datang kembali.

Artikel terkait :

2. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya selain bisa digunakan sebagai tanamn hias. Gel dari tanaman lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada komedo karena adanya zat anti peradangan di dalam kandungan gelnya. Cara untuk mendapatkan gel dari lidah buaya adalah :

  • Ambil batang dari tanaman lidah buaya dan biarkan menetes getahnya yang berwarna kuning.
  • Kupas kulit dari tanaman lidah buaya dan bilas dengan air yang bersih.
  • Ambil gel dari lidah buaya tersebut kemudian oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit.
  • Setelah 15 menit baru bersihkan wajah anda secara keseluruhan.

Pemakaian gel lidah buaya ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Artikel terkait :

3. Pepaya

Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini berwarna orange dan kaya akan serat sehingga baik untuk sistem pencernaan. Namun selain kaya akan serat buah pepaya juga mengandung senyawa bernama papain. papain berfungsi untuk membantu meregenerasi sel – sel kulit mati pada wajah dan diganti dengan sel – sel baru yang tersembunyi di bawah lapisan kulit mati. Karena itu pepaya mampu membantu kulit untuk mencegah komedo datang kembali. Cara untuk memanfaatkan daging pepaya ini adalah dengan menyediakan buah pepaya yang masih segar kemudian kupas kulitnya dan pisahkan antara daging dan bijinya. Haluskan daging dari buah pepaya hingga benar – benar halus dan oleskan pada wajah. Diamkan selama lebih kurang 30 menit baru kemudian bilas wajah anda dengan air.

Artikel terkait :

Sponsors Link

4. Lemon

Buah yang masih satu jenis dengan jeruk ini memiliki rasa yang asam. Oleh sebab rasanya yang asam tersebut lemon dapat membantu meringkas pori – pori dan juga komedo agar tidak kembali lagi. Cara untuk menggunakan lemon pada wajah juga cukup mudah. Tinggal belah dua buah lemon kemudian oleskan air dari perasan lemon tersebut pada wajah. Diamkan selama 30 menit baru kemudian di bilas. Penggunaannya dapat di lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. (Baca juga : Manfaat lemon untuk wajah berjerawat , Manfaat Lemon Untuk Bekas Jerawat)

5. Kunyit

Kunyit banyak digunakan sebagai penyedap makanan terutama untuk sambal gulai. Dan untuk kulit ternyata kunyit bisa dibuatkan masker untuk mencegah komedo datang kembali. Penggunaan kunyit untuk masker adalah kupas terlebih dahulu kunyit sampai benar – benar bersih. Kemudian haluskan kunyit hingga menjadi bubuk. Setelah menjadi bubuk gunakan bubuk denga tambahan air kemudian aduk rata hingga menajdi pasta. Oleskan masker kunyit tadi pada bagian wajah yang berkomedo atau wajah secara keseluruhan. Diamkan selama 15 menit baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Artikel terkait :

6. Madu

Cairan alami yang berasal dari lebah ini diambil dari sari putik bunga yang sedang mekar. Manfaat dari madu sudah  tidak diragunkan lagi baik dibidang kesehatan dan juga kecantikan. Madu dapat langsung di oleskan pada bagian yang berkomedo agar komedo tidak muncul kembali pada kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih. Pemakaian dilakukan sebanyak dua kali sehari.

Artikel terkait :

Itulah beberapa ulasan manfaat dari bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah agar komedo tidak kembali datang pada kulit anda yang bersih.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 19th, October 2016 / 23:55 Oleh :
Kategori : Pengobatan